ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN

Administrasi Dan Supervisi Pendidikan
1. Pengertian Administrasi
Untuk menjelaskan arti administrasi pendidikan, kita nir bisa melepaskan diri berdasarkan pengertian ilmu administrasi dalam umumnya. Bahkan dapat jua dikatakan bahwa administrasi pendidikan merupakan penggunaan atau aplikasi ilmu administrasi ke dalam pendidikan. Oleh karenanya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apakah yg dimaksud dengan administrasi.

Secara bahasa, kata administrasi asal menurut bahasa Latin yg terdiri dari kata ad dan ministrrte. Kata ad memiliki arti yang sama dengan kata to pada bahasa Inggris, yang berarti "ke" atau "kepada". Dan kata ministrare sama ialah dengan kata to serve atau to conduct yang berarti "melayani", "membantu" atau "mengarahkan". Dalam bahasa Inggris to administer berarti juga "mengatur", "memelihara" (to look after serta "mengarahkan).

Jadi istilah "administrasi bisa diaertikan sebagai suatu aktivitas atau bisnis buat membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur seluruh kegiatan di pada mencapai tujuan.

Meskipun praktek administrasi sejak dahulu kala dilaksanakan orang, namun administrasi sebagai ilmu, baru timbul pada permulaan pertengahan abad ke-19. Frederick Taylor (1856) dikenal menjadi bapak berdasarkan gerakan manajemen menurut ilmu pengetahuan. Dengan demikian, beliau dapat dikatakan menjadi pelopor berdasarkan timbulnya ilmu administrasi. Ia pernah bekerja sebagai buruh rendahan hingga taraf yang paling tinggi pada pada perusahaan. Berdasarkan pengalamannya itu, dia mengemukakan dalam tulisannya beberapa prinsip manajemen dengan pengelolaan perusahaan.

Perkembangan ilmu administrasi yg dalam mulanya bergeraka di dalam dunia industri serta perusahaan, kemudian menjalar ke pemerintahan atau negara, sehingga kita mengenal adanya administrasi negara.

Sekarang kita mengenal administrasi pendidikan sebagai salah satu cabang menurut administarsi dalam umumnya. Para pakar pendidikan mulai menyadari bahwa meskipun prinsip-prinsip administrasi dalam aneka macam lapangan memiliki kesamaan, baik pada proses juga tujuannya, dalam dunia pendidikan memiliki kekhususan yg tidak bisa disamakan begitu saja dengan global perusahaan atau pemerintahan. Apabila perusahaan yang diolah adalah benda-benda mati bahkan bahan-bahan mentah, maka dalam dunia pendidkan yg diolah adalah benda-benda hidup atau anak-murid. Demikian jua bila kita tinjau tujuanya. Tujuan perusahaan merupakan memperoleh keuntungan yg sebesar-besarnya atau membentuk produksi yg sebesar-banyaknya dengan kualitas yg tinggi. Demikian juga pada dunia pendidikan, hasil produksi dan kualitas yg tinggi sebagai tujuan; namun hasil produksi dan kualitas tinggi yg dibutuhkan itu tidak selaras sifatnya menggunakan output perusahaan.

2. Administrasi Pendidikan
Administrasi pendidikan artinya segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personil, spiritual maupun material, yg bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan. Jadi, pada pada proses administrasi pendidikan segenap bisnis orang-orang yang terlibat pada dalam proses pencapaian tujuan pendidikan itu diintegrasikan, diorgansisasi dan dikoordinasi secara efektif, dan semua materi yang diperlukan serta yang telah ada dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Sedangkan pendidikan, baik diartikan menjadi proses juga produk, adalah perkara perseorangan. Anak didik sendirilah yg wajib membuat perubahan dan pada dirinya sinkron dengan yg dikehendakinya. Proses pendidikan terjadi pada pada diri individu, dan produk pendidikan menyatakan diri di dalam tingkah lakunya. Demikianlah pendidikan pendidikan tidak sama menggunakan administrasi pendidikan.

