MANAJEMEN PEMASARAN KONSEP DAN STRATEGI

Manajemen Pemasaran Konsep Dan Strategi 
Pengertian Manajemen Strategis
Definisi manajemen strategi dari David (2006 : 6) adalah sebagai seni serta ilmu buat memformulasikan, mengimplementasi, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi bisa mencapai tujuannya. Seperti tersirat pada definisi, manajemen strategis berfokus dalam mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produk/operasi, penelitian serta pengembangan, serta sistem keterangan computer buat mencapai tujuan organisasi.

Selanjutnya Pearce serta Robinson (2008 : lima) mendefinisikan Manajemen strategis menjadi satu set keputusan dan tindakan yg membentuk formulasi dan impelementasi planning yg dirancang buat meraih tujuan suatu perusahaan/organisasi.

Perencanaan adalah tindakan awal dalam aktifitas manajerial setiap organisasi. Perencanaan strategis merupakan instrumen kepemimpinan serta suatu proses. Sebagai suatu proses, beliau memilih apa yang dikehendaki suatu organisasi dimasa depan dan bagaimana usaha mencapainya. Seperti yang ditegaskan sang Steiss yg disadur sang Salusu (2006 : 500) bahwa perencanaan strategis sebagai komponen menurut manajemen strategis bertugas untuk memperjelas tujuan serta sasaran, memilih banyak sekali kebijaksanaan, terutama dalam memperoleh dan mengalokasikan sumber daya dan membangun suatu panduan pada menerjemahkan kebijaksanaan organiasi.

Manfaat Manajemen Strategis
Perencanaan menjadi salah satu fungsi menurut manajemen yang pertama mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan perencanaan yg rupawan, sebuah organisasi akan memiliki arah dan langkah yg kentara.

Dengan menggunakan manajemen strategis sebagai suatu kerangka kerja untuk menyelsesaikan setiap perkara strategis di pada organisasi, maka para pemimpin organisasi diajak buat berpikir lebih kreatif atau berpikir secara strategik. Ada beberapa manfaat yg diperoleh organisasi jika menerapkan manajemen strategis, yaitu :
1) Memberikan arah jangka panjang yang akan dituju
2) Membantu organisasi mengikuti keadaan pada perubahan-perubahan yg terjadi
3) Membuat suatu organisasi menjadi lebih efektif
4) Mengidentifikasikan keunggulan komparatif suatu organisasi pada lingkungan yang semkin beresiko
5) Aktifitas pembuatan taktik akan menaikkan kemampuan organisasi buat mencegah keluarnya perkara dimasa mendatang
6) Keterlibatan karyawan/anggota organisasi dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka dalam tahap pelaksanaannya
7) Aktifitas tumpang tindih akan dikurangi
8) Keengganan buat berubah dari karyawan/anggota organisasi akan dapat dikurangi

Analisis Lingkungan Eksternal
Menurut Porter yang dikutip oleh Umar (2005) Lingkungan eksternal dibagi kedalam 2 katagori yaitu lingkungan makro serta lingkungan industri. Penjelasan ke 2 katagori eksternal yakni menjadi berikut :

1) Lingkungan Makro
Elemen-elemen yang terdapat pada lingkungan ini memberikan dampak yg nir langsung pada perusahaan. Elemen-elemen yg perlu diperhatikan adalah menjadi berikut :

a) Elemen Perekonomian
Perekonomian berkaitan dengan bagaimana orang atau bangsa menghasilkan, mendistribusikan, dan mengonsumsi berbagai barang serta jasa. Perusahaan perlu memperhatikan sejauh mana perekonomian bisa menghipnotis perusahaan/organisasi berdasarkan segi upah tenaga kerja, inflasi, perpajakan, pengangguran, serta harga barang yg dikelola.

b) Elemen Politik serta Legal
Situasi politik, perpolitikan, serta perkara sah sangat terkait menggunakan keberlangsungan perusahaan buat jangka panjang. Situasi perpolitikan yang kondusif menaruh ketenangan bagi para organisasi/pelaku bisnis.

