PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MINAT BERWIRASWASTA

Prestasi Belajar Kewirausahaan Dengan Minat Berwiraswasta
Istilah kewiraswastaan (entrepreneurship) sudah tidak asing lagi bagi warga , walaupun maknanya belum begitu difahami benar. Masih banyak pada antara kita belum menyadari pentingnya kewiraswastaan.

Kenyataan memperlihatkan bahwa kehidupan sekarang haruslah diwarnai sang inovasi-penemuan diberbagai bidang. Dimana setiap manusia dituntut mempunyai penemuan ,sebagai proses kreatif. Seseorang nir bisa sukses jika ia belum memiliki semangat buat berwirausaha.

Di Indonesia kesadaran untuk berwirausaha masih sangat kecil. Hal ini disebabkan lantaran adanya beberapa faktor yang mensugesti yaitu secara historis Indonesia adalah negara bekas jajahan negara Belanda. Dimana sebagian akbar anggota beranggapan bahwa sebagai seseorang pekeerja(terutama sebagai pegawai negeri) merupakan Priyayi / orang yang mempunyai status sosial relatif tinggi serta disegani oleh Warga warga . Selain itu kurangnya perhatian menurut para pendidik mengenai pentingnya pendidikan kewirausahan. 

Diberbagai Negara besar termasuk Amerika Serikat mulai membuatkan pendidikan kejuruan. Lantaran dirasa krusial buat menaikkan kualitas pendidikan yang berarah dalam usaha,guna memperbaiki posisi Amerika pada persaingan ekonomi serta militer.

Maka dirasa begitu perlu bangsa Indonesia buat berbagi pendidikan kewirausahaan baik disekolah maupun pada perguruan tinggi. Lantaran Indonesia adalah negara yang sedang berkambang. Dimana masyarakatnya harus mampu berfikir lebih kedepan buat menaikkan kesejahteranya pada umumnya serta Bangsa dan Negara pada khususnya. Sehingga warga diperlukan pula buat tidak selalu berfikir menjadi seseorang pegawai negri atau bawahan saja.

Oleh karena itu perlu diberikan wawasan serta pemahaman pada berwiraswasta,maka dituntut adanya penyajian pelajaran mengenai kewirausahaan serta pendidikan nir hanya menunjuk dalam pendidikan bersifat kognitif,namun pula afektif dan psikomotorik. Sehingga seorang anak nir hanya mempunyai kemampuan pelajaran eksak saja tetapi jua sosial termasuk dalam bisnis.

Memasuki milenium ke 3 dan persiapan dunia yg lebih beretika sangat mendesak menciptakan acara reorientasi semangat kewirausahaan dalam pengusaha kita supaya mengubah orientasi yg sangat individualistik, sebagai orientasi yang lebih sehat sebagaimana dikatakan ahli kewirausahaan Raymond Y. Kao berdasarkan Singapura. 

Seorang wirausaha wajib memiliki karakter dasar yaitu adanya visi yang jauh kedepan yang menjadi dasar pendorong perubahan den lantaran kemampuan mengkombinasikan banyak sekali sumberdaya buat menndapatkan suatu yang baru. Seorang penulis menciptakan analogi bahwa mencari ciri seseorang wirausahawan sama menggunakan mencari hewan mitos. Orang merasa mengetahui bentuknya, tetapi jika dicari tidak mampu ditemukan di manapun. 

Kewirausahaan saat ini sedang digalakkan di Indonesia baik lingkungan perguruan tinggi, masyarakat generik maupun kalangan pengusaha mini dan pemerintahan. 

Besarnya peranan kewirausahaan bagi peningkatan perekonomian rakyat Indonesia waktu ini, mengakibatkan wirausaha menjadi topik yang menarik buat dibahas. Masing-masing pihak mencoba meraih kesempatan-kesempatan yang ada buat dapat dimanfaatkan pada pengembangan aktivitas wirausaha ini. Di pada paper ini akan dibahas kasus bagaimana mendidik manusia wiraswasta lewat sekolah.

1. Pengertian Kewirausahaan 
Secara Etimologis, Wira berarti perwira, primer, teladan, berani.swa berarti sendiri,sedangkan Sta berati berdiri. Jadi wiraswasta berarti keberanian berdiri pada atas kaki sendiri (pada berusaha, bekerja buat memenuhi kebutuhan hidup).

Kewirausahaan merupakan semangat, konduite serta kemampuan buat memberikan tanggapan yg positif terhadap peluang memperoleh keuntungan buat diri sendiri dan atau pelayanan yg lebih baik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih berguna serta menerapkan cara kerja efisien, melalui keberanian mengambil resiko, kreativitas dan penemuan dan kemampuan managemen. 

