ASPEK SOSIAL AMDAL SEJARAH TEORI DAN METODE

Aspek Sosial Amdal Sejarah, Teori Dan Metode
1. Peranan AMDAL pada Perencanaan Pembangunan
Otto Soemarwoto menyatakan bahwa pembangunan dibutuhkan untuk mengatasi banyak kasus, termasuk kasus lingkungan. Namun pengalaman memperlihatkan bahwa pembangunan dapat membawa efek negatif terhadap lingkungan. Dampak negatif ini bisa berupa pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Selanjutnya ia mengemukakan bahwa kita wajib memperhitungkan impak negatif dan berusaha buat menekannya menjadi sekecil-kecilnya. Upaya yg dapat dilakukan buat mewujudkan hal ini merupakan dengan melakukan pembangunan yg berwawasan lingkungan yaitu lingkungan diperhatikan semenjak mulai pembangunan itu direncanakan hingga dalam operasi pembangunan itu. Dengan pembangunan berwawasan lingkungan maka pembangunan dapat berkelanjutan.

Makna pembangunan nasional bukan hanya buat meningkatkan ekonomi namun pada dasarnya memiliki arti yang lebih luas berdasarkan perkembangan ekonomi, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dalam arti luas dimana terkandung peningkatan mutu atau kualitas hidup. Untuk mencapai tujuan ini sumber daya manusia merupakan kiprah primer pada pada memanfaatkan serta mengelola asal daya alam buat kepentingan manusia pula. Oleh karena itu buat mengurangi kerusakan lebih lanjut, maka kebijaksanaan dalam mengelola asal daya alam sebagai kunci utamanya.

Manusia menggunakan segala kemampuannya akan selalu berinteraksi menggunakan lingkungan hidupnya. Ia mempengaruhi serta dipengaruhi sang lingkungan hidupnya. Makin akbar perubahan itu makin besar jua dampak terhadap diri insan. Untuk perubahan yang mini manusia menggunakan mudah menyesuaikan dirinya menggunakan perubahn itu, namun pada perubahan yg akbar tak jarang terdapat di luar kemampuan diri sehingga perubahan itu dalam hal-hal tertentu bisa mengancam kelangsungan hidup. 

Makin maju teknologi, makin akbar juga kemampuan manusia buat merubah lingkungan. Pengaruh perubahan lingkungan dampak suatu kegiatan pembangunan terhadap rakyat, ada yg menaruh laba pada kehidupan sosial ekonomi, tetapi terdapat jua yg menyebabkan kerugian terhadap kesejahteraan rakyat sehingga menambah beban rakyat serta mengurangi manfaat berdasarkan pembangunan itu.

Dari uraian di atas pada rangka pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hayati maka nampak citra bagi proyek-proyek yang akan dibangun atau yang sudah berjalan, perlu diteliti sampai seberapa akbar bisa mempertinggi kualitas ligkungan hidup setempat. Selain itu terkandung pula pengertian seberapa besar bisa memaksimumkan manfaat (imbas positif) terhadap lingkungan yang mengandung makna harus dapat membangun kegiatan ekonomi baru dan penyediaan fasilitas sosial ekonomi bagi rakyat setempat. Atau kebalikannya malah menurunkan kualitas lingkungan hidup dalam arti lebih poly menaruh kerugian (imbas negatif) bagi rakyat lebih kurang.

Untuk mengatasi seluruh itu, analisa impak lingkungan adalah keliru satu cara pengendalian yang efektif buat dikembangkan. AMDAL bertujuan buat mengurangi atau meniadakan dampak-efek jelek (negatif) terhadap lingkungan dan bukan Mengganggu aktifitas ekonomi. AMDAL dalam hakekatnya merupakan penyempurnaan suatu proses perencanaan proyek pembangunan pada mana nir saja diperhatikan aspek sosial proyek itu, melainkan jua aspek pengaruh proyek itu terhadap sosial budaya, fisika, kimia, dan lain-lain. 

