MENGENAL NANOTEKNOLOGI MOLEKULAR TEKNOLOGI MASA DEPAN

Mengenal Nanoteknologi Molekular, Teknologi Masa Depan
Era globalisasi dan liberalisasi sudah mendorong timbulnya saling ketergantungan antar negara. Situasi ini sudah menciptakan peluang sekaligus ancaman sebagai akibatnya banyak sekali negara merasa perlu melakukan penyesuaian langkah kebijakan buat menghadapinya. Indonesia menjadi bagian dari rakyat global tidak terlepas menurut perubahan yang terjadi baik di taraf regional juga dunia. Tahun 2020 dipercaya sebagai tahun yang sangat krusial menggunakan terbentuknya perdagangan bebas baik di tingkat regional juga global.

Bangsa Indonesia perlu mempersiapkan diri agar sanggup memanfaatkan perubahan sebagai peluang demi keberadaan bangsa sekaligus terwujudnya rakyat yg adil, makmur serta sejahtera. ITB memiliki peranan yg sentral lantaran tingkat kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa hanya mampu dicapai jika masyarakatnya sanggup menguasai serta memanfaatkan sains dan teknologi menggunakan sebaik-baiknya. Untuk mencapai tujuan tadi diharapkan suatu visi yg sanggup membawa ITB memanfaatkan segenap potensi dan asal dayanya pada menghadapi tahun 2020.

Metode dan Sasaran
Untuk menyusun suatu visi yang komprehensif dilakukan pengkajian terhadap banyak sekali literatur yg berisikan hal-hal yg akan mensugesti ITB pada tahun 2020. Sebagai asal awal, karya tulis ini meninjau literatur mengenai perkembangan rakyat maupun ilmu pengetahuan dan teknologi di tahun 2020. Penelitian selanjutnya adalah pengkajian tentang dampak syarat lokal, regional maupun global terhadap rakyat Indonesia hingga tahun 2020 bersama analisa kelemahan yang perlu diatasi. Pengkajian dan analisa dari berbagai literatur tadi diperlukan akan menaruh visi yg tepat bersama langkah-langkah strategis yg diperlukan ITB dalam menghadapi tahun 2020.

Perkembangan Sains Dan Teknologi Di Tahun 2020
Kehidupan pada tahun 2020
Studi yang sangat menarik tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tahun 2020 merupakan gambaran yang dikembangkan oleh tiga serangkai K.J. Kerney, M. Kerney serta R.N Seitz. Kehidupan pada tahun 2020 digambarkan menjadi sesuatu yg sangat menyenangkan menggunakan kemajuan yg sudah dikembangkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Dimisalkan bahwa seseorang mampu terbangunkan di pagi hari oleh musik-musik favorit yg dicari pada internet sang mesin pencari dari harapan kita serta didown load secara otomatis dalam malam sebelumnya. Sementara itu komputer secara otomatis telah mencetak koran terbitan pagi hari yang sanggup dinikmati sembari sarapan. Alternative lain adalah keterangan berbasis visual, suara digital dan fasilitas hiperlink sehingga sanggup dinikmati secara interaktif. Sambil membuka lemari es, fasilitas layar LCDnya menginformasikan bahwa susu, telur sudah habis serta memberikan buat melakukan pembelian ke toko terdekat. E-mail yang masuk menginformasikan bahwa seseorang pelanggan telah melakukan kontak usaha ad interim uangnya sudah ditransfer ke rekening sehingga sanggup langsung dimanfaatkan buat keperluan eksklusif.

Berbagai Perubahan Sains, Teknologi serta Sosial Masyarakat
Masyarakat pada tahun 2020 merupakan rakyat yang sangat “technology dependent”. Perubahan-perubahan drastis yang akan terjadi sampai ke masa itu merupakan:

1. Nanoteknologi
Sesuai dengan namanya, nanoteknologi atau nanosains adalah ilmu pengetahuan serta teknologi dalam skala nanometer, atau sepermilyar meter. Richard Feynman pada ceramahnya yang berjudul “There is plenty room at the bottom” pada tahun 1959, mengemukakan bahwa, seseorang fisikawan sanggup membuat senyawa menggunakan struktur apapun yg diinginkan seorang kimiawan, dengan cara menyusun atom-atom yang dibutuhkan, dan merangkainya menurut hukum fisika buat menciptakan senyawa baru tadi. Berdasarkan pandangan ini, pendekatan yg digunakan tidak selaras dengan pendekatan teknologi kini yaitu bersifat bottom up atau bisa dianggap molekular teknologi karena berusaha membentuk suatu produk atom demi atom atau molekul demi molekul. Pendekatan ini mempunyai keunggulan utama dibandingkan teknologi konvensional yaitu kemampuannya untuk memanipulasi material dengan fleksibel sesuai keinginan desainernya menjadi dampak pengontrolan pada level molekul. Hasil dari keunggulan ini adalah produk hampir tanpa cacat, tidak adanya atau sedikit limbah yg dihasilkan serta hemat tenaga.

Ilmuwan yg populer pada konsep nanoteknologi merupakan K.E. Drexler. Drexler berbagi nanoteknologi molekular dengan meniru apa yg terjadi dalam sel. Hukum ini selanjutnya dianggap Drexlerian Nanoteknologi dengan idenya yang dianggap assembler. Assembler ini bertindak seperti tangan robot pada pabrik skala makro, yg menaruh atom/molekul pada tempat yang diinginkan. Selanjutnya dengan menggunakan assembler-assembler level awal yg menyusul blok bangunan berupa atom, assembler-assembler pada berukuran yang lebih akbar dibangun. Pada ukuran ini, blok bangunannya berupa molekul. Kemudian assembler yg lebih besar dibangun, serta seterusnya sampai produk-produk biasa ukuran makro dapat terbuat. Perbedaan dengan metode konvensional merupakan, produk nanoteknologi molekular ini lebih bertenaga, prosesnya ekonomis energi serta presisinya hingga level atom. Untuk mempermudah prosesnya, assembler-assembler taraf awal dilengkapi menggunakan kemampuan swa-replikasi (self-replication). 

2. Komputer
Komputer desk top yg mempunyai kemampuan kecerdasan protesis menggunakan harga yang terjangkau telah mampu diperoleh pada masa itu. Jenis komputer bioelektronik menggunakan prinsip nanokomputer diperkirakan akan lebih memiliki keunggulan dibandingkan dengan personal komputer elektronik digital dalam menjalankan tugas-tugas eksklusif seperti pemecahan perkara kombinatorial yang kompleks atau analisa pola imajinasi kompleks. Di tingkat masyarakat umum komputer yg tertanam di suatu alat-alat umum akan mempunyai peranan lebih banyak dibanding menggunakan komputer desktop.

3. Dunia Medis
Pada tahun 2020 “Molecular Medicine” akan sebagai dasar berdasarkan kesehatan manusia. Kemampuan“Gene Chips” buat menganalisa pola-pola spesifik berdasarkan gen yg aktif pada penyakit-penyakit yang tidak selaras akan merombak definisi menurut kategori penyakit yg terdapat sekarang dengan sistem taxonomi komplek yg terdiri dari “family disease” menurut gen. Praktek berdasarkan “Molecular Medicine” yang digunakan pada masa tadi terdiri berdasarkan tindakan pencegahan, diagnosa serta metode perawatan menggunakan target langsung kerusakan fisiologi, molekul bahkan sel penyebab sakit. Metode medis ini akan didasarkan teknik diagnosa yang sangat akurat serta diimplementasikan menggunakan terapi farmasi serta molekular yang didesain secara rasional dan terarah. Vaksin DNA akan diterapkan secara dunia dengan kemampuan yang jauh lebih ampuh dibandingkan vaksin konvensional yang ada pada masa sekarang.

4. Sistem transportasi jalan tol yang cerdas
Pada masa tersebut jalan tol akan menciptakan dirinya sebagaimana layaknya jaringan liputan pada suatu perusahaan. Sistem keterangan di jalan tol akan menaruh fakta posisi, arah maupun kecepatan setiap kendaraan serta akan secara otomatis menaruh signal, mengerem, mengarahkan, memberi peringatan akan potensi kecelakaan bahkan merogoh alih kemudi bila diketahu pengemudi sudah tidak sanggup melakukan kendali atas mobilnya. 