Administarsi pendidikan adalah suatu proses holistik, kegiatan bersama pada bidang pendidikan yg meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, supervisi dan pembiayaan, menggunakan menggunakan fasilitas yg tersedia, baik personil, materil maupun spiritual, buat mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Pendapat lain dikemukakan oleh Good Carter V, bahwa administrasi pendidikan adalah "segenap teknik serta produser yg digunakan dalam penyelenggaraan forum pendidikan sinkron menggunakan kebijakan yang sudah dipengaruhi".

Pendapat di bawah ini hampir sama menggunakan yg dikemukakan sang Carter, yaitu bahwa administrasi pendidikan adalah "suatu proses yang berurusan menggunakan penciptaan, pemeliharaan, stimulasi dan penyatuan tangan-energi-energi pada suatu forum pendidikan dalam usaha merealisasikan tujuan yang sudah dipengaruhi sebelumnya.

Berdasarkan beberapa pengertian administrasi pendidikan tadi di atas, ternyata bahwa di dalam setiap aktivitas administrasi masih ada beberapa unsur yang selalu kait mengait satu sama lain. Beberapa unsur pokok di dalam administrasi yg dimaksud ialah :
a. Adanya sekelompok manusia (sedikitnya 2 orang)
b. Adanya tujuan yang hendak dicapai beserta.
c. Adanya tugas atau fungsi yang harus dilaksanakan (kegiatan kerjasama).
d. Adanya perlengkapan atau alat-alat yang diharapkan.

Semua unsur tadi wajib dikelola serta diatur sedemikian rupa sebagai akibatnya mengarah pada tercapainya tujuan pendidikan yang sudah ditentukan.

Dengan mengemukakan perumusan tersebut pada atas, bisa tekankan disini, bahwa :
1) Administrasi pendidikan itu bukan hanya sekedar aktivitas rapikan bisnis, surat menyurat misalnya yg dilakukan pada kantor-tempat kerja tata usaha sekolah atau pun kantor-tempat kerja inskepski pendidikan dan sebagainya.
2) Administrasi pendidikan mencakup semua kegiatan yg luas, yang meliputi antara lain perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan yang menyangkut bidang-bidang materil, personil serta spiritual pada bidang pendidikan dalam umumnya, serta khususnya pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah.
3) Administrasi pendidikan itu merupakan proses holistik dan aktivitas-kegiatan bersama yg harus dilakukan oleh semua pihak yg terlibat pada dalam tugas-tugas pendidikan.

3. Bidang Garapan Administrasi pendidikan
Administrasi pendidikan mencakup bidang-bidang garapan yang sangat luas. Tercakup di dalamnya administrasi personil, administrasi kurikulum, kepemimpinan, kepengawasan, atau supervisi pendidikan, organisasi forum pendidikan dan sebagainya. 

Secara rinci, bidang garapan administrasi pendidikan bisa jua diuraikan menjadi berikut :
a. Administrasi tata laksana sekolah. Hal ini meliputi :
1). Organisasi dan struktur pegawai rapikan bisnis (TU).
2). Organisasi serta aturan belanja keuangan sekolah
3). Masalah kepegawaian dan kesejahteraan personil sekolah.
4). Masalah perlengkapan serta perbekalan.
5). Keuangan dan pembukuannya.
6). Korespondensi/Surat menyurat.
7). Laporan-laporan (bulanan, kuartalan, tahunan).
8). Masalah pengangkatan, mutasi, penempatan, dan pemberhentian pegawai.
9). Pengisian buku rapor, klaper (gugusan nilai-nilai nomor )

b. Administrasi personil guru dan pegawai sekolah. Hal ini meliputi diantaranya :
1). Pengangkatan serta penemtapan tenaga pengajar.
2). Organisasi personil guru-pengajar.
3). Masalah kepegarwaian serta kesejahteraan guru.
4). Rencana orientasi bagi guru baru.
5). Kondite serta evaluasi kemajuan guru
6). Pelatihan serta penataran bagi para guru

c. Administrasi anak didik, hal ini meliputi diantaranya :
1). Organisasi dan serikat anak didik.
2). Masalah kesehatan serta kesejahteraan anak didik.
3). Penilaian dan pengukuran kemajuan siswa.
4). Bimbingan serta penyuluhan bagi murid.

