TUJUAN FUNGSI MAUPUN PROGRAM PERPUSTAKAAN UMUM DEMI MENINGKATKAN DAYA TARIK MASYARAKAT

Tujuan, Fungsi, Maupun Program Perpustakaan Umum Demi Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat
Di era berita kini ini, pendidikan merupakan sesuatu yg krusial bagi seluruh orang karena pendidikan adalah akar menurut peradaban sebuah bangsa. Pendidikan kini sudah sebagai kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang supaya bisa menjawab tantangan kehidupan. Untuk memperoleh pendidikan ada aneka macam cara yg bisa ditempuh, diantaranya melalui pendidikan formal serta non-formal. Pendidikan dapat diperoleh melalui jalur non formal yang salah satunya melalui perpustakaan, khususnya perpustakaan generik. 

Secara umum, perpustakaan mempunyai peranan yang sangat penting bagi peningkatan kualitas asal daya manusia. Pertama, menjadi jantung pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kedua, menjadi pusat pengumpulan dan penyimpanan asal pengetahuan serta keterangan. Ketiga, menjadi social center, yaitu sentra aktivitas rakyat setempat.perpustakaan Umum memiliki peran sangat strategis dalam menaikkan tingkat hayati masyarakat, menjadi wahana belajar sepanjanghayat buat membuatkan potensi masyarakat supaya menjadi insan yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari,serta sebagai warga negara yg demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional, dan merupakan sarana pelestarian kekayaan budaya bangsa, hal ini sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-undang Dasar 1945 yaitu sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa (Daryono, 2009: 1).

Di negara yg sudah maju, perpustakaan generik merupakan cermin kemajuan masyarakatnya karena perpustakaan merupakan bagian dari kebutuhan hayati sehari-hari. Hal itu diikuti menggunakan kemudahan memperoleh akses serta kelengkapan wahana dan ketersediaan sumber warta yg sangat memadai.sedangkan eksistensi serta perhatian rakyat terhadap perpustakaan di negara-negara berkembang masih sangat terbatas. Kalaupun perhatian itu terdapat, hanya sebatas impian dan bukan adalah galat satu kebutuhan mereka. Apalagi dengan krisis ekonomi dunia ketika ini, dimana orang lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan sosial, dan ekonomi mereka. Sehingga sedikit dari mereka yang mengetahui tujuan,fungsi juga kiprah perpustakaan generik kini ini.

Dalam hal ini rakyat generik di harapkan sahih-sahih tahu serta mampu memakai fungsi dan kiprah penting keberadaan perpustakaan umum,demi menunjang kebutuhan fakta yg di perlukan sebagaimana umumnya.

1. Pengertian Perpustakaan Umum
Perpustakaan generik adalah suatu unit/lembaga layanan liputan yg diselenggaran di loka tinggal penduduk baik kota/desa yg diperuntukkan bagi semua kalangan/golongan warga tanpa memandang latar belakang,kepercayaan ,pendidikan juga status sosial-ekonomi serta sebagainya guna sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi yg dibutuhkan masyarakat/penduduk pada biasanya. 

Perpustakaan umum terdiri berdasarkan beberapa bagian seperti pengadaan, pengolahan serta pelayanan bahan pustaka. Masing-masing bagian saling berafiliasi serta memiliki tujuan yg sama yaitu untuk mendayagunakan agar koleksi yang dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sang pemustaka. 

Untuk mengetahui lebih pada, berikut ini akan dijelaskan mengenai tujuan, fungsi,maupun peran perpustakaan generik.

2. Fungsi Perpustakaan Umum
Secara generik, perpustakaan mengemban beberapa fungsi umum menjadi berikut : 

a. Fungsi Informasi
Perpustakaan menyediakan banyak sekali macam warta yg mencakup bahan tercetak, terekam maupun koleksi lainnya supaya penggunaan perpustakaan dapat merogoh banyak sekali wangsit dari kitab yg ditulis oleh para pakar berdasarkan berbagai bidang ilmu ,menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyerap informasi dalam banyak sekali bidang serta memiliki kesempatan untuk dapat memilih informasi yang layak sinkron kebutuhannya.

b. Fungsi Pendidikan
Perpustakaan adalah wahana pendidikan nonformal serta informal,ialah perpustakaan adalah loka belajar pada luar bangku sekolahmaupun pula tempat belajar pada lingkungan pendidikan sekolah. Melalui fungsi ini manfaat yg bisa diperoleh adalah supaya pengguna perpustakaan mendapatkan kesempatan untuk mendidik diri sendiri secara berkesinambungan; buat menyebarkan dan membangkitkan minat yg telah dimiliki pengguna. 

c. Fungsi Kebudayaan
Perpustakaan merupakan loka buat mendidik dan berbagi apresiasi budaya warga . Sebagai fungsi kebudayaan maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna sebagai rekaman budaya bangsa untuk menaikkan taraf hidup dan mutu kehidupan insan baik secara individu maupun gerombolan ,membangkitkan minat terhadap kesenian dan keindahan yang adalah salah satu kebutuhan manusia terhadap cita rasa seni, mendorong tumbuhnya kreativitas pada kesenian; mengembangkan sikap dan sifat hubungan manusia yang positif dan menunjang kehidupan antar budaya secara serasi.

d. Fungsi Rekreasi
Sebagai fungsi rekreasi maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna buat: membangun kehidupan yang seimbang antara jasmani serta rohani; mengembangkan minat rekreasi pengguna melalui aneka macam bacaan dan pemanfaatan waktu senggang; menunjang aneka macam kegiatan kreatif sertahiburan yg positif.

e. Fungsi Penelitian
Sebagai fungsi penelitian maka perpustakaan menyediakan aneka macam berita buat menunjang kegiatan penelitian yg mencakup berbagaI jenis juga bentuk informasi itu sendiri.

f. Fungsi Deposit
Sebagai fungsi deposit maka perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan seluruh karya cetak serta karya rekam yang diterbitkan pada wilayah Indonesia. Perpustakaan yg menjalankan fungsi deposit secara nasional merupakan Perpustakaan Nasional.