5. Bisnis
E-commerce akan berjalan secara lebih baik di tahun 2020. Belanja sanggup dilakukan secara virtual pada mana pembeli sanggup melihat berdasarkan banyak sekali sudut atau melalui web cams yg mampu ditemukan di toko lokal. Beberapa bank akan membuka cabang secara impian tanpa harus membuka secara fisik. Dengan menyewa suatu ruangan, nasabah yg masuk akan menyentuh komputer touch screen dan berbicara menggunakan staff melalui fasilitas “teleconferencing” tergantung jenis pelayanan yg dia butuhkan.

6. Pendidikan Jarak Jauh
Banyak lembaga pendidikan yang akan menyelenggarakan pendidikan jeda jauh menurut tempat tinggal menjadi alternatif bentuk pendidikan konvensional. Meskipun demikian nir semua jenis pendidikan mampu diselenggarakan secara jeda jauh contohnya bidang pendidikan kedokteran tetap memerlukan kehadiran secara fisik. Kurikulum akan didesain secara fleksible sehingga setiap orang mampu secara leluasa menentukan jenis mata pelajaran dari keperluannya. 

7. Agrikultur
Dengan kemajuan bioteknologi pada pangan sanggup ditemukan produk flora unggulan yang mempunyai kapasitas produksi berlipat berdasarkan yang ada sekarang, lebih tahan penyakit dan memiliki kandungan gizi yg lebih poly. Dengan dikembangkannya tumbuhan unggulan, pemakaian bahan kimia buat pupuk atau pestisida sanggup jauh berkurang sebagai akibatnya menaruh situasi lingkungan yg lebih baik. 

8. Industri Manufaktur
Konsep dari industri manufaktur di tahun 2020 akan lebih luas berdasarkan masa kini . Industri manufaktur meliputi aplikasi, bioteknologi, agribisnis, dan berbagai macam perusahaan yg memproduksi barang. Dasar-dasar menurut persaingan di industri ini adalah kreativitas serta innovasi lantaran konteks industri manufaktur akan meluas. Struktur sosial serta organisasi akan lebih berdasarkan pengetahuan, fleksibel, serta terdistribusi secara dunia. Organisasi suatu perusahaan akan ada, berkoalisi maupun lenyap dengan gampang sinkron dengan dinamika pasar. 

Perkembangan teknologi warta serta komunikasi beserta proses globalisasi sudah merubah banyak wajah menurut industri manufaktur. Ini berarti bahwa fungsi R&D serta Marketing sampai ke Produksi serta Distribusi dijalankan pada dasar-dasar global yg terintegrasi;jaringan, seluruh koordinasi fungsi ini mempergunakan secara intensif jaringan elektronik, terkustomisasi, berarti metode produksi wajib mengikuti detail kustomisasi poduk untuk mengikuti kemauan pelanggan serta pasar lokal, digitalisasi, yang bermakna bahwa poly berdasarkan proses-proses terkendali dilakukan menggunakan menggunakan sistem personal komputer yg canggih yang sanggup meminimalkan intervensi insan.

Inovasi berkelanjutan sudah mendorong industri mikroelektronika ke arah skala pemrosesan yg semakin lama semakin mini sebagai akibatnya bisa menyiapkan contoh kearah revolusi tingkat lanjut pada alat-alat dan proses-proses industri pada masa depan. Kecenderungan produksi komponen skala mini akan terus berlanjut sebagai akibatnya dimungkinkan pembuatan material serta produk baru. Proses nanofabrication akan timbul berdasarkan skala laboratorium hingga ke proses produksi. Penyusunan pada taraf molekul yang komples, struktur fungsi yang seksama akan mengarah ke alat-alat tingkat mikro misalnya sensor, elemen komputasi, robot medis, dan peralatan makroskopik yg tersusun dari blok pembangun dasar. Bioteknologi akan terdorong ke arah penciptaan biosintetik baru dalam proses biomanufaktur.

Fokus kearah proses produksi berkelanjutan serta rendah limbah akan berjalan secara intensif sebagai bagian berdasarkan ekosistem dunia serta peningkatan pencerahan akan tanggung jawab terhadap lingkungan yg lebih baik. Kendali proses yg lebih baik, siklus ulang serta pemanfaatan pulang limbah juga pembuatan material baru akan mendorong ke arah proses menggunakan hampir tanpa limbah buangan. Produk didisain buat sanggup didaur ulang, digunakan lagi ataupun kemungkinan terciptanya beraneka ragam produk yg sangat ramah terhadap lingkungan. 

