JENISJENIS SAMPEL DALAM PENELITIAN SISWA ATAU MAHASISWA

Cara flexi--Para mahasiswa juga siswa yg ingin melakukan penelitian, berikut adalah merupakan rangkaian menurut metode penelitian yg sudah kita bahas terdahulu, kali ini akan kita bahas tentang jenis-jenis Sampel dan bagaimana teknik penarikan sampel itu. Teknik penarikan sampel pada dasarnya sangat memilih hasil suatu penelitian. Apabila teknik yang digunakan nir tepat maka penelitian tersebut dapat dipertanyakan serta mungkin kebermaknaannya akan hilang. Untuk menghindari hal ini maka pengetahuan tentang jenis sampel sangat diperlukan lantaran masing-masing jenis sampel memiliki mekanisme yag tidak sinkron. Secara umum sampel dapat digolongkan sebagai dua jenis yakni sampel probabilitas dan sampel nonprobabilitas, yg bisa dijelaskan sebagai berikut :
1. Sampel Probabilitas
Sampel probabilitas adalah himpunan unit atau elemen observasi yg dipilih sedemikian rupa sebagai akibatnya unit atau elemen pada populasi tadi mempunyai peluang yg sama (yang diketahui atau terpilih. Adapun jenis-jenis sampel probabilitas adalah :
a. Sampel acak sederhana
b. Sampel rambang berlapis
c. Sampel acak klaster
d. Sampel rambang dua tahap
2. Sampel Non Probabilitas
Arti Sampel Non Probabilitas adalah bahwa anggota populasi tidak diberi kesempatan atau peluang yang sama buat dijadikan atau dipilih sebagai anggota sampel. Peneliti menentukan sampel hanya dengan memakai pertimbangan tertentu. Beberapa sampel yang termasuk kategori sampel nonprobabilitas adalah:
a. Sampel sistematis
b. Sampel purposif
c. Sampel Kuota
Terlepas dari aspek lain yg memiliki donasi terhadap mutu suatu penelitian, kerepresentatifan sampel yg digunakan adalah faktor kritikal. Secara ekstrim dapat dikatakan bahwa suatu penelitian nir akan punya arti jika sampel yang digunakan nir representatif. (Baca tentang "Sampel yang Representatif" pada sini  !!).
Demikian ringkasan tentang Jenis-jenis sampel pada metode penelitian, semoga bermanfaat, terimakasih, selamat meneliti. 

Comments