MANAJEMEN PEMASARAN KONSEP DAN STRATEGI

Manajemen Pemasaran Konsep Dan Strategi 
Pengertian Manajemen Strategis
Definisi manajemen taktik dari David (2006 : 6) merupakan sebagai seni serta ilmu buat memformulasikan, mengimplementasi, serta mengevaluasi keputusan lintas fungsi yg memungkinkan organisasi bisa mencapai tujuannya. Seperti implisit dalam definisi, manajemen strategis serius dalam mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produk/operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem liputan computer untuk mencapai tujuan organisasi.

Selanjutnya Pearce serta Robinson (2008 : lima) mendefinisikan Manajemen strategis sebagai satu set keputusan serta tindakan yang membentuk formulasi serta impelementasi rencana yg dirancang untuk meraih tujuan suatu perusahaan/organisasi.

Perencanaan adalah tindakan awal pada aktifitas manajerial setiap organisasi. Perencanaan strategis merupakan instrumen kepemimpinan serta suatu proses. Sebagai suatu proses, ia menentukan apa yang dikehendaki suatu organisasi dimasa depan serta bagaimana bisnis mencapainya. Seperti yang ditegaskan oleh Steiss yg disadur sang Salusu (2006 : 500) bahwa perencanaan strategis menjadi komponen dari manajemen strategis bertugas buat memperjelas tujuan dan target, memilih berbagai kebijaksanaan, terutama pada memperoleh dan mengalokasikan asal daya serta menciptakan suatu pedoman pada menerjemahkan kebijaksanaan organiasi.

Manfaat Manajemen Strategis
Perencanaan menjadi galat satu fungsi menurut manajemen yang pertama memiliki peranan yg sangat penting. Dengan perencanaan yang mengagumkan, sebuah organisasi akan memiliki arah serta langkah yg kentara.

Dengan menggunakan manajemen strategis sebagai suatu kerangka kerja untuk menyelsesaikan setiap kasus strategis di pada organisasi, maka para pemimpin organisasi diajak buat berpikir lebih kreatif atau berpikir secara strategik. Ada beberapa manfaat yg diperoleh organisasi apabila menerapkan manajemen strategis, yaitu :
1) Memberikan arah jangka panjang yg akan dituju
2) Membantu organisasi mengikuti keadaan dalam perubahan-perubahan yang terjadi
3) Membuat suatu organisasi sebagai lebih efektif
4) Mengidentifikasikan keunggulan komparatif suatu organisasi pada lingkungan yang semkin beresiko
5) Aktifitas pembuatan taktik akan menaikkan kemampuan organisasi untuk mencegah keluarnya kasus dimasa mendatang
6) Keterlibatan karyawan/anggota organisasi dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka dalam tahap pelaksanaannya
7) Aktifitas tumpang tindih akan dikurangi
8) Keengganan buat berubah menurut karyawan/anggota organisasi akan dapat dikurangi

Analisis Lingkungan Eksternal
Menurut Porter yg dikutip oleh Umar (2005) Lingkungan eksternal dibagi kedalam 2 katagori yaitu lingkungan makro serta lingkungan industri. Penjelasan kedua katagori eksternal yakni menjadi berikut :

1) Lingkungan Makro
Elemen-elemen yang terdapat dalam lingkungan ini memberikan efek yg nir eksklusif dalam perusahaan. Elemen-elemen yang perlu diperhatikan merupakan sebagai berikut :

a) Elemen Perekonomian
Perekonomian berkaitan menggunakan bagaimana orang atau bangsa memproduksi, mendistribusikan, dan mengonsumsi banyak sekali barang dan jasa. Perusahaan perlu memperhatikan sejauh mana perekonomian bisa mensugesti perusahaan/organisasi berdasarkan segi upah energi kerja, inflasi, perpajakan, pengangguran, serta harga barang yang dikelola.

b) Elemen Politik dan Legal
Situasi politik, perpolitikan, serta kasus sah sangat terkait menggunakan keberlangsungan perusahaan untuk jangka panjang. Situasi perpolitikan yg kondusif menaruh kenyamanan bagi para organisasi/pelaku usaha.

