ARTI DAN PENGGOLONGAN LAPORAN BISNIS
Arti Dan Penggolongan Laporan Bisnis
1. Pengertian Laporan Bisnis
Untuk bisa melakukan suatu aktivitas operasi secara efisien, perusahaan perlu banyak sekali macam jenis laporan. Apapun posisi Anda, baik sebagai pelatih manajemen, akuntan, ilmuan, eksekutif junior, supervisor, wakil direktur atau peneliti, Anda mungkin harus menulis suatu laporan pada atasan Anda. Seringkali efektivitas suatu laporan yg Anda sajikan akan sebagai bahan pertimbangan terhadap promisi juga honor Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana menciptakan suatu laporan bisnis secara efisien dan efektif.
Herta A. Murphy dan Herbert W. Hildebrandt pada bukunya “Effective Busines Communications” memberikan definisi tentang laporan usaha (busines report) sebagai suatu laporan yang memiliki sifat netral, tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas serta planning penyajian liputan kepada seorang atau lebih buat tujuan bisnis tertentu. Sedangkan Himstreet dan Baty dalam bukunya “Business Communications” mendefinisikan laporan (usaha) menjadi suatu pesan-pesan yang objektif, tersusun teratur yang dipakai buat menyampaikan keterangan berdasarkan suatu bagian organisasional atau dari satu institusi/lembaga ke lembaga yg lain buat membantu pengambilan keputusan atau pemecahan perkara.
Atas dasar definisi tersebut, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa satu laporan bisnis mempunyai aneka macam ciri misalnya netral, tidak memihak, objektif, penyampaian keterangan baik intern maupun eksten, umumnya diminta sang mereka yang mempunyai wewenang yang lebih tinggi dan memiliki suatu tujuan tertentu, yaitu membantu pemecahan perkara serta pengambilan keputusan.
Biasanya suatu laporan menyajikan secara lebih rinci yg dikemas pada bentuk memo atau contoh satu laman surat bisnis. Laporan memerlukan perhatian yg lebih pada pengorganisasian, alat bantu visual, serta teknik-teknik lain yg memungkinkan suatu laporan bisa serta mudah dibaca. Laporan pula bisa memberikan manfaat serta tujuan suatu penyajian laporan yang akurat, informasi yg logis dan tidak emosional. Suatu laporan mungkin dapat kedua-duanya, baik tertulis atau ekspresi.
Bagi suatu perusahaan, pada umumnya penulisan laporan usaha dipakai buat memenuhi berbagai keperluan antara lain:
- § Untuk memonitor serta mengendalikan operasional perusahaan. Misaln laporan operasional, laporan kegiatan personal.
- Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan mekanisme-mekanisme yg sudah ditetapkan perusahaan. Misalnya, kebijakan penempatan posisi kerja.
- Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan aturan dan peraturan-pera yang berlaku bagi perusahaan. Misalnya laporan pajak, laporan anali pengaruh lingkungan, dan laporan ketenagakerjaan (perburuhan).
- Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diharapkan baik b keperluan internal juga eksternal. Misalnya, laporan perk mban serta laporan akhir suatu kegiatan.
- Untuk menganalisis liputan serta memberikan bimbingan agi pengambilan keputusan-keputusan atas berita-gosip tertentu. Misalnya, laporan penelitian/riset, laporan troubleshooting, serta laporan justifikasi.
- Untuk memperoleh sumber pendanaan atau membuka usaha baru. Misalnya, proposal penjualan.
2. Penggolongan Laporan Bisnis
Laporan usaha bisa digolongkan ke pada banyak sekali cara penggolongan baik menurut fungsi, subjek, formalitas, keaslian, frekuensi, jenis atau penampilan, pelaksanaan proyek, dan aplikasi perternuan. Masing-masing penggolongan tersebut secara rinci dapat dijelaskan berikut ini.
a. Menurut Fungsinya
Menurut manfaatnya, suatu laporan bisa dibedakan apakah untuk memberi keterangan atau buat analisis. Suatu laporan yg bersifat memberi fakta (informational report) menyajikan liputan-warta serta rangkuman-tanpa melakukan analisis, konklusi, atau rekomendasi. Nama lain buat laporan informasional adalah Laporan Perkembangan (progress reports), Laporan Sementara (interm reports), serta Laporan Thwulan (quarterly Reports).
