KEDAI KOPI REPUBLIK

KEDAI KOPI REPUBLIK 
A. RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)
Kedai Kopi Republik (KKR) merupakan konsep kedai bar spesifik kopi espresso yg dibentuk dari bahan-bahan kopi asli menurut berbagai pelosok Indonesia terpilih serta beragam. KKR memperlihatkan pengalaman (experience) minum kopi menggunakan atmosfir kedai bar buat menikmati ritual minum kopi sebagai sesuatu yang menyenangkan. Konsep ini dibuat berbeda dengan kedai kopi yg waktu ini terdapat di Indonesia.

KKR menunjukkan pelanggannya ramuan espresso berkualitas tinggi seperti caffe late, caffe mocha dan machiato. Minuman tadi tersaji oleh para “Barista” terlatih menggunakan keahliannya. Para Barista akan menyajikan minuman-minuman tadi dengan mencampur espresso dengan susu murni, susu coklat dan cita rasa lainnya atau whiped cream pada aneka macam variasi tergantung tipe minuman yg dipesan. Sebagai pelengkap pilihan menu kopi, KKR pula menyajikan beragam minuman teh, juz, macam-macam kue dan muffin.

Kedai KKR yang pertama akan pada buka pada Jakarta, gerainya akan berada di mal-harta benda akbar serta gedung-gedung perkantoran primer. Pertama, KKR akan buka di Mal Pondok Indah 2, selesainya itu berturut-turut di harta benda Senayan City serta Pacific Place. Meskipun Starbuck agresif mengisi kota-kota akbar pada Indonesia, dalam dasarnya masih masih ada peluang bagi kedai-kedai kopi mini buat masuk pasar ini. Hal ini terbukti menggunakan eksisnya beberapa kedai kopi seperti Coffe Bean, Cafe Oh La La, Excelco serta lain-lain.

Peluang membuka kedai kopi di mal dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, karena bagi rakyat kota, minum kopi beserta telah sebagai kebutuhan. Semua orang menyukai kopi dan suasana minum kopi yg relax, lepas serta fakta yg dinikmati sembari ngobrol, chatting/browsing internet, kedap kecil atau diskusi. Lebih berdasarkan itu kedai kopi telah sebagai loka yg strategis buat membuat kesepakatan serta negosiasi usaha atau loka buat menghabiskan ketika menunggu jam-jam macet di ibukota.

Elemen-elemen primer yang ditawarkan serta membedakan antara KKR dengan kedai kopi pada umumnya merupakan:
1. Produk yg berkualitas tinggi, dari biji-biji kopi pilihan, bahan-bahan orisinil dari Indonesia.
2. Layanan konsumen yg prima.
3. Metode pemasaran yang unik.
4. Lokasi gerai yang nyaman.
5. Desain serta atmosfir gerai yang cozy dan hangat.

Tahap awal menurut Rencana Bisnis ini merupakan membuka gerai seluas 200m2, namun target jangka panjang adalah ekspansi militan ke seluruh mal terkemuka pada kota-kota besar lain.

B. GAMBARAN USAHA
1. Konsep Bisnis
Kedai Kopi Republik (KKR) adalah konsep kedai bar spesifik espresso yang didasarkan pada minunam kopi espresso yang terpilih menurut biji-biji kopi pilihan Indonesia dan beragam. KKR memberikan pengalaman minum kopi menggunakan membangun atmosfir buat menikmati minuman kopi spesifik serta membuat acara minum kopi merupakan tujuan setiap konsumen yang datang. Konsep ini tidak sinkron menggunakan kedai kopi yang saat ini ada pada Indonesia.

Kedai ini akan pertama kali dibuka di Jakarta serta dikembangkan pada beberapa kota akbar lainnya. Konsep kedai ini tidak sinkron menggunakan kedai kopi yang umumnya nir menyediakan bar serta penekanan hanya dalam minuman kopi, serta serangkaian hidangan ramuan lainnya dengan basis espresso yaitu caffe latte, cafe mocha dan machiato.

Rencana jangka pendek perusahanaan akan mendirikan gerai pertama seluas kurang menurut atau sama menggunakan 200 m2 di kota Jakarta. Rencana jangka menengah perusahaan akan melakukan taktik ekspansi di Jakarta (menggunakan menambah dua gerai) dan satu gerai pada Bandung. Sementara itu, planning jangka panjang perusahaan merupakan menjadi pemimpin pasar kedai kopi bar di kota-kota besar lainnya dengan melalui franchise.

Manajemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka kedai kopi bar di harta benda dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, hal ini karena minum kopi serta bertemu pada kedai kopi bagi poly orang sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai minuman serta susana pada kedai kopi. Minum kopi dei kedai kopi spesifik telah sebagai gaya hidup kalangan eksklusif.

2. Produk yang Ditawarkan
Kedai Kopi Republik didirikan buat menyediakan kopi dengan kualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan kopi menggunakan kualitas tinggi. Menu diracik menggunakan sentuhan profesional untuk memberikan cita rasa unik serta modern yang tidak sama dengan yang ditawarakan pesaing. Selain itu, pula ditawarkan jenis-jenis makanan ringan berkualitas tinggi sebagai pelengkap.

