TANGGUNG JAWAB MORAL PELESTARIAN LINGKUNGAN

Tanggung Jawab Moral Pelestarian Lingkungan
Masalah pemeliharaan atau pelestarian lingkungan hayati bukanlah hanya sekedar kasus sosial, seperti kasus ekonomi, masalah politik, masalah estetika, dan lain sebagainya. Jauh lebih berdasarkan itu, kasus lingkungan hayati adalah perkara moral, sehingga menuntut suatu pertanggungjawaban moral. Kalau dianggap sebagai kasus moral berarti mengandung suatu kewajiban dasar serta mengikat bagi manusia, buat memperlakukan alam secara baik serta penuh tanggung jawag. Namun informasi memperlihatkan bahwa lingkungan, yg adalah asal kehidupan bagi insan, telah diambang kepunahan. Kepunahan alam terjadi karena ulah insan sendiri, yg dengan rakusnya melakukan tindakan pendayagunaan tidak terkendali terhadap alam. Alam sudah diperlakukan secara sewenang-wenang demi tujuan langsung atau gerombolan , yg umumnya berjangka pendek saja, yaitu tujuan ekonomis semata. Kerusakan lingkungan hayati telah membawa poly bencana bagi manusia diberbagai belahan global, serta hal itu akan berlangsung terus manakala manusia tidak segera merubah sikapnya terhadap alam. Maka buat itu demi kelestarian alam insan wajib mampu menumbuhkan perasaan mendalam bahwa melukai alam bagaikan melukai diri kita sendiri.

A. Alam diambang kepunahan
Dari berbagai data yg terdapat dapat terlihat bahwa alam memang sedang menuju dalam tahap-termin yang semakin kritis dalam proses kepunahan. Ada poly masalah berfokus yang memberitahuakn dimensi global pencemaran lingkungan hidup, beberapa antara lain dapat disebutkan dibawah ini.

1. Akumulasi bahan beracun
Industri kimia sudah membuang limbahnya kedalam sungai atau laut. Hal itu telah membawa dampak antara lain, ikan sudah semakin nir layak buat dikonsumsi karena kadar merkuri atau bahan kimia yg dibuang telah merembes kedalamnya. Pestisida yang digunakan buat menaikkan produksi pangan, telah masuk dalam rantai makanan manusia hingga ke air susu mak (ASI) yg diminum oleh bayi. Beberapa herbisida seperti Silver, diketahui mengandung dioksin, yang adalah racun kuat dan dapat menyebabkan kanker. Fosfat dari deterjen cuci menciptakan alga pada air bertambah poly dan oksigen berkurang, sehingga memusnahkan bentuk kehidupan didalam air. Jenis plastik polstyrene, sulit hancur secara alami, sehingga akan membebani lingkungan. Adanya informasi-informasi mengenai negara-negara industri maju yang mengekspor limbahnya yang berupa bahan beracun berbahaya ke negara-negara miskin, menggunakan imbalan pembayaran yg menggiurkan bagi negara-negara miskin. Risiko akbar buat lingkungan terjadi sang penggunaan tenaga nuklir, yg tetap terbuka kemungkinan buat terjadinya kecelakaan, dan limbah nuklir misalnya plutonium yang mengandung radioaktif selama ribuan tahun dan sangat membahayakan kesehatan insan.

2. Efek tempat tinggal kaca
Energi yg menerangi Bumi datang dari Matahari. Sebagian besar energi yg membanjiri planet kita ini merupakan radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika tenaga ini tentang bagian atas Bumi, ia berubah berdasarkan cahaya menjadi panas serta menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan memantulkan pulang sebagian berdasarkan panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar; walaupun sebagian tetap terperangkap pada atmosfer Bumi. Gas-gas tertentu pada atmosfer termasuk uap air, karbondioksida, dan metana, menjadi perangkap radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan balik radiasi gelombang yg dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca pada rumah kaca sebagai akibatnya gas-gas ini dikenal sebagai gas tempat tinggal kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yg terperangkap di bawahnya.

Dampak pemanasan global
Para ilmuan menggunakan model personal komputer menurut temperatur, pola presipitasi, dan aliran atmosfer buat memeriksa pemanasan dunia. Berdasarkan contoh tadi, para ilmuan sudah membuat beberapa prakiraan mengenai imbas pemanasan dunia terhadap cuaca, tinggi permukaan air laut, pantai, pertanian, kehidupan fauna liar dan kesehatan insan.

Cuaca
Para ilmuan memperkirakan bahwa selama pemanasan global, daerah bagian Utara menurut belahan Bumi Utara (Northern Hemisphere) akan memanas lebih berdasarkan wilayah-daerah lain pada Bumi. Akibatnya, gunung-gunung es akan mencair serta daratan akan mengecil. Akan lebih sedikit es yg terapung pada perairan Utara tersebut. Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin nir akan mengalaminya lagi. Pada pegunungan pada daerah subtropis, bagian yg ditutupi salju akan semakin sedikit dan akan lebih cepat mencair. Musim tanam akan lebih panjang di beberapa area. Temperatur dalam trend dingin serta malam hari akan cenderung buat semakin tinggi.daerah hangat akan sebagai lebih lembab lantaran lebih poly air yang menguap menurut lautan. Para ilmuan belum begitu yakin apakah kelembaban tadi malah akan menaikkan atau menurunkan pemanasan yg lebih jauh lagi. Hal ini ditimbulkan karena uap air adalah gas rumah kaca, sebagai akibatnya keberadaannya akan mempertinggi imbas insulasi dalam atmosfer. Akan namun, uap air yg lebih banyak jua akan membentuk awan yg lebih banyak, sebagai akibatnya akan memantulkan cahaya Matahari balik ke angkasa luar, di mana hal ini akan menurunkan proses pemanasan (lihat daur air). Kelembaban yg tinggi akan menaikkan curah hujan, secara rata-rata, sekitar 1 persen buat setiap derajat Fahrenheit pemanasan. (Curah hujan di seluruh dunia sudah meningkat sebanyak 1 persen pada seratus tahun terakhir ini). Badai akan sebagai lebih tak jarang. Selain itu, air akan lebih cepat menguap menurut tanah. Akibatnya beberapa daerah akan menjadi lebih kemarau dari sebelumnya. Angin akan bertiup lebih kencang dan mungkin menggunakan pola yg tidak sinkron. Topan badai (hurricane) yg memperoleh kekuatannya dari penguapan air, akan sebagai lebih akbar. Berlawanan dengan pemanasan yg terjadi, beberapa periode yg sangat dingin mungkin akan terjadi. Pola cuaca sebagai tidak terprediksi dan lebih ekstrim.
Tinggi muka laut