Tujuan serta target utama AMDAL merupakan buat menjamin supaya suatu bisnis atau kegiatan pembangunan dapat beroperasi secara berkelanjutan tanpa menghambat dan mengorbankan lingkungan atau dengan kata lain bisnis atau kegiatan tersebut layak berdasarkan segi aspek lingkungan. Sedangkan kegunaan AMDAL merupakan menjadi bahan untuk mengambil kebijaksanaan (misalnya perizinan) juga menjadi panduan pada menciptakan aneka macam perlakuan penanggulangan pengaruh negatif. 

Secara umum kegunaan AMDAL merupakan:
1. Memberikan berita secara jelas mengenai suatu planning bisnis, berikut pengaruh-pengaruh lingkungan yg akan ditimbulkannya.
2. Menampung aspirasi, pengetahuan serta pendapat penduduk khusunya dalam kasus lingkungan sewaktu akan didirikannya suatu planning proyek atau bisnis.
3. Menampung kabar setempat yang bermanfaat bagi pemrakarsa dan warga dalam mengantisipasi pengaruh dan mengelola lingkungan.

Selanjutnya dalam usaha menjaga kualitas lingkungan, secara khusus AMDAL berguna pada hal:
1. Mencegah supaya potensi sumber daya alam yg dikelola tidak rusak, terutama asal daya alam yg nir bisa diperbaharui.
2. Menghindari imbas samping menurut pengolahan sumber daya terhadap asal daya alam lainnya, proyek-proyek lain, serta warga supaya tidak timbul pertentangan-kontradiksi.
3. Mencegah terjadinya perusakan lingkungan dampak pencemaran sehingga nir mengganggu kesehatan, ketenangan, dan keselamatan rakyat.
4. Supaya dapat diketahui keuntungannya yg berdaya guna serta berhasil guna bagi bangsa, negara dan rakyat. 

Melalui pengkajian AMDAL, kelayakan lingkungan sebuah planning usaha atau kegiatan pembangunan diharapkan bisa optimal meminimalkan kemungkinan impak lingkungan yang negatif, dan dapat memanfaatkan serta mengelola sumber daya alam secara efesien.

Munn (1979) sebagaimana dikutip sang Helneliza, mengemukakan bahwa AMDAL adalah galat satu berdasarkan bagian perencanaan pada rangka membuat tindakan pembangunan yang selaras menggunakan lingkungan, memanfaatkan asal daya lingkungan menggunakan sebaik-baiknya dan menghindari degradasi. Di banyak negara AMDAL dinyatakan berhasil menghambat laju kerusakan lingkungan. Hasil KTT Bumi di Rio de Jeneiro sudah menerangkan hal ini, di mana ± 158 negara menyatakan bahwa AMDAL merupakan indera yang efektif pada mencegah kerusakan lingkungan. AMDAL menjadi bagian yg integral dari pembangunan berkelanjutan, memberi arti bahwa sekurang-kurangnya dengan adanya AMDAL mengingatkan pemrakarsa agar memperhatikan kelestarian lingkungan.

Dalam menciptakan sebuah proyek, sebelumnya tentu harus dilakukan identifikasi perkara mengapa suatu proyek pembangunan ingin dilaksanakan serta tentu saja harus jelas tujuan dan kegunaannya. Selanjutnya diadakan studi kelayakan secara teknik, irit, dan lingkungan sebelum melangkah ke perencanaan dari pembangunan proyek.

Pelaksanaan pembangunan proyek usahakan dimulai sesudah hasi AMDAL diketahui sebagai akibatnya dapat dilakukan meningkatkan secara optimal buat menerima keadaan yg optimum bagi proyek tadi. Dalam hal ini, dampak lingkungan dapat dikendalikan melalui pendekatan teknik serta pengendalian limbah sehingga dapat membuat biaya pengelolaan impak yg murah serta kelestarian lingkungan dapat dipertahankan.