Menu-menu yang ditawarkan sang KKR
a. Menu Kopi
KKR menawakan minuman espresso gaya Italia, baik yg mengandung kafein maupun yang nir, mencakup espresso, caffe latte, cappuccino, caffe mocha serta espresso macchiato dengan biji kopi asal Indonesia (Takengan, Lampung, Toraja, Mandailing, Merapi, Bali). Menu ini akan disajikan menggunakan kayu cantik dari pegunungan dan rempah-rempah menurut Indonesia, susu murni, susu coklat, cita rasa lainnya, atau whiped cream dalam berbagai variasi tergantung tipe minuman yg dipesan sang pelanggan. Semua jenis espresso tadi disajikan pada bentuk dingin.

Selain itu, pelanggan jua dapat memesan cappucino shake dengan rasa vanila, coklat, kayu cantik dan pala buat memperoleh menu yang lebih sehat.

b. Menu Lainnya
Menu lain yang ditawarkan merupakan:
1) Jenis teh: variasi teh termasuk yg klasik, rasa eksotis, serta teh rasa buah.
2) Jus butir segar: jeruk
3) Air mineral

c. Kue kopi dan kudapan
Kedai Kopi Republik akan memberikan juga ragam camilan dan kudapan manis menggunakan kualitas tinggi. Yaitu mencakup jenis kudapan manis kopi, muffin dan kudapan manis krim keju. Untuk memperlihatkan jenis makanan yang lebih sehat akan ditawarkan jua jenis kue muffin serta kudapan manis rendah kalori serta bebas gula.

3. Harga
Harga yang ditawarkan oleh KKR kompetitif dan nir terlalu jauh tidak sama dibandingkan dengan pesaingnya.

Berikut adalah daftar harga:
  • Cappucino Rp 18.500,-
  • Espresso Rp 17.000,-
  • Teh Rp 15.000,-
  • Jus Rp 16.000,-
  • Kue dan Snack Rp 8.000,- s/d Rp 10.000,-
Harga yang ditawarkan relatif bersaing dibandingkan menggunakan pesaing. Selain itu perusahaan akan melatih para Barista-nya buat mengimplementasikan taktik “up-selling” dimana konsumen didorong secara aktif buat mencoba rasa kombinasi baru serta menambah volume konsumsinya.

4. Desain gerai
KKR akan dibuat menggunakan cozy dan hangat pada interior serta perabotannya. Atmosfir kehangatan sangat diperhatikan untuk menambah daya tarik gerai. Sejalan dengan kebutuhan rakyat kota yg memiliki taraf mobilitas yg tinggi akan disediakan pula fasilitas wifi serta internet akses.

5. Lokasi dan wilayah
Berbeda dengan umumnya kedai kopi, gerai KKR berlokasi di mal-harta benda dan gedung-gedung perkantoran dengan kemudian lintas pengunjung yang tinggi dan merupakan area komersial. Hal ini memberikan manfaat ganda bagi konsumennya, yaitu masih mampu berjalan-jalan pada mal sehabis atau sebelum menyeruput kopi. Selain itu kenyamanan gerai menjadi nilai jual yang tidak selaras sebagai akibatnya dapat menarik konsumen buat berkunjung.

C. PEMASARAN
1. Kondisi Pasar
Salah satu karakteristik perilaku konsumen pada Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan merupakan suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerjanya (Majalah Marketing). Tempat berkumpul umumnya adalah kafe, fitness center, arisan dan lain sebagainya. Itu sebabnya fasilitas-fasilitas misalnya itu banyak didirikan menjadi tanggapan atas konduite konsumen yang demikian, Perilaku senang berkumpul merupakan ciri atau indikator bahwa rakyat Indonesia memiliki kehidupan sosial yang bertenaga.

Pergi ke kafe telah sebagai tren bagi warga perkotaan ketika ini. Salah satunya dipicu oleh perilaku konsumsi yg dimudahkan sang fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh perbankan. Mulai tahun 2007 hingga waktu ini, industri perbankan melalui produk kartu kreditnya menjadikan program bonus (umumnya berkisar 30-50%) pada berbagai kafe serta resto sebagai acara andalannya. Inilah faktor pemicu taraf kunjungan konsumen ke kafe serta resto yang semakin tinggi tajam-khususnya dalam akhir pekan.

2. Calon Pelanggan
Pasar sasaran KKR merupakan pekerja kantoran, baik yg profesional maupun non profesional, usia dewasa, menggunakan kelas sosial menengah ke atas. Gerai akan berlokasi pada tempat yg gampang dijangkau oleh kalangan pegawai kantoran tadi.

Perusahaan berharap taraf pembelian ulang konsumen relatif tinggi. Selain itu pula diharapkan lebih kurang 75% pesanan melalui take away.

