KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA BERKOMUNIKASI DENGAN ORANGORANG BERBEDA BUDAYA

Komunikasi Antar Budaya, Berkomunikasi Dengan Orang-orang Berbeda Budaya
Sebagaimana diketahui bahwa komunikasi itu terdapat di setiap aspek kehidupan serta kegiatan insan. Ia ada di mana-mana, karena itulah komunikasi sangat sulit buat didefinisikan dalam kalimat sederhana yang tegas. Ibarat air, dia sanggup membasahi wilayah atau daerah yang disentuhnya. Komunikasi akan selalu mampu memberi warna atau dampak pada bidang yang disentuhnya. Menurut Litlejohn komunikasi itu mempunyai banyak makna. Bahkan berdasarkan Dance serta Larson terdapat 126 batasan komunikasi. Hal ini menampakan betapa sulitnya membuat definisi secara tegas.

Kita mulai menggunakan satu perkiraan dasar bahwa komunikasi berhubungan dengan konduite manusia dan kepuasan terpenuhinya kebutuhan berinteraksi dengan manusia-manusia lainya. Hamper setiap orang membutuhkan interaksi sosial dengan orang-orang lainya, serta kebutuhan ini terjadi dengan pertukaran pesan yang berfungsi menjadi jembatan untuk mempersatukan insan-manusia yang tanpa berkoumunikasi akan terisolasi. Pesan-pesan itu mengemuka lewat konduite manusia. Ketika kita melambaikan tangan, tersenyum, bermuka masam, menganggukan ketua atau menaruh satu isyarat, kita jua sedang berpeilaku. Sering prilaku-prilaku ini merupakan pesan-pesan. Pesan-pesan itu digunakan buat mengkomunikasikan sesuatu pada seseorang. 

Pengertian komunikasi secara eti,ologis mengandung arti sama makna, memberitahukan, serta berpartisipasi. Pemahaman tentang konsep komunikasi dapat dipandang melalui uraian kata secara etimologi yakni: istilah komunikasi itu sendiri terkandung makna beserta-sama common, commones dalam bahasa ingggris communication, yang adalah: pemberitahuan, pemberi bagian (pada sesuatu). Pertukaran dimana si pembicara mengharapkan pertimbangan atau jawaban dari pendengarnya.

Kata atau istilah komunikasi dari bahasa Inggris sebenarnya berasal dari istilah communicates pada bahasa Latin yang merupakan berbagai atau menjadi milik bersama. Dengan demikian komunikas, berdasarkan Lexigraper (ahli kamus bahasa), memilih pada satu upaya, yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan. Sementara itu didalam Webster New College Dictionary edisi tahun 1977, diantaranya dijelaskan bahwa komunikasi adalah satu proses pertukaran liputan diantara individu melalui system lambing suara, tanda-tanda atau tingkah laku .

Istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggris communication,dari dari istilah latin communication serta bersumber dari istilah communis yang berarti sama. Sama disini maksudnya adalah sama makna. Jadi, kalau 2 orang terlibat pada komunikasi akan terjadi serta berlangsung selama terdapat kesamaan makna mengenai apa yang dipercakapkan.

Komunikasi adalah satu proses melalui mana seseorang (komunikator) membicarakan stimulus (umumnya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membangun prilaku orang-orang lainya (khalayak). Definisi menunjukkan bahwa komunikasi adalah satu proses yg terjadi diantara orang menggunakan orang-orang lainya, definisi ini juga memberikan fokus bahwa aktivitas komunikasi yang dilakukan tadi mempunyai tujuan yakni mengganti atau membentuk prilaku orang-orang lainya yg sebagai target komunikasi.

Komunikasi berlangsung jika antara orang-orang yg terlibat masih ada kecenderungan makna mengenai satu hal yang dikomunikasikan. Jelasnya, apabila seseorang mengerti tentang sesuatu yg dinyatakan orang lain kepadanya, maka komunikasi berlangsung. Dengan lain perkataan, interaksi antara mereka itu bersifat komunikatif. Sebaliknya, bila ia tidak mengerti, maka komunikasi nir berlangsung. Dengan lain perkataan interaksi antara orang-orang itu nir komunikatif.

Komunikasi merupakan satu proses yg membuat suatu dari yg semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) sebagai milik oleh 2 orang. Komunikasi pula memiliki tatanan sebagai berikut:

1. Komunikasi Pribadi (personal Communication) 
a. Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal communication)
b. Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communication). 