c) Elemen Sosial-Budaya
Kondisi sosial yang dimaksud merupakan seperti syarat demografi, perilaku, gaya hayati, adat norma, dan kebiasaan dari orang-orang eksternal perusahaan. Begitupula dari syarat budaya misalnya ekologis, demografis, religious, pendidikan dan etnis.

d) Elemen Lingkungan Teknologi
Ilmu serta pengetahuan manusia terus berkembang menurut waktu ke saat. Ini menciptakan teknologi juga berkembang pesat. Teknologi tidak hanya mencakup penemuan-penemuan yg baru saja, tetapi jua mencakup cara-cara pelaksanaanya atau metode-metode baru dalam mengerjakan suatu pekerjaan, merupakan teknologi memberikan suatu gambaran yang luas mencakup mendesain, menghasilkan, dan mendistribusikan.

2) Lingkungan Industri
Aspek lingkungan industri akan lebih mengarah pada aspek persaingan pada-mana bisnis perusahaan berada. 

a) Ancaman Pelaku Bisnis Baru
Masuknya perusahaan menjadi pendatang baru akan menimbulkan sejumlah akibat bagi perusahaan yg telah ada.

b) Ancaman Produk Substitusi
Perusahaan-perusahaan yang berada pada industri tertentu akan bersaing pula dengan produk pengganti.

c) Kekuatan Tawar-Menawar Pembeli
Pembeli ini biasanya mampu memaksa perusahaan buat menurunkan harga atau menuntut menaikkan kualitas produk/jasa, dan mengadu perusahaan dengan kompetitornya.

d) Kekuatan Tawar-Menawar Pemasok
Bila pemasok memiliki daya tawar yang semakin kuat, maka semakin kurang menarik industrinya.

e) Persaingan Dalam Industri

Persaingan pada industri akan mempengaruhi kebijakan serta kinerja perusahaan. Dalam situasi persaingan yg oligopoly, perusahaan memiliki kekuatan yang cukup akbar buat mempengaruhi pasar. Sedangkan pada pasar persaingan sempurna umumnya akan memaksa perusahaan sebagai follower termasuk pada hal harga produk.

Analisis Lingkungan Internal
Secara garis akbar, aspek-aspek lingkungan internal perusahaan yang hendaknya diamati dapat dipandang menurut beberapa pendekatan, yakni menjadi berikut :

1) Pendekatan Fungsional
Pada pendekatan ini, pegkatagorian analisis internal seringkali diarahkan pada pasar serta pemasaran, syarat keuangan serta akunting, produksi, sumber daya insan, dan struktur organisasi serta manajemen.

2) Pendekatan Rantai Nilai (Value Chains)
Analisis dengan pendekatan Rantai Nilai didasarkan dalam serangkaian aktivitas yg berurutan dari sekumpulan kegiatan nilai (value activities) yg dilaksanakan buat mendesain, menghasilkan, memasarkan, mengirimkan, dan mendukung produk serta jasa mereka pada perusahaan yang terdiri dari satu SBU saja.

Analisis SWOT
Menurut David (2006), buat menganalisis penentuan strategi menjadi kentara, terdapat sembilan macam matriks yang dapat dipakai yakni menjadi berikut :
a. Matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE)
b. Matriks Internal Factor Evalution (IFE)
c. Matriks Competitive Profile (CP)
d. Matriks SWOT
e. Matriks Strategic Position and Action Evalution (SPACE)
f. Matriks Internal-Exsternal (IE)
g. Matriks Boston Consulting Group (BCG)
h. Matriks Grand Strategy
i. Matriks Quantitative Strategies Planning (QSP)

Pengertian Pemasaran 
Definisi pemasaran menurut Gitosudarmo (2001 : 1) merupakan suatu aktivitas yg mengusahakan agar produknya yang dipasarkan bisa diterima serta disenangi oleh pasar.

Kemudian menurut pengertian yg dikemukakan sang Stanton yang disadur sang Swastha (2001 : 6), pemasaran merupakan sistem holistik pada kegiatan usaha yg ditujukan buat merencanakan, memilih harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yg dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yg ada juga pembeli potensial.

