PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT

Pemanfaatan Komputer Di Masyarakat
Sekarang kita berada di dalam global yang sedang mengalami revolusi penerapan output teknologi terutama berdasarkan teknologi komputer. Komputer telah mensugesti kehidupan kita baik pribadi, rakyat, organisasi-organisasi serta pemerintahan. Artinya komputer sudah berperan sangat penting hampir disegala bidang kehidupan warga . Komputer merupakan salah satu inovasi produk teknologi, tetapi komputer lebih cepat berkembang dibandingan teknologi lainnya. Hal yg membedakan komputer apabila dibandingkan dengan teknologi lainnya adalah :
  • Kemampuan komputer buat bisa diprogram, guna melaksanakan banyak sekali tugas menggunakan kecepatan serta ketelitian yg tinggi.
  • Kecepatan perkembangan teknologinya.
  • Bermula menurut personal komputer ukuran besar yang membutuhkan pembangkit panas, hingga ketika ini komputer menggunakan ukuran mini serta mampu dibawa kemana-mana.
Pada dasarnya personal komputer dipakai buat menyimpan, memasak serta merogoh pulang aneka macam jenis data buat bermacam-macam kebutuhan.

Contoh bidang pekerjaan yang terpengaruh sang komputer :

Di Bidang Teknik serta Ilmu Pengetahuan
Pengolahan data pada pelaksanaan teknik memanfaatkan kecepatan serta ketepatan komputer dalam menuntaskan perhitungan-perhitungan yg sulit serta rumit. Penelitian serta riset pengembangan yg berbahaya apabila dilakukan manusia serta membutuhkan biaya yg akbar, kini dapat dilakukan secara simulasi pada personal komputer .
  1. Para pakar nuklir dapat membuat model reaktor nuklir dalam layar komputer 
  2. Membuat model molekul-molekul yg bisa ditampilkan secara grafik dalam komputer, buat mengamati bagaimana molekul-molekul itu saling bereaksi menggunakan lainnya.
  3. Dapat digunakan buat mengusut keadaan tanah dan contour dari suatu wilayah (GIS=Geografic Information System).
  • Aplikasi dari CAD (Computer Aided Design) dipakai buat merancang bentuk-bentuk bidang teknik, misalnya rancangan kendaraan beroda empat, gedung ataupun suatu ruang.
  • Bidang Bisnis Kegunaan komputer dalam pelaksanaan bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat serta tepat. Salah satu aplikasi bidang usaha merupakan MIS (Management Information System) atau SIM (Sistem Informasi Manajemen).
SIM merupakan suatu sistem fakta yang banyak diterapkan dalam perusahaan-perusahaan buat menyediakan berita yang diharapkan sang seluruh taraf manajemen. Salah satu bagian dari SIM adalah AIS (Accounting Information System) yaitu sistem akuntansi yg meyediakan fakta baik manajemen juga pihak luar yang memakai personal komputer buat mengolah data akuntansinya.

Bidang Industri
Penerapan komputer pada bidang industri memungkinkan proses produksi pada pada industri lebih efisien serta efektif.

Di dalam proses produksi komputer dipergunakan untuk supervisi numerik (numerical control) atau pengawasan proses (proses control). 
  • Pengawasan numerical berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi berdasarkan mesin-mesin yang digunakan, seperti misalnya mesin pres, mesin pemotong serta lain-lainnya. Contoh komputernya merupakan IBM’s AUTOSPOT ( AUTOmatic Systemf for Positioning Tools)
  • Pengawasan proses (process control) berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang sifatnya kontinyu. Komputer digunakan industri buat mengatur secara otomatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi yang sulit dilakukan oleh insan secara serentak misalnya ketika pengolahan, berat bahan, temperatur, volume dan sebagainya. Aplikasinya dipakai buat produksi baja, penyulingan minyak, semen, makanan, bahan-bahan kimia dan lain-lainnya.
Bidang Perbankan
Komputer dipergunakan buat membuat liputan baik bagi manajemen bank sendiri atau kepada nasabah bank, contohnya melalui ATM (Automatic teller Machine) dan Internet Bangking.

Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan komputer digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar. Misalnya program paket belajar matematika, hayati, bahasa sampai menggunakan pengukuran output belajar (ujian melalui personal komputer ) dan lainnya. Metode belajar menggunakan personal komputer cukup efektif karena selain menarik juga interaktif.

Bidang Kedokteran
Komputer digunakan di tempat tinggal sakit-rumah sakit buat membantu para dokter mendiagnosa penyakit serta menemukan obat yg sempurna.

Sistem CAT ( Computerized Axial Tomography) digunakan buat merogoh gambar semua organ tubuh yg nir beranjak, dengan menyinari bagian yang akan dianalisis penyakitnya.

Sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstruktor) dipakai buat merogoh organ tubuh yg berkecimpung.

SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography) digunakan buat medeteksi partikel-partikel tubuh yg ditampilkan pada bentuk gambar.

Bidang Kriminalitas
Komputer bisa membantu bidang kepolisian pada menangani banyak sekali kejahatan yang dilakukan sang para pelaku kriminal. Apalagi seiring menggunakan perkembangan teknologi internet beserta kejahatan canggih yang menyertainya.

Bidang Pemerintahan
Dengan adanya personal komputer membantu pemerintah buat menangani data kependudukan yang sangat akbar buat disimpan pada personal komputer yg sanggup menangani sejumlah data yg cukup signifikan, selain itu dapat dipakai buat membantu kegiatan pemilihan umum yang bersifat nasional.

Dan masih banyak bidang lainnya yg dipengaruhi oleh perkembangan teknologi personal komputer guna pemanfaatannya.

ISU SOSIAL
Penemuan serta kemajuan teknologi komputer merupakan sesuatu yang sangat krusial dan fundamental. Berbagai jenis personal komputer telah menempati posisinya dalam warga . Komputer tadi nir hanya membantu melaksanakan pekerjaan, akan tetapi membarui tatacara kerja serta sekaligus menimbulkan tantangan serta perseteruan baru pada lingkungannya. Selain itu teknologi pula menaruh dampak positif dan negatif dalam rakyat.

Dampak Positif antara lain :
  • Infrastrktur telekomunikasi berkembang, maka jaringan komputerpun secara simultan akan berkembang lebih baik lagi.
  • Penyelesaian pekerjaan lebih cepat dan seksama.
  • Efisiensi pada penggunaan tenaga kerja.
Dampak Negatif antara lain :
  • Manusia sebagai budak dari mesin yang diciptakannya sendiri karena beberapa posisi krusial dalam pekerjaan diambil alih oleh mesin menggunakan alasan biaya , kecepatan dan ketelitian.

Isyu-isyu yg dapat dijabarkan dari meningkatnya penggunaan komputer pada rakyat antara lain adalah :
  • Otomasi Industri serta otomasi Perkantoran
  • Telekomunikasi/Jaringan Komputer
  • Sistem Uang Elektronik
  • Komputer Pribadi
  • Profesi Pelayanan
  • Multimedia
  • Kecerdasan Buatan
  • Komputer serta Hukum
  • Internet
Diantara isu-gosip tersebut, beberapa jenis dianggap relatif menonjol, misalnya :
  • Pekerjaan : kesempatan kerja (tambah/kurang),
  • Kebebasan Pribadi : kabar data pribadi siapa yang berhak mengakses data tsb.
  • Kesehatan : duduk berlama-usang pada monitor akankah berpengaruh terhadap kesehatan baik fisik maupun psikologis.
  • Etika dan Profesionalisme : haruskah profesional komputer mempunyai etika profesi.
  • Kepentingan Nasional : apakah nanti perekonomian tergantungdari prestasi teknologi personal komputer .
  • Kesenjangan Keahlian : persaingan yang ahli serta yang nir.
Sejak pemunculannya yg pertama, komputer telah menyebabkan perasaan takut dan prihatin. Walaupun keakraban terhadap komputer telah meningkat akhir-akhir ini, citra yang wajar mengenai peran komputer yang sesungguhnya pada dalam banyak sekali bidang pekerjaan, perlu buat dimasyarakatkan.

Comments