2. Komunikasi Kelompok (class communication) 
a. Komunikasi Kelompok Kecil (small group communication); ceramah, Forum, Simposium (symposium), Diskusi panel (panel discussion), Seminar, Curah saran (brainstorming), dan lain-lain.
b. Komunikasi Kelompok Besar (Large class communication/public speaking). 

3. Komunikasi Massa (mass communication) 
a. Komunikasi Media Massa Cetak (printed mass media communication) : Surat berita (daily), Majalah (magazine), 
b. Komunikasi Media Massa Elektronik (electronic mass media communication) : radio, televise, film, serta lain-lain. 
c. Komunikasi Medio (medio communication)
d. Surat, telepon, pamflet, poster, spanduk serta lain-lain media yang nir termasuk media massa.

A. Definisi dan Ruang Lingkup Komunikasi Kelompok
Komunikasi gerombolan terdiri dari dua istilah, yaitu, komunikasi dan grup. Menurut Efendy, komunikasi gerombolan merupakan komunikasi yg berlangsung antara seseorang komunikator menggunakan sekelompok orang yg jumlahnya lebih dari 2 orang yang berkumpul.

Pendapat yg dikemukakan oleh Goloberg serta Warson, pengertian komunikasi kelompok adalah satu bidang studi penelitian terapan yang menitikberatkan perhatianya pada proses kelompok secara umum, tetapi pada tingkah laku individu dalam diskusi kelompok tatap muka yang mini .

Komunikasi gerombolan adalah komunikasi yang bisa berlangsung antara individu dengan grup, atau kelompok menggunakan grup. Karakterisitik komunikasi gerombolan adalah menjadi berikut:
1. Komunikasi yang terjadi dalam grup bersifat homogeny.
2. Dalam diskusi gerombolan , terjadi kesempatan melakukan tindakan dalam saat itu pula.
3. Arus pulang didalam komunikasi terjadi secara pribadi, lantaran komunikator sedang berlangsung.
4. Pesan yg diterima komunikan dapat bersifat rasional (terjadi pada komunikasi grup kecil) serta bersifat emosional (terjadi dalam komunikasi gerombolan akbar).
5. Komunikator masih dapat mengetahui serta mengenal komunikan meskipun interaksi yg terjadi nir erat misalnya pada komunikasi interpersonal.
6. Komunikasi grup akan menyebabkan konsekuensi beserta untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Keberadaan suatu kelompok dalam satu masyarakat dicerminkan sang adanya fungsi-fungsi yg akan dilaksanakanya. Adapun fungsi tersebut meliputi:
1. Fungsi pertama dalam kelompok merupakan hubungan sosial. Dalam arti sebagaimana suatu gerombolan sanggup memlihara serta memantapkan hubungan sosial diantara para anggotanya.
2. Fungsi kedua, pendidikan pada arti sebagaimana dalam sebuah kelompok secara formal juga informal bekerja buat mencapai dan mempertukarkan pengetahuan mengenai fungsi pendidikan ini, kebutuhan-kebutuhan dari para anggota kelompok-grup itu sendiri bahkan kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi, tetapi demikian,, fungsi pendidikan pada gerombolan akan sesuai menggunakan yg diterapkan atau nir, tergantung pada 3 faktor, yaitu jumlah berita baru yg dikontribusikan, jumlah partisipan dalam grup dan frekuensi interaksi diantara para anggota gerombolan .
3. Fungsi ketiga, yaitu persuasi. Seorang anggota grup bisa beripaya mempersuasi anggotanya agar melakukan atau tirak melakukan sesuatu. Seorang yang terlibat bisnis-bisnis persuasi dalam satu grup membawa resiko buat tidak diterima para anggota lainya.
4. Fungsi keempat, kegiatan-aktivitas untuk memcahkan duduk perkara serta membuat keputusan-keputusan, pemecahan perkara berkaitan dengan alternative atau solusi yg tidak diketahui sebelumnya, sedangkan perbuatan keputusan berhubungan dengan pemilihan antara 2 atau lebih solusi. Jadi pemecahan kasus menghasulkan materi atau bahan buat menciptakan keputusan.
5. Fungsi kelim, terapi. Dari grup-kelompok terapi mempunyai disparitas dengan grup lainya. Tentunya, individu tadi harus berinteraksi menggunakan anggota gerombolan lainya, guna menerima manfaat, tetapi bisnis utamanya adalah membantu dirinya sendiri bukan memebantu kelompok mencapai consensus.

Manusia menurut behaviorisme dilahirkan ranpa sifat-sifat sosial atau psikologis. Oleh karena itu behaviorisme memandang bahwa perilaku manusia merupakan hasil pengalaman serta prilaku yg digerakan atau dimotivasi oleh kebutuhan untuk memperbanyak kesenangan dan mengurangi penderitaan.

