PENGERTIAN PENDAPATAN NASIONAL

Pengertian Pendapatan Nasional 
Kerangka Analisis Ekonomi Makro 
Aspek utama kerangka analisa ekonomi makro antara lain “apa” yang disebut aktivitas ekonomi makro, “di mana” kegiatan ekonomi makro dilakukan, serta aspek mengenai “siapa” pelaku-pelakunya. Analisa ekonomi makro akan menunjukkan kepada kita kegiatan ekonomi nasional secara lebih menyeluruh, dimana kita bisa melihat pasar-pasar barang atau jasa lainnya menjadi satu pasar besar . 

Ekonomi makro nir hanya menilik satu pasar saja. Namun, perekonomian nasional akan kita lihat sebagai suatu sistem yg terdiri dari empat pasar besar yang saling bekerjasama antara satu sama lainnya, yaitu:
a. Pasar Barang
b. Pasar Uang
c. Pasar Tenaga Kerja
d. Pasar Luar Negeri

Pengertian pasar dalam teori ekonomi mikro bisa digambarkan sebagai pertemuan antara permintaan (demand) serta penawaran (supply). Permintaan (total menurut rakyat) barang-barang dan jasa-jasa akan bertemu dengan semua barang-barang serta jasa-jasa yang diproduksikan (ditawarkan) sang seluruh penghasil di pasar barang (warga ) dalam suatu periode. Sedangkan permintaan warga terhadap uang akan bertemu menggunakan jumlah uang yg beredar di pasar uang. 

Permintaan total terhadap tenaga kerja dari sektor dunia bisnis serta pemerintah bertemu menggunakan jumlah angkatan kerja yg tersedia pada saat tadi pada pasar tenaga kerja. Di pasar luar negeri, permintaan global terhadap output ekspor kita bertemu menggunakan penawaran dari output-output tersebut yang sanggup disediakan oleh eksportir-eksportir kita; dan dalam sisi lain, permintaan negara kita akan barang-barang impor bertemu menggunakan penawaran barang-barang tadi oleh pihak luar negeri.

Pengertian pasar pada teori ekonomi mikro tidak terlepas dari 2 aspek yaitu harga serta kuantitas. Hal ini jua berlaku pada masing-masing pasar “makro” yang akan kita pelajari. Kita akan selalu menjumpai dua aspek primer pasar, yaitu apa yang terjadi dengan harga (P) serta kuantitas yg di-transaksi-kan (Q). Pemahaman terhadap dua aspek tadi akan membantu mengetahui tinggi rendahnya taraf inflasi serta naik turunnya GDP.

A. Alur Perputaran Ekonomi
1. Perekonomian Dua Sektor
Perekonomian dua sektor adalah perekonomian yang hanya terdiri dari sektor rumah tangga serta perusahaan. Sektor tempat tinggal tangga adalah pemilik faktor produksi yang nantinya diperlukan oleh sektor perusahaan. Berikut merupakan diagram alur perputaran ekonomi dua sektor.

Diagram Aliran Melingkar Perekonomian Dua Sektor

Bagian Atas menunjukkan aliran faktor produksi yang dari berdasarkan tempat tinggal tangga dipakai perusahaan dalam kegiatan produksi menggunakan memberikan imbalan yang menjadi pendapatan bagi rumah tangga. Bagian bawah menunjukkan genre barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yg akan dikonsumsi rumah tangga. Untuk itu, tempat tinggal tangga akan membayar perusahaan atas barang dan jasa yg dikonsumsi tersebut. Tetapi jika rumah tangga membelanjakan seluruh pendapatannya maka perekonomian akan seimbang lantaran antara pengeluaran dan pendapatan sama. Apabila sektor rumah tangga tetapkan buat menabung sebagian pendapatannya, maka keseimbangan akan terjadi apabila forum keuangan menyalurkan tabungan ke perusahaan pada bentuk investasi.

