ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN

Administrasi Dan Supervisi Pendidikan
1. Pengertian Administrasi
Untuk menyebutkan arti administrasi pendidikan, kita nir bisa melepaskan diri menurut pengertian ilmu administrasi pada umumnya. Bahkan bisa juga dikatakan bahwa administrasi pendidikan adalah penggunaan atau pelaksanaan ilmu administrasi ke dalam pendidikan. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud menggunakan administrasi.

Secara bahasa, kata administrasi berasal menurut bahasa Latin yg terdiri berdasarkan istilah ad dan ministrrte. Kata ad mempunyai arti yg sama menggunakan kata to pada bahasa Inggris, yg berarti "ke" atau "pada". Dan istilah ministrare sama artinya menggunakan kata to serve atau to conduct yg berarti "melayani", "membantu" atau "mengarahkan". Dalam bahasa Inggris to administer berarti juga "mengatur", "memelihara" (to look after dan "mengarahkan).

Jadi kata "administrasi dapat diaertikan menjadi suatu kegiatan atau usaha buat membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua aktivitas pada dalam mencapai tujuan.

Meskipun praktek administrasi semenjak dahulu kala dilaksanakan orang, namun administrasi menjadi ilmu, baru muncul dalam permulaan pertengahan abad ke-19. Frederick Taylor (1856) dikenal menjadi bapak berdasarkan gerakan manajemen menurut ilmu pengetahuan. Dengan demikian, ia dapat dikatakan menjadi pelopor berdasarkan timbulnya ilmu administrasi. Ia pernah bekerja sebagai buruh rendahan hingga tingkat yang paling tinggi di dalam perusahaan. Berdasarkan pengalamannya itu, ia mengemukakan pada tulisannya beberapa prinsip manajemen menggunakan pengelolaan perusahaan.

Perkembangan ilmu administrasi yang pada mulanya bergeraka pada pada dunia industri dan perusahaan, lalu menjalar ke pemerintahan atau negara, sebagai akibatnya kita mengenal adanya administrasi negara.

Sekarang kita mengenal administrasi pendidikan sebagai salah satu cabang berdasarkan administarsi pada umumnya. Para ahli pendidikan mulai menyadari bahwa meskipun prinsip-prinsip administrasi dalam aneka macam lapangan mempunyai kesamaan, baik pada proses juga tujuannya, dalam global pendidikan mempunyai kekhususan yg nir dapat disamakan begitu saja menggunakan dunia perusahaan atau pemerintahan. Apabila perusahaan yang diolah merupakan benda-benda tewas bahkan bahan-bahan mentah, maka dalam dunia pendidkan yang diolah adalah benda-benda hayati atau anak-siswa. Demikian pula apabila kita tinjau tujuanya. Tujuan perusahaan merupakan memperoleh keuntungan yang sebanyak-besarnya atau membuat produksi yg sebanyak-banyaknya dengan kualitas yg tinggi. Demikian juga dalam dunia pendidikan, output produksi dan kualitas yg tinggi sebagai tujuan; tetapi output produksi dan kualitas tinggi yang dibutuhkan itu tidak sama sifatnya dengan output perusahaan.

2. Administrasi Pendidikan
Administrasi pendidikan ialah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personil, spiritual maupun material, yang bersangkut paut menggunakan pencapaian tujuan pendidikan. Jadi, di pada proses administrasi pendidikan segenap bisnis orang-orang yg terlibat pada pada proses pencapaian tujuan pendidikan itu diintegrasikan, diorgansisasi dan dikoordinasi secara efektif, dan seluruh materi yg diharapkan dan yang sudah ada dimanfaatkan secara efektif serta efisien. Sedangkan pendidikan, baik diartikan menjadi proses juga produk, adalah masalah perseorangan. Anak didik sendirilah yang wajib menciptakan perubahan dan pada dirinya sesuai menggunakan yg dikehendakinya. Proses pendidikan terjadi di pada diri individu, serta produk pendidikan menyatakan diri pada pada tingkah lakunya. Demikianlah pendidikan pendidikan nir sama dengan administrasi pendidikan.

