PENGERTIAN ILMU EKONOMI MENURUT PARA AHLI

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli
Menurut etimologi atau berasal usul katanya, istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani,yaitu oikonomia adalah istilah beragam (formasi) 2 istilah, yaitu oikos artinya tempat tinggal dan nomos artinya anggaran. Jadi secara etimologi, ekonomi berarti aturan tempat tinggal tangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga. Sedangkan menurut pengertian sehari-hari ekonomi adalah aktivitas manusia pada usahanya memenuhi kebutuhan.

Para ekonom menaruh batasan yang berbeda-beda tentang pengertian ilmu ekonomi. Berikut ini merupakan definisi atau batasan ilmu ekonomi yg paling acapkali digunakan. 

Ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan sosial yg mempelajari tingkah laris insan pada hayati bermasyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan buat mencapai kemakmuran.

A. Kelangkaan / Keterbatasan
Terbatasnya atau langkanya indera pemuas kebutuhan yang dihadapkan pada kebutuhan manusia yang nir terbatas adalah pokok perseteruan dari seluruh perkara ekonomi. Dari fenomena itulah yang mendorong keluarnya ilmu ekonomi.

Kebutuhan manusia bermacam-macam serta selalu bertambah. Jika kebutuhan yg satu terpenuhi ada kebutuhan yang lain. Sedangkan di sisi lain, indera pemuas kebutuhan insan berupa barang dan jasa jumlahnya sangat terbatas dan langka. Kelangkaan dan keterbatasan alat pemuas mengakibatkan hayati insan selalu serba kurang.

B. Kebutuhan Manusia
1. Kebutuhan Manusia.
Selama insan hayati, kebutuhan selalu bertambah serta tidak terbatas, walaupun setiap insan kebutuhannya berbeda-beda. Perbedaan tingkat kebutuhan ditimbulkan oleh:

a. Status sosial.
Misal buruh tani dengan pemilik tanah, pekerja pabrik dengan pengajar.

b. Tingkat pendidikan.
Misal kebutuhan orang yang berpendidikan rendah berbeda dengan orang yg berpendidikan tinggi.

c. Kemajuan kebudayaan.
Misal kebutuhan orang zaman dulu tidak sinkron dengan kebutuhan zaman sekarang.

2. Macam-macam Kebutuhan
Kebutuhan merupakan asa yang timbul dalam diri manusia serta warga dalam bentuk tuntunan buat memperoleh pemenuhannya. Kebutuhan ekonomi merupakan kebutuhan akan barang-barang keperluan hidup yang dapat dievaluasi dengan uang.

Kebutuhan ekonomi pada prinsipnya memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
a. Setiap orang kebutuhannya berbeda contohnya menurut golongan, suku, agam serta kelompok rakyat.
b. Tidak sama sepanjang ketika dan generasi akan berbeda.
c. Jumlah dan mutunya akan selalu berkembang.
d. Kebutuhan dapat saling melengkapi atau bahkan saling antagonis.

Menurut kepentingannya, kebutuhan bisa dibedakan atas kebutuhan utama, sekunder serta tersier.
a. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi lantaran buat mempertahankan hidupnya, contohnya makan dan minum, sandang, tempat tinggal .
b. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yg harus dipenuhi supaya bisa hidup lebih baik sebagai makhluk yang berbudaya. Misalnya pakaian yang rupawan, buku-buku bacaan, sepatu, radio.
c. Kebutuhan tersier atau kebutuhan mewah merupakan kebutuhan taraf lanjut selesainya kebutuhan sekunder. Misalnya kendaraan beroda empat, tempat tinggal glamor.

Menurut tujuannya barang-barang ekonomi diklasifikasikan sebagai :
a. Brang konsumen merupakan barang-barang yang bisa memenuhi kebutuhan secara pribadi (makanan, sandang, sepatu,dll)
b. Barang produksi adalah barang-barang yang adalah indera pembantu dalam proses produksi (mesin, kendaraan beroda empat, batu bara, tenaga listrik, dll).