Gambar  “Pabrik Nano”

Masyarakat Indonesia Dan Dunia Menghadapi Tahun 2020

Dunia menghadapi tahun 2020
Sejalan dengan efek globalisasi dan liberalisasi di dunia, KTT IV pada Singapura, lepas 27-28 Januari 1992, menyepakati pembentukan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Area-AFTA). Tujuan pembentukan AFTA adalah buat menurunkan tarif dan menghapuskan kendala non-tarif pada antara negara anggota ASEAN, dalam rangka mengintegrasikan perekonomian ASEAN menjadi satu basis produksi, serta membentuk pasar regional bagi kurang lebih 500 juta penduduk. Dalam pandangan ke depan, integrasi ekonomi ASEAN pada kawasan perdagangan bebas, juga akan didukung sang industri, investasi dan jasa-jasa. Dalam kaitan ini, ASEAN menandatangani perjanjian dasar di bidang industri (ASEAN Industrial Cooperation/AICO) pada tahun 1996, perjanjian dasar di bidang Jasa (ASEAN Framework Agreement on Services- AFAS) pada tahun 1995, serta perjanjian dasar di bidang Investasi (Framework Agreement on the ASEAN Investment Area-AIA) pada tahun 1998. 

Untuk meninjak lanjuti putaran Uruguay yang diselenggarakan WTO pada kerangka perdagangan bebas global, pada lepas 15 November 1994 di Bogor, para pemimpin politik menurut 18 wilayah ekonomi Asia Pasifik (APEC) termasuk Indonesia di dalamnya menanda tangani perjanjian disebut “ The APEC Declaration of Common Resolve” atau lebih sering dikenal menggunakan nama “Deklarasi Bogor” Pada dasarnya isi deklarasi tersebut merupakan “ Untuk melengkapi kemajuan menurut perdagangan dan investasi yg bebas di wilayah Asia Pasifik pada kurun saat tidak lebih menurut tahun 2020, dengan langkah implementasi buat negara maju implementasinya tidak lebih menurut tahun 2010 sedang buat negara berkembang tidak lebih berdasarkan tahun 2020” . 

Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN telah merumuskan visi tempat regional ini dalam bentuk ASEAN Vision 2020 pada Kuala Lumpur pada tanggal 15 Desember tahun 1997. Beberapa langkah-langkah penting yang dilakukan pada implementasi visi 2020 tadi adalah : menjaga kestabilan finansial serta makroekonomi regional, kerjasama dan integrasi ekonomi tingkat lanjut, mempromosikan perusahaan mini dan menengah, konvoi energi kerja profesional secara bebas, liberalisasi sektor keuangan, mempercepat perkembangan sains serta teknologi, pembuatan jaringan utilitas dan tenaga yg saling terhubung, memperkuat keamanan pangan, memperkuat teknologi kabar dan komunikasi, dan memperkuat investasi serta perdagangan pada bidang mineral. 

Perkembangan Masyarakat Indonesia Menghadapi tahun 2020
Perkembangan skenario warga regional serta internasional di tahun 2020 memberikan tantangan yang sangat akbar terhadap bangsa Indonesia. Konsekuensi menurut perubahan dunia yang terjadi merupakan : banyak sekali macam produk bebas masuk, masuknya tenaga kerja asing profesional secara bebas, perusahaan swasta asing menggunakan gampang membuat jaringan, dan investasi nir mengenal batas negara sebagai akibatnya pembelian asset domestik sang pihak asing merupakan sesuatu yg nir sanggup pada hindarkan. Di sisi lain krisis moneter yg dimulai tahun1997 dan belum cepat pulihnya syarat ekonomi bangsa Indonesia memberitahuakn bahwa pondasi ekonomi yg dibangun bangsa ini ternyata belumlah kuat. Beberapa kelemahan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam ketika ini merupakan:
  • Sumber-asal ekonomi diperoleh menggunakan mengeksploitasi besar -besaran asal daya alam tidak terbarukan yang mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan serta pengurasan kekayaan alam. 
  • Masih kuatnya imbas penerimaan minyak dalam anggaran negara. Ironisnya diperkirakan Indonesia akan sebagai net oil importir country pada 9 tahun lagi dan akan sebagai total importer country dalam tahun 2020
  • Industri yang mayoritas pada Indonesia merupakan industri menggunakan taraf teknologi rendah sebagai konsekuensi berdasarkan keunggulan komparatif Indonesia sebagai penyedia energi kerja murah serta tersedianya bahan standar alam yg berlimpah (Gambar dua). Industri jenis ini biasanya akan dengan gampang berpindah apabila iklim dunia bisnis di tempat lain lebih menguntungkan. Untuk Industri teknologi dalam tingkat lebih tinggi hampir seluruhnya bukan milik sendiri atau dibeli sehingga membuahkan pada nir berkembangnya teknologi-teknologi yang menjembatani temuan-temuan ilmiah dan komersialisasi

