PENGERTIAN ATAU APA ITU INOVASI

Visiuniversal--Para GTK PAUD serta Dikmas, Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini serta Pendidikan Masyarakat. Yg akan mengikuti aktivitas Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tahun 2016. Dalam beberapa jenis lomba pada tekankan dalam kegiatan yg sifatnya inovasi, termasuk penemuan media serta inovasi pembelajaran pada PAUD serta Dikmas.
Apa itu Inovasi ?
Kenyataannya masih poly para Pengajar, Pendidik serta energi kependidikan yang masih ragu-ragu serta belum memahami seutuhnya mengenai penemuan yang dimaksud. 

Menurut pengertiannya Inovasi adalah sebuah proses pembaruan pada unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti inovasi baru dalam teknologi insan. Dalam pengertian yang lain, inovasi pula dapat didefinisikan menjadi kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yg berbeda berdasarkan yg telah ada atau telah dikenal sebelumnya. Orang yg melakukan inovasi diklaim inovator. Sesuatu hal yang inovatif haruslah berguna bagi sang inovator atau orang lain. 

secara umum, penemuan dibedakan atas penemuan yang terjadi lantaran sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery). Invention merupakan proses munculnya suatu hal baru menurut kombinasi hal-hal usang yg telah terdapat. Sedangkan, discovery adalah inovasi hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery bisa sebagai invention apabila warga telah mengakui, mendapat, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.

Dari pengertian di atas sudah jelas bahwa inovasi itu sifatnya pembaruan serta adalah penemuan hal-hal baru yg bermanfaat baik bagi inovator atau pun orang lain yg dapat memanfaatkan hasil penemuan tersebut. Tetapi kesalahan pemahaman yg selama ini terjadi khususnya pada GTK PAUD dan Dikmas, merupakan menganggap penemuan hanyalah sesuatu yang sahih-sahih baru yg sebelumnya nir terdapat ditemukan orang lain, hingga kita menjadi kesulitan buat menentukan serta menciptakan inovasi tadi. Sebenarnya inovasi bisa mudah apabila adalah output berdasarkan:
1. Subtitution (Mengganti)
2. Combination (Menggabung/ mengkombinasi)
3. Adaftation (Mengadaptasi atau penyesuaian)
4. Modification (modifikasi)
Sebuah output karya tulis atau karya konkret dapat juga dikatakan adalah penemuan apabila menjadi output menurut proses ke empat hal di atas; Subtitution, Combination,  Adaftation, Modification .
Demikian pengertian ringkas berdasarkan pengertian tentang Inovasi, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih,

Comments