d. Supervisi pedagogi. Hal ini meliputi antara lain :
1). Usaha membangkitkan dan merangsang semangat guru-guru serta para pegawai tata usaha dalam menjalankan tugasnya masing-masing menggunakan sebaik-baiknya.
2). Usaha mengembangkan, mencari, dan memakai metode-metode baru pada mengajar serta belajar yang lebih baik.
3). Mengusahakan cara-cara menilai ahsil-hasil pendidikan serta pengajaran.
4). Mengusahakan dan mengembangkan kerjasama yang baik antara pengajar, anak didik serta pegawai rapikan bisnis sekolah.
5). Usaha menaikkan mutu dan pengalaman pengajar-pengajar.

e. Pelaksanaan dan training kurikulum :
1). Mempedomani serta merealisasikan apa yg tercantum di dalam kurikulum sekolah yang bersangkutan pada bisnis mencapai dasar-dasar serta tujuan pendidikan serta pengajaran.
2). Menyusun serta melaksanakan organisasi kurikulum beserta mater-materi, sumber-asal serta metode-metode pelaksanaannya, diadaptasi menggunakan pembaruan administrasi serta pedagogi serta kebutuhan rakyat serta lingkungan sekolah.

4. Manajemen dan Administrasi Pendidikan
Istilah lain yg hampir sama adalah dengan administrasi pendidikan ialah manajemen. Hanya dewasa ini, kata manajemen lebih terkenal serta generik digunakan di dalam global perusahaan/ekonomi daripada pada dalam dunia pendidikan.

Manajemen merupakan ilmu serta seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-asal lain secara efektif dan efisien buat mencapai suatu tujuan. Sebagaimana dalam Al Quran Surat Yunus ayat tiga dinyatakan menjadi beirkut :
إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ اْلأَمْرَ مَامِن شَفِيعٍ إِلاَّ مِن بَعْدِ إِذْنِهِ ذَلِكُمُ اللهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ أَفَلاَ تَذَكَّرُونَ يونس :3

Artinya : "Sesungguhnya ilahi kamu adalah Allah yg membangun langit dan bumi dalam enam masa, lalu Ia bersemayam di atas Arsy buat mengatur seluruh urusan, tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sehabis izin-Nya. Dialah Allah Tuhan kamu maka sembahlah Dia. Apakah engkau tidak mengambil pelajaran (QS. Yunus:tiga)"

Manajemen merupakan sebuah proses kerjasama buat mencapai tujuan bersama. Walaupun Al Quran secara spesifik nir menyebutkan istilah manajemen, akan tetapi menyinggung istilah manajemen dengan memakai kalimat yudabbiru mengandung arti mengarahkan, melaksanakan, menjalankan, mengendalikan, mengatur, mengurus dengan baik, mengkoordinasikan, menciptakan rencana yang telah ditetapkan. Menurut Farker Follet, yg dimaksud menggunakan manajemen, adalah proses pencapaian tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain buat melaksanakan berbagai pekerjaan yg diperlukan.

Para ahli manajemen mengemukakan pandangan yang tidak sama tentang arti manajemen, antara lain :
Miftah Thoha berpendapat, bahwa manajemen diartikan sebagai “Suatu proses pencapaian tujuan organisasi lewat usaha orang lain”. Ungkapan senada dikemukakan sang Hadari Nawawi, yaitu : “Manajemen adalah kegiatan yang memerlukan kerjasama orang lain buat mencapai tujuan”

Pendapat kedua ahli tersebut pada atas, dapat penulis simpulkan, bahwa manajemen adalah proses kerjasama antara 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.