Administarsi pendidikan merupakan suatu proses holistik, aktivitas beserta pada bidang pendidikan yg meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan serta pembiayaan, menggunakan menggunakan fasilitas yang tersedia, baik personil, materil juga spiritual, buat mencapai tujuan pendidikan secara efektif serta efisien.

Pendapat lain dikemukakan sang Good Carter V, bahwa administrasi pendidikan adalah "segenap teknik dan produser yang dipergunakan pada penyelenggaraan lembaga pendidikan sinkron dengan kebijakan yang telah dipengaruhi".

Pendapat di bawah ini hampir sama dengan yang dikemukakan oleh Carter, yaitu bahwa administrasi pendidikan merupakan "suatu proses yg berurusan dengan penciptaan, pemeliharaan, stimulasi dan penyatuan tangan-tenaga-energi pada suatu forum pendidikan dalam bisnis merealisasikan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Berdasarkan beberapa pengertian administrasi pendidikan tersebut di atas, ternyata bahwa pada pada setiap kegiatan administrasi terdapat beberapa unsur yg selalu kait mengait satu sama lain. Beberapa unsur pokok di dalam administrasi yang dimaksud adalah :
a. Adanya sekelompok manusia (sedikitnya dua orang)
b. Adanya tujuan yg hendak dicapai beserta.
c. Adanya tugas atau fungsi yg harus dilaksanakan (kegiatan kerjasama).
d. Adanya perlengkapan atau alat-alat yg diharapkan.

Semua unsur tadi harus dikelola dan diatur sedemikian rupa sehingga mengarah kepada tercapainya tujuan pendidikan yang telah dipengaruhi.

Dengan mengemukakan perumusan tersebut pada atas, dapat tekankan disini, bahwa :
1) Administrasi pendidikan itu bukan hanya sekedar kegiatan tata bisnis, surat menyurat seperti yg dilakukan di tempat kerja-tempat kerja tata usaha sekolah atau pun kantor-tempat kerja inskepski pendidikan dan sebagainya.
2) Administrasi pendidikan meliputi semua kegiatan yang luas, yang meliputi diantaranya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, supervisi yg menyangkut bidang-bidang materil, personil dan spiritual pada bidang pendidikan dalam umumnya, dan khususnya pendidikan yang diselenggarakan pada sekolah-sekolah.
3) Administrasi pendidikan itu merupakan proses holistik dan kegiatan-kegiatan beserta yg harus dilakukan oleh semua pihak yang terlibat di pada tugas-tugas pendidikan.

3. Bidang Garapan Administrasi pendidikan
Administrasi pendidikan mencakup bidang-bidang garapan yg sangat luas. Tercakup di dalamnya administrasi personil, administrasi kurikulum, kepemimpinan, kepengawasan, atau supervisi pendidikan, organisasi forum pendidikan serta sebagainya. 

Secara rinci, bidang garapan administrasi pendidikan bisa jua diuraikan menjadi berikut :
a. Administrasi tata laksana sekolah. Hal ini meliputi :
1). Organisasi serta struktur pegawai rapikan usaha (TU).
2). Organisasi serta aturan belanja keuangan sekolah
3). Masalah kepegawaian dan kesejahteraan personil sekolah.
4). Masalah perlengkapan serta perbekalan.
5). Keuangan serta pembukuannya.
6). Korespondensi/Surat menyurat.
7). Laporan-laporan (bulanan, kuartalan, tahunan).
8). Masalah pengangkatan, mutasi, penempatan, dan pemberhentian pegawai.
9). Pengisian kitab rapor, klaper (kumpulan nilai-nilai angka)

b. Administrasi personil pengajar dan pegawai sekolah. Hal ini mencakup antara lain :
1). Pengangkatan serta penemtapan tenaga guru.
2). Organisasi personil guru-guru.
3). Masalah kepegarwaian dan kesejahteraan guru.
4). Rencana orientasi bagi pengajar baru.
5). Kondite dan penilaian kemajuan guru
6). Pelatihan serta penataran bagi para guru

c. Administrasi siswa, hal ini meliputi antara lain :
1). Organisasi serta perkumpulan murid.
2). Masalah kesehatan serta kesejahteraan murid.
3). Penilaian dan pengukuran kemajuan murid.
4). Bimbingan dan penyuluhan bagi anak didik.

