RESEP BEBEK GORENG BUMBU KUNING KHAS SURABAYA SPESIAL

Bukan cuma lontong balap (lihat: resep lontong balap khas khas Surabaya) dan rujak cingur (lihat: Terkuak! Beginjlah cara membuat rujak cingur Jawa Timur yg sedap dan lezat) yang spesial di Surabaya. Tapi, terdapat jua satu varian bebek goreng yg cukup populer di sana. Namanya, bebek goreng bumbu kuning.
Disebut begitu lantaran bumbu yg dipakai untuk membumbui ayam berwarna kuning. Warna kuning tadi dari berdasarkan kunyit.
Agar warnanya lebih jelas, sebelum dihaluskan beserta bumbu lain, kunyit dibakar terlebih dahulu. Selain itu, tujuan jua supaya aroma dan rasa kunyit yang sebagai lebih ke luar.

Cara menciptakan atau mengolah bebek goreng bumbu kuning spesial Surabaya tak jauh beda dengan masakan serupa (lihat: resep ayam goreng bumbu kuning spesial).
Meski nama bumbunya sama, tetapi cita rasa bebek goreng bumbu kuning khas Surabaya ini tetap saja mempunyai cita rasa spesial tersendiri. Itu karena komposisi bumbunya pula sedikit tidak sinkron.
Pada dasarnya, seluruh jenis unggas bisa dimasak dengan bumbu kuning khas Surabaya ini. Tapi, pada kesempatan ini CARA FLEXI secara spesifik akan membahas resep bebek goreng bumbu kuning khas Surabaya.
Bahan ayam goreng bumbu kuning spesial Surabaya khas:
1. 1 ekor bebek, potong menjadi 4 bagian atau sinkron kesukaan dan kebutuhan.
2. 750 mililiter air putih.
3. Minyak sayur buat menggoreng.
Bumbu bebek goreng bumbu kuning spesial Surabaya spesial :
1. 2 lembar daun salam.
2. 6 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
3. 4 btg serai, pakai bagian putihnya saja, lalu dimemarkan.
4. Larutan air asam Jawa yang dibuat dari 2 sdt asam Jawa serta tiga sendok makan air putih.
5. 2 sdt garam.
6. 0,125 sendok teh gula pasir.
Bumbu yang dihaluskan:
1. 6 siung bawang putih.
2. 12 siung bawang merah.
3. 4 buah kemiri yg telah disangrai.
4. Lengkuas seukuran 3 sentimeter.
5. Jahe seukuran 3 sentimeter.
6. Kunyit seukuran 4 sentimeter yang sudah dibakar.
7. Dua sendok teh ketumbar yg telah disangrai.
8. 0,5 sendok teh jintan.
Pelengkap:
1. Sambal bebek goreng Surabaya. Simak resep cara membuat sambal spesial untuk bebek goreng Surabaya.
2. Lalapan sinkron kesukaan.
Tips:
1. Untuk menerima bebek goreng Surabaya yg istimewa, disarankan untuk tidak memakai bebek yg telah berumur tua, lantaran serat dagingnya sangat alot. Pilih bebek menggunakan usia yang setengah tua saja.
2. Selain sambal bebek ayam goreng spesial Surabaya, tentunya Anda juga sanggup menyantap kuliner tradisional yg istimewa ini menggunakan beragam sambal sesuai kesukaan. Sebagai referensi, simak resep sambal bawang super pedas atau resep sambal terasi goreng spesial.
3. Sebelum dimasak, balur rabat bebek dengan air jeruk nipis buat mengurangi bau amis.
Cara masak bebek goreng bumbu kuning spesial Surabaya:
1. Balur potongan bebek dengan bumbu yg telah dihaluskan, pisahkan selama lima mnt.
2. Masukkan ke pada panci atau wajan, tuangkan air putih serta seluruh bumbu yang belum dipakai, tutup panaskan menggunakan api kecil-sedang hingga matang, empuk, dan meresap, angkat.
3. Panaskan minyak sayur buat menggoreng.
4. Ambil rabat bebek yg tadi telah direbus hingga bumbunya meresap, tambahkan ke pada minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai berwarna coklat keemasan, angkat, dan tiriskan.
5. Susun di wadah saji, bebek goreng bumbu kuning spesial Surabaya yang spesial telah siap dinikmati bersama lalapan dan sambal bebek goreng yang telah disiapkan sebelumnya.
Ada pula lho kuliner lain berbahan bebek yg dijamin akan memuaskan selera makan Anda dan famili. Antara lain, resep bebek bumbu rica-rica peas spesial Madura serta resep kuliner bebek bakar spesial.

Adapun resep bebek goreng bumbu kuning spesial Surabaya spesial ini cukup buat 4 porsi.

Comments