Lebih lanjut, pengertian manejemen dinyatakan sang Susilo Martayo, bahwa "Manajemen adalah bisnis buat memilih, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan aplikasi fungsi-fungsi perencanaan, pengorganiasian, penyusunan personalia atau kepegawaian, pengarahan dan kepemimpinan serta pengawasan.

Dari beberapa definisi atau pengertian pada atas, bisa ditarik konklusi menjadi berikut :
1. Dalam manajemen bisa dipastikan adanya tujuan yg akan dicapai.
2. Dalam mencapai tujuan, aplikasi manajemen dilakukan secara beserta berdasarkan sekelompok orang (dua orang atau lebih)
3. Untuk mencapai tujuan organisasi atau manajemen, diharapkan adanya perencanaan yg baik, aplikasi yang konsisten serta pengendalian atau pengawasan secara kontinyu.

Selanjutnya buat mencapai tujuan yg telah ditetapkan dibutuhkan adanya proses yang pada dalamnya mencakup keterlibatan banyak sekali unsur yg terlibat pada organisasi sinkron menggunakan planning atau perencanaan yg dilandasi sang supervisi yg berkesinambungan (kontinyu) pada proses pelaksanaannya.

Administrasi atau manajemen adalah komponen integral dan nir bisa dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya, lantaran tanpa manajemen yg baik tujuan pendidikan tidak akan berhasil secara optimal, efektif dan efisien. Konsep tersebut berlaku pada forum-forum lain yang memerlukan manajemen. Manajemen pendidikan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan.

Untuk itu, perlu dimengerti fungsi-fungsi pokok administrasi, yakni perencanaan, pengorganisasian, aplikasi, supervisi (penilaian serta training). Dalam prakteknya, keempat fungsi tersebut adalah suatu proses yg berkesinambungan.

Adapun langkah-langkah pada perencanaan mencakup hal-hal menjadi berikut :
1) Menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai.
2) Meneliti perkara-perkara atau pekerjaan-pekerjaan yg akan dilakukan.
3) Mengumpulkan data serta informasi-warta yg diharapkan.
4) Menentukan tahap-tahap atau rangkaian tindakan.
5) Merumuskan bagaimana perkara-kasus itu akan dipecahkan serta bagaimana pekerjaan-pekerjaan itu akan diselesaikan. 

Menurut teori Kaufman, bahwa perencanaan harus melalui tahapan-tahapan menjadi berikut :
1) Perencanaan wajib bisa mengindentifikasi serta mendokumentasikan kebutuhan.
2) Perencanaan harus bisa memilih aneka macam kebutuhan pada pendidikan.
3) Perencanaan harus bisa menspesifikasikan rincian tiap-tiap kebutuhan.
4) Perencanaan wajib sanggup menentukan pilihan-pilihan yg diperlukan.
5) Perencanaan wajib mampu memenuhi segala kebutuhan yang mampu dirasakan sang seluruh.
6) Perencanaan harus bisa sebagai identifikasi strategik cara lain serta siap tolls laba dan kerugian tiap-tiap strategik. 

Perencaan mempunyai unsur-unsur yg kentara serta saling berkaitan satu sama lain. Unsur-unsur perencanaan itu merupakan menjadi berikut : 

1. Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan meliputi aspek-aspek :
a). Tujuan, asumsi dan harapan
b). Tindakan, yaitu unsur buat melaksananakan keputusan
c). Struktur keputusan

2. Aspek pengetahuan yg baru
Setiap perencanaan mempunyai aspek pengetahuan yang baru yg mengacu pada :

a). Dimensi waktu
Berdasarkan dimensi waktu, terdapat perencanaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

b). Dimensi struktural
Pada structural atau bagian mana akan memperoleh resiko yang paling mini .

c). Dimensi cara pengukuran
Perencanaan harus bisa diukur galat satu pengukuran dalam perencanaan. Penyuluh merupakan membandingkan motivasi menggunakan moral atau pertimbangan antara motivasi menggunakan moral.

d). Kerja yg bersifat rasional
Perencanaan merupakan usaha buat melakukan perubahan yaitu sebagai proses sintesa dan antitesa dikenal menggunakan kata equilbrium dan disequilbrium serta contoh yg sempurna buat itu adalah teori adopsi.

