TUJUAN FUNGSI MAUPUN PROGRAM PERPUSTAKAAN UMUM DEMI MENINGKATKAN DAYA TARIK MASYARAKAT

Tujuan, Fungsi, Maupun Program Perpustakaan Umum Demi Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat
Di era keterangan kini ini, pendidikan merupakan sesuatu yang krusial bagi semua orang karena pendidikan adalah akar berdasarkan peradaban sebuah bangsa. Pendidikan kini telah sebagai kebutuhan utama yg harus dimiliki setiap orang supaya bisa menjawab tantangan kehidupan. Untuk memperoleh pendidikan terdapat berbagai cara yang sanggup ditempuh, diantaranya melalui pendidikan formal serta non-formal. Pendidikan dapat diperoleh melalui jalur non formal yg keliru satunya melalui perpustakaan, khususnya perpustakaan umum. 

Secara generik, perpustakaan mempunyai peranan yang sangat vital bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pertama, sebagai jantung pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kedua, sebagai pusat pengumpulan serta penyimpanan sumber pengetahuan dan kabar. Ketiga, menjadi social center, yaitu pusat aktivitas warga setempat.perpustakaan Umum mempunyai kiprah sangat strategis pada mempertinggi taraf hidup rakyat, menjadi sarana belajar sepanjanghayat buat mengembangkan potensi warga agar sebagai manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari,serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab pada mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional, serta merupakan sarana pelestarian kekayaan budaya bangsa, hal ini sinkron dengan yg diamanatkan oleh Undang-undang Dasar 1945 yaitu menjadi sarana mencerdaskan kehidupan bangsa (Daryono, 2009: 1).

Di negara yg telah maju, perpustakaan generik merupakan cermin kemajuan masyarakatnya lantaran perpustakaan adalah bagian menurut kebutuhan hayati sehari-hari. Hal itu diikuti menggunakan kemudahan memperoleh akses serta kelengkapan sarana dan ketersediaan asal fakta yang sangat memadai.sedangkan eksistensi dan perhatian masyarakat terhadap perpustakaan di negara-negara berkembang masih sangat terbatas. Kalaupun perhatian itu terdapat, hanya sebatas harapan serta bukan adalah salah satu kebutuhan mereka. Apalagi menggunakan krisis ekonomi dunia ketika ini, dimana orang lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan sosial, dan ekonomi mereka. Sehingga sedikit menurut mereka yg mengetahui tujuan,fungsi maupun kiprah perpustakaan generik sekarang ini.

Dalam hal ini warga umum di harapkan benar-benar tahu serta sanggup menggunakan fungsi serta peran penting eksistensi perpustakaan umum,demi menunjang kebutuhan liputan yg pada perlukan sebagaimana umumnya.

1. Pengertian Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum merupakan suatu unit/forum layanan liputan yg diselenggaran pada loka tinggal penduduk baik kota/desa yg diperuntukkan bagi semua kalangan/golongan warga tanpa memandang latar belakang,kepercayaan ,pendidikan maupun status sosial-ekonomi dan sebagainya guna sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi yg diharapkan masyarakat/penduduk pada umumnya. 

Perpustakaan generik terdiri dari beberapa bagian misalnya pengadaan, pengolahan serta pelayanan bahan pustaka. Masing-masing bagian saling bekerjasama serta mempunyai tujuan yang sama yaitu buat mendayagunakan supaya koleksi yang dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemustaka. 

Untuk mengetahui lebih dalam, ini dia akan dijelaskan tentang tujuan, fungsi,maupun peran perpustakaan generik.

2. Fungsi Perpustakaan Umum
Secara umum, perpustakaan mengemban beberapa fungsi generik sebagai berikut : 

a. Fungsi Informasi
Perpustakaan menyediakan aneka macam macam warta yg meliputi bahan tercetak, terekam maupun koleksi lainnya supaya penggunaan perpustakaan bisa merogoh berbagai inspirasi dari kitab yg ditulis sang para ahli menurut banyak sekali bidang ilmu ,menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyerap fakta pada aneka macam bidang serta mempunyai kesempatan buat dapat memilih kabar yang layak sesuai kebutuhannya.

b. Fungsi Pendidikan
Perpustakaan adalah sarana pendidikan nonformal dan informal,merupakan perpustakaan adalah loka belajar pada luar bangku sekolahmaupun juga loka belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah. Melalui fungsi ini manfaat yang dapat diperoleh merupakan agar pengguna perpustakaan mendapatkan kesempatan untuk mendidik diri sendiri secara berkesinambungan; untuk berbagi serta membangkitkan minat yang sudah dimiliki pengguna. 

c. Fungsi Kebudayaan
Perpustakaan merupakan tempat untuk mendidik dan membuatkan apresiasi budaya warga . Sebagai fungsi kebudayaan maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna sebagai rekaman budaya bangsa buat menaikkan tingkat hayati dan mutu kehidupan manusia baik secara individu juga grup,membangkitkan minat terhadap kesenian dan estetika yang adalah salah satu kebutuhan insan terhadap cita rasa seni, mendorong tumbuhnya kreativitas pada kesenian; menyebarkan perilaku dan sifat hubungan manusia yg positif dan menunjang kehidupan antar budaya secara harmonis.

d. Fungsi Rekreasi
Sebagai fungsi rekreasi maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna buat: membangun kehidupan yang seimbang antara jasmani serta rohani; membuatkan minat rekreasi pengguna melalui aneka macam bacaan serta pemanfaatan waktu senggang; menunjang berbagai kegiatan kreatif sertahiburan yg positif.

e. Fungsi Penelitian
Sebagai fungsi penelitian maka perpustakaan menyediakan berbagai kabar buat menunjang aktivitas penelitian yang mencakup berbagaI jenis maupun bentuk warta itu sendiri.

f. Fungsi Deposit
Sebagai fungsi deposit maka perpustakaan berkewajiban menyimpan serta melestarikan semua karya cetak dan karya rekam yg diterbitkan pada wilayah Indonesia. Perpustakaan yang menjalankan fungsi deposit secara nasional merupakan Perpustakaan Nasional.

