PENGERTIAN SKOP DAN FUNGSIFUNGSI POKOK ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Pengertian, Skop, Dan Fungsi-Fungsi Pokok Administrasi Pendidikan 
1. Apakah administrasi pendidikan itu?
a. Ilmu administrasi dan administrasi pendidikan
Dalam penerangan administrasi pendidikan, kita nir terlepas begitu saja berdasarkan pengertian ilmu administrasi. Bahwa administrasi pendidikan menrupakan pengguna menurut pelaksanaan ilmu administrasi menurut pendidikan. Administrasi pendidikan merupakan ilmu yg muncul pada abad ke-19, bahwa kata administrasi berasal berdasarkan kata latin “ad” dan ”ministrate”. Ad = pada, ministrate = melayani, membantu, atau mengarahkan. Jadi dapat kita artikan administrasi adalah menjadi aktivitas atau bisnis buat membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur seluruh aktivitas pada mencapai tujuan b. Pengertian administrasi pendidikan.

Pengertian administrasi didepan telah dikemukakan, bahwa pengertian pendidikan menurut Driyakarya yakni memanusiakan insan. Dalam UU No.20/2003 (SISDIKNAS 2003) Pendidikan adalah bisnis sadar serta terencana buat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar supaya pesrta didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yg diharapkan dirinya, masyarakat, bangsa serta negara.

Sedangkan pengertian administrasi pendidikan menurut Ngalim Purwanto yakni mencakup kegiatan yang luas, mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dsb, yg menyangkut bidang materil, personil serta spiritual pada bidang pendidikan dalam umumnya, serta dalam bidang sekolah pada khususnya.

2. Manajemen serta administrasi pendidikan
Manajemen merupakan proses buat menyelenggarakan dan mengawasi suatu tujuan tertentu. Dalam definisi lain mengemukakan bahwa manajemen merupakan fungsi dewan manajer (umumnya dinamakan manajemen), buat menmetapkan kebijakan (policy) mengenai apa macam produk yg akan dibentuk, bagaimana pembiayaannya, memberikan servise serta memilih dan melatih pegawai, dan lain-lain faktor yang mensugesti aktivitas usah. Lebih lagi manajemen bertanggung jawab dalam membuat suatu susunan organisasi buat melaksanakan kebijakan itu.

3. Administrasi pendidikan dan administrasi sekolah
Adminstrasi pendidikan mengandung pengertian yang lebih luas daripada administrasi sekolah. Administrasi sekolah adalah bagian berdasarkan administrasi pendidikan, administrasi pendidikan meliputi kegiatan-kegiatan yang herbi pengelolaan pendidikan pada suatu negara atau bahkan pendidikan dalam umumnya. Sedang administrasi sekolah kegiatannya terbatas pada pelaksanaan pengelolaan pendidikan pada sekolah sampai akhirnya kita mengenal adanya administrasi sekolah dasar, menengah, perguruan tingi dan sebagainya.

4. Skop (bidang garapan) administrasi pendidikan
Dapat kita simpulakan bahwa administrasi pendidikan mencakup beberapa hal antara lain; administrasi personil, administrasi kurikulum, kepemimpinan, kepengawasan, atau supervisi pendidikan, administrasi bisinis pendidikan, organisasi forum pendidikan, dan lain sebagainya.

5. Pentingnya administrasi pendidikan
Yakni buat menentukan maju mundurnya suatu instansi atau lembaga yg mereka garap, suatu sekolah dapat berjalan baik dan berarah apabila setiap tahun sekolah itu menentukan dan merencanakan kebijakan yang akan dijalankan pada tahun itu.

6. Fungsi-fungsi Pokok administrsi pendidikan.
Dalam fungsi pokok administrasi pendidikan yg mencangkup perencanaan, organisasi, koordinasi, komunikasi, dan evaluasi, semua fungsi tadi satu sama lain saling berkaitan.

Comments