Gambar  Tingkat Teknologi di manufaktur, 1985-1997 (% nilai tambah)
  • Belum dikembangkannya menggunakan baik perusahaan lokal kelas kecil serta menengah menjadi akibat kebijakan pemerintah di masa sebelumnya yang menganak emaskan konglomerat. Krisis Moneter menandakan bahwa perusahaan kelas kecil dan menengah pada warga terbukti lebih tahan serta mampu menjadi peredam gejolak ekonomi sekaligus penampung energi kerja 
  • Adanya kesenjangan antara potensi serta pemanfaatan kekayaan alam pada Indonesia seperti belum dimanfaatkannya misalnya impor garam serta tepung ikan padahal Indonesia adalah negara bahari
  • Rendahnya daya saing global . Dalam hal daya saing bangsa Indonesia ternyata baru pada urutan 47.
Tabel  Daya Saing Bangsa di Dunia 

(source: Entrepenur Berbasis Iptek, Menristek, Mei 2003)

Kelemahan-kelemahan ini perlu diantisipasi mengingat situasi yang dihadapi pada masa depan akan berbeda dengan masa kini . Kesenjangan ilmu pengetahuan serta teknologi yg berkembang sangat pesat dan berkurangnya perlindungan negara pada perdagangan menjadi konsekuensi perkembangan ekonomi global akan menaruh ancaman yg sangat akbar terhadap keberadaan bangsa Indonesia di tahun 2020 sebagai dampak gejolak yg muncul pada warga yang tidak siap menghadapi. Ini berarti diharapkan adanya visi serta perencanaan pada tingkat pemerintahan baik legislatif, eksekutif maupun pada banyak sekali organisasi baik organisasi pendidikan juga sosial kemasyarakatan.

Dalam tingkat legislatif di Indonesia, perumusan visi tahun 2020 dilakukan sang Majelis Permusyawaratan Rakyat sebagai lembaga tertinggi negara menggunakan munculnya Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI No. VII/MPR/2001 tanggal 9 November 2001 menggunakan Judul Tentang Indonesia Masa Depan. Secara umum dalam Tap MPR tersebut dinyatakan visi bangsa Indonesia pada tahun 2020 merupakan terwujudnya masyarakat Indonesia yg religius, manusiawi,manunggal, demokratis, adil, sejahtera, maju, mandiri dan baik serta higienis dalam penyelenggaraan negara.

Tingkat keberhasilan visi ini, dinyatakan pada parameter-parameter : religius, manusiawi, bersatu, demokratis, adil, sejahtera, maju, mandiri, baik serta bersih pada penyelenggaraan negara. Untuk mengukur taraf kemajuan bangsa Indonesia dinyatakan pada parameter: meningkatnya kemampuan bangsa dalam pergaulan antar bangsa, meningkatknya kualitas SDM sehingga mampu bekerja sama dan bersaing pada era global,meningkatnya kualitas pendidikan, menaikkan disiplin dan etos kerja, meningkatnya dominasi ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi dan pembudayaannya pada masyarakat, . Teraktualisasikannya keragaman budaya Indonesia. 

Dalam tingkat yang lebih bawah , Kementerian Riset serta Teknologi (KRT) memilih dua tonggak (landmark) berupa penelitian-pengembangan-penerapan ketahanan pangan serta ketersediaan energi buat mempertajam penekanan kegiatan pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi periode 2004-2020.