Perubahan tinggi rata-rata muka bahari diukur menurut daerah dengan lingkungan yg stabil secara geologi.
Ketika atmosfer menghangat, lapisan bagian atas samudera juga akan menghangat, sebagai akibatnya volumenya akan membesar serta menaikkan tinggi permukaan bahari. Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub, terutama sekitar Greenland, yg lebih memperbanyak volume air pada bahari. Tinggi muka laut pada semua dunia sudah semakin tinggi 10 - 25 centimeter (4 - 10 inchi) selama abad ke-20, dan para ilmuan IPCC memprediksi peningkatan lebih lanjut 9 - 88 centimeter (4 - 35 inchi) dalam abad ke-21.

Perubahan tinggi muka laut akan sangat menghipnotis kehidupan pada wilayah pantai. Kenaikan 100 centimeter (40 inchi) akan menenggelamkan 6 persen wilayah Belanda, 17,lima persen daerah Bangladesh, serta banyak pulau-pulau. Erosi dari tebing, pantai, serta bukit pasir akan meningkat. Ketika tinggi samudera mencapai muara sungai, banjir akibat air pasang akan meningkat pada daratan. Negara-negara kaya akan menghabiskan dana yg sangat besar buat melindungi wilayah pantainya, sedangkan negara-negara miskin mungkin hanya bisa melakukan evakuasi berdasarkan daerah pantai.

Bahkan sedikit kenaikan tinggi muka laut akan sangat mensugesti ekosistem pantai. Kenaikan 50 cm (20 inchi) akan menenggelamkan separuh berdasarkan rawa-rawa pantai di Amerika Serikat. Rawa-rawa baru jua akan terbentuk, namun nir di area perkotaan dan wilayah yg telah dibangun. Kenaikan muka bahari ini akan menutupi sebagian besar berdasarkan Florida Everglades.

Pertanian
Orang mungkin beranggapan bahwa Bumi yg hangat akan membuat lebih banyak kuliner menurut sebelumnya, namun hal ini sebenarnya tidak sama pada beberapa tempat. Bagian Selatan Kanada, sebagai contoh, mungkin akan mendapat laba berdasarkan lebih tingginya curah hujan dan lebih lamanya masa tanam. Di lain pihak, huma pertanian tropis semi kering pada beberapa bagian Afrika mungkin nir bisa tumbuh. Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi berdasarkan gunung-gunung yang jauh dapat menderita bila snowpack (kumpulan salju) animo dingin, yg berfungsi menjadi reservoir alami, akan mencair sebelum puncak bulan-bulan masa tanam. Tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yg lebih hebat.

Hewan serta tumbuhan
Hewan serta tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.

Kesehatan manusia
Di dunia yang hangat, para ilmuan memprediksi bahwa lebih poly orang yg terkena penyakit atau mati karena tertekan panas. Wabah penyakit yg biasa ditemukan pada wilayah tropis, misalnya penyakit yang diakibatkan nyamuk serta hewan pembawa penyakit lainnya, akan semakin meluas karena mereka dapat berpindah ke daerah yg sebelumnya terlalu dingin bagi mereka. Saat ini, 45 % penduduk global tinggal di daerah di mana mereka bisa tergigit oleh nyamuk pembawa parasit malaria; persentase itu akan meningkat menjadi 60 persen apabila temperature semakin tinggi. Penyakit-penyakit tropis lainnya jua bisa menyebar misalnya malaria, seperti demam dengue, demam kuning, serta encephalitis. Para ilmuan jua memprediksi meningkatnya peristiwa alergi serta penyakit pernafasan karena udara yg lebih hangat akan memperbanyak polutan, spora mold dan serbuk sari.

Perdebatan tentang pemanasan global
Tidak seluruh ilmuan putusan bulat tentang keadaan dan dampak berdasarkan pemanasan global. Beberapa pengamat masih mempertanyakan apakah temperatur benar-benar semakin tinggi. Yang lainnya mengakui perubahan yang sudah terjadi namun permanen membantah bahwa masih terlalu dini buat menciptakan prediksi mengenai keadaan pada masa depan. Kritikan misalnya ini jua bisa membantah bukti-bukti yg menampakan donasi insan terhadap pemanasan global menggunakan berargumen bahwa daur alami dapat pula menaikkan temperatur. Mereka pula menunjukkan warta-kabar bahwa pemanasan berkelanjutan dapat menguntungkan di beberapa daerah.

Para ilmuan yang mempertanyakan pemanasan dunia cenderung menerangkan tiga perbedaan yang masih dipertanyakan antara prediksi contoh pemanasan dunia menggunakan konduite sebenarnya yang terjadi pada iklim. Pertama, pemanasan cenderung berhenti selama tiga dekade pada pertengahan abad ke-20; bahkan terdapat masa pendinginan sebelum naik kembali pada tahun 1970-an. Kedua, jumlah total pemanasan selama abad ke-20 hanya separuh dari yang diprediksi oleh contoh. Ketiga, troposphere, lapisan atmosfer terendah, nir memanas secepat prediksi model. Akan tetapi, pendukung adanya pemanasan global konfiden bisa menjawab dua menurut tiga pertanyaan tadi.