Behaviorisme melihat bahwa pada waktu lahir jiwa manusia tidak memiliki apa-apa serta bagaikan sebuah meja lilin yang siap dilukis sang pengalaman dan konduite digerakan oleh pengalaman inderawi atau dikenal sebagai proses belajar.

Menurut behaviorisme, terdapat 3 perkiraan mengenai sifat manusia seperti dijelaskan oleh Efendy, yaitu:
1. Behaviorisme melihat bahwa perilaku manusia dipelajari menggunakan membentuk asosiasi, adalah perilaku insan terjadi melalui kebiasaan refleksi, atau interaksi antara responden dengan peneguhan yg memungkinkan pada lingkungan.
2. Behaviorisme menyatakan bahwa insan pada dasarnya bersifat hedonistic. Oleh karenanya mansuia selalu berusaha buat mencari kesenagan dan menghindari kesulitan atau kesengsaraan.
3. Behaviorisme menyatakan bahwa perilaku pada dasarnya dipengaruhi sang liingkungan. Oleh karena konduite adalah fungsi asosiasi tindakan menggunakan peneguhan, dan seluruh peneguhan tadi berasal berdasarkan lingkungan, maka menggunakan menggunakan lingkungan orang dalam akhirnya dapat membentuk perilaku yang diinginkan.

Dengan demikian, menurut perkiraan ini perkembangan seseorang dipengaruhi sang lingkungan Watson, galat seseorang tokoh aliran behaviorisme yg menjelaskan bahwa manusia akan belajar melalui hubungan yg dilakukan menggunakan lingkunganya. Behaviorisme memandang bahwa manusia adalah organism yg pasif yg perilakunya dibuat sang lingkungan. Oleh karenanya model dasar menurut genre behaviorisme ini adalah contoh belajar.

Teori belajar sosial merupakan teori yg menurut aliran atau pandangan behaviorisme. Perilaku manusa, menurut Bandura, ternyata yg dikaji banyak yang tida mampu dijelaskan dengan pelaziman seperti pelaziman klasik. Bandura menyatakan bahwa insan membangun atau membangun suatu perilaku melalui suatu hubungan menggunakan lingkungan. Teori belajar sosial mempermasalahkan peranan ganjaran serta hukuman dalam proses belajar. Manurut Bandura, belajar terjadi lantaran peniruan. Selanjutnya, Bandura menyatakan bahwa ganjaran dan hukuman itu, terdapat faktor penting lainya dalam belajar yaitu tindakan.

Menurut Bandura, seorang anak yg memeriksa prilaku dapat dibedakan melalui 2 cara, yaitu: pertama, belajar melalui konsekuensi respon, ke 2 belajar melalui peniruan. Proses belajar yg dilakukan seseorang anak baik melalui konsekuesi respon maupun peniruan, umumnya dilakukan seorang anak baik melalui orang-orang terdekat denganya misalnya ayah, ibu, abang, adik, saudara dan sebagainya. Oleh karenanya, famili menjadi lingkungan awal bagi seseorang anak, akan memegang peranan penting pada proses belajar sosial, dan membentuk prilaku serta kepribadianya.

Komunikasi grup ini dibagi kedalam 2 bentuk yaitu komunikasi gerombolan kecil (small class communication) misalnya ceramah (lecturer), diskusi panel (panel discussion), simposium, lembaga, seminar, curah-saran (brainstorming), danl lain sebagainya. Sedangkan bentuk yang kedua diseut menjadi komunikasi grup besar (large group communication atau dikenal sebagai public speaking)

B. Definisi serta Ruang Lingkup Komunikasi Publik
Model Aristoteles merupakan model komunikasi paling klasik, yg seringkali juga diklaim contoh retoris. Filosof Yunani, Aristoteles merupakan tokoh paling dini yang mengkaji komunikasi, yang intinya adalah persuasi. Ia berjasa dalam merumuskan model komunikasi verbal pertama. Komunikasi terjadi ketika seseorang pembicara menyampaikan pembiacaraanya kepada khalayak pada upaya mengubah perilaku mereka. Tepatnya, ia mengemukakan 3 unsur dasar proses komunikasi, yaitu pembicara, pesan, dan pendengar.