3. Memiliki taktik dan taktik
Strategi mencakup peraturan kebijakan kelembagaan serta nilai-nilai, sedangkan strategi adalah bagaimana mengimplementasikan perencanaan seperti aturan keuangan serta lain-lain.

4. Perencanaan sebagai suatu teknologi
Perencanaan sebagai suatu teknologi, maka pada perencanaan terdapat proses menata berita dan memproses data. 

5. Perencanaan sebagai suatu struktur
Dalam interaksi dengan struktur, maka setiap tugas-tugas perlu diidentifikasi secara jelas. 

Ada beberapa sifat perencanaan yang perlu diikuti sang perencana, yaitu :
a). Bersifat menyeluruh.
b). Bersifat integrasi yg fragmentasi (merangkum banyak sekali unsur, misalnya dana, energi dan lain-lain).
c). Bersifat fleksibel
d). Menggunakan wahana yang bersifat analitis, sehingga dapat diperoleh pengukuran efisien.
e). Ada tatanan struktur, terdapat proses komposisi dan mempunyai sifat yang menetap (standar).

Prof. Komaruddin membagi kegiatan perencanaan sebagai berikut :
1. Meramalkan proyeksi yg akan datang
2. Menetapkan sasaran serta mengkoordinasikannya
3. Menyusun program dengan berukuran kegiatan
4. Menyusun kronologis jadwal kegiatan
5. Menyusun anggaran dan alokasi sumber daya
6. Mengembangkan prosedur pada strandar
7. Menetapkan dan mengintervensi kebijakan.

Kini tergantung perencanaan apa yg akan dibuat sampai perencanaan sanggup memprediksi acara, baik jangka panjang atau jangka pendek, berskala mikro atau makro, pembiayaan serta antisipasi bila terjadi perkara atau kendala. 

2. Pengorganisasian
Kata organisasi berasal menurut bahasa Yunani, “organon” serta kata Latin “Organun” yg mempunyai arti: alat, bagian, anggota atau badan.

James D. Mooney berpendapat, bahwa “Organisasi adalah bentuk setiap liga manusia buat mencapai suatu tujuan bersama. Sedangan Chester I Bernand menaruh pengertian organisasi menjadi “suatu system daripada aktivitas kerjasama yg dilakukan sang dua orang atau lebih”.

Berdasarkan pendapat-pendapat pada atas, ada 3 cirri pada suatu organisasi yaitu:
1. Adanya sekelompok orang-orang, dua atau lebih
2. Adanya hubungan yang terjadi dalam suatu kerjasama
3. Adanya kerjasama buat mencapai suatu tujuan beserta didasarkan atas hak serta kewajiban atau tanggung jawab masing-masing individu atau personil.

Pengorganisasian adalah tindakan atau langkah-langkah buat memilih komponen-komponen aktivitas yg dibutuhkan, lalu membagi pekerjaan pada gerombolan pelaksana dan mendelegasikan kewenangan pada anggota-anggota organisasi. Menurut . F. Terry, fungsi-fungsi organisasi merupakan sebagai berikut :

Pengorganisasian merupakan keliru satu fungsi daripad manajemen karena dengan pengorganisasian berarti memadukan seluruh asal daya manusia maupun asal daya lainnya. Salah satu bagian krusial menurut tugas pengorganisasian merupakan pengharmonisan suatu gerombolan orang-orang yang berbeda, mempertemukan kasus-masalah kepentingan serta memanfaatkan kemampuannya ke a ah tententu yaitu arah tercapainya tujuan.

Dari penerangan tadi pada atas dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Organisasi dalam arti badan merupakan sekelompok orang yang berafiliasi buat mencapai tujuan beserta.
2. Organisasi dalam arti bagian atau struktur merupakan gambaran secara skematis tentang hubungan-interaksi, kerjasama dari orang-orang yg berada pada dalamnya pada rangka mencapai suatu tujuan.