Pengertian di atas mencakup esensi kewirausahaan yaitu tanggapan yang positip terhadap peluang buat memperoleh laba buat diri sendiri serta atau pelayanan yg lebih baik dalam pelanggan dan warga , cara yg etis dan produktif buat mencapai tujuan serta sikap mental buat merealisasikan tanggapan yg positip tersebut. Semangat, konduite serta kemampuan wirausaha tentunya bervariasi satu sama lain dan alas dasar itu wirausaha dikelompokkan sebagai tiga tingkatan yaitu : wirausaha awal, wirausaha tangguh, wirausaha unggul. Wirausaha yang konduite dan kemampiannya yang lebih menonjol pada memobilisasi sumber daya dan dana, dan mentransformasikannya menjadi hasil serta memasarkannya secara efisien lazim disebut Administrative Entrepreneur. Sebaliknya wirausaha yaitu perilaku dan kemampuannya menonjol pada kreatifitas, penemuan dan mengantisipasi serta menghadapi resiko lazim disebut Innovative Entrepreneur. 

Untuk sebagai pengusaha yang sukses seorang dituntut buat, memenuhi kualifikasi sebagai seorang wirausahawan. Pada kenyataannya nir semua pengusaha adalah wirausahawan yg mempunyai sifat kewirausahaan. Pada umumnya yg dimaksud menggunakan wirausaha sama dengan wiraswasta atau pengusaha yaitu semua orang yang mempunyai bisnis atau melakukan kegiatan bisnis buat memperoleh keuntungan atau komisi. Ciri negatif akan tetapi sangat menonjol pada sebagian pengusaha kita ditahun 80-an dan 90-an adalah Semangat serta perilaku mereka mencari keuntungan eksklusif sebanyak-banyaknya menggunakan menghalalkan segala cara. 

Wirausaha merupakan seseorang yg merasakan adanya peluang, mengejar peluang yg sinkron dng situasi dirinya, dan percaya bahwa kesuksesan suatu hal yang dpt dicapai (Jose Charlos Jarilo-Mossi). Wiraswasta merupakan seseorang yg sanggup membangun produk / jasa menggunakan kekuatan inovasi shg lebih efisien / efektif dan bertujuan buat kesejahteraan dirinya ( orang lain)

Kewirausahaan merupakan suatu pola tingkah laku manajerial yg terpadu dalam upaya pemanfaatan peluang yg tersedia tanpa mengabaikan asal daya yg dimiliki (Howard H. Stevenson). Resiko Wirausaha yaitu : Obstacle ( kendala), Hardship ( kesulitan), Very rewarding life (imbalan / output yang memukau).

Pengertian tadi pada atas berarti bahwa seorang wiraswastawan modal utamanya merupakan ketekunan yg dilandasi perilaku optimis, kreatif serta melakukan bisnis sebagai pendiri pertama disertai juga dengan keberanian menanggung resiko berdasarkan suatu perhitungan dan perencanaan yang tepat, adanya perhitungan serta perencanaan yg tepat sebetulnya wiraswastawan bukanlah pengambil resiko melainkan penentu resiko.

Dari beberapa pendapat tadi ternyata wiraswasta pengertiannya luas sekali oleh lantaran sangat luasnya, maka pernah sebagian orang menyarankan kata wiraswasta khusus diperuntukkan bagi lingkup swasta, sedangkan di lingkup pemerintahan usahakan digunakan istilah wira karya. Tetapi apapun kata yg digunakan aspek kemandirian, dengan keberanian, otonom berdaulat, merdeka lahir dan batin adalah aspek yang khas serta penting pada berwiraswasta.

2. Pendidikan Wiraswasta pada Sekolah
Pendidikan kewirausahan dalam dasarnya dilaksanakan guna menumbuhkan jiwa berwirauasaha dalam para siswa serta para staf pengajar. Tumbuhnya pendidikan ini karena didorong sang harapan serta semangat untuk menghadapi persaingan dunia. Dimana setiap orang dituntut buat bisa menampilkan keahlian-keahlian serta penemuan baru agar nir kalah bersaing dengan negara lain.

Program Pengembangan kewirausahaan dibutuhkan menjadi sarana yg sinergis antara penguasaan sain serta teknologi menggunakan jiwa kewirausahaan. Serta menggunakan berkembangan pendidikan kewirausahan diperlukan seseorang siswa nir hanya akan berkembang nilai akademisnya saja. Akan tetapi jua akan menaruh kemandirian perekonomian dalam kewirausahaan. Sebagai akibatnya akan menaruh kemampuan melihat serta menilai kesempatan-kesempatan (peluang) dalam bisnis dan kemampuan mengoptimalisasikan asal daya dan mengambil tindakan dan memiliki motivasi tinggi pada mengambil resiko dalam rangka menyukseskan bisnisnya.

Minat anak didik terhadap kewiraswastaan perlu diketahui sang pengajar juga murid irusendiri mengingat minat ini bisa mengarahkan siswa buat melakukan pilihan pada menentukan cita-citanya. Cita-cita adalah perwujudan berdasarkan minat pada hubungan menggunakan proses/jangkauan masa depan bagi siswa untuk merencanakan dan menentukan pilihan terhadap pendidikan, jabatan atau pekerjaan yang diinginkan. Siswa yang berminat dalam berwirasawasta cenderung memilih karir ke sektor partikelir serta berwiraswasta. Dalam kaitan ilmu pengetahuan, murid yang berminat dalam wiraswasta akan tertarik dengan pengetahuan/ilmu yg berhubungan dengan minatnya tersebut.