d. Supervisi pengajaran. Hal ini meliputi antara lain :
1). Usaha membangkitkan serta merangsang semangat pengajar-guru dan para pegawai rapikan usaha pada menjalankan tugasnya masing-masing dengan sebaik-baiknya.
2). Usaha mengembangkan, mencari, dan memakai metode-metode baru pada mengajar serta belajar yang lebih baik.
3). Mengusahakan cara-cara menilai ahsil-hasil pendidikan serta pedagogi.
4). Mengusahakan serta membuatkan kerjasama yg baik antara pengajar, siswa serta pegawai tata bisnis sekolah.
5). Usaha meningkatkan mutu dan pengalaman pengajar-pengajar.

e. Pelaksanaan serta training kurikulum :
1). Mempedomani dan merealisasikan apa yg tercantum pada pada kurikulum sekolah yang bersangkutan dalam bisnis mencapai dasar-dasar dan tujuan pendidikan serta pengajaran.
2). Menyusun dan melaksanakan organisasi kurikulum bersama mater-materi, asal-sumber serta metode-metode pelaksanaannya, diadaptasi menggunakan pembaruan administrasi serta pengajaran dan kebutuhan rakyat serta lingkungan sekolah.

4. Manajemen serta Administrasi Pendidikan
Istilah lain yang hampir sama artinya menggunakan administrasi pendidikan merupakan manajemen. Hanya dewasa ini, kata manajemen lebih terkenal dan generik dipakai pada pada dunia perusahaan/ekonomi daripada pada dalam global pendidikan.

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan asal daya manusia dan sumber-sumber lain secara efektif serta efisien buat mencapai suatu tujuan. Sebagaimana pada Al Quran Surat Yunus ayat 3 dinyatakan sebagai beirkut :
إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ اْلأَمْرَ مَامِن شَفِيعٍ إِلاَّ مِن بَعْدِ إِذْنِهِ ذَلِكُمُ اللهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ أَفَلاَ تَذَكَّرُونَ يونس :3

Artinya : "Sesungguhnya tuhan kamu merupakan Allah yang membentuk langit serta bumi dalam enam masa, kemudian Ia bersemayam di atas Arsy buat mengatur semua urusan, tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah biar -Nya. Dialah Allah Tuhan kamu maka sembahlah Dia. Apakah kamu nir merogoh pelajaran (QS. Yunus:tiga)"

Manajemen adalah sebuah proses kerjasama buat mencapai tujuan beserta. Walaupun Al Quran secara khusus tidak mengungkapkan kata manajemen, akan namun menyinggung kata manajemen dengan memakai kalimat yudabbiru mengandung arti mengarahkan, melaksanakan, menjalankan, mengendalikan, mengatur, mengurus menggunakan baik, mengkoordinasikan, membuat rencana yang telah ditetapkan. Menurut Farker Follet, yg dimaksud menggunakan manajemen, ialah proses pencapaian tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain buat melaksanakan aneka macam pekerjaan yg diperlukan.

Para ahli manajemen mengemukakan pandangan yg berbeda mengenai arti manajemen, diantaranya :
Miftah Thoha berpendapat, bahwa manajemen diartikan sebagai “Suatu proses pencapaian tujuan organisasi lewat usaha orang lain”. Ungkapan senada dikemukakan sang Hadari Nawawi, yaitu : “Manajemen merupakan aktivitas yg memerlukan kerjasama orang lain untuk mencapai tujuan”

Pendapat ke 2 pakar tersebut pada atas, bisa penulis simpulkan, bahwa manajemen merupakan proses kerjasama antara dua orang atau lebih buat mencapai tujuan beserta.

