PENGERTIAN PENDAPATAN NASIONAL

Pengertian Pendapatan Nasional 
Kerangka Analisis Ekonomi Makro 
Aspek utama kerangka analisa ekonomi makro antara lain “apa” yang disebut kegiatan ekonomi makro, “di mana” kegiatan ekonomi makro dilakukan, serta aspek mengenai “siapa” pelaku-pelakunya. Analisa ekonomi makro akan memberitahuakn kepada kita aktivitas ekonomi nasional secara lebih menyeluruh, dimana kita dapat melihat pasar-pasar barang atau jasa lainnya sebagai satu pasar akbar. 

Ekonomi makro tidak hanya memeriksa satu pasar saja. Namun, perekonomian nasional akan kita lihat sebagai suatu sistem yang terdiri dari empat pasar akbar yang saling berafiliasi antara satu sama lainnya, yaitu:
a. Pasar Barang
b. Pasar Uang
c. Pasar Tenaga Kerja
d. Pasar Luar Negeri

Pengertian pasar dalam teori ekonomi mikro bisa digambarkan menjadi pertemuan antara permintaan (demand) serta penawaran (supply). Permintaan (total berdasarkan masyarakat) barang-barang serta jasa-jasa akan bertemu menggunakan seluruh barang-barang serta jasa-jasa yg diproduksikan (ditawarkan) sang seluruh produsen pada pasar barang (warga ) dalam suatu periode. Sedangkan permintaan warga terhadap uang akan bertemu dengan jumlah uang yg tersebar di pasar uang. 

Permintaan total terhadap energi kerja menurut sektor dunia bisnis dan pemerintah bertemu dengan jumlah angkatan kerja yang tersedia pada waktu tersebut pada pasar tenaga kerja. Di pasar luar negeri, permintaan dunia terhadap output ekspor kita bertemu dengan penawaran menurut output-output tadi yang bisa disediakan sang eksportir-eksportir kita; serta dalam sisi lain, permintaan negara kita akan barang-barang impor bertemu dengan penawaran barang-barang tadi oleh pihak luar negeri.

Pengertian pasar pada teori ekonomi mikro nir terlepas menurut 2 aspek yaitu harga serta kuantitas. Hal ini juga berlaku pada masing-masing pasar “makro” yg akan kita pelajari. Kita akan selalu menjumpai dua aspek primer pasar, yaitu apa yang terjadi dengan harga (P) dan kuantitas yang pada-transaksi-kan (Q). Pemahaman terhadap 2 aspek tersebut akan membantu mengetahui tinggi rendahnya taraf inflasi serta naik turunnya GDP.

A. Alur Perputaran Ekonomi
1. Perekonomian Dua Sektor
Perekonomian 2 sektor adalah perekonomian yang hanya terdiri berdasarkan sektor tempat tinggal tangga dan perusahaan. Sektor rumah tangga adalah pemilik faktor produksi yang nantinya dibutuhkan sang sektor perusahaan. Berikut merupakan diagram alur perputaran ekonomi 2 sektor.

Diagram Aliran Melingkar Perekonomian Dua Sektor

Bagian Atas menunjukkan genre faktor produksi yang asal berdasarkan tempat tinggal tangga dipakai perusahaan pada aktivitas produksi dengan memberikan imbalan yang menjadi pendapatan bagi tempat tinggal tangga. Bagian bawah memberitahuakn aliran barang serta jasa yang didapatkan sang perusahaan yg akan dikonsumsi tempat tinggal tangga. Untuk itu, rumah tangga akan membayar perusahaan atas barang serta jasa yg dikonsumsi tersebut. Namun bila tempat tinggal tangga membelanjakan seluruh pendapatannya maka perekonomian akan seimbang karena antara pengeluaran serta pendapatan sama. Apabila sektor rumah tangga memutuskan buat menabung sebagian pendapatannya, maka ekuilibrium akan terjadi jika lembaga keuangan menyalurkan tabungan ke perusahaan pada bentuk investasi.

