PENGERTIAN PEMASARAN
I.PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaranadalah jalan yg harus ditempuh sang produk yg dihasilkan oleh produser agardapat sampai pada konsumen .
Pemasaranhanya terdapat pada usaha-bisnis yang sifatnya komersial artinyausaha yangberorientasi pasar alam tetapi pada usaha perkebunan yang tujuannya ada untukmemenuhi kebutuhan hayati serta juga yang kadang-kadang buat berorientasi kepadapasar.
Didalamusaha perkebunan ada yg berskala mini ini arahnya buat dapat memenuhikebutuhan hayati. Adajuga yg berskala akbar ini orientasinya kepada pasar.
Tetapiusaha komersial, perencanaan produksi dan pelaksaannya diadaptasi dengankebutuhan pasar.
Misalnya :
- Jenis produknya apa saja
- Berapa jumlahnya
- Bagaimana Kwalitasnya
- Bagaimana pemilihannya
- Bagaimana pengupahannya
- Bagaimana pengangkutannya
- Kapan diperlukannya
- Siapa yang terlibat pada pesanan
- Berapa harga pasarannya.
Pemasarankomoditi perkebunan merupakan kegiatan pengusaha perkebunan buat bisa menjualproduknya supaya bisa memperoleh laba yg sebanyak-besarnya.
Pemasaran dapat dilakukan sang penghasil sendiri (petani)atau oleh pengusaha hasil perkebunan (misalnya tengkulak, pedagangan pengumpul,pengecer serta lain-lain).
II. PELUANGPASAR DAN PEMASARAN KOMODITI PERKEBUNAN
Padaera persaingan pasar global yang semakin kompetitif menggunakan hampir tidakjelasnya lagi batasan pasar suatu daerah Negara, maka daya saing produkmerupakan keharusan buat mampu merebut pasar.
Letakgeografis Aceh yg berada pada paling ujung barat Indonesia, merupakan suatutantangan bagi pengembangan pemasaran komoditas buat pasar domistik, terutamakomoditas non migas, buat itu pengembangan komoditas seharusnya lebihdiarahkan pada komoditi yang memiliki prospek pasaran buat ekspor. Sedangkanuntuk kebutuhan pasar domestik diarahkan terhadap produk yg mempunyaikeunggulan komperatif sebagai bahan bakuindustri pada pada negeri. Untuk itu kesediaan data dan penyebaran informasiharga pasar komoditi merupakan salah satu sarana bagi penilaian / Analisispeluang pasar suatu komoditi.
Dilihatdari segi daerah tujuan pemasaran komoditi, maka sekmen pasar komoditi Acehadalah menjadi berikut:
a. Pasaran lokal
Merupakanpemasaran buat memenuhi kebutuhan warga setempat, seperti output pertanian/perkebunan rakyat skala kecildan lain-lain sebagainya.
b. Pasaran antarpulau
Merupakanpemasaran buat memenuhi kebutuhan pasar di provinsi lain/antar pulau. Komiditi ini terutama berhubungandengan bahan bakuindustri serta barang komsumsi erti udangsegar, sirip ikan hiu, jagung, rotan serta lain-lain.
c. pasaran ekspor
Merupakanpemasaran buat memenuhi kebutuhan pasar pada luar negeri. Sampai saat ini komoditi ekspor Aceh masihdidominasi produk migas, walaupun demikianekspor non migas mengalami pemugaran. Komoditi ekspor non migas antara lain, karet, coklat, kopi,pinang serta lain-lain. Permasalahan ekspor Aceh terletakpada suasana dan prasarana pelabuhan, sehingga sebagian besar pelaksanaan ekspor dilakukan melaluipelabuhan Belawan pada Sumatra Utara. Jadi dengandemikian dapat kita ketahui yang bahwa peluang pasar dan pemasaran komoditi perkebunan di Aceh sangat baik,baik buat kebutuhan local juga untukdi ekspor.
III. Kesimpulan
1. PerekonomianAceh sampai ketika ini masih bertumpu pada sector pertambangan serta industri migas, yang merupakan komoditiyang tidak diperbaharui. Sedangkan potensisumber daya alam bagi pengembangan produk komoditi non migas masih sangat kecil yang telah dimanfaatkan, dilain pihak peluang pasar masih sangat terbuka.
2. Perlu adanya upaya yang lebih berfokus dari kita semuadalam penyediaan, penyebaran danpertukaran data fakta harga pasar komoditi, sehingga masing-masing provinsi dapatmenganalisis peluang pasar buat menaikkan transaksiperdagangan dalam negeri.
Comments
Post a Comment