Lebih lanjut, pengertian manejemen dinyatakan sang Susilo Martayo, bahwa "Manajemen merupakan bisnis buat memilih, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi menggunakan aplikasi fungsi-fungsi perencanaan, pengorganiasian, penyusunan personalia atau kepegawaian, pengarahan dan kepemimpinan dan supervisi.

Dari beberapa definisi atau pengertian di atas, bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Dalam manajemen bisa dipastikan adanya tujuan yg akan dicapai.
2. Dalam mencapai tujuan, aplikasi manajemen dilakukan secara bersama dari sekelompok orang (dua orang atau lebih)
3. Untuk mencapai tujuan organisasi atau manajemen, dibutuhkan adanya perencanaan yg baik, aplikasi yg konsisten dan pengendalian atau pengawasan secara kontinyu.

Selanjutnya buat mencapai tujuan yg sudah ditetapkan diharapkan adanya proses yg di dalamnya meliputi keterlibatan banyak sekali unsur yang terlibat dalam organisasi sesuai menggunakan planning atau perencanaan yg dilandasi oleh supervisi yg berkesinambungan (kontinyu) dalam proses pelaksanaannya.

Administrasi atau manajemen adalah komponen integral serta tidak dapat dipisahkan menurut proses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya, karena tanpa manajemen yang baik tujuan pendidikan nir akan berhasil secara optimal, efektif dan efisien. Konsep tersebut berlaku di lembaga-lembaga lain yg memerlukan manajemen. Manajemen pendidikan meliputi perencanaan, pengorganisasian, aplikasi dan supervisi.

Untuk itu, perlu dimengerti fungsi-fungsi pokok administrasi, yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, supervisi (penilaian serta pelatihan). Dalam prakteknya, keempat fungsi tadi adalah suatu proses yang berkesinambungan.

Adapun langkah-langkah pada perencanaan meliputi hal-hal menjadi berikut :
1) Menentukan serta merumuskan tujuan yg hendak dicapai.
2) Meneliti masalah-masalah atau pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan.
3) Mengumpulkan data dan fakta-kabar yg diharapkan.
4) Menentukan tahap-tahap atau rangkaian tindakan.
5) Merumuskan bagaimana kasus-kasus itu akan dipecahkan serta bagaimana pekerjaan-pekerjaan itu akan diselesaikan. 

Menurut teori Kaufman, bahwa perencanaan harus melalui tahapan-tahapan menjadi berikut :
1) Perencanaan harus sanggup mengindentifikasi serta mendokumentasikan kebutuhan.
2) Perencanaan harus sanggup menentukan aneka macam kebutuhan dalam pendidikan.
3) Perencanaan harus sanggup menspesifikasikan rincian tiap-tiap kebutuhan.
4) Perencanaan harus sanggup menentukan pilihan-pilihan yang diperlukan.
5) Perencanaan wajib sanggup memenuhi segala kebutuhan yang sanggup dirasakan sang seluruh.
6) Perencanaan harus mampu sebagai identifikasi strategik cara lain serta siap tolls keuntungan dan kerugian tiap-tiap strategik. 

Perencaan mempunyai unsur-unsur yang kentara serta saling berkaitan satu sama lain. Unsur-unsur perencanaan itu merupakan sebagai berikut : 

1. Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan mencakup aspek-aspek :
a). Tujuan, perkiraan dan harapan
b). Tindakan, yaitu unsur buat melaksananakan keputusan
c). Struktur keputusan

2. Aspek pengetahuan yang baru
Setiap perencanaan mempunyai aspek pengetahuan yg baru yang mengacu pada :

a). Dimensi waktu
Berdasarkan dimensi waktu, terdapat perencanaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

b). Dimensi struktural
Pada structural atau bagian mana akan memperoleh resiko yang paling kecil.

c). Dimensi cara pengukuran
Perencanaan harus bisa diukur keliru satu pengukuran pada perencanaan. Penyuluh merupakan membandingkan motivasi menggunakan moral atau pertimbangan antara motivasi dengan moral.

d). Kerja yang bersifat rasional
Perencanaan merupakan bisnis untuk melakukan perubahan yaitu menjadi proses sintesa dan antitesa dikenal dengan kata equilbrium serta disequilbrium serta contoh yg sempurna buat itu adalah teori adopsi.