Focus komunikasi yg ditelaah oleh Aristoteles adalah komunikasi retoris, yang kini lebih dikenal dengan sebutan komunikasi publik atau pidato. Menurut Aristoteles, persuasi bisa dicapai oleh siapa anda, argument anda, dan menggunakan memainkan emosi khalayak. Dengan kata lain, faktor-faktor yg memainkan peran pada memilih efek persuasif pada komunikasi public meliputi, isi pidato, susunanya, dan cara penyampaianya. Aristoteles jua menyadari kiprah khalayak pendengar. Persuasi berlangsung melalui khalayak ketika mereka diarahkan melalui pidato itu kedalam suatu keadaan emosi tertentu.

Salah satu kelemahan contoh komunikasi public adalahbahwa komunikasi dianggap fenomena yang tidak aktif. Seseorang berbicara, pesanya, berjalan pada khalayak, serta khalayak mendengarkan. Tahap-tahap dalam peristiwa itu berurutan ketimbang terjadi secara simultan. Disamping itu contoh ini juga berfokus pada komunikasi yg bertujuan disengaja, yang terjadi waktu seseorang berusaha membujuk orang lain buat mendapat pendapatnya.

Kelemahan lain menurut contoh komunikasi pulbik ini adalah nir dibahasnya aspek-aspek non mulut pada persuasi. Meskipun demikian kita wajib bersikap adil buat tidak menilai satu model komunikasi dengan perspektif kekinian. Jelas bahwa contoh Aristoteles ini sudah mengilhami para pakar komunikasi lainya buat merancang contoh-contoh komunikasi yang lebih baru. Kebanyakan contoh komunikasi yg lebih baru yang dikembangkan para ahli semenjak zaman Aristoteles permanen mengandung 3 unsure yang sama: asal yg mengirimkan pesan, pesan yang dikirimkan, dan penerima pesan.

Publistik merupakan perkembangan dari ilmu persuratkabaran. Perkembangan tadi bukan saja ditimbulkan berdasarkan timbulnya media massa lain seperti radio, televise, serta lain-lain melainkan jua karena efek media massa modern itu yang menimbulkan perilaku-perilaku rohaniah eksklusif juga antara satu sama lain. Sebagai ilmu, publistik mempelajari dan menliti secara spesifik kasus umum tentang penghimpunan, pengarahan, serta penyebaran secara rohaniah. Menurut Hageman, publistik adalah ajaran mengenai pernyataan umum mengenai isi pencerahan yang aktual.

Dari sekian banyak definisi publistik, definisi yg diketengahkan oleh Hageman ini adalah definisi terbaik karena perumusanya singkat, tetapi maksudnya menyeluruh.

Komunikasi publik adalah komunikasi yg memakai media massa, baik cetak (surat kabar serta majalah) atau elektronik (radio, televise), yg dikelola oleh suatu forum atau orang yg melembagakan yang ditujukan kepada sejumlah akbar orang yang tersebar di banyak loka.

Pendapat De Vito pada bukunya yg berjudul “Communicology: An Introduction to The Study of Communication.” Antara lain menegaskan bahwa komunikasi public adalah komunikasi yg ditujukan kepada khalayak yang luar biasa banyaknya (termasuk kepada murid) atau seluruh orang yg membaca dan menonton. Komunikasi public adalah komunikasi yg disalurkan sang pemancar-pemancar yang audio atau visual.

Dari beberapa pendapat tentang komunikasi diatas, penulis bisa memahami bahwa komunikasi public merupakan komunikasi yg memakai saluran media massa seperti media cetak juga elektro yg ditujukan kepada khalayak atau masyarakat.

Effendy mengungkapkan tentang ciri menurut komunikasi public adalah sebagai berikut:
1. Komunikasi public berlangsung satu arah, ini berarti tidak terdapat arus pulang dari komunikan kepada komunikator.
2. Komunikator dalam komunikasi public bersifat umum, pesan yg disebarkan melalui media massa bersifat umum (public) lantaran direuntukan pada umum tentang kepentingan generik. Jadi tidak ditujukan kepada perseorangan atau grup tertentu.
3. Media dalam komunikasi publik menimbulkan keserempakan, kemempuanya buat menyebabkan keserempakan pada khalayak pada menerima pesan-pesan yg disebarkan.
4. Komunikan komunikasi public bersifat tidak sejenis. Dalam komunikasi public, khalayak yang ditju merupakan siapa saja yg bersifat tidak sejenis atau khalayak umum.

Komunikasi massa ini bisa berupa pers, radio, televisi, film, dan lain-lain. Sebagaimana yang duungkapkan oleh para pakar komunikasi, bahwa komunikasi massa merupakan singkatan menurut komunikasi media massa. Sehingga komunikasi massa juga dapat diartikan sebagai proses komunikasi yg menngunakan media.