2. Perekonomian Tiga Sektor
Perekonomian 3 sektor merupakan perekonomian makro yang hanya melibatkan tiga sektor ekonomi (pendekatan pengeluaran) yaitu sektor rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah. Pengeluaran sektor tempat tinggal tangga dianggap pengeluaran konsumsi, sektor perusahaan diklaim pengeluaran investasi, dan sektor pemerintah diklaim pengeluaran pemerintah.

Diagram Aliran Melingkar Perekonomian Tiga Sektor

Pada perekonomian tiga sektor, tempat tinggal tangga nir hanya memakai pendapatan buat konsumsi serta menabung tetapi pula membayar pajak kepada pemerintah. Keseimbangan perekonomian akan terjadi apabila investasi ditambah pengeluaran pemerintah sama besarnya dengan tabungan ditambah menggunakan pajak.

3. Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional adalah salah satu konsep dan variabep penting dalam Ilmu Ekonomi Makro. Istilah lain yang seringkali diartikan mempunyai pengertian yang yg sama dengan pendapatan nasional merupakan Gross Domestic Bruto (GDP). GDP sendiri adalah galat satu konsep dalam perhitungan pendapatan nasional. 

GDP merupakan nilai seluruh hasil atau produk pada perekonomia suatu Negara. GDP pula adalah nilai uang berdasar harga pasar berdasarkan seluruh barang-barang serta jasa-jasa yg diproduksikan selama suatu periode umumnya satu tahun. Perhitungan atau pengukuran aktivitas ekonomi bisa menaruh beberapa manfaat, antara lain: (1) kita bisa mengukur tingkat produksi suatu perekonomian pada suatu waktu tertentu serta menganalisis faktor-faktor penyebabnya, (2) kita dapat mengetahui arah pertumbuhan ekonomi suatu Negara dengan membandingkan pendapatan nasional sepanjang periode ketika eksklusif, (tiga) pendapatan nasional adalah dasar bagi perumusan kebijakan makro pemerintah.

4. Teknik Perhitungan Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional sebagai salah satu indikator penting buat melihat prestasi suatu perekonomian bisa dihitung dengan 3 (3) metode perhitungan pendapatan nasional. Tiga macam metode perhitungan pendapatan nasional :
1. Pendekatan produksi (production approach)
2. Pendekatan pendapatan (income approach)
3. Pendekatan pengeluaran (expenditure approach)

1) Pendekatan Produksi (Production Approach)
Metode ini dilakukan dengan cara perhitungan dan jumlah nilai (nilai = harga dikalikan menggunakan jumlah barang dan jasa yg dihasilkan) oleh rakyat buat suatu perekonomian atau negara dalam periode tertentu. Metode ini mempunyai kelemahan berupa double counting (perhitungan benda) perhitungan benda ini terjadi jika beberapa output menurut suatu jenis usaha ditentukan input bisnis lain.

Solusi buat menghindari menghindari double counting adalah dengan dua cara, yaitu : (1) perhitungan metode produksi hanya menghitung nilai akhir saja (final goods), atau (2) menghitung jumlah nilai tambah suatu produk (value added). Nilai akhir suatu barang adalah nilai barang yg siap dikonsumsi oleh konsumen akhir. Nilai tambah suatu produk adalah selisih antara nilai suatu barang dengan porto yang dikeluarkan untuk memproduksi barang tadi, termasuk nilai bahan baku yg dipakai. Contoh perhitungan metode produksi dapat dipandang di Tabel 

Tabel Perhitungan Pendapatan Nasional Metode Produksi

Hasil

Nilai akhir

Nilai Tambah

Produsen I
Kapas
225
225
Produsen II
Benang
460
235
Produsen III
Kain
840
380
Produsen IV
Pakaian jadi
1.300
460

Jumlah Nilai Tambah
1.300
Sumber: Angka Hipotesis

2) Pendekatan Pendapatan (Income Approach)
Metode ini dilakukan dengan cara menjumlahkan semua pendapatan yang diperoleh seluruh pelaku ekonomi (faktor produksi) serta kegiatan ekonominya pada suatu masyarakat atau Negara pada periode tertentu. Pendapatan yang diterima sang pelaku ekonomi diantaranya : 
a. Sewa 
b. Upah
c. Bunga
d. Keuntungan (kewirausahaan)