Menurut sifat pemakaiannya, dapat diklasifikasikan menjadi :
a. Barang substitusi adalah barang-barang yang dapat saling menggantikan pemakaiannya (mentega menggunakan minyak, beras menggunakan jagung, dll).
b. Barang komplementer adalah barang-barang yang pemakaiannya wajib bersama-sama (gula dengan kopi, mobil dengan bensin, dll)

Menurut sifatnya, barang ekonomi diklasifikasikan sebagai :
a. Barang konkret merupakan barang-barang yang bisa ditinjau (meja, rumah, beras).
b. Barang abstrak atau yg biasa dianggap jasa serta pelayanan merupakan sesuatu yg nir dapat dipandang , tetapi bisa memenuhi kebutuhan (nasihat dokter, hiburan, nasihat hukum).

Perbedaan utama antara barang serta jasa adalah :
a. Barang adalah segala sesuatu yang berwujud, sedangkan jasa merupakan segala sesuatu yg tidak berwujud.
b. Untuk barang terdapat tenggang waktu antara produksi dan konsumsi, sedangkan untuk jasa nir terdapat. 

Kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya dikelom pokkan sebagai 2 macam, yaitu :
a. Kebutuhan jasmani atau kebutuhan lahir adalah kebutuhan insan yg semata-mata ditujukan untuk memberi kepuasan kepada badan atau jasmani (bersifat material). Misal kuliner, pakian, tempat tinggal , dll).
b. Kebutuhan rohani atau batin adalah kebutuhan manusi yang pemenuhannya ditujukan untuk menaruh kepuasan batiniah (bersifat imaterial). Misalnya seni, pendidikan, agama, dll.

C. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia
1. Pengertian indera pemuas kebutuhan.
Alat pemuas kebutuhan manusia terdapat yang berwujud serta terdapat yg nir berwujud. Ada yg habis sekali pakai dan ada yg bisa dipakai secara berulang-ulang sehingga habisnya lama . Jadi yg menjadi alat pemuas kebutuhan manusia itu merupakan barang serta jasa.

2. Nilai ekonomi dan nilai kegunaan barang.
Nilai ekonomi / nilai kegunaan barang diantaranya didasarkan dalam :

a. Kegunaan bentuk (utility of form).
Artinya suatu barang mempunyai nilai ekonomi/nilai kegunaan lantaran bentuknya yg sesuai dengan kebutuhan. Contoh bambu sebagai anyaman bilik, tanah liat menjadi gerabah/keramik.

b. Kegunaan loka (utility of place).
Artinya suatu barang memiliki nilai guna tinggi lantaran tempatnya yang sempurna. Contoh pasir dan batu pada kota lebih berguna berdasarkan dalam pada sungai.

c. Kegunaan ketika (utility of time).
Suatu barang akan memiliki nilai ekonomi yg tinggi bila digunakan pada saat yg tepat. Contoh payung berguna pada trend penghujan, baju hangat pada isu terkini dingin.

d. Kegunaan pemilikan (utility of ownership).
Suatu barang lebih mempunyai nilai ekonomi lantaran tepat pemiliknya. Contoh SIM, KTP hanya berguna bagi pemiliknya., stetoskop hanya berguna bagi dokter.

e. Kegunaan mutu (utility of quality)
Suatu barang akan mempunyai nilai ekonomi yang lebih baik lantaran mutu serta kualitasnya. Contoh Tekstil menggunakan alat modern lebih bermutu serta harganya lebih tinggi daripada output tenun biasa.

f. Kegunaan unsur (utility ofelement)
Suatu barang lebih mempunyai nilai ekonomi karena unsur yg terkandung di dalamnya. Contoh obat paten lebih mahal karena unsur yang terkandung lebih baik daripada obat generik.