Kurangnya pemanasan pada pertengahan abad ditimbulkan oleh besarnya polusi udara yg membuatkan partikulat-partikulat, terutama sulfat, ke atmosfer. Partikulat ini, juga dikenal menjadi aerosol, memantulkan sebagian sinar Matahari balik ke angkasa luar. Pemanasan berkelanjutan akhirnya mengatasi dampak ini, sebagian lagi karena adanya kontrol terhadap polusi yang menyebabkan udara menjadi lebih higienis.

Keadaan pemanasan global sejak 1900 yg ternyata nir misalnya yg diprediksi ditimbulkan penyerapan panas secara akbar sang samudera . Para ilmuan telah lama memprediksi hal ini tetapi tidak memiliki relatif data buat membuktikannya. Pada tahun 2000, U.S. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menaruh output analisa baru tentang temperatur air yg diukur oleh para pengamat pada semua dunia selama 50 tahun terakhir. Hasil pengukuran tadi menerangkan adanya kesamaan pemanasan: temperatur laut global dalam tahun 1998 lebih tinggi 0,dua derajat Celsius (0,tiga derajat Fahrenheit) daripada temperatur homogen-homogen 50 tahun terakhir, ada sedikit perubahan namun relatif berarti.

Pertanyaan ketiga masih membingungkan. Satelit mendeteksi lebih sedikit pemanasan di troposphere dibandingkan prediksi model. Menurut beberapa kritikus, pembacaan atmosfer tersebut sahih, sedangkan pengukuran atmosfer dari permukaan Bumi tidak dapat dipercaya. Pada bulan Januari 2000, sebuah panel yang ditunjuk oleh National Academy of Sciences buat membahas masalah ini mengakui bahwa pemanasan permukaan Bumi nir dapat diragukan lagi. Akan namun, pengukuran troposphere yg lebih rendah berdasarkan prediksi model tidak bisa dijelaskan secara kentara.

Pengendalian pemanasan global
Konsumsi total bahan bakar fosil di global meningkat sebesar 1 % per-tahun. Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang diskusikan saat ini nir ada yg dapat mencegah pemanasan global pada masa depan. Tantangan yang ada waktu ini adalah mengatasi efek yang muncul sembari melakukan langkah-langkah buat mencegah semakin berubahnya iklim pada masa depan.

Kerusakan yg parah bisa diatasi menggunakan berbagai cara. Daerah pantai bisa dilindungi dengan dinding dan penghalang buat mencegah masuknya air laut. Cara lainnya, pemerintah bisa membantu populasi pada pantai buat pindah ke daerah yg lebih tinggi. Beberapa negara, seperti Amerika Serikat, bisa menyelamatkan tumbuhan dan hewan dengan permanen menjaga koridor (jalur) habitatnya, mengosongkan tanah yg belum dibangun dari selatan ke utara. Spesies-spesies dapat secara perlahan-huma berpindah sepanjang koridor ini untuk menuju ke tempat asli yg lebih dingin.

Ada 2 pendekatan primer untuk memperlambat semakin bertambahnya gas tempat tinggal kaca. Pertama, mencegah karbon dioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tadi atau komponen karbon-nya di tempat lain. Cara ini dianggap carbon sequestration (menghilangkan karbon). Kedua, mengurangi produksi gas rumah kaca.

Menghilangkan karbon
Cara yang paling gampang buat menghilangkan karbondioksida pada udara merupakan menggunakan memelihara pepohonan dan menanam pohon lebih poly lagi. Pohon, terutama yg muda serta cepat pertumbuhannya, menyerap karbondioksida yg sangat banyak, memecahnya melalui fotosintesis, serta menyimpan karbon dalam kayunya. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan telah mencapai level yg mengkhawatirkan. Di banyak area, tumbuhan yang tumbuh pulang sedikit sekali lantaran tanah kehilangan kesuburannya saat diubah buat kegunaan yg lain, misalnya buat lahan pertanian atau pembangunan tempat tinggal tinggal. Langkah buat mengatasi hal ini adalah dengan penghutanan balik yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca.

Gas karbondioksida pula dapat dihilangkan secara pribadi. Caranya menggunakan menyuntikkan (menginjeksikan) gas tersebut ke sumur-sumur minyak buat mendorong agar minyak bumi keluar ke bagian atas (lihat Enhanced Oil Recovery). Injeksi juga sanggup dilakukan buat mengisolasi gas ini pada bawah tanah misalnya dalam sumur minyak, lapisan batubara atau aquifer. Hal ini telah dilakukan pada keliru satu anjungan pengeboran tanggal pantai Norwegia, di mana karbondioksida yang terbawa ke permukaan bersama gas alam ditangkap dan diinjeksikan balik ke aquifer sehingga tidak dapat kembali ke bagian atas.

Salah satu sumber penyumbang karbondioksida adalah pembakaran bahan bakar fosil. Penggunaan bahan bakar fosil mulai meningkat pesat semenjak revolusi industri dalam abad ke-18. Pada ketika itu, batubara sebagai sumber energi lebih banyak didominasi buat kemudian digantikan oleh minyak bumi dalam pertengahan abad ke-19. Pada abad ke-20, tenaga gas mulai biasa digunakan pada global sebagai asal tenaga. Perubahan tren penggunaan bahan bakar fosil ini sebenarnya secara tidak pribadi telah mengurangi jumlah karbondioksida yg dilepas ke udara, karena gas melepaskan karbondioksida lebih sedikit bila dibandingkan dengan minyak apalagi apabila dibandingkan menggunakan batubara. Walaupun demikian, penggunaan tenaga terbaharui serta tenaga nuklir lebih mengurangi pelepasan karbondioksida ke udara. Energi nuklir, walaupun kontroversial karena alasan keselamatan serta limbahnya yg berbahaya, bahkan tidak melepas karbondioksida sama sekali.