Pengertian Manajemen Pemasaran
Definisi manajemen pemasaran dari Kotler (2000 : 9), manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan serta aplikasi konsepsi, penentuan harga, kenaikan pangkat serta distribusi barang, jasa dan gagasan untuk membangun pertukaran dengan kelompok sasaran yg memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.

Bauran Pemasaran
Menurut Kotler (2000), Bauran pemasaran adalah suatu perangkat pemasaran yang bisa dipakai oleh perusahaan pada mencapai tujuan pemasaran dalam target pasarnya.

Bauran pemasaran adalah kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti menurut sistem pemasaran perusahaan yaitu product, price, promotion, place, disingkat sebagai 4P.
1) Product (produk)
2) Price (harga)
3) Promotion (promosi)
4) Place (loka/saluran distribusi)

Strategi Pemasaran
Berikut strategi pemasaran menurut unsur-unsur bauran pemasaran adalah menjadi berikut :

1) Strategi produk
Dalam bahasan ini akan diuraikan proses pengembangan serta pemasaran produk-produk baru dihubungkan menggunakan tujuh tahap siklus hidup suatu produk. Ketujuh termin siklus hidup produk tadi merupakan :

a) Membangkitkan serta menyaring konsep atau gagasan
Produk-produk baru dimulai dari gagasan atau konsep. Tahap pertama dalam berbagi produk baru meliputi membangkitkan serta menyarig konsep atau gagasan.

b) Perencanaan dan pengembangan produk
Dalam termin ini mencakup evaluasi yang lebih mendalam, perencanaan, serta pengembangan konsep produk yang lolos dari proses penyaringan konsep atau gagasan.

c) Uji pemasaran atau stimulasi pasar
Dalam tahapan ini, reaksi konsumen terhadap produk diselidiki. Produk-produk diuji pasar di wilayah tertentu untuk menentukan potensi penjualannya. Uji pasar ini berdasarkan pada sampel mini menurut sebagian warga konsumen potensial.

d) Tahap komersialisasi atau pengenalan
Tahap ini adalah tahap akhir dari proses pengembangan produk baru dan adalah tahap awal berdasarkan daur hidup produk. Sasaran primer dalam produk ini merupakan menciptakan konsumen mengetahui produk tersebut serta mencoba membelinya.

e) Tahap pertumbuhan pasar
Dalam termin pertumbuhan, penjualan produk mulai meningkat secara cepat serta produk tersebut mulai member sedikit laba. Pasar semakin luas disebabkan semakin meningkatnya pembelian ulang oleh pembeli sebelumnya dan pembeli-pembeli baru pada jumlah akbar yang ditentukan oleh para pembeli sebelumnya.

f) Tahap kejenuhan atau kedewasaan
Dalam termin kejenuhan, pertumbuhan penjualan mulai berkurang atau melambat dan semakin usang semakin mendekati pertumbuhan nol. Kebanyakan konsumen yg pernah melakukan pembelian produk mungkin akan melanjutkan pembelian produk tadi, atau mungkin mulai mencoba produk merek lainnya.

g) Tahap penurunan atau penghapusan produk
Dalam tahap ini, pasar produk nir normal lagi dan penjualan mulai turun secara cepat atau drastis. Dalam tahap ini produk mungkin dapat dihapus atau tidak diproduksi lagi.

2) Strategi harga
Terdapat tiga hal krusial yang mempengaruhi strategi harga yaitu menjadi berikut:
a) Karakteristik konsumen
b) Karakteristik perusahaan
c). Karakteristik persaingan
3) Strategi saluran distribusi

Pilihan pasar, segmentasi pasar, serta sasaran pasar sangat terkait menggunakan saluran distribusi. Dalam saluran eksklusif, pabrikasi atau perusahaan menjual secara pribadi pada pemakai akhir. Dalam saluran tidak pribadi, pabrik atau perusahaan memakai satu atau lebih mediator buat menjual produk ke pemakai akhir. Jenis-jenis mediator pemasaran, yaitu :
a) Perantara
b) Agen
c) Perwakilan perusahaan
d) Pedagang besar
e) Pengecer
f) Pedagang perantara
g) Agen penjualan
h) Distributor atau perantara
i) Dealer
j) Pemborong
4) Strategi promosi
a) Periklanan
b) Promosi penjualan
c) Publisitas
d) Penjualan personal

Comments