c) Elemen Sosial-Budaya
Kondisi sosial yang dimaksud merupakan misalnya syarat demografi, perilaku, gaya hayati, tata cara istiadat, serta norma dari orang-orang eksternal perusahaan. Begitupula dari kondisi budaya seperti ekologis, demografis, religious, pendidikan dan etnis.

d) Elemen Lingkungan Teknologi
Ilmu serta pengetahuan manusia terus berkembang dari waktu ke saat. Ini menciptakan teknologi juga berkembang pesat. Teknologi tidak hanya mencakup penemuan-inovasi yg baru saja, namun jua meliputi cara-cara pelaksanaanya atau metode-metode baru dalam mengerjakan suatu pekerjaan, merupakan teknologi menaruh suatu citra yang luas mencakup mendesain, membentuk, dan mendistribusikan.

2) Lingkungan Industri
Aspek lingkungan industri akan lebih menunjuk dalam aspek persaingan pada-mana usaha perusahaan berada. 

a) Ancaman Pelaku Bisnis Baru
Masuknya perusahaan menjadi pendatang baru akan menyebabkan sejumlah implikasi bagi perusahaan yang sudah ada.

b) Ancaman Produk Substitusi
Perusahaan-perusahaan yang berada dalam industri eksklusif akan bersaing pula menggunakan produk pengganti.

c) Kekuatan Tawar-Menawar Pembeli
Pembeli ini umumnya mampu memaksa perusahaan buat menurunkan harga atau menuntut mempertinggi kualitas produk/jasa, dan mengadu perusahaan dengan kompetitornya.

d) Kekuatan Tawar-Menawar Pemasok
Bila pemasok memiliki daya tawar yang semakin kuat, maka semakin kurang menarik industrinya.

e) Persaingan Dalam Industri

Persaingan dalam industri akan menghipnotis kebijakan serta kinerja perusahaan. Dalam situasi persaingan yang oligopoly, perusahaan memiliki kekuatan yang relatif akbar buat mensugesti pasar. Sedangkan dalam pasar persaingan sempurna umumnya akan memaksa perusahaan sebagai follower termasuk pada hal harga produk.

Analisis Lingkungan Internal
Secara garis akbar, aspek-aspek lingkungan internal perusahaan yg hendaknya diamati bisa ditinjau menurut beberapa pendekatan, yakni sebagai berikut :

1) Pendekatan Fungsional
Pada pendekatan ini, pegkatagorian analisis internal seringkali diarahkan pada pasar dan pemasaran, kondisi keuangan dan akunting, produksi, asal daya manusia, dan struktur organisasi serta manajemen.

2) Pendekatan Rantai Nilai (Value Chains)
Analisis dengan pendekatan Rantai Nilai didasarkan dalam serangkaian kegiatan yang berurutan menurut sekumpulan kegiatan nilai (value activities) yang dilaksanakan buat mendesain, menghasilkan, memasarkan, mengirimkan, dan mendukung produk dan jasa mereka dalam perusahaan yang terdiri berdasarkan satu SBU saja.

Analisis SWOT
Menurut David (2006), buat menganalisis penentuan taktik sebagai jelas, ada sembilan macam matriks yang bisa dipakai yakni menjadi berikut :
a. Matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE)
b. Matriks Internal Factor Evalution (IFE)
c. Matriks Competitive Profile (CP)
d. Matriks SWOT
e. Matriks Strategic Position and Action Evalution (SPACE)
f. Matriks Internal-Exsternal (IE)
g. Matriks Boston Consulting Group (BCG)
h. Matriks Grand Strategy
i. Matriks Quantitative Strategies Planning (QSP)

Pengertian Pemasaran 
Definisi pemasaran dari Gitosudarmo (2001 : 1) merupakan suatu aktivitas yg mengusahakan agar produknya yg dipasarkan dapat diterima dan disenangi oleh pasar.

Kemudian berdasarkan pengertian yang dikemukakan oleh Stanton yg disadur sang Swastha (2001 : 6), pemasaran adalah sistem keseluruhan pada aktivitas bisnis yg ditujukan buat merencanakan, memilih harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang serta jasa yg dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada juga pembeli potensial.

Pengertian Manajemen Pemasaran
Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler (2000 : 9), manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan aplikasi konsepsi, penentuan harga, kenaikan pangkat serta distribusi barang, jasa serta gagasan buat membangun pertukaran dengan kelompok target yang memenuhi tujuan pelanggan serta organisasi.