Persetujuan internasional
Protokol Kyoto
Kerjasama internasional dibutuhkan buat mensukseskan pengurangan gas-gas tempat tinggal kaca. Di tahun 1992, dalam Earth Summit pada Rio de Janeiro, Brazil, 150 negara berikrar buat menghadapi perkara gas rumah kaca serta sepakat buat menterjemahkan maksud ini dalam suatu perjanjian yg mengikat. Pada tahun 1997 di Jepang, 160 negara merumuskan persetujuan yang lebih kuat yang dikenal dengan Protokol Kyoto.

Perjanjian ini, yg belum diimplementasikan, menyerukan kepada 38 negara-negara industri yang memegang persentase paling besar dalam melepaskan gas-gas tempat tinggal kaca buat memotong emisi mereka ke tingkat 5 persen di bawah emisi tahun 1990. Pengurangan ini wajib bisa dicapai paling lambat tahun 2012. Pada mulanya, Amerika Serikat mengajukan diri buat melakukan mutilasi yang lebih ambisius, menjanjikan pengurangan emisi sampai 7 % di bawah taraf 1990; Uni Eropa, yg menginginkan perjanjian yang lebih keras, berkomitmen 8 %; serta Jepang 6 %. Sisa 122 negara lainnya, sebagian besar negara berkembang, tidak diminta buat berkomitmen pada pengurangan emisi gas.

Banyak orang mengkritik Protokol Kyoto terlalu lemah. Bahkan apabila perjanjian ini dilaksanakan segera, beliau hanya akan sedikit mengurangi bertambahnya konsentrasi gas-gas tempat tinggal kaca di atmosfer. Suatu tindakan yg keras akan diperlukan nanti, terutama lantaran negara-negara berkembang yang dikecualikan dari perjanjian ini akan membuat separuh menurut emisi gas rumah kaca dalam 2035. Penentang protokol ini mempunyai posisi yg sangat bertenaga. Penolakan terhadap perjanjian ini di Amerika Serikat terutama dikemukakan sang industri minyak, industri batubara dan perusahaan-perusahaan lainnya yg produksinya tergantung pada bahan bakar fosil. Para penentang ini mengklaim bahwa porto ekonomi yg dibutuhkan buat melaksanakan Protokol Kyoto bisa menjapai 300 milyar dollar Alaihi Salam, terutama disebabkan sang porto tenaga. Sebaliknya pendukung Protokol Kyoto percaya bahwa biaya yang diperlukan hanya sebesar 88 milyar dollar Alaihi Salam serta dapat lebih kurang lagi serta dikembalikan dalam bentuk penghematan uang sesudah mengganti ke alat-alat, kendaraan, dan proses industri yang lebih effisien.

Pada suatu negara dengan kebijakan lingkungan yang ketat, ekonominya dapat terus tumbuh walaupun aneka macam macam polusi telah dikurangi. Akan tetapi membatasi emisi karbondioksida terbukti sulit dilakukan. Sebagai model, Belanda, negara industrialis besar yg pula pelopor lingkungan, sudah berhasil mengatasi aneka macam macam polusi tetapi gagal buat memenuhi targetnya dalam mengurangi produksi karbondioksida.

Setelah tahun 1997, para perwakilan berdasarkan penandatangan Protokol Kyoto bertemu secara reguler buat menegoisasikan info-informasi yang belum selesai seperti peraturan, metode dan pinalti yg harus diterapkan dalam setiap negara buat memperlambat emisi gas tempat tinggal kaca. Para negoisator merancang sistem di mana suatu negara yg memiliki program pembersihan yg sukses dapat mengambil keuntungan dengan menjual hak polusi yg nir dipakai ke negara lain. Sebagai model, negara yang sulit menaikkan lagi hasilnya, misalnya Belanda, dapat membeli kredit polusi di pasar, yang dapat diperoleh dengan porto yg lebih rendah. Rusia, merupakan negara yg memperoleh keuntungan jika sistem ini diterapkan. Pada tahun 1990, ekonomi Rusia sangat payah serta emisi gas rumah kacanya sangat tinggi. Karena lalu Rusia berhasil memotong emisinya lebih berdasarkan 5 persen di bawah tingkat 1990, ia berada pada posisi buat menjual kredit emisi ke negara-negara industri lainnya, terutama mereka yg ada pada Uni Eropa.

Salah satu hal yg sangat mengkhawatirkan kini ini adalah naiknya suhu bagian atas bumi akibat pengaruh rumah kaca (greenhouse effect). Menurut asumsi para pakar, setiap tahun dilemparkan 5 milyar ton karbondioksida kedalam atmosfer. Seperti halnya kaca di tempat tinggal kaca, gas-gas yg dianggap gas rumah kaca itu memerangkap gelombang panas, sebagai akibatnya terjadilah peningkatan suhu secara global. Akibat yang tidak bisa dihindarkan menurut pemanasan ini, es dan salju pada kutub utara serta selatan mencair, yang menyebabkan bagian atas air laut akan naik. Diperkirakan dalam tahun 2100 permukaan air laut akan naik antara 1,4 sampAI 2,2 meter. Dan jika hal ini berlangsung terus dalam keadaan yg lebih buruk, maka akan terjadi bencana serius bagi umat insan, misalnya: kota-kota atau pemukiman yang dibangun di pinggir bahari akan tergenang, seperti Jakarta Utara, dan negara-negara yang terletak pada tempat-loka rendah misalnya Negeri Belanda dan Bangladesh, akan hilang berdasarkan muka bumi.

