PERMAINAN OLAHRAGA ASLI/TRADISIONAL INDONESIA PALING POPULER

Di tanah air kita Indonesia, Sejak Zaman dahulu permainan tradisional telah terdapat serta tumbuh berkembang pada beberapa wilayah pada Indonesia Dilihat berdasarkan segi kebudayaan, permainan ini merupakan permainan asli/ tradisional yang mendukung budaya nasional serta tata cara tradisi bangsa yg ikut memperkaya unsur kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia.

Pengembangan Permainan asli/tradisional terhadap pembinaan kebudayaan dan kepribadian bangsa baik sekali, oleh karena itu kita berusaha buat menggali dan mengembangkannya sebagai suatu aktivitas yang bertujuan selain buat memupuk dan menghidupkan pulang budaya serta seni, juga dimaksudkan sebagai keliru satu materi buat mengolahragakan warga dan memasyarakatkan olahraga.

Adapun permainan olahraga orisinil atau tradisional Indonesia yg masih digemari, paling terkenal dewasa ini adalah :

  1. Permainan Egrang,   lihat di sini !!
  2. Permainan Sumpit,   lihat pada sini !!
  3. Permainan Dagongan   lihat pada sini !!
  4. Permainan Gasing.    lihat di sini !!


Permainan ini dahulu dilakukan sang anak-anak/remaja (putra dan putri) pada waktu senggang, malam hari (terperinci bulan) sesudah mereka balik menurut sawah/ladang membantu orang tua. Sedangkan para orang tua duduk pada serambi rumah melepaskan lelahnya sambil menonton dan hiburan yang mengasyikkan.



Pada mulanya beragam orangraga ini dimainkan dengan peraturan yg sangat sederhan. Lambat laun peratudran permainan berkembang menjurus pada permainan yg bisa dipertandingkan/ diperlombakan.

Apabila dipandang dari segi indera-alat/perlengkapan dan anggaran-aturan, permainan ini merupakan sangat sederhana dalam arti nir begitu sulit dicari serta mudah dipermainkan. Namun selesainya ke 2 hal tersebut dipadukan dalam bentuk permainan, terjadilah bentuk-bentuk yg mengasyikan. Dengan demikian dapatlah diungkapkan adanya unsur-unsur yg berpengaruh positip terhadap para pelakunya.

Adapun unsur-unsur yang dimaksud adalah : ketangkasan, kecepatan, ketepatan, kecermatan, kekutan, kelentukan, kejujuran, kerjasama.

Pengaruh daripada unsur-unsur tersebut di atas selain sebagai nilai-nilai luhur menurut kebudayaan bangsa, telah barang tentu dibutuhkan bisa membina kesejukan jasmani dan rokhani bagi para penggemarnya.

Semoga bemanfaat !!

Comments