2. Perekonomian Tiga Sektor
Perekonomian 3 sektor merupakan perekonomian makro yg hanya melibatkan tiga sektor ekonomi (pendekatan pengeluaran) yaitu sektor tempat tinggal tangga, perusahaan, serta pemerintah. Pengeluaran sektor rumah tangga diklaim pengeluaran konsumsi, sektor perusahaan dianggap pengeluaran investasi, serta sektor pemerintah dianggap pengeluaran pemerintah.

Diagram Aliran Melingkar Perekonomian Tiga Sektor

Pada perekonomian 3 sektor, tempat tinggal tangga tidak hanya menggunakan pendapatan buat konsumsi dan menabung tetapi juga membayar pajak kepada pemerintah. Keseimbangan perekonomian akan terjadi jika investasi ditambah pengeluaran pemerintah sama besarnya dengan tabungan ditambah dengan pajak.

3. Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional adalah salah satu konsep serta variabep krusial pada Ilmu Ekonomi Makro. Istilah lain yang acapkali diartikan memiliki pengertian yang yg sama menggunakan pendapatan nasional adalah Gross Domestic Bruto (GDP). GDP sendiri merupakan keliru satu konsep pada perhitungan pendapatan nasional. 

GDP merupakan nilai seluruh output atau produk dalam perekonomia suatu Negara. GDP pula merupakan nilai uang berdasar harga pasar berdasarkan semua barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksikan selama suatu periode umumnya satu tahun. Perhitungan atau pengukuran aktivitas ekonomi dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya: (1) kita bisa mengukur tingkat produksi suatu perekonomian pada suatu saat eksklusif dan menganalisis faktor-faktor penyebabnya, (dua) kita bisa mengetahui arah pertumbuhan ekonomi suatu Negara dengan membandingkan pendapatan nasional sepanjang periode ketika tertentu, (3) pendapatan nasional adalah dasar bagi perumusan kebijakan makro pemerintah.

4. Teknik Perhitungan Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional sebagai salah satu indikator penting buat melihat prestasi suatu perekonomian bisa dihitung menggunakan tiga (3) metode perhitungan pendapatan nasional. Tiga macam metode perhitungan pendapatan nasional :
1. Pendekatan produksi (production approach)
2. Pendekatan pendapatan (income approach)
3. Pendekatan pengeluaran (expenditure approach)

1) Pendekatan Produksi (Production Approach)
Metode ini dilakukan dengan cara perhitungan serta jumlah nilai (nilai = harga dikalikan dengan jumlah barang serta jasa yang dihasilkan) oleh masyarakat buat suatu perekonomian atau negara dalam periode eksklusif. Metode ini mempunyai kelemahan berupa double counting (perhitungan benda) perhitungan benda ini terjadi bila beberapa output menurut suatu jenis bisnis dipengaruhi input bisnis lain.

Solusi buat menghindari menghindari double counting merupakan menggunakan dua cara, yaitu : (1) perhitungan metode produksi hanya menghitung nilai akhir saja (final goods), atau (2) menghitung jumlah nilai tambah suatu produk (value added). Nilai akhir suatu barang adalah nilai barang yg siap dikonsumsi oleh konsumen akhir. Nilai tambah suatu produk merupakan selisih antara nilai suatu barang dengan biaya yang dikeluarkan buat memproduksi barang tersebut, termasuk nilai bahan standar yg dipakai. Contoh perhitungan metode produksi bisa ditinjau pada Tabel 

Tabel Perhitungan Pendapatan Nasional Metode Produksi

Hasil

Nilai akhir

Nilai Tambah

Produsen I
Kapas
225
225
Produsen II
Benang
460
235
Produsen III
Kain
840
380
Produsen IV
Pakaian jadi
1.300
460

Jumlah Nilai Tambah
1.300
Sumber: Angka Hipotesis

2) Pendekatan Pendapatan (Income Approach)
Metode ini dilakukan dengan cara menjumlahkan seluruh pendapatan yg diperoleh seluruh pelaku ekonomi (faktor produksi) dan kegiatan ekonominya dalam suatu warga atau Negara dalam periode eksklusif. Pendapatan yang diterima oleh pelaku ekonomi antara lain : 
a. Sewa 
b. Upah
c. Bunga
d. Keuntungan (kewirausahaan)