Visi Itb 2020
Untuk mengembangkan Visi ITB di tahun 2020 tidaklah lepas menurut perkembangan yg lebih luas pada tingkat lokal, dunia, regional juga perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang terjadi hingga ke masa itu. Di taraf nasional, meskipun sudah dirumuskan sang Majelis Permusyawaratan Rakyat, suatu perencanaan nasional buat mengimplementasikan visi 2020 belum terpublikasi secara luas seperti perencanaan dalam Repelita pada masa orde baru. Meskipun demikian Tap Majelis Permusyawaratan Rakyat tentang visi Indonesia 2020 dan acuan dari Kementerian Riset serta Teknologi yang mengkonsentrasikan target dalam pangan dan tenaga mampu digunakan menjadi masukan pada pengembangan visi di ITB dan langkah-langkah strategis yg berkaitan dengan visi tadi. 

Visi ITB 2020
Visi ITB buat tahun 2020 adalah sebagai berikut :
1. Mengembangkan diri menjadi perguruan tinggi teknik terbaik se Asia Tenggara 
2. Sebagai induk dari pendidikan berbasis ilmu pengetahuan serta teknologi pada Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi liputan serta menaikkan kerjasama pada aneka macam bidang ilmu
3. Sebagai pusat penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis pemanfaatan asal kekayaan alam nusantara dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membuatkan cara-cara buat merogoh, mengolah serta memanfaatkan kekayaan alam tadi buat kesejahteraan warga , dengan berpijak pada prinsip keharmonisan kehidupan, keadilan sosial, serta kelestarian
4. Sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia Indonesia yg profesional serta mampu bersaing dengan energi kerja dari luar pada era perdagangan bebas antar negara

Langkah-Langkah Strategis
Untuk mencapai visi ITB di tahun 2020, ITB perlu buat melakukan langkah-langkah strategis :
1. Meningkatkan akses dan keberhasilan mahasiswa dalam menempuh studi pada sistem pendidikan yang bergerak maju, interaktif,dan efektif dalam sistem yg fleksibel 
2. Mengoptimalkan perkembangan teknologi warta pada sistem perkuliahan, penyebaran fakta, komunikasi, kerjasama antar disiplin ilmu maupun dalam pengambilan keputusan 
3. Mengembangkan program pendidikan sarjana teknik dan sains berdasarkan berbagai universitas/politeknik wilayah 
4. Mengembangkan diri menjadi agen-agen pertumbuhan ekonomi nasional
5. Pusat Studi Bio-Teknologi, Nano Teknologi serta Antar Disiplin Ilmu Pengetahuan di Indonesia dalam rangka pemanfaatan secara optimal asal daya alam Indonesia

Secara detail langkah-langkah strategis pada atas diwujudkan dalam bentuk sebagaimana di bawah ini:
1. Meningkatkan akses serta keberhasilan mahasiswa pada menempuh studi pada sistem pendidikan yg dinamis, interaktif,dan efektif dalam sistem yang fleksibel

Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam tahun 2020 akan memungkinkan terjadinya perombakan dalam sistem pendidikan pada perguruan tinggi. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi kabar serta telekomunikasi, sistem pendidikan akan sebagai lebih bergerak maju, interaktif serta efektif .dalam hal sistem pendidikan ada dua sistem yg sanggup dikembangkan:

a. Mahasiswa taraf sarjana:
Mahasiswa dalam taraf sarjana sanggup memanfaatkan menggunakan optimal sistem distance learning. Kehadiran secara fisik di kampus lebih banyak pada hal praktikum juga penelitian dasar tingkat sarjana. Dengan menjalin kerjasama yang lebih erat baik menggunakan instansi pemerintahan juga partikelir, mahasiswa diharapkan lebih banyak keterlibatannnya dengan global pekerjaan secara langsung dengan mengikuti proses magang menjadi management trainee sambil mengikuti kuliah secara online setelah merampungkan kuliah taraf sarjana belia. Peninjauan kuliah matrikulasi (TPB) perlu dilakukan misalkan menggunakan memindahkan bobot kuliah matrikulasi pada taraf SMTA sebagai akibatnya mahasiswa eksklusif berinteraksi menggunakan kuliah yg berkaitan menggunakan bidang yg diambil.

