PENGERTIAN MODAL DAN STRUKTUR MODAL

Pengertian Modal dan Struktur Modal 
Modal merupakan hak atau bagian yg dimiliki oleh pemilik perusahaan pada pos modal (modal saham), keuntungan atau laba yg ditahan atau kelebihan aktiva yang dimiliki perusahaan terhadap seluruh utangnya (Munawir,2001).

Modal dalam dasarnya terbagi atas 2 bagian yaitu kapital Aktif (Debet) dan modal Pasif (Kredit).
Struktur Modal adalah perimbangan atau perbandingan antara kapital asing dan kapital sendiri. Modal asing diartikan dalam hal ini adalah hutang baik jangka panjang juga pada jangka pendek. Sedangkan modal sendiri bisa terbagi atas keuntungan ditahan dan sanggup juga menggunakan penyertaan kepemilikan perusahaan.

Struktur Modal adalah masalah penting pada pengambilan keputusan tentang pembelanjaan perusahaan. Untuk mengukur Struktur Modal tersebut maka dapat digunakan beberapa Teori yg mengungkapkan Struktur Modal pada suatu Perusahaan.

Teori Struktur Modal
1. Teori Pendekatan Tradisional
Pendekatan Tradisional berpendapat akan adanya struktur kapital yg optimal. Artinya Struktur Modal mempunyai impak terhadap Nilai Perusahaan, dimana Struktur Modal bisa berubah-ubah supaya bisa diperoleh nilai perusahaan yang optimal.

2. Teori Pendekatan Modigliani serta Miller
Dalam teori ini berpendapat bahwa Struktur Modal nir mempengaruhi Perusahaan. Dalam hal ini sudah dimasukkan faktor pajak. Sehingga nilai Perusahaan menggunakan hutang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai perusahan tanpa hutang, Kenaikan tersebut dikarenakan adanya penghematan pajak.

3. Teori Trade-Off pada Struktur Modal
Dalam fenomena, terdapat hal-hal yg membuat perusahaan nir sanggup memakai hutang sebanyak banyaknya. Suatu hal yg terpenting merupakan dengan semakin tingginya hutang, akan semakin tinggi kemungkinan kebangkrutan. Biaya kebangkrutan tersebut mampu relatif signifikan. Biaya tadi terdiri menurut dua (2) hal, yaitu :

a. Biaya Langsung
Yaitu, porto yg dikeluarkan untuk membayar porto administrasi, atau porto lainnya yang sejenis.

b. Biaya Tidak Langsung
Yaitu, porto yang terjadi karena dalam kondisi kebangkrutan, perusahaan lain atau pihak lain tidak mau berhubungan dengan perusahaan secara normal. Misalnya Suplier nir akan mau memasok barang karena mengkwatirkan kemungkinan nir akan membayar.

Biaya lain dari peningkatan hutang merupakan meningkatnya biaya keagenan antara pemegang hutang menggunakan pemegang saham akan meningkat, lantaran potensi kerugian yg dialami sang pemegang hutang akan menaikkan pengawasan terhadap perusahaan. Pengawasan sanggup dilakukan pada bentuk biaya biaya monitoring (Persyaratan yg lebih ketat) serta bisa dalam bentuk kenaikan taraf bunga

4. Teori Pecking Order
Teori Trade-Off mempunyai implikasi bahwa manager akan berfikir pada kerangka trade-off antara penghematan pajak dan porto kebangkrutan pada penentuan Struktur Modal. Dalam kenyataan realitas nampaknya sporadis manager keuangan yg berfikir demikian.

Secara khusus, perusahaan mempunyai urutan-urutan prefensi dalam penggunaan dana. Skenario urutan pada Teori Pecking Order merupakan menjadi berikut :
a. Perusahaan menentukan pandangan internal. Dana internal tersebut diperoleh menurut laba (laba) yg dihasilkan berdasarkan aktivitas perusahaan.
b. Perusahaan menhitung target rasio pembayaran berdasarkan dalam asumsi kesempatan investasi.
c. Karena kebijakan deviden yang kontinu, digabung dengan fluktuasi laba serta kesempatan investasi yg nir bisa diprediksi, akan menyebabkan aliran kas yang diterima sang perusahaan akan lebih akbar dibandingkan dengan pengeluaran investasi dalam saat waktu eksklusif dan akan lebih kecil pada ketika yg lain.
d. Apabila padangan eksternal diperlukan, perusahaan akan mengeluarkan surat berharga yang paling kondusif terlebih dulu. Perusahaan akan memulai dengan hutang, lalu menggunakan surat berharga adonan seperti obligasi konvertibel, serta lalu barangkali saham sebagai pilihan terakhir.

Teori Pecking Order ini bisa mengungkapkan mengapa perusahaan yang mempunyai taraf laba yg lebih tinggi justru mempunyai taraf hutang yg lebih mini .

5. Teori Asimetri Informasi dan Signaling
Teori ini berkata bahwa dalam pihak pihak yang berkaitan menggunakan perusahaan nir memiliki berita yang sama tentang prospek dan resiko perusahaan. Pihak tertentu memiliki kabar yg lebih menurut pihak lainnya.

Teori ini terdiri berdasarkan Teori :
a. Myers serta Majluf
Menurut Teori ini ada asimetri warta antara manger dengan pihak luar. Manager mempunyai fakta yg lebih lengkap tentang syarat perusahaan dibandingan pihak luar.

b. Signaling
Mengembangkan model dimana struktur modal (penggunaan hutang) adalah signal yang disampaikan oleh manager ke pasar. Apabila manager mempunyai keyakinan bahwa prospek perusahaan baik, dan karena itu ingin agar saham tersebut semakin tinggi, dia ingin megkomunikasikan hal tersebut pada investor. Manager bisa menggunakan hutang lebih banyak sebagai signal yg lebih credible. Karena perusahaan yg menaikkan hutang bisa dicermati menjadi perusahaan yang konfiden dengan prospek perusahaan pada masa mendatang. Investor diharapkan akan menangkap signal tersebut, signal bahwa perusahaan mempunyai prospek yg baik.

Comments