Bauran Pemasaran
Menurut Kotler (2000), Bauran pemasaran merupakan suatu perangkat pemasaran yg bisa dipakai oleh perusahaan dalam mencapai tujuan pemasaran pada sasaran pasarnya.

Bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel atau aktivitas yg merupakan inti menurut sistem pemasaran perusahaan yaitu product, price, promotion, place, disingkat menjadi 4P.
1) Product (produk)
2) Price (harga)
3) Promotion (kenaikan pangkat )
4) Place (loka/saluran distribusi)

Strategi Pemasaran
Berikut taktik pemasaran menurut unsur-unsur bauran pemasaran merupakan menjadi berikut :

1) Strategi produk
Dalam bahasan ini akan diuraikan proses pengembangan dan pemasaran produk-produk baru dihubungkan menggunakan tujuh tahap daur hidup suatu produk. Ketujuh termin siklus hidup produk tersebut adalah :

a) Membangkitkan dan menyaring konsep atau gagasan
Produk-produk baru dimulai berdasarkan gagasan atau konsep. Tahap pertama pada mengembangkan produk baru meliputi membangkitkan dan menyarig konsep atau gagasan.

b) Perencanaan serta pengembangan produk
Dalam tahap ini mencakup penilaian yg lebih mendalam, perencanaan, dan pengembangan konsep produk yg lolos berdasarkan proses penyaringan konsep atau gagasan.

c) Uji pemasaran atau stimulasi pasar
Dalam tahapan ini, reaksi konsumen terhadap produk diselidiki. Produk-produk diuji pasar pada wilayah tertentu buat menentukan potensi penjualannya. Uji pasar ini berdasarkan pada sampel mini dari sebagian rakyat konsumen potensial.

d) Tahap komersialisasi atau pengenalan
Tahap ini adalah tahap akhir dari proses pengembangan produk baru serta adalah termin awal dari daur hayati produk. Sasaran primer dalam produk ini adalah menciptakan konsumen mengetahui produk tersebut serta mencoba membelinya.

e) Tahap pertumbuhan pasar
Dalam tahap pertumbuhan, penjualan produk mulai meningkat secara cepat serta produk tadi mulai member sedikit laba. Pasar semakin luas disebabkan semakin meningkatnya pembelian ulang sang pembeli sebelumnya dan pembeli-pembeli baru pada jumlah akbar yang ditentukan sang para pembeli sebelumnya.

f) Tahap kejenuhan atau kedewasaan
Dalam tahap kejenuhan, pertumbuhan penjualan mulai berkurang atau melambat dan semakin usang semakin mendekati pertumbuhan nol. Kebanyakan konsumen yg pernah melakukan pembelian produk mungkin akan melanjutkan pembelian produk tadi, atau mungkin mulai mencoba produk merek lainnya.

g) Tahap penurunan atau penghapusan produk
Dalam tahap ini, pasar produk nir normal lagi serta penjualan mulai turun secara cepat atau drastis. Dalam tahap ini produk mungkin dapat dihapus atau tidak diproduksi lagi.

2) Strategi harga
Terdapat tiga hal penting yang menghipnotis strategi harga yaitu sebagai berikut:
a) Karakteristik konsumen
b) Karakteristik perusahaan
c). Karakteristik persaingan
3) Strategi saluran distribusi

Pilihan pasar, segmentasi pasar, serta sasaran pasar sangat terkait menggunakan saluran distribusi. Dalam saluran pribadi, pabrikasi atau perusahaan menjual secara pribadi kepada pemakai akhir. Dalam saluran nir langsung, pabrik atau perusahaan menggunakan satu atau lebih mediator buat menjual produk ke pemakai akhir. Jenis-jenis mediator pemasaran, yaitu :
a) Perantara
b) Agen
c) Perwakilan perusahaan
d) Pedagang besar
e) Pengecer
f) Pedagang perantara
g) Agen penjualan
h) Distributor atau perantara
i) Dealer
j) Pemborong
4) Strategi promosi
a) Periklanan
b) Promosi penjualan
c) Publisitas
d) Penjualan personal

Comments