Menurut Imam Supardi, pengelolaan lingkungan dalam usaha menghindari kerusakan dampak berdasarkan satu proyek pembangunan baru dapat dilakukan sesudah diketahui impak lingkungan yg akan terjadi dampak menurut proyek-proyek pembangunan yg akan dibangun. Untuk menghindari terjadinya kegagalan dalam pengelolaan lingkungan, maka wajib selalu dilakukan pemantauan semenjak awal pembangunan secara bersiklus. Hasil pemantauan ini dapat dipakai buat memperbaiki bahkan membarui pengelolaan lingkungan, bila memang hasil pemantauan tidak sesuai menggunakan pendugaan pada AMDAL atau kebalikannya pula dapat dipakai buat mengoreksi pendugaan AMDAL yg mungkin kurang mengena.

Dari output AMDAL bisa diketahui apakah proyek pembangunan berpotensi menimbulkan efek atau nir. Jika berdampak akbar terutama yang negatif, tentu saja proyek tadi nir boleh dibangun atau boleh dibangun menggunakan persyaratan tertentu supaya dampak negatif tadi bisa dikurangi hingga nir membahayakan lingkungan. Dampak negatif yg perlu diperhatikan adalah:
1. Apakah imbas negatif yang mungkin muncul itu melampaui atau tidak, batas toleransi pencemaran terhadap kualitas lingkungan.
2. Apakah dengan poly yg akan dibangun ini atau tidak atau akan menyebabkan gejolak terhadap poly pembangunan lain atau masyarakat.
3. Apakah pengaruh negatif ini dapat menghipnotis kehidupan atau keselamatan rakyat atau tidak.
4. Seberapa jauh perubahan ekosistem yang mungkin terjadi menjadi akibat pembangunan proyek ini.

Bila berdasarkan AMDAL tidak akan mengakibatkan dampak yg berarti, maka proyek pembangunan bisa dilaksanakan sesuai usulan menggunakan permanen berpedoman supaya permanen memperhatikan pengaruh-imbas negatif yang mungkin timbul, diluar perkiraan semula. Dalam hal ini, sebelum proyek dilaksanakan haruslah dipengaruhi dulu panduan pengelolaan serta pemantauan lingkungan sebagai usaha menjaga kelestariannya. Perlu kiranya ditekankan, AMDAL menjadi alat dalam perencanaan wajib mempunyai peranan pada pengambilan keputusan tentang proyek yg sedang direncanakan. Artinya, AMDAL nir banyak merupakan jika dilakukan sehabis diambil keputusan buat melaksanakan proyek tersebut. Pada lain pihak jua nir sahih buat menganggap AMDAL menjadi satu-satunya faktor penentu dalam pengambilan keputusan tentang proyek itu. Yang sahih adalah AMDAL adalah masukan tambahan untuk pengambilan keputusan, disamping masukan berdasarkan bidang teknis, ekonomi, dan lain-lainnya. Misalnya dapat saja terjadi laporan AMDAL menyatakan bahwa suatu proyek diprakirakan akan memiliki imbas lingkungan yg akbar serta penting. Tetapi pemerintah menurut atas pertimbangan politik atau keamanan yg mendesak memutuskan buat melaksanakan proyek tadi. Yang penting buat ditinjau pada hal ini adalah keputusan tadi diambil tidak menggunakan mengabaikan aspek lingkungan, melainkan setelah mempertimbangkan dan memperhitungkannya. Dengan ini keputusan tadi diambil menggunakan menyadari sepenuhnya akan kemungkinan akan terjadinya impak lingkungan yang negatif. Maka pemerintah pun dapat melakukan persiapan buat menghadapi kemungkinan tadi sehingga kelak nir akan dihadapkan dalam suatu kejutan yang nir menyenagkan dan nir terduga sebelumnya. Dengan persiapan ini efek negatif bisa diusahakan menjadi sekecil-kecilnya. 

2. Dimensi AMDAL pada Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Dr Ardinis Arbain membicarakan bahwa peranan AMDAL sangat mini dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Menurut beliau yang paling krusial merupakan penataan ruang. Dalam tata ruang itu wajib kentara pemisahan antara daerah budi daya serta tempat lindung. Pembangunan hanya boleh dilakukan di tempat budi daya sedangkan daerah lindung harus permanen terjaga kelestariannya sinkron dengan peruntukannya.