3. Memiliki taktik dan taktik
Strategi meliputi peraturan kebijakan kelembagaan dan nilai-nilai, sedangkan strategi adalah bagaimana mengimplementasikan perencanaan misalnya aturan keuangan serta lain-lain.

4. Perencanaan menjadi suatu teknologi
Perencanaan sebagai suatu teknologi, maka pada perencanaan terdapat proses menata kabar serta memproses data. 

5. Perencanaan sebagai suatu struktur
Dalam interaksi dengan struktur, maka setiap tugas-tugas perlu diidentifikasi secara jelas. 

Ada beberapa sifat perencanaan yg perlu diikuti sang perencana, yaitu :
a). Bersifat menyeluruh.
b). Bersifat integrasi yang fragmentasi (merangkum berbagai unsur, misalnya dana, energi serta lain-lain).
c). Bersifat fleksibel
d). Menggunakan sarana yang bersifat analitis, sehingga bisa diperoleh pengukuran efisien.
e). Ada tatanan struktur, terdapat proses komposisi dan mempunyai sifat yg menetap (baku).

Prof. Komaruddin membagi kegiatan perencanaan sebagai berikut :
1. Meramalkan proyeksi yang akan datang
2. Menetapkan target dan mengkoordinasikannya
3. Menyusun program menggunakan ukuran kegiatan
4. Menyusun kronologis jadwal kegiatan
5. Menyusun aturan serta alokasi asal daya
6. Mengembangkan prosedur pada strandar
7. Menetapkan serta mengintervensi kebijakan.

Kini tergantung perencanaan apa yg akan dibuat sampai perencanaan mampu memprediksi acara, baik jangka panjang atau jangka pendek, berskala mikro atau makro, pembiayaan serta antisipasi jika terjadi masalah atau kendala. 

2. Pengorganisasian
Kata organisasi dari berdasarkan bahasa Yunani, “organon” serta kata Latin “Organun” yang mempunyai arti: indera, bagian, anggota atau badan.

James D. Mooney beropini, bahwa “Organisasi adalah bentuk setiap liga insan buat mencapai suatu tujuan beserta. Sedangan Chester I Bernand memberikan pengertian organisasi menjadi “suatu system daripada aktivitas kerjasama yang dilakukan sang dua orang atau lebih”.

Berdasarkan pendapat-pendapat pada atas, terdapat tiga cirri pada suatu organisasi yaitu:
1. Adanya sekelompok orang-orang, dua atau lebih
2. Adanya interaksi yg terjadi dalam suatu kerjasama
3. Adanya kerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama didasarkan atas hak dan kewajiban atau tanggung jawab masing-masing individu atau personil.

Pengorganisasian adalah tindakan atau langkah-langkah buat menentukan komponen-komponen kegiatan yang diharapkan, lalu membagi pekerjaan kepada kelompok pelaksana serta mendelegasikan wewenang kepada anggota-anggota organisasi. Menurut . F. Terry, fungsi-fungsi organisasi merupakan sebagai berikut :

Pengorganisasian adalah salah satu fungsi daripad manajemen lantaran menggunakan pengorganisasian berarti memadukan semua sumber daya insan maupun sumber daya lainnya. Salah satu bagian krusial berdasarkan tugas pengorganisasian adalah pengharmonisan suatu gerombolan orang-orang yang tidak selaras, mempertemukan kasus-kasus kepentingan serta memanfaatkan kemampuannya ke a ah tententu yaitu arah tercapainya tujuan.