Iklim organisasi adalah factor utama lainnya yg berkaitan menggunakan kinerja organisasi. Hal ini sangat ditentukan sang adanya interaksi beberapa elemen yg terdapat di pada organisasi itu. Artinya pada sebuah organisasi wajib masih ada keterkaitan pada 2 hal, diantaranya: Pertama, budaya organisasi mencakup filosofi manajemen yang mencakup perkiraan, keyakinan serta nilai-nilai budaya organisasi. Hal ini lebih poly disebabkan karena bawahan sangat dipengaruhi sang cara berfikir pihak pimpiman (atasan).

Beberapa kegiatan yg harus dilakukan pada sebuah organisasi diantaranya :
1. Mengembangkan struktur organisasi diantaranya: tugas yang harus dilakukan oleh seorang manajer bisa buat mengindektifikasikan dan mengelompokan pekerjaan-pekerjaan yang akan dilaksanakan.
2. Mendelegasikan, yakni tugas yg dilakukan oleh seorang manajer buat mempercayakan tanggung jawab serta wewenang pada personil dan menciptakan pertanggungjawaban atas output-output pekerjaan.
3. Menetapkan hubungan, yaitu tugas yg dilakukan oleh seseorang manajer untuk membangun kondisi yang perlu dalam usaha kerjasama antara seluruh personil.
4. Tanggung jawab, yakni tugas yg diberikan pada suatu posisi.
5. Pertanggungjawaban. Kewajiban melaksanakan tanggung jawab dan mempergunakan kewenangan sesuai menggunakan kebiasaan-kebiasaan kebijakan yg ditetapkan.

Agar suatu organisasi bisa berjalan menggunakan baik atau pada rangka menciptakan suatu organiasi yg baik atau dalam usaha menyusun suatu organiasi, perlu diperhatikan beberapa azas atau prinsip-prinisp organisasi sebagai berikut :
1. Perumusan tujuan menggunakan jelas
a. Menunjukan panduan ke arah mana organisasi itu akan dibawa.
b. Landasan bagi organisasi yang bersangkutan.
c. Menentukan macam kegiatan yang akan dilakukan.
d. Menentukan acara, mekanisme (koordinasi, integrasi, implikasi, sinkronisasi dan mekanisasi).

2. Pembagian Kerja
a. Pembagian kerja atas dasar wilayah atau teritorial.
b. Pembagian kerja atas dasar jenis benda.
c. Pembagian kerja atas dasar langganan yang dilayani
d. Pembagian kerja atas dasar fungsi (rangkaian kerja).
e. Pembagian kerja atas dasar saat.

Oleh lantaran pembagian kerja pada suatu organisasi ada baiknya, diantaranya dipedomani hal-hal sebagai berikut :
a. Jumlah unit organisasi diusahakan sedikit mungkin sinkron kebutuhan.
b. Suatu unit wajib memiliki fungsi bulat serta berkaitan satu sama lain.
c. Pembentukan unit baru hanya dilaksanakan apabila unit-unit yg terdapat nir sempurna lagi menampung aktivitas-aktivitas baru tadi.
d. Secara garis besarnya dalam suatu organisasi dibedakan sinkron dengan aktivitas yg dilakukannya. 

3. Delegasi kekuasaan
Salah satu prinsip dalam suatu organisasi merupakan delegasi kekuasaan (pelimpahan wewenang). Kekuasaan atau kewenangan adalah hak seseorang buat mengambil tindakan yang perlu agar tugas serta fungsi-kegunaannya bisa dilaksanakan sebaik-baiknya. Wewenang atau kekuasaan itu terdiri menurut banyak sekali aspek, diantaranya: wewenang merogoh keputusan, wewenang memakai asal daya, wewenang perintah, serta kewenangan memakai batas waktu tertentu.