Keadaan alam ini bervariasi, namun bukan berarti bahwa alam ini tidak teratur. Hubungan sebab dampak tetaplah berjalan baik. Tentu saja, insiden-peristiwa yg sekali waktu terjadi misalnya badai, gempa atau letusan gunung berapi nir dapat diramalkan serta nir dapat dihindari. Tetapi frekuensinya dapat dapat digambarkan dengan fungsi distribusi kemungkinan. Namun, peristiwa-insiden misalnya banjir dan tanah longsor merupakan peristiwa yg penyebabnya sebagian besar ditimbulkan oleh ulah tangan manusia. Manusia dengan jumlah serta kegiatannya yg terus bertambah sudah berangsur-angsur merubah tempat lindung sebagai kawasan pemukiman, pabrik dan pertokoan. Akibatnya alam jadi tidak seimbang serta keberlanjutan ekosistem mulai terancam. Sebetulnya alam dapat dipelajari menjadi sebuah sistem. Itulah satu-satunya cara pengkajian impak lingkungan yang perlu dilakukan. 

Tugas utama menurut AMDAL adalah memilah perubahan-perubahan yg ditimbulkan sang aktifitas pembangunan yg ditawarkan supaya sebagai bagian menurut daur alam. Satu eksperimen yg terkendali bisa dilakukan buat membandingkan perubahan pada parameter kualitas lingkungan. Satu sistem disiapkan menjadi pengontrol, fungsi ini dapat dibebankan kepada tempat lindung. Sedangkan sistem alam lainnya yaitu pada kawasan budi daya berlangsung aktifitas pembangunan. Pengkajian AMDAL yang terpenggal-penggal atau mengabaikan satu komponen eksklusif bisa mengakibatkan terganggunya kestabilan komponen yg lain. 

AMDAL dimaksudkan untuk pembangunan, perbaikan pembangunan diidentifikasi menggunakan AMDAL. AMDAL adalah salah satu alat pembangunan berkelanjutan menjadi wahana pengambilan keputusan di tingkat proyek. Seharusnya AMDAL sebagai keliru satu motor pembangunan, tetapi memang bila galat langkah proses AMDAL bisa jadi beban. 

3. Efektifitas AMDAL
Analisis mengenai impak lingkungan telah poly dilakukan di Indonesia serta pada negara lain. Akan namun pengalaman menerangkan, AMDAL tidak selalu memberi output yang kita harapakan sebagai indera perencanaan. Bahkan nir sporadis, AMDAL hanyalah adalah dokumen formal saja, yaitu sekedar untuk memenuhi ketentuan dalam undang-undang. Dengan kata lain, pelaksanaan AMDAL hanyalah pro forma saja. Setelah laporan AMDAL didiskusikan serta disetujui, laporan tersebut disimpan serta tidak dipakai lagi. Laporan itu tidak memiliki efek terhadap perencanaan dan aplikasi proyek selanjutnya. Hal ini pula terjadi pada nagara yang sudah maju, bahkan di Amerika Serikat yang merupakan negara pelopor AMDAL. 

Otto Soemarwoto mengemukakan beberapa karena nir digunakannya AMDAL yaitu:
  1. AMDAL dilakukan terlambat sehingga nir bisa lagi menaruh masukan buat pengambilan keputusan pada proses perencanaan. 
  2. Tidak adanya pemantauan, baik pada termin aplikasi maupun dalam termin operasional proyek.. 
  3. Adanya penyalahgunaan AMDAL buat membenarkan diadakannya suatu proyek. 
Pelaksanaan AMDAL sekedar buat memenuhi persyaratan peraturan saja, membuat energi dan biaya yang dimuntahkan menjadi mubazir. Oleh karenanya perlu dilakukan usaha agar AMDAL benar-sahih dapat sebagai indera perencanaan program dan proyek buat mencapai tujuan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Sehubungan dengan itu, Otto Soemarwoto menyarankan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menaikkan efektifitas AMDAL adalah:

Menumbuhkan pengertian di kalangan para perencana dan pemrakarsa proyek bahwa AMDAL bukanlah indera untuk Mengganggu pembangunan, melainkan sebaliknya, AMDAL adalah indera buat menyempurnakan perencanaan pembangunan. Tujuan ini bisa dicapai dengan menginternalkan AMDAL ke dalam telaah kelayakan proyek. Dengan penyempurnaan ini output yang dicapai dalam pembangunan akan dapatlebih baik, yaitu pembangunan itu sebagai berwawasan lingkungan serta terlanjutkan. AMDAL dapat pula menghemat biaya menggunakan menghindari terjadinya porto menjadi mubazir, lantaran kemudian ternyata proyek itu nir layak menurut segi lingkungan. Atau biaya proyek naik sangat besar , lantaran diperlukannya biaya tambahan buat menanggulangi imbas negatif eksklusif. Dalam hal lain terdapat manfaat proyek yg nir termanfaatkan. 

Sebagian akbar laporan AMDAL mengandung banyak sekali data, tetapi poly diantaranya yg nir relevan dengan masalah yang dipelajari. Tidak atau kurang adanya fokus adalah kelemahan yg poly masih ada dalam aplikasi AMDAL. Hal ini perlu dikoreksi menggunakan melakukan restriksi ruang lingkup dengan pelingkupan (scoping) yang baik. Koreksi akan lebih mempermudah penggunaan laporan AMDAL oleh para perencana dan pemrakarsa pembangunan. 

Agar para perencana dan pelaksana proyek bisa memakai output jajak AMDAL dengan mudah, laporan AMDAL haruslah ditulis menggunakan jelas dan menggunakan bahasa yg dapat dimengerti sang perencana serta pelaksana tadi. Untuk maksud ini, ”bahasa ilmiah” perlu dihindari, namun hasil AMDAL itu harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 

Rekomendasi yang diberikan haruslah khusus dan jelas sebagai akibatnya para perencana dapat menggunakannya. Rekomendasi yg bersifat generik nir poly gunanya. Misalnya, rekomendasi pada laporan AMDAL buat perencanaan sebuah pabrik yang menyatakan perlunya diambil tindakan pengendalian pencemaran tanpa menampakan bagaimana caranya, tidaklah dapat membantu. Masalah ini akan teratasi dengan sendirinya apabila AMDAL diintegrasikan ke dalam jajak kelayakan karena menggunakan integrasi itu terjadi interaksi umpan balik . 

Persyaratan proyek yg tertera pada laporan AMDAL yang telah disetujui wajib menjadi bagian integral izin pelaksanaan proyek dan mempunyai kekuatan yg sama misalnya apa yang termuat pada rancangan rekayasa yg telah disetujui sang badan yg bersangkutan. 

Adanya komisi AMDAL yg berkualitas dan berwibawa. Badan pemerintah tadi haruslah mempunyai kewenangan buat mengatasi bahwa yg direkomendasikan dalam laporan AMDAL serta telah sebagai keliru satu dasar pemberian izin, benar-sahih dipakai pada perencanaan dan aplikasi proyek yg bersangkutan. Apabila terjadi penyimpangan, badan pemerintah tadi harus dapat menegur serta apabila perlu memerintahkan buat membongkar bagian proyek yg tidak sesuai atau bahkan memerintahkan buat menghentikan proyek tadi. Dalam kaitan ini pemantauan pelaksanaan proyek adalah bagian krusial pada tindak lanjut AMDAL. 

Belum dipakai RPL sebagai umpan balik buat menyempurnakan implementasi dan operasi proyek sebagai akibatnya AMDAL bersifat aktivitas yg tidak aktif serta bukannya dinamis yang dengan terus menerus berinteraksi dengan implementasi serta operasi proyek.

Comments