Dari penjelasan tersebut di atas dapat disimpulkan menjadi berikut :
1. Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang berafiliasi untuk mencapai tujuan bersama.
2. Organisasi pada arti bagian atau struktur merupakan citra secara skematis tentang hubungan-hubungan, kerjasama berdasarkan orang-orang yang berada pada dalamnya dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Iklim organisasi adalah factor utama lainnya yang berkaitan menggunakan kinerja organisasi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh adanya hubungan beberapa elemen yang ada di pada organisasi itu. Artinya pada sebuah organisasi wajib masih ada keterkaitan pada dua hal, antara lain: Pertama, budaya organisasi meliputi filosofi manajemen yg meliputi perkiraan, keyakinan serta nilai-nilai budaya organisasi. Hal ini lebih poly disebabkan karena bawahan sangat dipengaruhi sang cara berfikir pihak pimpiman (atasan).

Beberapa kegiatan yg harus dilakukan pada sebuah organisasi antara lain :
1. Mengembangkan struktur organisasi diantaranya: tugas yang harus dilakukan sang seorang manajer bisa buat mengindektifikasikan serta mengelompokan pekerjaan-pekerjaan yg akan dilaksanakan.
2. Mendelegasikan, yakni tugas yang dilakukan sang seseorang manajer buat mempercayakan tanggung jawab serta wewenang pada personil serta membangun pertanggungjawaban atas hasil-output pekerjaan.
3. Tetapkan interaksi, yaitu tugas yang dilakukan sang seseorang manajer buat membentuk kondisi yang perlu dalam usaha kerjasama antara semua personil.
4. Tanggung jawab, yakni tugas yg diberikan pada suatu posisi.
5. Pertanggungjawaban. Kewajiban melaksanakan tanggung jawab serta mempergunakan kewenangan sinkron menggunakan norma-kebiasaan kebijakan yg ditetapkan.

Agar suatu organisasi bisa berjalan menggunakan baik atau dalam rangka membentuk suatu organiasi yang baik atau pada usaha menyusun suatu organiasi, perlu diperhatikan beberapa azas atau prinsip-prinisp organisasi menjadi berikut :
1. Perumusan tujuan menggunakan jelas
a. Menunjukan pedoman ke arah mana organisasi itu akan dibawa.
b. Landasan bagi organisasi yang bersangkutan.
c. Menentukan macam kegiatan yg akan dilakukan.
d. Menentukan acara, prosedur (koordinasi, integrasi, akibat, sinkronisasi dan mekanisasi).

2. Pembagian Kerja
a. Pembagian kerja atas dasar wilayah atau teritorial.
b. Pembagian kerja atas dasar jenis benda.
c. Pembagian kerja atas dasar langganan yg dilayani
d. Pembagian kerja atas dasar fungsi (rangkaian kerja).
e. Pembagian kerja atas dasar ketika.

Oleh lantaran pembagian kerja pada suatu organisasi ada baiknya, diantaranya dipedomani hal-hal sebagai berikut :
a. Jumlah unit organisasi diusahakan sedikit mungkin sesuai kebutuhan.
b. Suatu unit wajib mempunyai fungsi bundar dan berkaitan satu sama lain.
c. Pembentukan unit baru hanya dilaksanakan bila unit-unit yg terdapat tidak sempurna lagi menampung kegiatan-aktivitas baru tersebut.
d. Secara garis besarnya pada suatu organisasi dibedakan sinkron dengan kegiatan yang dilakukannya. 

3. Delegasi kekuasaan
Salah satu prinsip dalam suatu organisasi adalah delegasi kekuasaan (pelimpahan kewenangan). Kekuasaan atau wewenang adalah hak seorang buat mengambil tindakan yg perlu supaya tugas serta fungsi-manfaatnya bisa dilaksanakan sebaik-baiknya. Wewenang atau kekuasaan itu terdiri menurut banyak sekali aspek, diantaranya: wewenang mengambil keputusan, kewenangan menggunakan sumber daya, kewenangan perintah, serta wewenang menggunakan batas waktu tertentu.