3. Perusakan lapisan ozon
Bumi dikelilingi sang lapisan ozon (O3) dalam atmosfir yg konsentrasinya paling akbar berada dalam ketinggian kira-kira 20-30 kilometer pada atas permukaan bumi. Lapisan ozon sangat penting buat melindungi kehidupan terhadap sinar ultraviolet surya, dimana 80% penyinaran ultraviolet berdasarkan matahari disaring olehnya. Dari output pengukuran melalui satelit tampak semakin menipisnya lapisan ozon. Dari tahun 1970-an terbentuk ”lubang” ozon di atas Antartika (kutub selatan). Tahun 1997 Ilmuwan Selandia Baru melaporkan lubang ozon itu sudah mencapai luasan 25 juta kilometer persegi, 60 persen lebih akbar menurut output pengukuran tahun 1980. Kerusakan lapisan ozon itu diakibatkan oleh beberapa sebab yg tidak selaras. Tapi menurut para ahli, penyebab paling berpengaruh adalah divestasi bahan CFC (klorofluorokarbon) ke pada udara. CFC adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam kaleng penyemprotan aerosol, lemari es, dan alat AC, serta jua pada ”karet” busa. Kerusakan lapisan ozon menyebabkan radiasi ultrviolet menurut surya mampu mencapai bagian atas bumi, yang akan membawa imbas negatif bagi kesehatan manusia dan kehidupan dalam umumnya di bumi. Beberapa perkara yg disebabkan sang radiasi itu, diantaranya: penyakit kanker kulit, penyakit mata katarak, penurunan sistem kekebalan tubuh, kerusakan bentuk-bentuk hayati pada laut serta tumbuhan di darat.

4.hujan asam
Pada tempat industri padat, seperti Kanada dan bagian utara Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Swedia dan Finlandia, sejak beberapa dekade terakhir ini terjadi hujan asam (acid rain). Asam dalam emisi industri bergabung dengan air hujan serta mencemari wilayah yang luas, Mengganggu hutan dan pohon-pohon lain, mencemari air danau, merusak gedung-gedung serta sebagainya. Bagi manusia, hujan asam mampu mengakibatkan gangguan saluran pernafasan serta paru-paru.

5.deforestasi dan penggurunan
Penggunaan kayu buat berbagai keperluan telah mendorong penebangan hutan secara tak terkendali, yang menyebabkan hutan semakin cepat berkurang. Juga buat membuka huma pertanian yang baru terjadi pembabatan hutan yang semakin meluas. Ini dilakukan sang penduduk setempat yg jumlahnya semakin bertambah, maupun sang perusahaan nasional dan internasional yang ingin membuka huma baru buat huma peternakan atau perkebunan. Penebangan hutan (deforestation) secara besar -besaran mempunyai pengaruh krusial atas lingkungan hidup, karena dengan demikian maka salah satu fungsi hutan, yakni meresap karbondioksida yang disebabkan sang pembakaran bahan bakar fosil pada industri ataupun tunggangan bermotor, sutu penyebab penting terjadinya impak rumah kaca. Selain itu tingkatan air tanah menurun terus karena berkurangnya hutan yg berkedudukan buat menjaga kadar air pada tanah.

6.punahnya keanekaan hayati.
Kekayaan alam ini sebagian akbar dipengaruhi oleh banyaknya spesies yg hayati pada dalamnya. Keanekaan biologi (biodiversity) adalah jenis-jenis kehidupan (spesies) yg memiliki makna sangat krusial buat segalam aspek kehidupan manusia, misalnya makanan, obat-obatan, dan sebagainya. Swalah satu akibat akbar menurut kerusakan lingkungan hayati merupakan kepunahan spesies yang semakin bertambah setiap ketika. Dan spesies hidup yg punah kini akan hilang lenyap dari muka bumi untuk selamanya. Yang mempunyai andil akbar terhadap kemusnahan spesies hayati ini adalah penggunaan peptisida serta herbisida yg semakin intens. Menurut perkiraan para ahli, kira-kira 7 persen dari jumlah spesies pada wilayah non tropis kini sudah punah serta di daerah tropis 1 %. Dengan adanya penebangan yg semakin banyak pada hutan tropis, maka angka kepunahan ini akan mampu cepat berubah ke arah yg lebih buruk lagi.

B. Manusia menjadi Agen Perubahan
1.manusia menghipnotis lingkungan
Sebenarnya, perubahan-perubahan alami yg adalah proses bergerak maju yg dialami bumi menurut semula telah terjadi menggunakan sendirinya. Bumi sejak semula telah mengenal kenaikan serta penurunan muka air bahari yg ditimbulkan oleh perubahan suhu secara global. Di berbagai loka juga terjadi erosi, banjir, kekeringan, perubahan total pada suatu kawasan, dan sebagainya. Semua peristiwa alami itu terjadi menggunakan sendirinya, tanpa dirasa sebagai suatu hal yg merugikan. Akan tetapi, menggunakan kehadiran manusia, aneka macam perubahan yang terjadi pada bumi tidak lagi hanya berlangsung secara proses alami. Manusia sudah turut memperkaya bahkan sudah berperan sebagai agen perubahan, yang mengakibatkan proses alami di bumi tidak lagi berlangsung sebagaimana adanya.

2.melestarikan ekuilibrium lingkungan
Bahwa terjadinya perubahan pada lingkungan sebenarnya tidak menjadi perkara, asalkan perubahan yang dilakukan membawa suatu keseibangan baru yang semakin berkualitas. Pembangunan bagaimanapun jua selalu membawa perubahan, termasuk jua menganggu ekuilibrium lingkunagan. Maka pembangunan sebenarnya adalah ”gangguan” pada keseimbangan lingkungan, buat membawanya dalam keseimbangan baru yang semakin berkualitas. Oleh karena itu kita perlu hati-hati dengan istilah ”melestarikan lingkungan”. Menurut kamus Poerwadarminta (1976) istilah lestari berarti tetap selama-lamanya, kekal, nir berubah misalnya sediakala; melestarikan berarti membiarkan permanen tidak berubah. Dalam bisnis pembangunan, kita tidak dapat melestarikan lingkungan pada pengertian itu. Yang wajib kita lestarikan bukanlah lingkungan itu sendiri atau keseimbangan lingkungan agar permanen misalnya itu. Yang wajib kita lestarikan merupakan kemampuan lingkungan buat mendukung pembangunan serta tingkat hayati yang lebih tinggi.