Adapun ciri-ciri komunikasi massa itu adalah menjadi berikut:
1. Komunikasi massa berlangsung satu arah.
2. Komunikator dalam komunikasi massa itu melembaga.
3. Pesan dalam komunikasi massa bersifat generik.
4. Media komunikasi massa mengandung keserempakan.
5. Komunikan komunikasi massa bersifat tidak sejenis.

C. Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan
Komunikasi selalu mengakibatkan efek. Bahkan berteriak didekat tembok dapat berpengaruh kepada orang yang berteriak. Setiap tindakan komunikasi akan melahirkan konsekuensi- terutama bagi seluruh pihak yang terlibat pada komunikasi. Bahkan konsekuensi bagi orang-orang yang dapat mencicipi pengertian pencapaian dalam perubahan komunikasi dimana pendengar didalamnya nir bisa menaruh tanggapan secara lisan. Sebagai model dalam dunia pendidikan contohnya, jika anak didik membuktikan minat dan perhatian, guru mungkin akan merasakan bahwa memahami merupakan suatu hal yg sangat krusial. Oleh karena itu dibutuhkan ketajaman buat memilih imbas komunikasi kita dan apakah imbas tersebut adalah imbas yang dicari. Apabila seorang siswa dikelasnya menyanggupi tugas yg anda sarankan, berbarti anda bertindak benar dalam mempertimbangkan komunikasi anda yg berdampak positif. 

1. Efek Komunikasi Publik: Kognitif, Afektif dan Behavorial
Charles Robert Wright (1960) menambahkan fungsi entertainment (hiburan) pada fungsi komunikasi massa. Jay Black dan frederick C, Whitney (1988) mendefinisikan fungsi komunikasi massa sebagai: (a) to inform (menginformasikan), (b) to entertaint (memberi hiburan), (c) to persuade (membujuk), dan (d) transmission of the culture (transmisi budaya). John Vivian dal bukunya The Media of Mass Communication (1991) mendefinisikan fungsi komunikasi massa menjadi : (a) providing information, (b) providing entertainment, (c) helping to persuade, serta (d) contributing to social cohesion (mendorong kohesi sosial). Joseph R. Dominick dalam bukunya The Dynamics of Mass Communication (1981) mendefinisikan fungsi komunikasi massa sebagai berikut: (a) surveillance (pengawasan), (b) interpretation (interpretasi), (c) linkage (hubungan), (d) socialitation (pengenalan), serta (e) entertainment (hiburan) (lihat Nurudin, 2003). Sedangkan Onong Uchjana Effendy (1994) mendefinisikan fungsi komunikasi massa sebagai berikut: (a) menyampaikan fakta (to inform), (b) mendidik (to educate), (c) menghibur (to entertain), serta (d) menghipnotis (to influence).

Ada 3 dimensi imbas komunikasi massa, yaitu: kognitif, afektif, dan konatif. Efek kognitif mencakup peningkatan kesadaran, belajar, dan tambahan pengetahuan. Efek efektif herbi emosi, perasaan, dan attitude (perilaku). Sedangkan imbas konatif berhubungan dengan konduite serta niat untuyk melakukan sesuatu dari cara eksklusif.

Sesuai dengan tujuanya, komunikasi memiliki tujuan buat memberikan informasi, mendidik, menghibur dan menghipnotis. Sudah dapat dipastikan, bahwa komunikasi akan menaruh dampak atau efek terhadap pembaca, pendengar, dan penontonya. Apabila pengaruhnya tidak ada, maka tujuan komunikasi itu sendiri tidak berjalan.

Dampak komunikasi, selain positif pula mempunyai impak negatif. Pengelola komunikasi bisa dipastikan tidak berniat buat membuatkan impak negatif pada khalayaknya. Tentu yg diinginkan merupakan pengaruh positif. Apabila masih ada imbas negatif, bisa dikatakan itu menjadi dampak samping saja. Tetapi dampak samping itu cukup membahayakan sendi-sendi kehidupan warga poly.

Komunikasi harus mempunyai dampak menambah pengetahuan, mengubah perilaku, serta menggerakkan konduite kita. Efek yang terjadi dalam komunikan tersebut terdapat pada 3 aspek.

a. Efek Kognitif
Efek kognitif merupakan akibat yang muncul dalam diri komunikan yang sifatnya informative bagi dirinya. Dalam efek kognitif ini akan dibahas mengenai bagaimana media massa bisa membantu khalayak dalam menilik berita yang berguna serta membuatkan keterampilan kognitif. Melalui media massa, kita memperoleh berita tentang benda, orang atau tempat yang belum pernah kita kunjungi secara eksklusif. 