Dalam mendelegasikan kekuasaan, supaya proses pendelegasian itu efektif, sedikitnya terdapat empat hal yg wajib diperhatikan, yaitu :
a. Pemimpin bisa memusatkan perhatiannya dalam pekerjaan pokok saja.
b. Putusan bisa dibentuk lebih cepat dan dalam unit yang tepat.
c. Inisiatif dan rasa tanggung jawab bawahan dapat dimotivisir, sebagai akibatnya bawahan nir selalu menunggu perintah atasan.
d. Pendelegasian adalah keliru satu hal yang mendidik atau berbagi bawahan, sehingga bisa menerima tugas dan tanggung jawab yg lebih akbar.

4. Rentangan kekuasaan
Rentang kekuasaan yang dimaksud merupakan jumlah orang yang sempurna sebagai bawahan bagi seseorang pemimpin, sebagai akibatnya pemimpin itu bisa memimpin, membimbing, dan mengawasi secara sempurna.

Dalam tetapkan beberapa bawahan yg sempurna berdasarkan seseorang pemimpin, terdapat beberapa factor yuang harus diperhatikan, yaitu :
a. Jelas tidaknya tugas wewenang serta pertanggung jawaban masing-masing orang dalam suatu organisasi.
b. Jalinan interaksi kerja menurut masing-masing bawahan satu sama lain.
c. Kemampuan orang-orang dalam suatu organisasi.
d. Corak pekerjaan.
e. Stabilitas organisasi dan stabilitas tenaga kerja.
f. Jarak dan saat.

5. Tingkat-tingkat pengawasan
Menurut prinsip ini, taraf supervisi atau tingkat pemimpin hendaknya diusahakan sedikit mungkin. Sehubungan dengan prinsip-prinsip taraf-tingkat supervisi ini, maka dalam organisasi masih ada beberapa jenis tingkatan, yaitu :
a. Dua hingga tiga strata, bisa dianggap organisasi pipih atau platop organization.
b. Empat tingkat, seringkali disebut struktur organisasi datar.
c. Lima tingkat, sering disebut struktur organisasi curam.

6. Kesatuan perintah dan tanggungjawab
Menurut prinsip pada atas, seseorang bawahan hanya memiliki seseorang atasan dari siapa dia mendapat perintah dan kepada siapa dia memberi pertanggungjawaban akan aplikasi tugasnya.

7. Koordinasi
Prinsip yg tidak kalah pentingnya dalam suatu organisasi adalah prinsip koordinasi.
Koordinasi merupakan usaha mengarahkan kegiatan semua unit-unit organisasi agar tertuju buat menaruh sumbangan semaksimal mungkin bagi pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Koordinasi dapat dilakukan menggunakan aneka macam cara. Ada empat cara utama dalam usaha pemeliharaan koordinasi, yaitu :
a. Mengadakan rendezvous resmi antara unsur-unsur atau unit-unit yang harus dikoordinasikan.
b. Mengangkat seseorang, suatu tim atau panitia coordinator yg khusus bertugas melakukan aktivitas koordinasi.
c. Membuat buku panduan, yang berisikan penerangan tugas berdasarkan masing-masing unit dan koordinasi satu dengan yg lain.
d. Pimpinan atau atasan mengadakan rendezvous-pertemuan informal dengan bawahannya dalam rangka pemberian bimbingan, konsultasi serta pengarahan. 

Dalam aplikasi kerja hendaknya dibagi diantaranya :
a. Penerangan atau pemberitaan
b. Pempublikasian dan perdokumentasian
c. Penyaringan informasi serta komunikasi.

Pengembangan tanggungjawab mulai menurut taraf terendah hingga tertinggi:
a. Masing-masing pribadi.
b. Masing-masing sub bagian.
c. Masing-masing unit kerja
d. Mansing-masing biro
e. Masing-masing departemen
f. Masing-masing lembaga.

Penetapan pengambilan keputusan kerja, di antaranya
a. Tahap identifikasi masalah.
b. Tahap penetapan tujuan kerja.
c. Tahap solusi masalah
d. Tahap pemilihan alternatif.

