PENGERTIAN MODAL DAN STRUKTUR MODAL

Pengertian Modal Dan Struktur Modal
Modal merupakan hak atau bagian yg dimiliki oleh pemilik perusahaan dalam pos modal (kapital saham), laba atau laba yang ditahan atau kelebihan aktiva yg dimiliki perusahaan terhadap semua utangnya (Munawir,2001).

Modal pada dasarnya terbagi atas 2 bagian yaitu kapital Aktif (Debet) serta modal Pasif (Kredit).
Struktur Modal adalah perimbangan atau perbandingan antara modal asing dan modal sendiri. Modal asing diartikan dalam hal ini adalah hutang baik jangka panjang juga dalam jangka pendek. Sedangkan modal sendiri bisa terbagi atas keuntungan ditahan serta mampu juga menggunakan penyertaan kepemilikan perusahaan.

Struktur Modal merupakan masalah penting pada pengambilan keputusan tentang pembelanjaan perusahaan. Untuk mengukur Struktur Modal tadi maka bisa digunakan beberapa Teori yg menjelaskan Struktur Modal dalam suatu Perusahaan.

Teori Struktur Modal
Teori Pendekatan Tradisional
Pendekatan Tradisional berpendapat akan adanya struktur modal yg optimal. Artinya Struktur Modal memiliki imbas terhadap Nilai Perusahaan, dimana Struktur Modal dapat berubah-ubah supaya sanggup diperoleh nilai perusahaan yg optimal.

Teori Pendekatan Modigliani serta Miller
Dalam teori ini berpendapat bahwa Struktur Modal tidak mempengaruhi Perusahaan. Dalam hal ini sudah dimasukkan faktor pajak. Sehingga nilai Perusahaan dengan hutang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai perusahan tanpa hutang, Kenaikan tadi dikarenakan adanya penghematan pajak.

Teori Trade-Off dalam Struktur Modal
Dalam kenyataan, ada hal-hal yang menciptakan perusahaan tidak bisa memakai hutang sebanyak banyaknya. Suatu hal yg terpenting merupakan menggunakan semakin tingginya hutang, akan meningkat kemungkinan kebangkrutan. Biaya kebangkrutan tersebut sanggup cukup signifikan. Biaya tersebut terdiri dari 2 (2) hal, yaitu :

a. Biaya Langsung
Yaitu, biaya yg dimuntahkan buat membayar porto administrasi, atau biaya lainnya yang homogen.

b. Biaya Tidak Langsung
Yaitu, porto yg terjadi karena pada syarat kebangkrutan, perusahaan lain atau pihak lain nir mau herbi perusahaan secara normal. Misalnya Suplier nir akan mau memasok barang lantaran mengkwatirkan kemungkinan nir akan membayar.

Biaya lain menurut peningkatan hutang adalah meningkatnya porto keagenan antara pemegang hutang menggunakan pemegang saham akan meningkat, karena potensi kerugian yg dialami sang pemegang hutang akan menaikkan pengawasan terhadap perusahaan. Pengawasan mampu dilakukan dalam bentuk porto porto monitoring (Persyaratan yang lebih ketat) dan bisa dalam bentuk kenaikan tingkat bunga

Teori Pecking Order
Teori Trade-Off memiliki implikasi bahwa manager akan berfikir pada kerangka trade-off antara penghematan pajak serta porto kebangkrutan dalam penentuan Struktur Modal. Dalam kenyataan empiris nampaknya jarang manager keuangan yg berfikir demikian.

Secara spesifik, perusahaan mempunyai urutan-urutan prefensi pada penggunaan dana. Skenario urutan pada Teori Pecking Order merupakan menjadi berikut :
a. Perusahaan menentukan pandangan internal. Dana internal tadi diperoleh dari laba (keuntungan) yg didapatkan berdasarkan aktivitas perusahaan.
b. Perusahaan menhitung target rasio pembayaran didasarkan dalam asumsi kesempatan investasi.
c. Lantaran kebijakan deviden yang kontinu, digabung menggunakan fluktuasi laba dan kesempatan investasi yg nir mampu diprediksi, akan mengakibatkan aliran kas yg diterima sang perusahaan akan lebih besar dibandingkan menggunakan pengeluaran investasi pada waktu waktu tertentu serta akan lebih mini dalam waktu yg lain.
d. Jika padangan eksternal diperlukan, perusahaan akan mengeluarkan surat berharga yg paling aman terlebih dulu. Perusahaan akan memulai menggunakan hutang, lalu dengan surat berharga campuran seperti obligasi konvertibel, serta kemudian barangkali saham menjadi pilihan terakhir.

Teori Pecking Order ini mampu menjelaskan mengapa perusahaan yang memiliki taraf keuntungan yg lebih tinggi justru mempunyai taraf hutang yang lebih kecil.