3. Tujuan Perpustakaan Umum
Tujuan perpustakaan umum dirinci ke dalam tiga jenis tujuan (Buku Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum,1992 : 6) menjadi berikut :

a. Tujuan Umum
Tujuan umum perpustakaan adalah membina serta menyebarkan kebiasaan membaca serta belajar menjadi suatu proses yg berkesinambungan seumur hidup serta kesegaran jasmani serta rohani rakyat berada pada jangkauan layanan, sebagai akibatnya berkembang daya kreasi dan inovasinya bagi peningkatan martabat dan produktivitas setiap masyarakat masyarakat secara menyeluruh pada menunjang pembangunan nasional.

b. Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional serta tujuan khusus Perpustakaan Umum adalah :
1. Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca, dan mendayagunakan budaya goresan pena pada segala sektor kehidupan.
2. Mengembangkan kemampuan mencari, memasak serta memanfaatkan berita.
3. Mendidik masyarakat dalam umumnya agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara sempurna guna serta berhasi.
4. Meletakkan dasar-dasar ke arah belajar mandiri.
5. Memupuk minat dan talenta masyarakat.
6. Menumbuhkan kemampuan warga buat memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab serta usaha sendiri menggunakan menyebarkan kemampuan membaca rakyat.
7. Berpartisipasi aktif dalam menunjang pembangunan nasional yang menyediakan bahan pustaka yg diperlukan pada pembangunan sinkron kebutuhan seluruh lapisan warga .

c. Tujuan Operasional
Tujuan Operasional Perpustakaan umum adalah pernyataan formal yang jelas tentang sasaran yg wajib dicapai dan cara mencapainya, sehingga tujuan tadi bisa dimonitor, diukur dan dievaluasi keberhasilannya.

4. Peran Perpustakaan Umum
Setiap perpustakaan dapat mempertahankan eksistensinya bila bisa menjalankan peranannya. Secara generik peran-kiprah yg bisa dilakukan adalah : 
1. Menjadi media antara pemakai menggunakan koleksi menjadi asal fakta pengetahuan.
2. Menjadi forum pengembangan minat dan budaya membaca serta pembangkit pencerahan pentingnya belajar sepanjang hayat.
3. Mengembangkan komunikasi antara pemakai serta atau dengan penyelenggara sehingga tercipta kolaborasi, sharing pengetahuan juga komunikasi ilmiah lainnya.
4. Motivator, perantara dan fasilitator bagi pemakai dalam usaha mencari, memanfaatkan serta menyebarkan ilmu pengetahuan dan pengalaman.
5. Berperan menjadi agen perubah, pembangunan serta kebudayaan insan.
5. Program Perpustakaan Umum

Dari pembahasan pada atas tentang tujuan, fungsi maupun peran perpustakaan generik dalam fenomena juga penerapannya tidak berjalan dengan maksimal . Salah satu faktor penghambatnya merupakan kasus ekonomi serta kurangnya pencerahan rakyat mengenai hakikat peran Perpustakaan Umum terutama rakyat pedesaan. Sehingga hal ini tidak dapat mendorong dan menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya Perpustakaan Umum. 

Oleh karena itu, buat mengatasi perkara tadi adapun program yang mendukung adanya partisipasi rakyat yang perlu pada selenggarakan, karena konsep pengambilan kiprah aktif perpustakaan ini ialah menjadi konsekuensi logis buat menarik minat rakyat. Beberapa acara yg mampu diselenggarakan yang bisa menaikkan peran aktif anggota rakyat pada Perpustakaan generik merupakan:
  • Mengadakan Diskusi, seminar, dan musyawarah, baik mengenai pengetahuan-pengetahuan umum maupun berkaitan menggunakan konflik desa yg diselenggarakan di Perpustakaan Umum. 
  • Permainan, pertandingan, dan perlombaan pada bidang seni, olah raga, pendidikan serta kebudayaan yang berpusat di Perpustakaan Umum ini. 
  • Mengadakan Pameran output karya dan koleksi masyarakat yg berpusat di PerpustakaanUmum. 
  • Pengembangan gerombolan kerja yg ditujukan sebagai penggagas pengembangan desa berbasis perpustakaan dan pelaksana kongkritnya. 
  • Education learning mengenai perpustakaan yang berpusat di Perpustakaan Umum. 
Untuk memperkenalkan pada masyarakat mengenai acara Perpustakaan Umum ini maka perlu diadakan sosialisasi dan pengenalan menggunakan memberikan berbagai macam perlombaan dalam bidang seni, olah raga, pendidikan serta kebudayaan yang berpusat pada Perpustakaan Umum.

Comments