b. Mahasiswa pasca sarjana:
Untuk mahasiswa pasca sarjana, intensitas kehadiran secara fisik di kampus lebih besar dibandingkan pada tingkat sarjana. Dengan berkurangnya kehadiran mahasiswa tingkat sarjana di kampus, maka ITB sanggup mengkonsentrasikan diri dalam bidang penelitian menggunakan melibatkan lebih intensif mahasiswa pasca sarjana baik pada taraf S2 ataupun S3 menjadi peneliti di bawah bimbingan dosen senior. Pada beberapa bidang tertentu, di tingkat S2 ataupun S3 sanggup berlokasi di luar kampus bila memang diharapkan contohnya berlokasi di BHTV ataupun pada wilayah industri eksklusif yang memiliki fasilitas penelitian ataupun pengembangan yang lebih lengkap. 

2. Mengoptimalkan perkembangan teknologi warta pada sistem perkuliahan, penyebaran fakta, komunikasi, kerjasama antar disiplin ilmu maupun dalam pengambilan keputusan 

Kemajuan pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan teknologi informasi adalah kondisi mutlak yang harus dilakukan oleh ITB bila ingin mempertahankan maupun menaikkan reputasinya menjadi perguruan tinggi ilmu dan teknologi yg terkemuka. Sasaran primer pada pengembangan ini dilakukan dalam 3 cara:
Membangun program pendidikan bertaraf internasional dalam bidang teknologi dan kabar. Pencapaian taraf internasional dilakukan menggunakan menaruh dasar-dasar ilmu teknologi dan informasi dalam tingkat sarjana, inovasi menggunakan pemanfaatan ilmu teknologi serta fakta pada taraf master maupun doktor. 
Membentuk acara antar disiplin ilmu menggunakan memanfaatkan ilmu dan teknologi keterangan. Perkembangan ilmu serta teknologi berita sanggup dimanfaatkan pada pengembangan kemajuan banyak sekali disiplin ilmu. Tantangan yang fundamental merupakan menciptakan contoh yang tepat pada membentuk jembatan antara ilmu dan teknologi berita menggunakan berbagai disiplin ilmu yg lainnya. Kreativitas sangat diperlukan buat menemukan terobosan pada pemanfaatan ilmu serta teknologi informasi tadi contohnya pada pengembangan ilmu bioinformatika yang merupakan ilmu baru menjadi hasil gugusan dari ilmu hayati, kimia, matematik dan informatika. 
Sebagai pemimpin dalam kemajuan ilmu serta teknologi kabar pada Asia Tenggara menggunakan aktif berperan pada pengembangan BHTV (Bandung High Tech Valley). Bandung High Technology Valley (BHTV) adalah sebuah program Departemen Perindustrian dan Perdagangan buat menaikkan ekspor elektro Indonesia menurut sekitar USD 4 milyar pertahun dalam tahun 2000 ini sebagai USD 30 milyar pertahun pada tahun 2010. Lokasi BHTV di area daerah Bandung adalah tempat yang ideal di mana ITB bisa merogoh peranan yang besar pada kerjasama antara perguruan tinggi serta global industri. 

3. Mengembangkan program pendidikan sarjana teknik dan sains berdasarkan berbagai universitas/politeknik wilayah 

Era perdagangan bebas pada tahun 2020 akan mengakibatkan tiap negara ataupun daerah menaikkan daya saingnya. Perkembangan sistem pemerintahan yg memberikan swatantra lebih luas ke wilayah akan mendorong ke arah peningkatan kebutuhan energi daerah yang memiliki latar belakang pendidikan teknik serta sains. Kebutuhan ini akan mampu dipenuhi menggunakan lebih gampang bila pendidikan ini dilakukan di wilayah yg bersangkutan disesuaikan menggunakan kebutuhan serta ciri sumber daya ekonomi yg mampu dimanfaatkan buat menggerakkan pembangunan.