Teori Asimetri Informasi dan Signaling
Teori ini berkata bahwa dalam pihak pihak yg berkaitan dengan perusahaan tidak mempunyai berita yang sama tentang prospek dan resiko perusahaan. Pihak eksklusif mempunyai keterangan yg lebih menurut pihak lainnya.

Teori ini terdiri dari Teori :
a. Myers serta Majluf
Menurut Teori ini terdapat asimetri kabar antara manger dengan pihak luar. Manager memiliki berita yang lebih lengkap tentang kondisi perusahaan dibandingan pihak luar.

b. Signaling
Mengembangkan model dimana struktur kapital (penggunaan hutang) merupakan signal yg disampaikan sang manager ke pasar. Apabila manager memiliki keyakinan bahwa prospek perusahaan baik, dan karenanya ingin agar saham tadi semakin tinggi, ia ingin megkomunikasikan hal tadi kepada investor. Manager sanggup memakai hutang lebih poly sebagai signal yang lebih credible. Karena perusahaan yang mempertinggi hutang mampu dilihat menjadi perusahaan yang yakin dengan prospek perusahaan di masa mendatang. Investor diharapkan akan menangkap signal tersebut, signal bahwa perusahaan memiliki prospek yg baik.

Teori Lainnya
Pendekatan Teori Keagenan (Agency Approach)
Menurut pendekatan ini, struktur kapital disusun untuk mengurangi permasalahan antar banyak sekali grup kepentingan. Permasalahan antara pemegang saham menggunakan manager merupakan konsep free-cash flow. Ada kecenderungan manager ingin menahan asal daya sehingga memiliki control atas asal daya tadi. Hutang sanggup dianggap sebagai cara buat mengurangi permasalahan leagenan free cash flow. Jika perusahaan memakai hutang, maka manager akan dipaksa buat mengeluarkan kas dari perusahaan buat membayar bunga.

Pendekatan Interaksi Produk
Teori ini berangkat berdasarkan teori organisasi industri serta nisbi baru, dibandingkan dengan teori lainnya. Ada dua kategori pada pendekatan ini, yaitu Strategi serta Menjelaskan interaksi antara Struktur Modal dengan karakteristik produk atau input.

Konteks atas Pengendalian Perusahaan 
Beberapa penemuan pendekatan ini merupakan perusahaan yang sebagai sasaran (pada pengambilalihan) akan meningkatkan tingkat hutangnya, berhubungan dengan kemungkinan sukses tender offer (penawaran terbuka dalam proses pengamalihan usaha).

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Struktur Modal diantaranya :

Struktur Aktiva (Tangibility)
Kebanyakan perusahaan industri yang sebagian akbar modalnya tertanam dalam aktiva permanen , akan mengutamakan pemenuhan modalnya dari kapital yang permanent yaitu modal sendiri, sedangkan hutang bersifat pelengkap. Perusahaan yang semakin akbar aktivanya terdiri menurut aktiva lancer akan cenderung mengutamakan pemenuhan kebutuhan dana dengan utang. Hal ini menunjukkan adanya imbas struktur aktiva terhadap struktur modal suatu perusahaan.

Growth Opportunity
Yaitu kesempatan perusahaan buat melakukan investasi pada hal-hal yg menguntungkan. Teori Agency menggambarkan interaksi yang negative antara Growth Opprtunity serta leverage. Perusahaan dengan tingkat leverage yg tinggi cenderung akan melewatkan kesempatan pada berinvestasi pada kesempatan investasi yang menguntungkan.

Ukuran Perusahaan (Firm Size)
Perusahaan akbar cenderung akan melakukan diversifikasi bisnis lebih poly dari pada perusahaan kecil. Oleh karenanya kemungkinan kegagalan dalam menjalankan usaha atau kebangkrutan akan lebih mini . Ukuran perusahaan tak jarang dijadikan indicator bagi kemungkinan terjadinya kebangkrutan bagi suatu perusahaan, dimana perusahaan pada berukuran lebih besar dicermati lebih bisa menghadapi krisis pada menjalankan usahanya.

Profitabiltas
Teori Pecking Order mengungkapkan bahwa perusahaan lebih menyukai internal funding. Perusahaan menggunakan frofitalitas yang tinggi tentu mempunyai dana internal yg lebih poly berdasarkan dalam perusahaan dengan profitalitas rendah.

Perusahaan menggunakan taraf pengembalian yang tinggi investasi menggunakan utang yang relative kecil (Bringham & Houston, 2001).

Tingkat pengembalian yg tinggi memungkinkan untuk membiayai sebagian besar kebutuhan pendanaan menggunakan dana yg dihasilkan secara internal. Hal ini menampakan bahwa profitalitas berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan.

Semakin tinggi laba yg diperoleh berarti semakin rendah utang.

Risiko Bisnis 
Risiko Bisnis akan mempersulit perusahaan dalam melaksanakan pendanaan eksternal, sehingga secara teori akan berpengaruh negative terhadap leverage perusahaan.

Comments