RESEP MASAKAN TRADISIONAL BONGKO KACANG TOLO

Ngomongin kuliner tradisional memang tak ada habisnya. Sepertinya seluruh bahan mampu diolah menjadi aneka kuliner tradisional yang enak.
Kalau ini yg akan diolah menjadi kuliner tradisional merupakan kacang tolo. Kacang berwarna merah ukuran mini ini akan dimasak menggunakan cara dikukus dengan daun pisang menjadi bungkusnya. Namanya, bongko kacang tolo.
Masakan tradisional ini sangat populer pada warga Sukoharjo, Jawa Tengah. Iya saja, karena bongko kacang tolo memang ada dari hasil kreativitas warga pada selatan Provinsi Jawa Tengah itu.

Di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah, kuliner tradisional ini umum dikolaborasikan dengan resep urap (gudangan) jawa aneka sayuran versi kemarau spesial.
Dan, menjadi pelengkapnya pula ditambah menggunakan resep rempeyek kacang kedelai yg renyah & empuk. Kalau telah lengkap begitu, kuliner tradisional ini sulit buat dilupakan.

Mengaplikasikan resep kuliner tradisional bernama bongko berbahan utama kacang tolo ini bukan hal yang sulit. Asal, Anda mengikuti petunjuk resep ini dia, seluruh niscaya jadi mudah dan dijamin berhasil.


Bahan:
1. 150 gram kacang tolo yg telah direndam dengan air putih semalaman.
2. 250 gr kelapa yg telah diparut.

Bumbu yang wajib dihaluskan:
1. 5 siung bawang putih.
2. 1 sendok makan ketumbar.
3. 50 gr gula merah.
4. Kencur seukuran dua ruas jari kelingking.
5. Lengkuas seukuran jari tengah.
6. Garam secukupnya.
7. Lada putih secukupnya.

Pelengkap:
1. Cabai rawit utuh secukupnya.
2. 12 lembar daun salam.
3. Daun pisang secukupnya buat membungkus.
3. Lidi buat menyemat.


Tips:
1. Kelapa parut yg digunakan seperti kelapa parut yg umum dipakai buat membuat botok.
2. Jenis cabe rawit yang dipakai dapat disesuaikan kesukaan. Ingin menggunakan cabai rawit merah atau cabe rawit hijau, sesuai selera.

Cara menciptakan kuliner tradisional bongko kacang tolo:
1. Rebus kacang tolo dengan air putih secukupnya sampai empuk serta matang (kurang lebih 15 mnt), tiriskan, pisahkan hingga hangat.
2. Masukkan kacang tolo ke pada wadah buat ditumbuk kasar.
3. Tambahkan kelapa parut dan bumbu halus, mixer sampai tercampur rata.
4. Ambil selembar daun pisang buat membungkus.
5. Ambil adonan bongko kacang tolo secukupnya, letakkan dalam daun pisang.
6. Tambahkan daun salam serta cabai rawit, kemasan, semat menggunakan lidi hingga rapat.
7. Panaskan alat buat mengukus.
8. Masukkan bongko kacang tolo yg sudah dibungkus, kukus hingga matang sempurna (lebih kurang selama 25 menit), matikan api kompornya.
9. Pindah ke wadah saji, bongko kacang tolo siap dihidangkan. Pertimbangkan juga buat mencoba aneka resep masakan tradisional lain yang tak kalah lezat . Seperti;

Adapun resep kuliner tradisional bongko kacang tolo ini setara buat 12 orang atau lebih, bergantung berukuran bongko kacang tolo yang Anda buat.

Comments