Seseorang menerima fakta dari televisi, bahwa “Robot Gedek” sanggup melakukan sodomi menggunakan anak laki-laki pada bawah umur. Penonton televisi, yang asalnya tidak tahu menjadi memahami mengenai insiden tadi. Di sini pesan yang disampaikan oleh komunikator ditujukan kepada pikiran komunikan. Dengan istilah lain, tujuan komunikator hanya berkisar pada upaya buat memberitahu saja.

Menurut Mc. Luhan, media massa merupakan perpanjangan alat alat kita (sense extention theory; teori perpanjangan indera indera). Dengan media massa kita memperoleh berita mengenai benda, orang atau loka yg belum pernah kita lihat atau belum pernah kita kunjungi secara pribadi. Realitas yg ditampilkan oleh media massa adalah relaitas yang telah diseleksi. Kita cenderung memperoleh berita tersebut semata-mata berdasarkan pada apa yang dilaporkan media massa. Televisi seringkali menyajikan adegan kekerasan, penonton televisi cenderung memandang global ini lebih keras, lebih nir kondusif dan lebih mengerikan.

Karena media massa melaporkan global nyata secara selektif, maka telah tentu media massa akan menghipnotis pembentukan gambaran mengenai lingkungan sosial yg bias serta tak seimbang. Oleh karenanya, muncullah apa yg diklaim stereotip, yaitu citra generik mengenai individu, kelompok, profesi atau warga yg tidak berubah-ubah, bersifat klise serta tak jarang tak seimbang serta nir sahih. Sebagai contoh, dalam film India, wanita tak jarang ditampilkan menjadi makhluk yang cengeng, bahagia kemewahan serta sering cerewet. Penampilan seperti itu, apabila dilakukan terus menerus, akan membentuk stereotipe dalam diri khalayak Komunikasi Massa tentang orang, objek atau lembaga. Di sini sudah mulai terasa bahayanya media massa. Pengaruh media massa lebih bertenaga lagi, lantaran dalam masyarakat modern orang memperoleh banyak warta mengenai dunia berdasarkan media massa.

Sementara itu, gambaran terhadap seseorang, misalnya, akan terbentuk (jua) sang kiprah rencana setting (penentuan/pengaturan agenda). Teori ini dimulai menggunakan suatu asumsi bahwa media massa menyaring warta, artikel, atau tulisan yg akan disiarkannya. Biasanya, surat fakta mengatur berita mana yang lebih diprioritaskan. Ini adalah rencana mereka yg ditentukan suasana yg sedang hangat berlangsung. Sebagai contoh, bila satu 1/2 page di Media Indonesia memberitakan pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar, berarti wartawan serta pihak redaksi harian itu sedang mengatur kita buat mencitrakan sebuah fakta krusial. Sebaliknya jika pada halaman selanjutnya di harian yang sama, terdapat warta kunjungan Megawati Soekarno Putri ke beberapa wilayah, diletakkan pada pojok kiri paling bawah, dan itu pun beritanya hanya terdiri dari 3 paragraf. Berarti, ini merupakan agenda setting dari media tersebut bahwa warta ini seakan tidak krusial. Mau nir mau, pencitraan dan sumber warta kita ditentukan rencana setting.

Media massa tidak menaruh efek kognitif semata, namun beliau menaruh manfaat yang dikehendaki rakyat. Inilah dampak prososial. Bila televisi mengakibatkan kita lebih mengerti bahasa Indonesia yg baik serta sahih, televisi sudah menyebabkan pengaruh prososial kognitif. Jika majalah menyajikan penderitaan rakyat miskin di pedesaan, serta hati kita tergerak buat menolong mereka, media massa telah membentuk dampak prososial afektif. Jika surat keterangan membuka dompet bala alam, menghimbau kita buat menyumbang, kemudian kita mengirimkan wesel pos (atau, kini menggunakan cara transfer via rekening bank) ke surat liputan, maka terjadilah pengaruh prososial behavioral.

