PENGERTIAN TUGAS & TANGGUNG JAWAB SUPERVISOR

Sebenarnya apa sih tugas kerja dan tanggung jawab seorang supervisor itu. Bagi anda yg telah masuk dalam global kerja mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah ini namun bagi yang mau bekerja atau mau mendaftarkan kerja istilah supervisor mungkin masih sporadis didengar. Supervisor lebih lazim dikenal menjadi seorang yang memonitor jalannya pekerjaan, kondisi dalam suatu gerombolan maupun organisasi pekerjaan. Tugas supervisor tidak sinkron beda disetiap perusahaan juga instansi yang mempekerjakannya, tetapi secara generik supervisor mempunyai tugas utama yaitu memonitoring suatu jalannya produksi supaya berjalan lancar dan terkendali.
Supervisor wajib bertanggung jawab dalam memastikan seluruh pekerjaan dilaksanakan dengan baik sebagai akibatnya semua proses produksi berjalan lancar misalnya monitoring produksi, pengawasah anak buah, melakukan instruksi kerja, bertanggung jawab  keamanan, keselamatan atau kesehatan yang terancam. Ia wajib mampu menjalin kolaborasi menggunakan atasan perusahaan atau menggunakan bawahannya supaya nir terjadi permasalahan. Supervisor bisa dibagi dalam beberapa tugas sesuai bakat dan pengalamannya sebagai model supervisor produksi, marketing, management serta sebagainya. Baca pula artikel kami yang lain mengenai bagaimana cara menjadi supervisor handal & sukses.

Berikut merupakan bebarapa tugas kerja seorang supervisor secara umum.
  • Menyampaikan kebijakan yg disampaikan sang jabatan di atasnya kepada semua bawahan serta groupnya
  • Mengatur grup kerja dalam grup yang dipegangnya
  • Memberikan tugas dalam subordinatenya
  • Melaksanakan tugas, proyek, serta pekerjaan secara langsung
  • Memberikan pelatihan pada subordinate
  • Memimpin serta memotivasi subordinate atau bawahannya
  • Menegakkan aturan yg telah di tentukan oleh perusahaan
  • Mendisiplinkan bawahan/subordinate
  • Memecahkan masalah sehari hari yang rutin
  • Membuat rencana jangka pendek buat tugas yang sudah ditetapkan sang atasannya.
  • Mengontrol serta mengevaluasi kinerja bawahan
  • Memberikan gosip pada manajemen tentang kondisi bawahan, atau menjadi mediator antara pekerja menggunakan manajemen.

Supervisor dituntut mempunyai jiwa pemimpin, leader, mampu memimpin serta membina karyawan pada bawahnya, problem solver. Nah disini pentingnya sebuah perusahaan, instansi juga organisasi mempunyai seorang supervisor. Lewat supervisor inilah visi serta misi perusahaan diperlukan bisa tercapai.
Seorang supervisor harus mempunyai kriteria pemimpin yang baik serta adil, hal ini dikarenakan vitalnya peran supervisor pada kesuksesan perusahaan. Tugas supervisor dan tanggung jawabnya memang penting buat perusahaan, namun secara garis besar supervisor bisa kita bagi menjadi 5 tanggung jawab yang besar yaitu.
  • Planning, merencanakan kegiatan yg sebagai tugasnya
  • Organizing, mengordinasikan kegiatan dan tugas agar berjalan lancar
  • Staffing, memastikan setiap orang yg terlibat dalam tugas dan pekerjaan tadi.
  • Directing, Mengarahkan bagaimana agar tugas serta pekerjaan tersebut dapat berjalan lancar.
  • Controlling, melakukan kontrol terhadap aktivitas dalam kelompok serta pekerjaan yg dilakukan sang gerombolan tadi.

Tugas dan tanggung jawab supervisor memang sangat luas seperti halnya tugas HRD, dalam intinya adalah bagaimana beliau memastikan bahwa seluruh pekerjaan bisa dilakukan menggunakan baik.  Supervisor jua dituntut dapat menaruh motivasi pada karyawan atau bawahannya supaya pulang semangat bekerja dan pada jalur yg benar dalam melakukan pekerjaan.

Comments