Laporan analitikal (analitycal report) menyajikan keterangan-informasi, menganalisis dan menafsirkannya, lalu mengambil konklusi serta memberi rekomendasi. Laporan analitikal mungkin diberi label, contohnya laporan rekomendasi (recommendation reports), usulan (proposal), atau laporan justifikasi (justification reports).
b. Menurut Subjeknya
Menurut subjeknya, suatu laporan bisa dibedakan berdasarkan pada departemen mana suatu laporan itu diperoleh. Sebagai contoh, laporan akuntAnsi, laporan periklanan, laporan pengumpulan kredit, laporan pembelanjaan, laporan iuran pertanggungan, laporan pemasaran, laporan ekonomi, laporan produksi, laporan personalia, laporan statistik, serta laporan-laporan teknik.
c. Menurut Formalitasnya
Menurut formalitasnya, suatu laporan bisa dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau nonformal. Laporan formal acapkali disebut juga dengan istilah laporan panjang (long reports); sedangkan laporan nonformal tak jarang disebut pula menggunakan istilah laporan singliat (short reports). Laporan formal umumnya panjang-lebih berdasarkan 10 laman-serta meliputi kasus-kasus kompleks. Tetapi demikian, pengertian panjang lebih berdasarkan 10 halaman serta “panjang” atau "pendek' adalah bervariasi, tergantung pada situasi dan kondisi yang terdapat.
Laporan formal meliputi:
Body text: pendahuluan, isi, epilog.
Prefatory parts: sampul, judul, laman, surat wewenang, penerimaan, persetujuan, pengiriman, penghargaan, sinopsis, abstraksi, rangkuman eksekutif, daftar isi, daftar tabel.
Supplemental parts: lampiran, bibliograf, catatan akhir, daftar istilah, indeks.
Laporan informal umumnya hanya meliputi body text. Namun demikian, beberapa laporan informal mungkin meliputi judul laman, pengiriman, catatan akhir, dan lampiran.
d. Menurut Keasliannya
Menurut keasliannya, suatu laporan bisa dibedakan atas dasar otoritas atau sukarela; pula apakah publik atau partikelir. Laporan otoritas (authorized reports) merupakan suatu laporan yg dibentuk atas dasar permintaan atau menerima kuasa berdasarkan orang lain atau komite; laporan sukarela (voluntary reports) merupakan suatu laporan yg dibuat atas inisiatif Anda sendiri. Laporan swasta (private reports) adalah suatu laporan yang dibentuk perusahaan-perusahaan partikelir. Laporan publik (public reports) adalah suatu laporan yang dibuat sang lembaga-lembaga pernerintah, termasuk sekolahsekolah, tempat tinggal sakit-rumah sakit, atau lembaga-lembaga lain yg dibiaya oleh negara.
e. Menurut Frekuensinya
Menurut frekuensinya, suatu laporan bisa dibedakan atas dasar apakah secara. Bersiklus atau khusus. Laporan terencana (periodic reports) bisa dikeluarkan secara harian, mingguan, bulanan, semesteran, atau tahunan. Yang termasuk laporan berkala antara lain laporan bursa saharn setiap jam, laporan penjualan tiap hari, laporan porto tiap seminggu, laporan produksi setiap bulan, laporan kegiatan komite tiap kuartar, dan laporan anggaran tahunan. Laporan khusus ditulis manakala kebutuhan terhadap suatu informasi muncul. Laporan khusus (special reports) meliputi suatu situasi atau peristiwa yang unik (spesifik) misalnya munculnya krisis dalam suatu perusahaan.
f. Menurut Jenisnya
Menurut jenis atau penampilannya, suatu laporan dipengaruhi oleh formalitas serta panjangnya laporan. Jenlis laporan dapat bersifat informal (laporan singkat/short reports) maupun formal (laporan panjang/long reports). Laporan informal mencakup laporan memorandum, laporan surat, dan laporan cetak. Laporan formal seringkali diklaim dengan laporan panjang.
1) Laporan Memorandum
Laporan memorandum (memorandum reports) merupakan suatu laporan yang menggunakan format memo yaitu pada, berdasarkan, subjek, serta tanggal.
2) Laporan Surat
Laporan surat (letter reports) merupakan suatu laporan yg menggunakan format surat dengan kepala surat, di dalamnya berisi alamat, salam pembuka, penutup, indikasi tangan, serta bagian surat keterangan.
3) Laporan pada bentuk cetakan
Laporan pada bentuk cetakan memiliki judul yang sudah tercetak, instruksi, baris-baris kosong.
4) Laporan Formal
Laporan formal (formal reports) umumnya lebih panjang daripada laporan informal. Laporan formal sering pula diklaim menggunakan laporan panjang (long reports).
g. Menurut Kegiatan Proyek
Dalam melaksanakan suatu proyek, masih ada figa jenis laporan, yaitu laporan pendahutuan (preliminary reports), laporan perkembangan, (progress reports), dan laporan akhir (final reports). Laporan pendahuluan meliputi bagaimana suatu proyek disiapkan, output yg diharapkan, serta bagaimana melakukan peladhan pegawai. Selanjutnya, sesudah proyek berlangsung, perlu disusun laporan perkembangan secara berkala. Pada ketika proyek berakhir, dibuatlah laporan akhir.
