PENGERTIAN TUGAS & TANGGUNG JAWAB QUALITY CONTROL

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Quality Control - Setiap perusahaan niscaya membuat produk yg baik serta berkualitas, disini kiprah seseorang quality control jelas terlihat. Kualitas produksi suatu perusahaan tergantung dari jasa karyawan pada bidang ini yaitu quality control. Untuk tujuan ini, mereka memempekerjakan staff quality control dalam organisasi tadi. Tugas seseorang quality control merupakan meneliti produk dan proses produksi perusahaan buat memperoleh baku kualitas yang diharapkan. Tugas quality control meliputi monitoring, uji-tes serta mempelajari seluruh proses produksi yang terlibat pada produksi suatu produk. Dia harus memastikan baku kualitas dipenuhi sang setiap komponen berdasarkan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Tanggung jawab dari Quality Control
  • Memantau perkembangan seluruh produk yg diproduksi sang perusahaan.
  • Bertanggung jawab buat memperoleh kualitas pada produk serta jasa perusahaannya.
  • Tugas primer Quality Control permanen sama di semua industri Namun, metode untuk memilih kualitas suatu produk bervariasi setiap perusahaan.
  • Dalam produk material, QC harus memverifikasi kualitas produk menggunakan donasi parameter seperti berat badan, tekstur serta sifat fisik lain dari perusahaan.
  • Dalam industri mekanik QC menjamin kualitas setiap bagian secara individual. Demikian jua, buat setiap industri metode ini bervariasi setiap produk.
  • QC memonitor setiap proses yang terlibat pada produksi produk.
  • Memastikan kualitas barang yang dibeli dan barang jadi.
  • Merekomendasikan pengolahan ulang produk-produk berkualitas rendah.
  • Bertanggung jawab untuk dokumentasi inspeksi serta tes yg dilakukan pada produk menurut sebuah perusahaan.
  • QC harus memastikan produk menurut baku perusahaan memenuhi mutu ISO seperti 9001, ISO 9002 dll
  • Menjaga checklist proses pemeriksaan serta protokol yang dipakai dalam suatu perusahaan.
  • Bertanggung jawab buat mengidentifikasi masalah dan berita-info mengenai kualitas produk dan jua harus menciptakan rekomendasi kepada otoritas yang lebih tinggi.
  • Membuat analisis catatan sejarah perangkat serta dokumentasi produk sebelumnya buat referensi pada masa mendatang.

Keahlian Yang Dibutuhkan Quality Control
QC keahliannya wajib berdasarkan dalam pemeriksaan visual menurut suatu kualitas produk. Dia wajib memiliki pendekatan profesional tentang metode agunan kualitas serta mampu memakai indera-alat sophisticated buat tujuan ini. QC pula harus memiliki keterampilan dokumentasi profesional untuk proses jaminan kualitas. Kualitas yg diinginkan dalam setiap produk saat ini. Oleh karenanya, QC diharapkan dalam setiap bidang seperti konstruksi, pertanian, barang-barang konsumen, peralatan medis, baik teknis, transportasi dan banyak sekali layanan lainnya. QC harus bekerja pada koordinasi menggunakan departemen lain seperti produksi, manufaktur, pengepakan dan pemasok.
Kualifikasi QC
Kualifikasi penting yg dibutuhkan buat menjadi QC adalah ijazah sekolah tinggi atau Diploma ataupun Sarjana bidang yg sesuai dengan pekerjaan pada atas. Dia wajib mempunyai keterampilan komunikasi yg baik ekspresi serta tertulis. Dia harus baik pada perhitungan aritmatika serta memiliki bakat mekanik jika dibutuhkan. Pengalaman lebih berdasarkan 2 tahun biasanya dibutuhkan buat sebagai QC pada lapangan dibutuhkan. Kemampuan buat memakai personal komputer dan utilitas jua wajib dimiliki  Qc. Dengan sertifikasi dan program pembinaan yg ditawarkan oleh organisasi internasional buat Kualitas bisa membantu untuk memperoleh pekerjaan sebagai QC lebih nyaman. Hal ini juga dianjurkan buat mempunyai pengetahuan kerja departemen lain berdasarkan perusahaan dan aturan dan peraturan yang bisa membantu buat mempertahankan baku kualitas menggunakan cara yang lebih efektif.

Comments