Contoh perhitungan pendapatan nasional metode pendapatan (Income Approach) dapat dipandang pada Tabel

Tabel Perhitungan Pendapatan Nasional Metode Pendapatan
Penghasilan dari

Nilai

Kompensasi kepada pegawai
2.600
Bunga
1.000
Sewa
230
Laba perusahaan
210
Pendapatan berdasarkan kekayaan
66

Rp4.106
Sumber: Angka Hipotesis

3) Pendekatan pengeluaran
Metode ini dilakukan menggunakan menjumlahkan semua pengeluaran yg dilakukan semua pelaku ekonomi (sektoral). Pengeluaran pelaku ekonomi atau sektor-sektor mencakup:
1. Sektor tempat tinggal tangga
2. Perusahaan 
3. Pemerintahan
4. Luar negeri

Angka yang diperoleh dari perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan ini memperlihatkan produk nasional bruto. Tabel  menampakan model metode pengeluaran.

Tabel Perhitungan Pendapatan Nasional Pendekatan Pengeluaran
Jenis Pengeluaran

Nilai

Pengeluaran konsumsi
3500
Investasi
1250
Pengeluaran pemerintah
1000
Ekspor netto (X-M)
50
Pendapatan Nasional

5800
Sumber: Angka Hipotesis

5. Pertumbuhan Ekonomi
Analisis ekonomi makro memaknai kata pertumbuhan ekonomi pada 2 sisi yg tidak sinkron. Istilah pertumbuhan ekonomi dapat digunakan buat mendeskripsikan bahwa sesuatu perekonomian telah mengalami perkembangan ekonomi serta mencapai taraf kemakmuran yang lebih tinggi. Makna lain kata pertumbuhan ekonomi bertujuan buat menggambarkan tentang perkara ekonomi yang dihadapi pada jangka panjang. 

Masalah pertumbuhan ekonomi jangka panjang yg dihadapi suatu negara bisa dibedakan menjadi tiga aspek. Aspek pertama dari perkara pertumbuhan itu bersumber menurut perbedaan di antara tingkat pertumbuhan potensial yg dapat dicapai, serta tingkat pertumbuhan yang seharusnya tercapai. Aspek ke 2 mengenai masalah pertumbuhan ekonomi merupakan mempertinggi potensi pertumbuhan itu sendiri. Adakalanya pertambahan potensial berdasarkan kemampuan menghasilkan pendapatan nasionak adalah nir mencukupi buat masalah ekonomi yang dihadapi. Aspek yang ketiga tentang perkara pertumbuhan ekonomi merupakan mengenai keteguhan pertumbuhan ekonomi yang berlaku menurut satu tahun ke tahun lainnya.

Teori pertumbuhan ekonomi sudah mengalami perkembangan berdasarkan pandangan klasik, neoklasik, serta modern. Teori pertumbuhan ekonomi berdasarkan klasik sendiri merupakan sumbangan pemikiran dari beberapa pemikir ekonomi, antara lain, Adam Smith, Schumpeter, serta Harrod-Domar. 

Adam Smith melalui bukunya yang berjudul “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations,” mengemukakan beberapa pandangan mengenai beberapa faktor yang penting peranannya pada pertumbuhan ekonomi. Pandangan-pandangannya yg primer merupakan (1) peranan sistem bebas, (2) perluasan pasar, dan (3) spesialisasi serta kemajuan teknologi. Smith beropini bahwa sistem mekanisme pasar (peranan system pasar bebas) akan mewujudkan kegiatan ekonomi yg efisien dan pertumbuhan ekonomi yang teguh . Oleh sebab itu Smith merasa pemerintah nir perlu melakukan kegiatan ekonomi yang membentuk barang serta jasa