3. Pengawasan
Fungsi pengawasan ini merupakan aktivitas buat mengevalausi dan mengoreksi penyimpangan-defleksi menurut planning yg telah ditetapkan sebelumnya. Dengan dilaksanakannya fungsi pengawasan ini diperlukan bisa mengurangi defleksi yg mungkin terjadi, sehingga kemungkinan timbulnya kerugian yang akbar bisa dihindarkan atau dapat ditekan sekecil mungkin.

Oleh karena itu supervisi adalah galat satu fungsi pada administrasi pendidikan buat mengklaim supaya aplikasi kerja berjalan sinkron menggunakan baku yg sudah ditetapkan dalam perencanaan kerja. Apabila aplikasi kerja tidak berjalan, nir sesuai dengan standar perencanaan, walaupun secara tidak sengaja permanen ke arah yang lebih baik. Hal ini tampak klasik serta tradisional. Dengan demikian melalui supervisi dapat diawasi sejauhmana defleksi, penyalahgunaan, kebocoran, kekurangan, pemborosan, penyelewengan serta lain-lain dan bagaimana hambatan dimasa yang akan datang.

Arifin Abdurrahman berpendapat bahwa ada beberapa factor yg membantu pengawasan pada mencegah berbagai kasus penyelewengan serta penyalahgunaan kewenangan, yaitu:
1. Filsafat yg dibentuk bangsa tersebut.
2. Agama yg mendasari seseorang tersebut.
3. Kebijakan yg dijalankan.
4. Anggaran pembiayaan yg mendukung.
5. Penempatan pegawai dan prosedur kerjanya.
6. Kemampuan koordinasi pada organisasi. 

Seorang manajer mengelola kegiatan organisasi agar bisa tercapai output yg diinginkan atau planning organisasi dapat dicapai sesuai menggunakan hasil-hasil yang diinginkan atau direncanakan. Keberhasilan atau kegagalan perlu dipertimbangkan dari segi tujuan yg sudah ditentukan. Adapun kegiatan supervisi ini buat dapat memastikan bahwa apa yang sedang dikerjakan atau akan dilaksanakan dapat mencapai tujuan yg diperlukan. 

Fungsi supervisi yang dilakukan menajemen adalah unsur yg sangat penting buat diperhatikan. Adapun aktivitas supervisi yang umumnya dilaksanakan dari Henry Simamora merupakan sebagai berikut :
1. Mengumpulkan dan menganalisa data pengangkatan, seleksi penempatan dan promosi buat meyakinkan bahwa masih ada pengamatan terhadap kesempatan kepegawaian yg sama.
2. Menganalisa catatan penilaian kinerja buat memilih upaya penilaian yg diisyaratkan telah dilaksanakan menggunakan cara obyektif dan tidak biasa.
3. Menganalisa statistik yg berhubungan dengan ketidak hadiran keluhan, dan kecelakaan kerja buat menentukan bahwa perkara-perkara ini adalah penting dan apa yang seharusnya dilakukan buat menguranginya.

Fungsi supervisi dalam organisasi adalah semacam nilai tambah yg diberikan pada siswa buat memelihara fisik, jiwa serta raganya. Fungsi pemelihraan ini bisa memacu siswa buat belajar dengan tekun, giat dan menguntungkan bagi pesantren. Ini adalah nilai tambah. Dengan demikian supervisi merupakan bisnis pelatihan sikap serta pengembangan yg telah dilakukan sebelumnya.

Penyusunan acara pengawasan ini haruslah berdasarkan dalam syarat-syarat nyata yang masih ada pada organisasi atau forum dan kemungkinan masa yang akan datang yang kelak akan dihadapi. Yakni acara supervisi ini wajib dilaksanakan melalui pertimbangan-pertimbangan yg relatif matang, termasuk asal-sumber pendanaannya.

Oleh sebab itu, supervisi tidak bisa dipisahkan menurut kegiatan forum pendidikan tersebut, ia haruslah merupakan satu paket yg disusun dalam acara pengembangan organisasi, sehingga pengawasan ini akan bisa terealisasi secara terus menerus.

Comments