RESEP SAMBAL GORENG TEMPE UDANG

Meski namanya sambal (saus) goreng, namun tekstur dan cita rasanya tak sama seperti sajian kuliner sambal goreng yg umumnya kita kenal. Sambal goreng semakin nikmat disantap menggunakan dicampur opor (menu kuliner yang terbuat berdasarkan daging ayam yg dicampur menggunakan bumbu dan santan) ayam ditambah lontong atau nasi putih. Sambal goreng merupakan keliru satu resep kuliner spesial Indonesia yang berkuah legit.

Sama halnya menggunakan sambal goreng tempe (kedelai yang diberi ragi) udang. Yang membedakan hanya campurannya. Sebenarnya kita bisa dengan bebas mengkombinasikan bahan bakunya sesuai selera.
Tapi, hal yang perlu diketahui: tidak semua bahan berupa daging atau ikan akan terasa enak apabila dicampur dalam satu masakan.


Namun, kombinasi rasa antara tempe dan udang punya sensasi tersendiri. Kaldu udang yang meresap dalam kuah santan sambal goreng meresap ke dalam tempe yg dipotong memanjang.

Bahan:
1. 300 gram tempe, potong berdasarkan selera.
2. 9 ekor udang sedang, hilangkan kulitnya, belah punggungnya.
3. 500 ml santan menurut 1 buah kelapa.
4. Tiga lembar daun jeruk.
5. 2 lembar daun salam.
6. 2 batang serai, dimemarkan.
7. 1 sendok makan air asam jawa.
8. Lima sdm kecap cantik.
9. Garam dan merica secukupnya.
10. 1 butir cabai merah, iris serong tipis, goreng. Bahan ini buat mempercantik tampilan (Jumlah cabai bisa dikurangi atau ditambah sesuai kesukaan).
11. Minyak goreng buat menumis.

Bumbu yg dihaluskan:
1. Lima butir cabai merah besar (jumlah cabe dapat ditambah atau dikurangi sinkron kesukaan).
2. 8 bawang merah.
3. Lima bawang putih.
4. Semua bumbu dihaluskan menggunakan ulekan atau blender.


Tips:
1. Setelah memasukkan santan, aduk terus menerus secara perlahan sampai semua bahan yg dimasukkan ke pada kuliner matang. Itu dimaksudkan supaya santan tidak pecah. Apabila santannya pecah, tampilan akhir jadi kurang paripurna, dan masakan lebih cepat basi.

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
2. Masukkan daun jeruk dan daun salam.
3. Masukkan tempe dan udang.
4. Masak hingga udang berubah rona.
5. Masukkan air asam jawa, kecap cantik, garam, merica dan santan. Tunggu hingga mendidihkan sembari sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
6. Setelah matang sahih (mendidik) angkat, lalu taburi irisan cabai goreng dan hidangkan. Simak jua resep tumis tempe soun pedas manis dan resep sambal tumpang ayam goreng kampung.

Adapun resep sambal goreng tempe udang ini setara buat 4 porsi.

Comments