Dengan pengalamannya menjadi perguruan tinggi teknik terkemuka di Indonesia, ITB sanggup membantu daerah pada bentuk:

a. Membangun lembaga pendidikan baru
Dalam jenis donasi ini, ITB akan terlibat secara penuh dalam semua kegiatan yang dimulai berdasarkan studi kelayakan, pemilihan lokasi, disain, konstruksi, pembangunan laboratorium, perekrutan staf guru, pengawasan serta meletakkan landasan kerjasama forum pendidikan dengan pihak industri. Institusi yg baru ini harus memiliki perencanaan yg strategis hingga mencapai level yang tinggi dalam hal kualitas menjadi lembagai pendidikan sains serta teknik. Pada ketika level ini tercapai, ITB melepaskan kiprah aktifnya.

b. Mendirikan acara teknik baru
ITB berperan dalam mensupervisi eksistensi program teknik baru dalam bentuk pemanfaatan kurikulum di ITB maupun bahan kuliah.

c. Program donasi staf pengajar
Beberapa bantuan yang bisa dilakukan merupakan : dosen ITB mengajar pada universitas yang bersangkutan, dosen mengambil pendidikan lanjut di ITB maupun training staf guru. 

Dengan kemajuan dalam teknologi kabar serta telekomunikasi, donasi akan berjalan lebih intensif contohnya para mahasiswa berdasarkan daerah sanggup mendown load bahan kuliah maupun hubungan menggunakan sesama mahasiswa dan dosen di ITB. Kerjasama ini bisa semakin tinggi lebih lanjut pada bidang riset juga pertukaran informasi teknologi.

4. Mengembangkan diri menjadi agen-agen pertumbuhan ekonomi nasional
Dengan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang ada, bangsa Indonesia khususnya sivitas akademika ITB memiliki kesempatan emas menjadi agen-agen pertumbuhan ekonomi nasional. Perkembangan & penelitian Ilmu-Pengetahuan nir lagi ber-urut sederhana menjadi suatu garis lurus, tetapi justru pribadi merampungkan poly persoalan-problem yang komplex, yang melalui, memotong, serta/atau melompat lintas batas-batas banyak sekali disiplin-disiplin Ilmu sekaligus. Dengan masuknya masyarakat Global ke zamam Knowledge-Age, warga global berada dalam keadaan lebih berdasarkan berkecukupan (abundance) menggunakan inovasi-inovasi baru dalam bidang disiplin ilmu-Elektronik, ilmu-Biotek, ilmu-Biomed dan disiplin-disiplin ilmu lainnya.

Dengan berlimpahnya ketersediaan liputan ini, ITB sanggup lebih intensif pada memilih inkubator bisnis yg sempurna diterapkan di Indonesia. Prioritas hendaknya dilakukan menggunakan memanfaatkan teknologi yg mampu memanfaatkan potensi-potensi keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia sekaligus terciptanya kreativitas untuk membentuk terobosan yang memiliki daya saing dalam global bisnis.untuk penyediaan tenaga kerja dilakukan dengan merekrut mahasiswa yg sudah menuntaskan termin sarjana muda.

5. Pusat Studi Antar Disiplin Ilmu Pengetahuan di Indonesia pada rangka pemanfaatan secara optimal sumber daya alam Indonesia

Tidak semua perkembangan yg pesat pada kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi sanggup dirasakan atau dimanfaatkan pada negara-negara berkembang. ITB perlu menciptakan suatu lembaga independen serta nir-keuntungan yg memantau perkembangan yg terjadi secara terus menerus. Lembaga ini berfungsi sebagai badan kabar serta studi dan memberikan masukan baik ke kampus (internal) maupun pada tingkat pemerintahan (eksternal). Sebagai badan informasi, lembaga ini mendata dan memperbaharui setiap kabar dari berbagai penjuru global yang berkaitan menggunakan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Dalam kegiatan eksernal, lembaga ini bekerja sama dengan pemerintah juga berbagai lembaga penelitian dalam melakukan penelitian literatur mengenai ketahanan pangan serta pengembangan tenaga alternatif secara komprehensif sebagai konsekuensi menurut bergantinya posisi Indonesia menjadi total oil importer pada tahun 2020. Prioritas utama jua diletakkan pada penelitian dan pelaksanaan pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia dan efek perkembangan ilmu serta teknologi terutama nanoteknologi serta bioteknologi terhadap industri berbasis sumber daya alam Indonesia. Target dari lembaga ini adalah dihasilkan kebijakan-kebijakan yang bermuara pada peningkatan daya saing bangsa Indonesia pada menghadapi perkembangan rakyat global di tahun 2020.

Comments