Dalam mendelegasikan kekuasaan, agar proses pendelegasian itu efektif, sedikitnya ada empat hal yang harus diperhatikan, yaitu :
a. Pemimpin bisa memusatkan perhatiannya dalam pekerjaan utama saja.
b. Putusan bisa dibuat lebih cepat dan pada unit yg tepat.
c. Inisiatif dan rasa tanggung jawab bawahan dapat dimotivisir, sebagai akibatnya bawahan tidak selalu menunggu perintah atasan.
d. Pendelegasian merupakan keliru satu hal yang mendidik atau menyebarkan bawahan, sebagai akibatnya sanggup mendapat tugas serta tanggung jawab yg lebih akbar.

4. Rentangan kekuasaan
Rentang kekuasaan yg dimaksud adalah jumlah orang yg sempurna sebagai bawahan bagi seseorang pemimpin, sebagai akibatnya pemimpin itu bisa memimpin, membimbing, serta mengawasi secara tepat.

Dalam menetapkan beberapa bawahan yg sempurna dari seorang pemimpin, terdapat beberapa factor yuang wajib diperhatikan, yaitu :
a. Jelas tidaknya tugas kewenangan dan pertanggung jawaban masing-masing orang pada suatu organisasi.
b. Jalinan interaksi kerja berdasarkan masing-masing bawahan satu sama lain.
c. Kemampuan orang-orang pada suatu organisasi.
d. Corak pekerjaan.
e. Stabilitas organisasi serta stabilitas tenaga kerja.
f. Jarak dan ketika.

5. Tingkat-taraf pengawasan
Menurut prinsip ini, taraf pengawasan atau tingkat pemimpin hendaknya diusahakan sedikit mungkin. Sehubungan dengan prinsip-prinsip taraf-tingkat pengawasan ini, maka pada organisasi masih ada beberapa jenis tingkatan, yaitu :
a. Dua hingga tiga strata, sanggup dianggap organisasi pipih atau platop organization.
b. Empat tingkat, seringkali diklaim struktur organisasi datar.
c. Lima taraf, acapkali dianggap struktur organisasi curam.

6. Kesatuan perintah serta tanggungjawab
Menurut prinsip di atas, seseorang bawahan hanya mempunyai seseorang atasan berdasarkan siapa beliau mendapat perintah dan pada siapa dia memberi pertanggungjawaban akan pelaksanaan tugasnya.

7. Koordinasi
Prinsip yang nir kalah pentingnya dalam suatu organisasi adalah prinsip koordinasi.
Koordinasi merupakan bisnis mengarahkan aktivitas seluruh unit-unit organisasi supaya tertuju untuk memberikan sumbangan semaksimal mungkin bagi pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Koordinasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada empat cara primer dalam bisnis pemeliharaan koordinasi, yaitu :
a. Mengadakan pertemuan resmi antara unsur-unsur atau unit-unit yg wajib dikoordinasikan.
b. Mengangkat seseorang, suatu tim atau panitia coordinator yg khusus bertugas melakukan kegiatan koordinasi.
c. Membuat kitab pedoman, yg berisikan penerangan tugas menurut masing-masing unit serta koordinasi satu dengan yang lain.
d. Pimpinan atau atasan mengadakan pertemuan-rendezvous informal dengan bawahannya pada rangka hadiah bimbingan, konsultasi dan pengarahan. 

Dalam pelaksanaan kerja hendaknya dibagi diantaranya :
a. Penerangan atau pemberitaan
b. Pempublikasian dan perdokumentasian
c. Penyaringan fakta serta komunikasi.

Pengembangan tanggungjawab mulai dari tingkat terendah sampai tertinggi:
a. Masing-masing langsung.
b. Masing-masing sub bagian.
c. Masing-masing unit kerja
d. Mansing-masing biro
e. Masing-masing departemen
f. Masing-masing forum.

Penetapan pengambilan keputusan kerja, di antaranya
a. Tahap identifikasi problem.
b. Tahap penetapan tujuan kerja.
c. Tahap solusi masalah
d. Tahap pemilihan cara lain .