C. Penyebab Terjadinya Kerusakan Alam
Kalau diamati lebih pada, maka dapat disebutkan beberapa hal penting yang dapat dipercaya menjadi kondisi pemicu terjadinya banyak sekali kerusakan lingkungan. 

1. Pola pendekatan yg menghambat 
Kehidupan insan yg mengageni perubahan yang berlangsung di bumi ini sebenarnya tidak harus berwujud pengrusakan bagi lingkungan, melainkan bisa jua berwujud engolahan, yg menjadikan bumi menjadi hunian yang semakin baik serta latif bagi kehidupan. Akan namun, manusia nir secara konsisten memainkan peran misalnya itu. Pola pendekatan manusia terbaru terhadap alam merupakan pendekatan teknokratis (berdasarkan kata Yunani tekne = keterampilan serta krattein = menguasai). Pendekatan ini mengedepankan penggunaan teknologi yang semakin canggih buat menguras isi bumi serta menguasainya. Pendekatan teknokratis berangkat dari perilaku yang hanya memandang alam menjadi sekadar wahana untuk memnuhi kebutuhan insan. Alam dipandang sebagai tumpukan kekayaan dan tenaga, yg dapat dimanfaatkan sang insan seberapa dia bisa mengalinya. Dengan kemampuan teknologi yang beliau rancan semakin canggih, manusia dapat membongkar alam ini untuk mengambil apa saja yg beliau perlukan, sedangkan yang tidak dia perlukan dibuang atau dibiarkan begitu saja. 

2.terkait bidang perekonomian modern 
Berbagai perkara lingkungan yang didorong oleh penguasaan ilmu serta teknologi sangat terkait menggunakan bidang perekonomian terbaru yg berpolakan kapitalistik, dengan tujuan primer produksi buat perolehan keuntungan perusahaan. Hanya perusahaan yg memperoleh keuntungan akbar yg bisa bertahan pada persaingan yang semakin bebas serta ketat. Dalam persaingan demikian umumnya perusahaan menaikkan labanya menggunakan cara menekan biaya produksi serendah mungkin. Itu jugalah yg dilakukan sang pengusaha ketika mengeksploitasi kekayaan alam. Dengan biaya serendah mungkin – yang dicurahkan hanya buat bisa menggali kekayaan alam – maka usaha perbaikan dan pemulihan kembali keadaan alam, sebagai terabaikan. Yang dilakukan adalah sekedar merogoh apa yang perlu, kemudian sehabis itu meninggalkannya begitu saja. Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh banjir, contohnya, seringkali kali ditimbulkan sang penebangan hutan seperti pada lereng-lereng gunung, buat dimanfaatkan sebagai huma pertanian atau pemukiman baru. Akibat penebangan yang dilakukan secara liar, air tidak bisa meresap ke dalam tanah, yg berubah sebagai banjir. Begitu juga menggunakan polusi udara yang diakibatkan oleh asap pdari berbagai pabrik raksasa serta banyak sekali substansi kimiawi beracun, serta segala bentuk sampah lain yg dibuang begitu saja atau dialirkan ke dalam sungai, serta dihembuskan melalui cerobong-cerobong pembuangan ke dalam atmosfer. Demi porto serendah-rendahnya maka pengolahan sampah serta aneka macam limbah pabrik serta industri tidak lagi diperhatikan. 

3.kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi 
Dengan adanya kemajuan-kemajuan yg dicapai pada ilmu pengetahuan dan teknologi, insan bukan lagi hanya mengalami kemajuan pada bidang pertanian, tetapi juga di banyak sekali bidang kehidupan lainnya. Dengan kemajuan yg dicapainya insan mulai membuatkan eksplorasi serta eksploitasi asal daya alam, sebagai alternatif di luar bidang pertania. Abad ke delapan belas serta sembilan belas adalah awal terbentuknya warga industri yang sudah merintis suatu gerakan super besar dalam penggunaan energi menggunakan inovasi cara menguraikan bahan bakar fosil misalnya batu bara, minyak dan gas bumi. Dari penemuan-penemuan itu telah didapatkan banyak sekali jenis produksi yang dimanfaatkan produksi yg dimanfaatkan buat pemenuhan kebutuhan hidup serta peningkatan taraf hidup manusia. Akan tetatpi, bersamaan menggunakan banyak sekali manfaat yang diperoleh berdasarkan kemajuan tadi, telah terjadi serangkaian krisis lingkungan hayati, mulai menurut yang berskala kecil sampai yang berskala besar . Sebagai contoh, Kebocoran Pabrik Pestisida milik Union Carbide d kota Bhpal, India, dan musibah reaktor nuklir di Chernobyl, Uni Soviet. Kasus Bhopal terjadi 20 tahun silam, tepatnya dalam malam hari 3 Desember 1984. Kebocoran akbar terjadi dalam sebuah tangki penyimpanan bahan gas di pabrik pestisida milik perusahaan Amerika Serikat, Union Carbide. Tangki yg bocor itu memuntahkan 40 ton gas beracun, yg kemudian terbang beserta angin keluar dari lokasi pabrik. Menurut catatan resmi, gas beracun yang berkiprah liar itu eksklusif menyebabkan tewasnya 1.750 orang penghuni pemukiman padat di kurang lebih pabrik. Mereka mati dampak menghirup gas panas yang membakar paru-paru. Sekitar 2.500 orang mati dalam hari berikutnya. Dan dari beberapa gerombolan korban, setidaknya terdapat 8.000-an masyarakat yang tewas pada beberapa hari sesudah kejadian itu, serta ribuan lainnya mati kemudian dampak banyak sekali penyakit yg timbul akibat racun itu. Bisa diyakini bahwa terdapat ribuan orang yg menderita buta dan seratus ribu lebih orang yang mengalami gangguan kesehatan lainnya. Yang kentara, hingga hari ini puluhan warga dikabarkan masih dalam syarat sakit yg kronis akibat peristiwa itu. Dampak menurut peristiwa tadi masih terasa sampai kini , sebagaimana dilaporkan sang seseorang penulis Perancis, Dominique Lapierre5, yang hadir secara eksklusif pada India dalam rangka memperingati bencana pabrik paling jelek di global itu. Dilaporkan bahwa lokasi pada lebih kurang lokasi pada kurang lebih tragedi Bhopal, yg mengakibatkan tewasnya ribuan orang 20 tahun silam itu, hingga hari ini masih racun. Warga yang tinggal di daerah pemukiman padat pada sekitar lokasi bencana itu masih jua ’dihukum’, lantaran terpaksa minum air yang sangat beracun. Sebuah penelitian sudah dilakukan atas sponsor BBC serta menemukan bahwa tingkat kontaminasi pada sampel air yang dari dari lebih kurang lokasi pabrik merupakan 500 kali lebih tinggi menurut batas maksimum yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, WHO (World Health Organization).