3. Kegiatan ekonomi.
Kegiatan ekonomi dikelompokkan menjadi 3, yaitu :

a. Kegiatan produksi.
Adalah setiap kegiatan yang membentuk barang serta jasa atau menambah daya guna atau nilai barang untuk memenuhi kebutuhan insan.

b. Kegiatan distribusi.
Adalah setiap aktivitas menyalurkan barang-barang hasil produksi yg berupa barang serta jasa dari penghasil pada pihak yg membutuhkan atau konsumen.

c. Kegiatan konsumsi.
Adalah kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan barang dan jasa hasil produksi secara langsung buat memenuhi kebutuhan.

4. Tindakan ekonomi.
Dalam tindakan ekonomi dimaksudkan supaya kita mampu mengatur dan mengendalikan sebagai akibatnya pendapatan yang diterima dapat memenuhi semua kebutuhan sesuai menggunakan derajad kepuasan masing-masing.

5. Perbuatan pilihan (alternatif)
Pendapatan merupakan terbatas sebagai akibatnya setiap orang tidak dapat memenuhi segala kebutuhannya tanpa harus memikirkan kebutuhan mana yg harus diutamakan. 

6. Motif ekonomi.
Adalah impian atau alasan yang mendorong manusia untuk melakukan aktivitas ekonomi. Secara garis besar motif ekonomi dapat digolongkan sebagai 4 macam 
a. Memenuhi kebutuhan buat mencapai kemakmuran
b. Memperoleh kekuasaan.
c. Memperoleh penghargaan.
d. Motif kemanusiaan (sosial).

7. Prinsip ekonomi.
Prinsip ekonomi diartikan menjadi asas yg berakibat dasar /pegangan pada setiapmelakukan kegiatan / tindakan ekonomi. Dalam aktifitas usaha, prinsip ekonomi dikenal menggunakan kata efisiensi dan efektifitas (berdaya guna serta berhasil guna). Efisiensi ialah selalu berpikir untung rugi pada mana output harus lebih besar berdasarkan pengorbanan, serta efektif artinya apa yang dilakukan harus berguna/berguna dengan tujuan eksklusif.

Penerapan prinsip ekonomi pada kegiatan produksi bertujuan menjadi berikut :
a. Menekan porto produksi.
b. Meningkatkan hasil produksi.
c. Meningkatkan mutu output produksi.
d. Memperoleh keuntungan yg optimal.
e. Menjaga kelangsungan bisnis.

Penerapan prinsip ekonomi pada aktivitas distribusi bertujuan:
a. Menekan pemborosan dana, waktu, ruang dan tenaga kerja.
b. Menyalurkan barang pada konsumen tepat waktu.
c. Memperoleh laba yang optimal.
d. Memperhtikan kelangsungan usaha.

Prinsip ekonomi pada aktivitas konsumsi bertujuan:
a. Mendapatkan barang-barang konsumsi jenis serta jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan aporisma.
b. Memperoleh barang dengan harga murah dan kualitasnya cantik.
c. Dengan dana yang terbatas dapat diperoleh barang kebutuhan yang dapat memenuhi kebutuhan yg optimal.

8. Kegiatan produksi.
Produksi adalah kegiatan manusia buat membentuk/menambah daya guna atau nilai barang (to ended value). Proses produksi dapat dilakukan bila adanya sumberdaya. Terdapat sumber daya, yaitu:
a. Sumber daya alam (SDA) merupakan semua bahan/materi yang disediakan sang alam serta bisa digunakan buat memenuhi kebutuhan manusia.
b. Suber daya manusia (SDM) adalah segala daya serta upaya manusia lahir juga batin yg dilakukan guna memenuhi kebutuhan hidupnya meliputi penggunaan tenaga fisik, pikiran, keahlian, perasaan serta teknologi.

9. Faktor-faktor produksi.
Faktor produksi merupakan hal-hal yang harus ada supaya proses produksi dapat berjalan. Faktor produksi alam serta tenaga kerja dianggap faktor produksi orisinil, sedangkan faktor produksi modal dan keahlian diklaim faktor produksi turunan.

Comments