Adam smith pula mengemukakan pentingnya ekspansi pasar. Perusahaan-perusaahan melakukan kegiatan menghasilkan dengan tujuan buat menjualnya kepada rakyat dan mencari untung. Oleh karenanya, semakin luas pasar barang dan jasa, makan semakin tinggi taraf produksi serta taraf kegiatan ekonomi. Selain itu, Smith menekankan pasar luar negeri dalam berbagi kegiatan di pada negeri. Pandangan selanjutnya menurut Smith adalah ekspansi pasar dan perluasan kegiatan ekonomi yg digalakan akan memungkinkan dilakukannya spesialisasi pada kegiatan ekonomi. Selanjutnya, spesialisasi dan ekspansi kegiatan ekonomi akan memacu perkembangan teknolologi sehingga produktivitas meningkat.

6. Inflasi
Inflasi adalah kesamaan kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus. Kenaikan harga menurut satu atau 2 barang saja nir dapat sebut inflasi, kecuali bila kenaikan harga barang tersebut mengakibatkan kenaikan sebagian akbar dari harga barang-barang lain. Syarat adanya kecenderungan kenaikan yg terus menerus perlu diperhatikan. Kenaikan harga-harga yg terjadi secara musiman, misalnya menjelang hari-hari besar , atau yang terjadi sekali saja serta tidak memiliki efek lanjutan tidak bisa dianggap menjadi inflasi. 

Penggolongan Inflasi 
Inflasi dapat digolongkan menjadi beberapa macam sinkron dengan kriteria serta tujuan yang kita inginkan. Pengolongan bisa dilakukan dari kriteria taraf keparahan inflasi, penyebab terjadinya inflasi, atau asal sumber inflasi. 

Penggolongan dari tingkat keparahan bisa bedakan sebagai: 
1. Inflasi ringan (di bawah 10% setahun)
2. Inflasi sedang (antara 10% - 30% setahun)
3. Inflasi berat (antara 30% - 100% setahun)
4. Hiperinflasi (di atas 100% setahun)

Penentuan taraf keparahan inflasi sangat relatif (subyektif) lantaran tergantung pada selera pihak yang membaginya. 

Penggolongan yg ke 2 adalah berdasar penyebab awal menurut inflasi. Berdasar kriteria penyebab inflasi kita bisa membedakan dua macam inflasi:
1. Demand inflation. Inflasi ini ada lantaran permintaan warga akan aneka macam barang terlalu kuat. 
2. Cost inflation. Inflasi ini timbul lantaran kenaikkan ongkos produksi. 

Dampak ke 2 macam inflasi tadi, menurut segi kenaikan harga hasil, tidak tidak selaras, tetapi dari segi volume hasil (GDP riil) ada disparitas. Dalam masalah demand inflation, umumnya terdapat kesamaan buat hasil (GDP riil) meningkat beserta-sama dengan kenaikan harga generik. Sebaliknya, dalam perkara cost inflation, umumnya kenaikan harga-harga dibarengi dengan penurunan omzet penjualan barang (“kelesuan bisnis”).

Perbedaan yg lain menurut kedua proses inflasi ini terletak dalam urutan berdasarkan kenaikan harga. Dalam demand inflation kenaikan harga barang akhir (output) mendahului kenaikan barang-barang input dan harga-harga faktor produksi (upah serta sebagainya). Sebaliknya, dalam cost inflation kita melihat kenaikan harga barang-barang akhir (hasil) mengikuti kenaikan harga barang-barang input/faktor produksi.

Penggolongan inflasi yang ketiga adalah berdasarkan asal dari inflasi. Di sini kita bedakan:
1. Inflasi yang berasal menurut pada negeri (domestic inflation).
2. Inflasi yg berasal dari luar negeri (imported inflation).

Inflasi yg asal berdasarkan dalam negeri ada contohnya karena defisit anggaran belanja yang dibiayai menggunakan percetakan uang baru, panen yg gagal, serta sebagainya. Inflasi yang dari menurut luar negeri adalah inflasi yang timbul karena kenaikan harga-harga (yaitu, inflasi) pada luar negeri atau pada negara-negara kawan berdagang negara kita. 

Comments