Contoh perhitungan pendapatan nasional metode pendapatan (Income Approach) dapat ditinjau dalam Tabel

Tabel Perhitungan Pendapatan Nasional Metode Pendapatan
Penghasilan dari

Nilai

Kompensasi pada pegawai
2.600
Bunga
1.000
Sewa
230
Laba perusahaan
210
Pendapatan berdasarkan kekayaan
66

Rp4.106
Sumber: Angka Hipotesis

3) Pendekatan pengeluaran
Metode ini dilakukan dengan menjumlahkan semua pengeluaran yg dilakukan seluruh pelaku ekonomi (sektoral). Pengeluaran pelaku ekonomi atau sektor-sektor mencakup:
1. Sektor tempat tinggal tangga
2. Perusahaan 
3. Pemerintahan
4. Luar negeri

Angka yg diperoleh dari perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan ini memperlihatkan produk nasional bruto. Tabel  memberitahuakn model metode pengeluaran.

Tabel Perhitungan Pendapatan Nasional Pendekatan Pengeluaran
Jenis Pengeluaran

Nilai

Pengeluaran konsumsi
3500
Investasi
1250
Pengeluaran pemerintah
1000
Ekspor netto (X-M)
50
Pendapatan Nasional

5800
Sumber: Angka Hipotesis

5. Pertumbuhan Ekonomi
Analisis ekonomi makro memaknai istilah pertumbuhan ekonomi dalam 2 sisi yg tidak selaras. Istilah pertumbuhan ekonomi dapat digunakan buat mendeskripsikan bahwa sesuatu perekonomian telah mengalami perkembangan ekonomi dan mencapai tingkat kemakmuran yg lebih tinggi. Makna lain kata pertumbuhan ekonomi bertujuan buat menggambarkan mengenai masalah ekonomi yang dihadapi pada jangka panjang. 

Masalah pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang dihadapi suatu negara dapat dibedakan sebagai 3 aspek. Aspek pertama berdasarkan masalah pertumbuhan itu bersumber dari disparitas pada antara tingkat pertumbuhan potensial yg dapat dicapai, dan taraf pertumbuhan yg seharusnya tercapai. Aspek ke 2 mengenai perkara pertumbuhan ekonomi merupakan menaikkan potensi pertumbuhan itu sendiri. Adakalanya pertambahan potensial dari kemampuan membentuk pendapatan nasionak adalah tidak mencukupi untuk kasus ekonomi yg dihadapi. Aspek yang ketiga mengenai masalah pertumbuhan ekonomi adalah mengenai keteguhan pertumbuhan ekonomi yg berlaku menurut satu tahun ke tahun lainnya.

Teori pertumbuhan ekonomi telah mengalami perkembangan dari pandangan klasik, neoklasik, serta terkini. Teori pertumbuhan ekonomi menurut klasik sendiri merupakan sumbangan pemikiran menurut beberapa pemikir ekonomi, antara lain, Adam Smith, Schumpeter, dan Harrod-Domar. 

Adam Smith melalui bukunya yg berjudul “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations,” mengemukakan beberapa pandangan mengenai beberapa faktor yg penting peranannya dalam pertumbuhan ekonomi. Pandangan-pandangannya yg primer merupakan (1) peranan sistem bebas, (2) perluasan pasar, dan (3) spesialisasi serta kemajuan teknologi. Smith berpendapat bahwa sistem mekanisme pasar (peranan system pasar bebas) akan mewujudkan kegiatan ekonomi yg efisien dan pertumbuhan ekonomi yg teguh . Oleh karena itu Smith merasa pemerintah tidak perlu melakukan aktivitas ekonomi yang menghasilkan barang dan jasa