4.pertambahan penduduk yang semakin pesat 
Jumlah penduduk global masih terus bertambah denga laju homogen-rata lebih kurang 1,6 %/ tahun atau kurang lebih 80 juta orang/ tahun. Mereka ini semua memerlukan tambahan produksi pangan , tenaga, tempat tinggal , serta kebutuhan hidup lain. Ironisnya sebagian besar pertambahan penduduk terjadi di negara-negara sedang berkembang dan negara miskin, yang tidak mampu unuk mendukung kehidupan mereka sendiri. Sebagai akibatnya, terjadilah kerusakan lingkungan yang semakin parah di negara miskin itu. Di poly negara miskin, eksploitasi sumber daya alam semaksimal mungkin dikarenakan buat menutup utang luar negerinya, contohnya hutan. Bahkan buat memenuhi kebutuhan daging yang murah di amerika Serikat, beribu hektar hutan tropis pada amerika latin di ubah sebagai wilayah peternakan tanpa memperhatikan pencagaran tanah. Maka erosi beratpun terjadi.

5.paham antroposentrime
Hal yg pula dapat dipercaya sebagai penyebab kerusakan lingkungan akibat pendayagunaan tidak terkendali sang ulah manusia merupakan paham manusia sendiri mengenai dirinya pada berhadapan dengan alam.paham antroposentrisme masih dipegang manusia. Demikian juga pemikiran dan moral lingkungan hayati tetap terpusatkan pada insan (human centered ethic). Manusia menjadi jantung perhatian pada pembahasan mengenai lingkungan hayati. Hal yg menjadi pertimbangan primer merupakan peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan insan pada dalam alam semesta.

6.pudarnya nilai-nilai tradisional
Contoh masalah pada Indonesia: Meskipun seringkali dikatakan bahwa rakyat menghambat linkungan, akan tetapi kesuburan sawah-sawah serta kelestarian hutan-hutan pada Nusantara selama ribuan tahun pengolahan pertanda bahwa nenek moyang kita menguasai seni memakai sambil memelihara. Masyarakat Dayak membakar hutan buat membuka huma baru, tetapi demikian mereka masih menggunakan cara-cara mencegah terjadinya musibah kebakaran hutan (memperhitungkan arah angin, memilih lokasi areal buat dibakar dan sebagainya). Bencana terjadi lantaran nilai-nilai tradisional itu tidak terlihat dalam para transmigran asal wilayah lain yang membakar sebagian hutan tanpa perhitungan yang baik, sehingga kebakaran hutan nir bisa dikuasai lagi. Pada isu terkini kering panjang tahun 1982-1983 terjadi kebakaran akbar-besaran di Kalimantan Timur antara oktober 1982 serta April 1983 yang menghanguskan sekitar tiga,6 hektar hutan. Ini dipercaya kebakaran hutan terbesar dalam sejarah umat insan. Majalah Tempo, 19 september 1987 melukiskan kerugian materi yang disebabkan api selama delapan bulan itu sebagai sungguh memilukan. Kerugian total ditaksir kurang lebih 122 juta m3, belum terhitung kerugian akibat menyusutnya kiprah ekologisnya,. Ketika hujan deras turun, Juli 1984, desa-desa sepanjang sungai Mahakam tergenang. Tak terdapat lagi pepohonan besar yg ”menangkap” air.

7. Keterbatasan kemampuan bumi Akibat berdasarkan seluruh kebijakan yang berpedoman dalam kemajuan tekhnologi, ekonomi, dan produktivitas adalah terganggunya keseimbangan lingkungan hidup. Daya regenaerasi alam nir dapat berkembang sewajarnya karena tidak mampu mengimbangi laju eksploitasi yang dilakukan oleh manusia. Demikian juga daya dukung bumi mengalami kejenuhan (ecological over stress) dampak terus menerus dikuras diluar batas kewajaran. Penggunaan sumber-sumber daya alam secara tak terkendali oleh negara-negara kaya serta adikuasa, yang mengandalkan teknologi nuklir, dan kimia, telah menaruh citra yg negatif terhadap masa depan insan serta lingkungan hayati.

8. Desakan tuntutan kebutuhan hidup 
Hal lain yang menyebabkan tindakan eksploitasi terhadap lingkungan yang tidak terhindarkan merupakan jika insan dihadapkan dalam tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hayati yang primer, buat memenuhinya manusia akan menentukan cara yang lebih mudah buat dilakukan. Tuntutan hayati telah mengharuskan, contohnya membuka huma tanpa harus mengedepankan pertimbangan lingkungan.