2. Efek Afektif
Efek ini kadarnya lebih tinggi daripada Efek Kognitif. Tujuan dari komunikasi massa bukan hanya sekedar memberitahu pada khalayak supaya menjadi memahami tentang sesuatu, tetapi lebih dari itu, sesudah mengetahui kabar yg diterimanya, khalayak dibutuhkan bisa merasakannya. Sebagai model, sehabis kita mendengar atau membaca liputan artis kawakan Roy Marten dipenjara lantaran masalah penyalah-gunaan narkoba, maka pada diri kita akan timbul perasaan jengkel, iba, kasihan, atau sanggup jadi, bahagia. Perasaan sebel, jengkel atau marah daat diartikan menjadi perasaan kesal terhadap perbuatan Roy Marten. Sedangkan perasaan senang merupakan perasaan lega menurut para pembenci artis dan kehidupan hedonisme yg bahagia atas tertangkapnya para public figure yang cenderung hayati hedonisme. Adapun rasa iba atau kasihan dapat jua diartikan sebagai keheranan khalayak mengapa dia melakukan perbuatan tersebut.

3. Efek Behavioral
Efek behavioral merupakan dampak yang muncul dalam diri khalayak dalam bentuk perilaku, tindakan atau aktivitas. Adegan kekerasan pada televisi atau film akan menyebabkan orang sebagai beringas. Program acara mengolah beserta Rudi Khaeruddin, misalnya, akan menyebabkan para bunda tempat tinggal tangga mengikuti resep-resep baru. Bahkan, kita pernah mendengar berita seseorang anak sekolah dasar yang mencontoh adegan gulat berdasarkan acara SmackDown yg menyebabkan satu orang mati dampak adegan gulat tersebut. Namun, dari seluruh berita dari banyak sekali media tersebut tidak memiliki dampak yg sama.

Radio, televisi atau film di aneka macam negara telah dipakai menjadi media pendidikan. Sebagian laporan telah menampakan manfaat nyata berdasarkan siaran radio, televisi dan pemutaran film. Sebagian lagi melaporkan kegagalan. Misalnya, waktu masih ada tayangan kriminal dalam program “Buser” di SCTV menayangkan kabar: anak Sekolah Dasar yg melakukan bunuh diri karena nir diberi jajan oleh orang tuanya. Sikap yang dibutuhkan berdasarkan kabar kriminal itu ialah, agar orang tua nir semena-mena terhadap anaknya, tetapi apa yang didapat, keesokan atau lusanya, dilaporkan masih ada aneka macam tindakan sama yang dilakukan anak-anak Sekolah Dasar. Inilah yg dimaksud disparitas dampak behavior. Tidak seluruh warta, misalnya, akan mengalami keberhasilan yang merubah khalayak menjadi lebih baik, tetapi juga bisa menyebabkan kegagalan yg berakhir dalam tindakan lebih tidak baik.

Mengapa terjadi dampak yg tidak selaras? Belajar berdasarkan media massa memang nir bergantung hanya terdapat unsur stimuli dalam media massa saja. Kita memerlukan teori psikologi yang mengungkapkan insiden belajar semacam ini. Teori psikolog yg bisa mnejelaskan efek prososial merupakan teori belajar sosial berdasarkan Bandura. Menurutnya, kita belajar bukan saja menurut pengelaman eksklusif, tetapi dari peniruan atau peneladanan (modeling). Perilaku adalah output faktor-faktor kognitif dan lingkungan. Artinya, kita sanggup memiliki keterampila eksklusif, jika masih ada jalinan positif antara stimuli yang kita amati dan karakteristik diri kita.

Bandura menjelaskan proses belajar sosial pada empat tahapan proses: proses perhatian, proses pengingatan (retention), proses reproduksi motoris, dan proses motivasional.

Permulaan proses belajar adalah munculnya peristiwa yang dapat diamati secara eksklusif atau nir langsung sang seorang. Peristiwa ini dapat berupa tindakan tertentu (contohnya menolong orang karam) atau gambaran pola pemikiran, yang disebut Bandura menjadi “abstract modeling” (misalnya perilaku, nilai, atau persepsi realitas sosial). Kita mengamati peristiwa tersebut menurut orang-orang sekita kita.jika insiden itu sudah dianati, terjadilah termin pertama belajar sosial: perhatian. Kita baru pata memeriksa sesuatu apabila kita memperhatikannya. Setiap waktu kita menyaksikan berbagai peristiwa yang dapat kita teladani, tetapi tidak seluruh insiden itu kita perhatikan.