Peranan sekolah atau peguruan tinggi merupakan buat memotivasi siswa agar sesudah lulus mereka mampu sebagai seseorang wirausahaan muda yang berkualitas dan siap bersaing. Sehingga semakin banyak lulusan anak didik atau mahasiswa dapat mengurangi pertambahan jumlah pengangguran bahkan menambah jumlah lapangan kerja. Akan namun kini pertanyaannya adalah apakah sekolah atau perguruan tinggi dapat melahirkan atau mencetak wirausahawan muda? Oleh karena itu sekarang peranan sekolah dan perguruan tinggi memotivasi para lulusansekolah atau sarjana menjadi seseorang wirausahawan muda buat menaikkan jumlah wiraussahawan serta dibutuhkan sanggup membuka lowongan baru.

Pendidikan kejuruan atau kewirausahan khususnya yng berkenaan menggunakan usaha ,bisa dilakukan pada setiap jenjang pendidikan dimulai berdasarkan Sekolah Dasar,SMP,Sekolah Menengah Atas hingga pada Perguruan Tinggi. Sebagai negara yang sedang berkembang ,Indonesia masih kekurangan wirausahawan. Hal ini masih dapat dipahami, lantaran syarat pendidikan di Indonesia masih belum menunjang kebutuhan pembangunan pada sektor Ekonomi. Hal ini terbukti bahwa hampir semua sekolah masih didominasi sang pelaksanaan pendidikan serta pembelajarang yg konvensional. Semua terjadi karena institusi pendidikan dan masyarakat kurang mendukung pertumbuhan wirausahawan.

Sekolah serta Perguruan Tinggi pula harus dapat memberikan motivasibagi para lulusannya sebagai young entrepreneurs merupakan bagian salaah satu faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan. Menurut Tomas Zimmeren,ada delapan faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan diantaranya:

1. Wirausahawan Sebagai Pahlawan
Faktor tersebut sangat mendorong setiap oranguntuk mencoba memiliki usaha sendiri lantaran adanya perilaku rakyat bahwa seseorang wirausahawan dianggap sebagai seseorang pahlawan dan menjadi model buat diikuti. Oleh kerena itu setatus ini akan mendorong seseorang untuk memulai usahanya sendiri.

2. Pendidikan Kewirausahaan 
Pendidikan wirausahaan sangat diminati di Luar Negeri ,lantaran rakyat takut dengan berkurangnya berkurangnya kesempatan kerja yang tersedia sehingga mendorong mereka buat belajar kewirausahaan dengan tujuan selesainya lulus mereka bisa membuka usaha sendiri.

3. Faktor Ekonomi ddan Kependudukan
Sebagian akbar orang memulai bisnis antara umur 25 tahun sampaidengan 39 tahun. Hal ini pada dukung oleh komposisi jumlah penduduk dalam suatu negara. Ter lebih lagi bahwa wira usahawan nir dibatasi oleh umur , jenis kelamin , ras , latar belakang ekonomi , atau apaun jua pada pencapaian sukses dengan mempunyai usaha sendiri.

4. Pergeseran ke Ekonomi Jasa
Karena sektor jasa relatif rendah investasi awalnya sehinga menjadi terkenal dikalangan para usahawan dan mendorong mereka buat mencoba memulai bisnis sendiri pada bidang jasa.

5. Kemajuan Teknologi
Dengan bantuan mesin bisnis terkini seperti komputer , laptop , notebook , mesin fax , mesin penjawab telepon,dll seorang dapat bekerja dirumah layaknya usaha akbar. Apalagi kini seluruh mesin-mesin tadi harganya berada jangkauan usaha mini .

6. Gaya Hidup Bebas
Seorang usahawan mempunyai saat luang dan kebebasan buat keluarga dan sahabat. Memiliki poly saat senggang berarti memiliki saat buat mengendalikan stres yang berhubungan dengan masalah kerja.

7. E-Commerce dan World-Wide-Web
perdagangan secara on-line tumbuh cepat sekali , sebagai akibatnya membentuk perdagangan menggunakan poly kesempatan bagi para wirwusahawan berbasis internet atau website.

8. Peluang Intenasional
Dalam pencarian pelanggan ,usaha kecil kini nir lagi dibatasi dalam ruang lingkup Negara sendiri. Pergeseran Ekonomi dunia yang dramatis sudah membuka pintu peluang usaha yang luar biasa bagi para usahawan yg bersedia menggapai semua global.

Seperti yg telah dikemukakan pada atas bahwa sekolah serta perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam memotivasi peserta didik agar sanggup dan siap buat berwira usaha sendiri. Oleh karena itu sekolah dan perguruan tinggi berperan menyadiakan wadah yg menaruh kesempatan buat memulai usaha yang dimulai sejak ia bersekolah sampai lulus. Serta memberikan wawasan dan gambaran secara jelas tentang manfaat berwirausaha. Karena bila nir, kemungkinan akbar para murid serta mahasiswa tadak termotivasi untuk memperdalam keterampilan berbisnisnya .

Comments