Adam smith pula mengemukakan pentingnya ekspansi pasar. Perusahaan-perusaahan melakukan kegiatan menghasilkan dengan tujuan buat menjualnya kepada rakyat serta mencari laba . Oleh karena itu, semakin luas pasar barang dan jasa, makan meningkat taraf produksi dan tingkat kegiatan ekonomi. Selain itu, Smith menekankan pasar luar negeri dalam menyebarkan aktivitas pada dalam negeri. Pandangan selanjutnya dari Smith merupakan ekspansi pasar serta ekspansi aktivitas ekonomi yang digalakan akan memungkinkan dilakukannya spesialisasi dalam aktivitas ekonomi. Selanjutnya, spesialisasi serta perluasan kegiatan ekonomi akan memacu perkembangan teknolologi sehingga produktivitas semakin tinggi.

6. Inflasi
Inflasi merupakan kecenderungan kenaikan harga-harga secara generik serta terus menerus. Kenaikan harga menurut satu atau dua barang saja nir bisa sebut inflasi, kecuali bila kenaikan harga barang tersebut menyebabkan kenaikan sebagian akbar menurut harga barang-barang lain. Syarat adanya kecenderungan kenaikan yang terus menerus perlu diperhatikan. Kenaikan harga-harga yang terjadi secara musiman, seperti menjelang hari-hari besar , atau yang terjadi sekali saja dan nir mempunyai efek lanjutan nir dapat disebut sebagai inflasi. 

Penggolongan Inflasi 
Inflasi dapat digolongkan menjadi beberapa macam sinkron menggunakan kriteria serta tujuan yang kita inginkan. Pengolongan bisa dilakukan berdasarkan kriteria tingkat keparahan inflasi, penyebab terjadinya inflasi, atau dari asal inflasi. 

Penggolongan dari taraf keparahan dapat bedakan menjadi: 
1. Inflasi ringan (pada bawah 10% setahun)
2. Inflasi sedang (antara 10% - 30% setahun)
3. Inflasi berat (antara 30% - 100% setahun)
4. Hiperinflasi (pada atas 100% setahun)

Penentuan tingkat keparahan inflasi sangat nisbi (subyektif) karena tergantung dalam kesukaan pihak yang membaginya. 

Penggolongan yg ke 2 merupakan berdasar penyebab awal dari inflasi. Berdasar kriteria penyebab inflasi kita dapat membedakan dua macam inflasi:
1. Demand inflation. Inflasi ini ada karena permintaan warga akan banyak sekali barang terlalu kuat. 
2. Cost inflation. Inflasi ini ada lantaran kenaikkan ongkos produksi. 

Dampak kedua macam inflasi tersebut, dari segi kenaikan harga output, tidak tidak sama, tetapi berdasarkan segi volume hasil (GDP riil) ada perbedaan. Dalam perkara demand inflation, umumnya ada kecenderungan buat hasil (GDP riil) semakin tinggi beserta-sama dengan kenaikan harga generik. Sebaliknya, pada kasus cost inflation, umumnya kenaikan harga-harga dibarengi menggunakan penurunan omzet penjualan barang (“kelesuan usaha”).

Perbedaan yg lain dari ke 2 proses inflasi ini terletak pada urutan dari kenaikan harga. Dalam demand inflation kenaikan harga barang akhir (hasil) mendahului kenaikan barang-barang input dan harga-harga faktor produksi (upah serta sebagainya). Sebaliknya, dalam cost inflation kita melihat kenaikan harga barang-barang akhir (hasil) mengikuti kenaikan harga barang-barang input/faktor produksi.

Penggolongan inflasi yang ketiga merupakan berdasarkan dari berdasarkan inflasi. Di sini kita bedakan:
1. Inflasi yg dari berdasarkan dalam negeri (domestic inflation).
2. Inflasi yg berasal menurut luar negeri (imported inflation).

Inflasi yang dari dari pada negeri ada misalnya karena defisit anggaran belanja yg didanai dengan percetakan uang baru, panen yg gagal, serta sebagainya. Inflasi yang berasal menurut luar negeri merupakan inflasi yg muncul lantaran kenaikan harga-harga (yaitu, inflasi) di luar negeri atau pada negara-negara mitra berdagang negara kita. 

Comments