D. Munculnya Kesadaran Lingkungan
Adanya kesadaran yg mendalam dalam insan bahwa insan serta lingkungan berkaitan sangat erat, dan sangat bergantung dalam alam. Hal ini mendorong tumbuhnya kemauan manusia buat mengetahui lebih poly tentang alam, sampai akhirnya memunculkan suatu disiplin ilmu yg diklaim ecology, yang diartikan menjadi ilmu yg mengusut hubungan timbakl pulang antara insan dan lingkungannya. Beberapa insiden penting pencerahan dan komitmen manusia terhadap lingkungan hidup dapat disebutkan sebagai berikut adalah:

1. World Environmental Movement (1972)
Perhatian atas krisis lingkungan hidup nir lagi hanya menjadi urusan masing-masing negara atau perorangan. Melainkan telah menjadi keprihatian warga dunia secara beserta. Gerakan kesadaran ekologi secara internasional diprakarsai oleh PBB menggunakan mengadakan konferensi Gerakan Lingkungan Hidup Sedunia (World Environmental Movement) di Stocholm , Swedia dalam 5-16 Juni 1972, yang lalu setiap tahun diperingati menjadi Hari Lingkungan Hidup Sedunia. PP pula membentuk badan spesifik yang menangani perkara lingkungan hayati yaitu United Nations Environmental Programme (UNEP). Sejak ketika itu, gerakan ekologi sudah melibatkan banyak sekali negara pada global dan pula lembaga-forum non-pemerintah (LSM).

2 Konferensi Rio de Janerio (1992)
Konferensi Rio de Janerio (yg seringkali diklaim pula KTT Bumi) bisa dipercaya sebuah tonggak sejarah pada penanganan kasus-perkara lingkungan. Ini adalah sebuah babak baru perjuangan insan menghadapi kasus-perkara lingkungan dalam memasuki abad ke-21, yang dibangun menurut pencerahan akan pentingnya pengaitan taktik-strategi penanganan perkara-perkara lingkungan ke dalam kebijak pengembangan ekonomi suatu negara, bahkan pengembangan ekonomi global.

KTT Bumi (Earth Summit) tentang lingkungan dan Pembangunan yg dikenal menggunakan nama United Nations Conference of Environmental and Development (UNCED) merogoh tema ”Think globally, act locally”, yang menekankan perlunya semangat kebersamaan buat mengatasi banyak sekali kasus yg ditibulkan oleh benturan mantara upaya-upaya melaksanakan pembangunan di satu pihak dan melestarikan asal daya alam dipihak lain. Kesepakatan yang dicapai pada KTT tersebut tertuang dalam beberapa dokumen penting, yakni: Agenda 21, Prinsip-prinsip Kehutanan, Konvensi Perubahan Iklim, dan kesepakatan Keanekaragaman hayati. Denagan demikian secara politis sudah diletakkan dasar bagi kebijakan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Dari serangkaian kesepakatan yg dicapai dalam KTT terdapat 3 kasus dunia paling mendesak pada memasuki abad 21, yg menuntut penanganan bersama seacara serius, yakni: perubahan iklim akibat kecerobohan manusia, menghilangnya keragaman biologi, serta perlunya restriksi jumlah penduduk serta perubahan pola konsumsi rakyat modern. Efektifitas dari penanganan ketiga kasus pokok tadi sedang dikaji terus menerus mmelalui kebijakan dan tindakan konkrit yg diambil kemudian pada masing-masing negara.

3. Protokol Kyoto (1977)
Protokol Kyoto, yg merupakan hasil perundingan yang berjalan selama empat tahun, dan diadopsi tahun 1997, dapat dilihat sebagai tonggak lanjutan keseriusan aneka macam negara buat menyelamatkan bumi menurut kehancuran totalnya. Elemen-elemen primer protokol Kyoto adalah sasaran kuantitatif serta saat penurunan emisi gas dan mekanisme pencapaian sasaran tadi protokol kyoto merupakan dasar bagi negara-negara industri buat mengurangi emisi gas tempat tinggal kaca gabungan mereka paling sedikit 5 % dari tingkat emisi 1990 menjelang periode 2008-2001, diperkirakan, jika pola konsumsi, gaya hidup, serta pertambahan penduduk nir berubah, 100 tahun yang akan tiba konsentrasi CO2 akan semakin tinggi menjadi 580 ppmv atau dua kali lipat menurut zaman pra industri, akibatnya maka pada kurun ketika 100 tahun mendatang suhu rata-rata bumi akan semakin tinggi hingga 4,5 derajat Celcius.

4. Implementasinya pada Indonesia
Kesadaran ekologi pada Indonesia telah ada pada dekade 1960-1n, mengikuti apa yg berkembang di dunia internasional dan sekaligus sebagai reaksi masuk akal atas pembangunan yg sedang giat dilaksanankan pada pada negeri. Kesadaran ekologi di negeri ini tidak hanya melibatkan pemerintah, melainkan pula bebagai kalangan swasta, misalnya LSM-LSM bahkan forum-forum keagamaan. Dari pihak pemerintah, pencerahan ekologi terutama dikembangkan oleh Departemen Kependudukan serta Lingkungan Hidup menggunakan memberlakukan Undang-Undang Lingkungan Hidup (UULH).di pada UULH itu dapat ditemukan keliru satu upaya pemerintah mengatasi perkara lingkungan hidup, yaitu melali AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan). Ketika Indonesia meratifikasi protokol Kyoto, maka secara sah protokol ini sebagai bagian sistem hukum nasional yg wajib diimplementasikan pada berbagai kebijaksanaan serta panduan pelaksanaannya

Comments