3. Pengawasan
Fungsi pengawasan ini adalah kegiatan buat mengevalausi serta mengoreksi penyimpangan-penyimpangan berdasarkan planning yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan dilaksanakannya fungsi pengawasan ini diharapkan bisa mengurangi defleksi yang mungkin terjadi, sehingga kemungkinan timbulnya kerugian yang akbar dapat dihindarkan atau dapat ditekan sekecil mungkin.

Oleh karenanya supervisi adalah keliru satu fungsi dalam administrasi pendidikan buat mengklaim agar pelaksanaan kerja berjalan sinkron menggunakan standar yang sudah ditetapkan pada perencanaan kerja. Jika pelaksanaan kerja tidak berjalan, nir sesuai dengan baku perencanaan, walaupun secara nir sengaja permanen ke arah yang lebih baik. Hal ini tampak klasik serta tradisional. Dengan demikian melalui supervisi bisa diawasi sejauhmana defleksi, penyalahgunaan, kebocoran, kekurangan, pemborosan, penyelewengan serta lain-lain dan bagaimana hambatan dimasa yg akan tiba.

Arifin Abdurrahman beropini bahwa ada beberapa factor yg membantu supervisi dalam mencegah berbagai masalah penyelewengan dan penyalahgunaan kewenangan, yaitu:
1. Filsafat yg dibentuk bangsa tadi.
2. Agama yang mendasari seorang tadi.
3. Kebijakan yg dijalankan.
4. Anggaran pembiayaan yang mendukung.
5. Penempatan pegawai dan prosedur kerjanya.
6. Kemampuan koordinasi dalam organisasi. 

Seorang manajer mengelola kegiatan organisasi agar dapat tercapai output yang diinginkan atau rencana organisasi dapat dicapai sinkron menggunakan hasil-output yg diinginkan atau direncanakan. Keberhasilan atau kegagalan perlu dipertimbangkan menurut segi tujuan yg sudah dipengaruhi. Adapun kegiatan supervisi ini untuk dapat memastikan bahwa apa yg sedang dikerjakan atau akan dilaksanakan bisa mencapai tujuan yang dibutuhkan. 

Fungsi pengawasan yg dilakukan menajemen adalah unsur yg sangat penting buat diperhatikan. Adapun kegiatan supervisi yang umumnya dilaksanakan menurut Henry Simamora adalah sebagai berikut :
1. Mengumpulkan serta menganalisa data pengangkatan, seleksi penempatan serta kenaikan pangkat buat meyakinkan bahwa masih ada pengamatan terhadap kesempatan kepegawaian yang sama.
2. Menganalisa catatan evaluasi kinerja buat menentukan upaya penilaian yang diisyaratkan sudah dilaksanakan menggunakan cara obyektif serta tidak biasa.
3. Menganalisa statistik yg herbi ketidak hadiran keluhan, dan kecelakaan kerja buat memilih bahwa kasus-kasus ini adalah penting dan apa yang seharusnya dilakukan buat menguranginya.

Fungsi supervisi pada organisasi merupakan semacam nilai tambah yang diberikan kepada peserta didik buat memelihara fisik, jiwa serta raganya. Fungsi pemelihraan ini dapat memacu peserta didik buat belajar menggunakan tekun, ulet serta menguntungkan bagi pesantren. Ini adalah nilai tambah. Dengan demikian supervisi adalah bisnis pembinaan perilaku serta pengembangan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Penyusunan program supervisi ini haruslah didasarkan dalam syarat-kondisi nyata yang masih ada dalam organisasi atau forum serta kemungkinan masa yang akan datang yg kelak akan dihadapi. Yakni program supervisi ini wajib dilaksanakan melalui pertimbangan-pertimbangan yg cukup matang, termasuk sumber-asal pendanaannya.

Oleh sebab itu, supervisi tidak sanggup dipisahkan menurut aktivitas lembaga pendidikan tersebut, dia haruslah merupakan satu paket yg disusun pada program pengembangan organisasi, sehingga supervisi ini akan dapat terlaksana secara terus menerus.

Comments