3. Strategi Pemasaran
Perusahaan akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang militan yang dirancang buat membangun dan mempertegas citra merek perusahaan. Perusahaan akan memakai logo KKR secara ekstensif dalam presentasi produknya yg inovatif, bungkus serta selebaran. Sebagai tambahan, karyawan juga memperlihatkan banyak sekali konsep pemasaran yang kreatif seperti sampel gratis dari “pilihan menu hari ini” kartu keanggotaan, materi edukasi mengenai produk kopi termasuk poster-poster dan T-shirt.

Implementasi strategi pemasaran meliputi hal-hal berikut:
1) Memberikan sampel gratis agar konsumen dapat mencoba ‘rasa hari ini’.
2) Penawaran kartu “2 for 1” yg hanya bisa dipakai dalam hari-hari eksklusif buat mendorong kunjungan berganda.
3) Materi-materi edukasi (seperti poster dan risalah) yang berkaitan menggunakan kualitas kopi, manfaatnya dan petunjuk pemanfaatan bahan-standar terebut.
4) Layanan proaktif karyawan: melatih serta mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen menggunakan antusias.
5) Memberikan jasa antar gratis pada daerah perkantoran sekitar gerai.
6) Penempelan logo, media luar runag serta lain sebagainya.

Bentuk lain taktik merchandising adalah tampilan cup take away yang atraktif. Akan didesain menggunakan bahan yang aman bagi lingkungan serta pada desain menggunakan logo perusahaan yg menarik. 

D. PESAING
Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, sosialisasi akan nama merek dan lokasi gerai.

Kedai Kopi Republik akan bersaing langsung menggunakan sesama kedai kopi (Starbucks, Coffe Bean, J-Co), Resto serta Cafe (Expresso, Oh La La).

E. OPERASIONAL
Sebuah kedai kopi harus mempunyai fasilitas-fasilitas yg memenuhi standar persyaratan, yang diperlukan buat menunjang operasionalnya, diantaranya : persyaratan fisik, manajemen operasional, dan pelayanannya. Ketiga faktor tersebut adalah komponen krusial yg sangat memilih kualitas dan kelas daripada sebuah kedai kopi. Persyaratan fisik merupakan faktor yg mempunyai bobot yg relatif akbar pada menentukan kualitas pelayanan sebuah kedai kopi dibandingkan menggunakan komponen lainnya.

Persyaratan fisik KKR secara generik bisa dibagi menjadi 2 grup akbar, yaitu : 
fisik generik serta fisik ruang, perlengkapan serta alat-alat. 

Persyaratan fisik umum berbentuk, seperti : gerai, pencegahan bahaya kebakaran, pembuangan air limbah, sampah serta lain-lainnya. Sedangkan fisik ruang, perlengkapan dan peralatan bisa berbentuk, seperti : dapur, ruang makan, gudang, toilet, ruang administrasi dan ruang karyawan. Dari ke 2 komponen fisik restoran tadi, komponen fisik ruang, perlengkapan serta peralatan mempunyai peranan lebih penting dibandingkan komponen fisik umum, khususnya : dapur dan toilet. Selain dapur dan toilet. Komponen fisik ruang, perlengkapan serta peralatan yang memiliki peranan relatif penting merupakan ruang makan, gudang dan ruang karyawan.

Komponen yg sangat krusial dalam persyaratan fisik generik adalah komponen ruang, yg meliputi : pembagian ruang, pengaturan ruang dan dekorasi ruang. Sedangkan komponen lainnya yg cukup penting pada persyaratan fisik umum adalah lokasi serta lingkungan, yg mencakup : eksistensi KKR serta lingkungan luarnya (kebisingan, bau, debu, asap dam serangga atau binatang pengganggu lainnya). Utilitas (air, listrik, emergency lamp serta rapikan udara juga adalah komponen vital lainnya pada persyaratan fisik umum tadi, demikian jua dengan pencegahan bahaya kebakaran.

Sementara itu faktor krusial yg diperlukan dalam menunjang operasional KKR, antara lain: struktur organisasi, standar aplikasi operasional, kesehatan lingkungan serta lain-lainnya. Sedangkan persyaratan pelayanan yang diperlukan buat menunjang operasional KKR adalah penjualan serta penyajian makanan, ketrampilan “bartista”, penyajian hiburan, keamanan dan lain-lainnya. Masing-masing komponen tersebut, baik : fisik, operasional maupun pelayanan akan sangat menentukan kualitas KKR dan sekaligus akan menentukan mutu pelayanan sebuah kedai kopi. 

F. MANAJEMEN
Untuk menerapkan layanan yg positif dan proaktif maka pegawai mempunyai peranan yang krusial dalam hal ini. Oleh karenanya perusahaan memutuskan pegawai yang direkrut adalah orang yg berpenampilan menarik dan gembira, sekatan, motivasi tinggi serta yang mempunyai komitmen buat melayani konsumen. Perusahaan jua menaruh perhatian dalam pelatihan, pengembangan diri karyawan dan kompensasi bagi hasil bagi karyawannya agar bisa memberikan layanan yg prima.

Comments