Perhatian saja nir relatif membuat dampak prososial. Khalayak wajib mampu menyimpan output pengamatannya pada benak benaknya dan memanggilnya pulang waktu mereka akan bertindak sesuai menggunakan teladan yang diberikan. Untuk mengingat, peristiwa yg diamati wajib direkam pada bentuk imaginal serta mulut. Yang pertama disebut visual imagination, yaitu gambaran mental mengenai insiden yang kita amati dan menyimpan gambaran itu pada memori kita. Yang ke 2 menampakan representasi dalam bentuk bahasa. Menurut Bandura, agar insiden itu dapat diteladani, kita bukan saja wajib merekamnya dalam memori, tetapi juga harus membayangkan secara mental bagaimana kita dapat menjalankan tindakan yang kita teladani. Memvisualisasikan diri kita sedang melakukan sesuatu disebut seabagi “rehearsal”.

Selanjutnya, proses reroduksi ialah menghasilkan balik konduite atau tindakan yg kita amati. Namun apakah kita betul-benar melaksanakan konduite teladan itu bergantung pada motivasi? Motivasi bergantung terdapat peneguhan. Ada tiga macam peneguhan yang mendorong kita bertindak: peneguhan eksternal, peneguhan gantian (vicarious reinforcement), serta peneguhan diri (self reinforcement). Pelajaran bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah kita simpan dalam memori kita. Kita bermaksud mempraktekkannya pada dialog menggunakan kawan kita. Kita akan melakukan hanya jika kita mengetahui orang lain nir akan mencemoohkan kitam atau apabila kita yakin orang lain akan menghargai tindakan kita. Ini yg dianggap peneguhan eksternal. Jadi, kampanye bahasa Indoensia pada TVRI dan surat keterangan berhasil, jika ada iklim yang mendorong penggunaan bahasa Indoensia yg baik dan sahih.

Kita pula akan terdorong melakukan perilaku teladan baik kita melihat orang lain yang berbuat sama mendapat ganjaran lantaran perbuatannya. Secara teoritis, relatif sukar orang meniru bahasa Indonesia yg sahih apabila pejabat-pejabat yg memiliki reutasi tinggi justru berbahasa Indonesia yg salah . Kita memerlukan peneguhan gantian. Walaupun kita tidak mendaat ganjaran (pujian, penghargaan, status, dn sebagainya), tetapi melihat orang lain mendapat ganjaran karena perbuatan yg ingin kita teladani membantu terjadinya reproduksi motor.

Akhirnya tindakan teladan akan kita lakukan apabila diri kita sendiri mendorong tindakan itu. Dorongan dari diri sendiri itu mungkin ada dari perasaan puas, bahagia, atau dipenuhinya citra diri yang ideal. Kita akan mengikuti anjuran berbahasa Indonesia yg sahih apabila kita yakin bahwa menggunakan cara itu kita memberikan kontribusi bagi kelestarian bahasa Indonesia.

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Secara yuridis formal, fungsi komunikasi massa pada atur pada UU RI no: 40 tahun 1999 pasal 3 ayat (1) serta (2), pula dalam UU RI no: 32 tahun 2003 pasal 4 ayat (1) dan (dua). Masing-masing pasal berbunyi menjadi berikut:

Pasal 3 UU 40/1999. (1) Pers Nasional mempunyai fungsi sebagai media berita, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. (2) Di samping fungsi-fungsi tadi ayat (1), pers nasional bisa berfungsi menjadi forum ekonomi.

Pasal 4 UU32/2003. (1) Penyiaran menjadi aktivitas komunikasi massa memiliki fungsi sebagai media berita, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol serta perekat sosial. (2) Dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), penyiaran juga memiliki fungsi ekonomi dan kebudayaan.

Sedangkan fungsi komunikasi massa buat peserta didik mencakup:

1. Informasi:
a. Mencari keterangan tentang peristiwa serta kondisi yg berkaitan menggunakan lingkungan terdekat, rakyat serta dunia.
b. Mencari bimbingan menyangkut aneka macam perkara mudah, pendapat, dan hal yang berkaitan dengan penentuan pilihan.
c. Memuaskan rasa ingin memahami.
d. Belajar, pendidikan diri sendiri.
e. Memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan.

2. Identitas eksklusif:
a. Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.
b. Menemukan model konduite.
c. Mengidentifikasikan diri menggunakan nilai-nilai lain (pada media).
d. Meningkatkan pemahamna mengenai diri-sendiri.

3. Integrasi dan interaksi sosial:
a. Memperoleh pengetahuan mengenai keadaan orang lain; ikut merasakan sosial.
b. Mengidentifikasikan diri menggunakan orang lain serta menaikkan rasa mempunyai.
c. Menemukan bahan dialog dan interkasi sosial.
d. Memperoleh teman selain dari insan.
e. Membantu menjalankan peran sosial.
f. Memungkinkan seseorang buat dapat menghubungi sanak –keluiarga, teman, dan warga .

Comments