3. Tujuan Perpustakaan Umum
Tujuan perpustakaan umum dirinci ke dalam 3 jenis tujuan (Buku Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum,1992 : 6) sebagai berikut :

a. Tujuan Umum
Tujuan generik perpustakaan merupakan membina serta mengembangkan kebiasaan membaca serta belajar sebagai suatu proses yang berkesinambungan seumur hidup dan kesejukan jasmani dan rohani rakyat berada dalam jangkauan layanan, sehingga berkembang daya ciptaan dan inovasinya bagi peningkatan prestise serta produktivitas setiap rakyat masyarakat secara menyeluruh pada menunjang pembangunan nasional.

b. Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional dan tujuan khusus Perpustakaan Umum adalah :
1. Mengembangkan minat, kemampuan dan norma membaca, dan mendayagunakan budaya tulisan dalam segala sektor kehidupan.
2. Mengembangkan kemampuan mencari, memasak dan memanfaatkan liputan.
3. Mendidik masyarakat pada umumnya agar bisa memelihara serta memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna serta berhasi.
4. Meletakkan dasar-dasar ke arah belajar berdikari.
5. Memupuk minat dan bakat rakyat.
6. Menumbuhkan kemampuan rakyat buat memecahkan perkara yang dihadapi pada kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri dengan berbagi kemampuan membaca rakyat.
7. Berpartisipasi aktif pada menunjang pembangunan nasional yg menyediakan bahan pustaka yang diperlukan dalam pembangunan sesuai kebutuhan semua lapisan warga .

c. Tujuan Operasional
Tujuan Operasional Perpustakaan umum adalah pernyataan formal yg terang mengenai sasaran yg harus dicapai serta cara mencapainya, sehingga tujuan tersebut bisa dimonitor, diukur serta dievaluasi keberhasilannya.

4. Peran Perpustakaan Umum
Setiap perpustakaan dapat mempertahankan eksistensinya apabila bisa menjalankan peranannya. Secara umum peran-kiprah yg dapat dilakukan adalah : 
1. Menjadi media antara pemakai menggunakan koleksi sebagai asal kabar pengetahuan.
2. Menjadi lembaga pengembangan minat dan budaya membaca serta pembangkit kesadaran pentingnya belajar sepanjang hayat.
3. Mengembangkan komunikasi antara pemakai serta atau dengan penyelenggara sehingga tercipta kolaborasi, sharing pengetahuan maupun komunikasi ilmiah lainnya.
4. Motivator, perantara serta fasilitator bagi pemakai pada bisnis mencari, memanfaatkan serta menyebarkan ilmu pengetahuan serta pengalaman.
5. Berperan menjadi agen perubah, pembangunan dan kebudayaan manusia.
5. Program Perpustakaan Umum

Dari pembahasan di atas mengenai tujuan, fungsi juga peran perpustakaan umum dalam kenyataan juga penerapannya nir berjalan menggunakan aporisma. Salah satu faktor penghambatnya adalah kasus ekonomi serta kurangnya kesadaran warga mengenai hakikat kiprah Perpustakaan Umum terutama masyarakat pedesaan. Sehingga hal ini nir dapat mendorong serta menyadarkan warga akan arti pentingnya Perpustakaan Umum. 

Oleh karenanya, buat mengatasi masalah tersebut adapun acara yg mendukung adanya partisipasi rakyat yang perlu pada selenggarakan, karena konsep pengambilan peran aktif perpustakaan ini merupakan menjadi konsekuensi logis buat menarik minat masyarakat. Beberapa acara yang sanggup diselenggarakan yg dapat menaikkan peran aktif anggota rakyat di Perpustakaan umum adalah:
  • Mengadakan Diskusi, seminar, dan musyawarah, baik mengenai pengetahuan-pengetahuan generik maupun berkaitan dengan perseteruan desa yang diselenggarakan di Perpustakaan Umum. 
  • Permainan, pertandingan, dan perlombaan pada bidang seni, olah raga, pendidikan dan kebudayaan yang berpusat di Perpustakaan Umum ini. 
  • Mengadakan Pameran hasil karya serta koleksi warga yang berpusat pada PerpustakaanUmum. 
  • Pengembangan grup kerja yang ditujukan sebagai penggagas pengembangan desa berbasis perpustakaan dan pelaksana kongkritnya. 
  • Education learning tentang perpustakaan yg berpusat pada Perpustakaan Umum. 
Untuk memperkenalkan dalam masyarakat tentang program Perpustakaan Umum ini maka perlu diadakan pengenalan dan sosialisasi dengan menaruh aneka macam macam perlombaan pada bidang seni, olah raga, pendidikan dan kebudayaan yg berpusat di Perpustakaan Umum.

Comments