h. Menurut Pelaksanaan Pertemuan
Berdasarkan pelaksanaan rendezvous, laporan usaha bisa dibedakan ke pada rencana (rencana), resolusi (resolutions), notulen (minutes), serta laporan perternuan (proceedings). Agenda adalah suatu dokumen yg ditulis sebelum suatu Perternuan berlangsung. La mencakup jadwal pelaksanaan, serta topik yg akan dibahas dalam pertemuan. Hal ini akan membantu peserta pada mempersiapkan rendezvous. Resolusi adalah laporan singkat yang secara formal berisi pengumuman hasil mufakat pada suatu rendezvous. Notulen adalah laporan resmi dalam suatu perternuan yang telah berlangsung. La mencakup catatan seluruh hal yg terjadi dalam suatu rendezvous. Laporan rendezvous merupakan suatu laporan resmi yg cakupan bahasannya lebih luas serta berisi output-hasil pertemuan atau konferensi krusial.
A. Persiapan Sebelum Menulis Laporan Bisnis
Persiapan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam segala aspek, begitu nya menggunakan menciptakan laporan. Adapun persiapan yang dibutuhkan sebefum enulis laporan meliputi paling tidak 4 tahapan sebagai berikut:
1. Definisikan Masalah, Tujuan, serta Ruang Lingkup
Tahap pertarna perencanaan merupakan melakukan analisis masalah, yang encakup tujuan penyusunan laporan. Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan, misalnya: Apa yg diinginkan?, Berapa poly?, Mengapa?, serta kapan, akan membantu Anda dalam menetapkan perkara, tujuan, ruang up, keterbarasan (dana serta ketika), serta judul suatu laporan.
2. Pertimbangkan Siapa Yang Akan Menerima Laporan
Memvisualisasikan pembaca atau pendengar Anda dan kebutuhan mereka merupakan tahapan yang krusial pada mempersiapkan laporan usaha. Dalam mepersiapkan laporan usaha perlu dipertimbangkan aneka macam hal yg berkaitan menggunakan audience. Artinya, seorang yang ingin menyusun laporan bisnis perlu memperhatikan siapa yang akan menerima laporan tersebut, baik dari segi pendidikannya, pengalamannya, maupun perilaku emosionalnya. Hal ini bertujuan supaya laporan bisnis yang ingin disampaikan pada audience bisa genai sasarannya.
3. Menentukan Ide atau Gagasan
Dalam tahap ini, tuliskan sernua ilham yang terlintas, secara umum. Kemudian buatlah laporan menurut planning kerja yg rind. Untuk beberapa laporan, rumuskan hipotesis sebagai dasar buat menentukan fakta apa yg Anda perlukan. Sebagai contoh, bila tujuan Anda adalah mencari penyebab tingginya taraf perputaran pada perusahaan, Anda bisa menuangkan wangsit-wangsit yang berkaitan menggunakan kondisi kerja, pengawasan, honor , dan kebijakan promosi. Kemudian Anda mungkin mempertimbangkan subdivisi berdasarkan topik-topik tadi. Kondisi kerja dapat meliputi lingkungan fisik (lokasi tempat kerja, pabrik, kafetaria) serta faktor-faktor nonfisik, misalnya bau dan kebisingan.
4. Mengumpulkan Bahan Yang Diperlukan
Tahap keempat dalam menyiapkan laporan merupakan mengumpulkan kabar yang diperlukan berdasarkan sumber-sumber yang bonafide. Untuk beberapa laporan mungkin Anda memiliki data pada dalam ingatan Anda. Meskipun demikian, Anda mungkin perlu juga mencari data-data tambahan menggunakan melakukan penelitian sekunder (mencari data berdasarkan majalah, surat fakta, dolcumen pernerintah, ensiklopedia) serta penelitian primer (mencari data menurut catatan file organisasi, surat-surat, catatan harian, laporan-laporan, wawancara, daftar pertanyaan).
5. Menganalisis dan Menafsirkan Data
Untuk laporan singkat, termin ini hanya memerlukan waktu yg sangat singkat. Tetapi, buat laporan panjang misalnya laporan analisis yang berdasarkan dalam fakta yang diperoleh berdasarkan berbagai sumber, termin ini memerlukan ketika yang lebih lama . Analisis atau penafsiran Anda haruslah seobjektif mungkin. Berusahalah amanah, serta nir pernah menghilangkan atau memanipulasi warta relevan.
6. Mengorganisasi Data dan Mernpersiapkan Outline Akhir
Setelah menganalisis serta menafsirkan data secara hati-hati, Anda bisa mengorganisasikan output ternuan dan membuat outline akhir. Tetapi, sebelum menyiapkan outline, Anda perlu tahu tubuh laporan dan mempertimbangkan banyak sekali metode pengorganisasian dan outline.
Setelah Anda menyelesaikan 6 termin persiapan, langkah berikutnya adalah merupakan membuat bagian utama laporan bisnis yg mencakup pendahuluan, teks (text), serta epilog.
B. Bagian Pokok Laporan Bisnis
1. Pendahuluan
Dalam bagian pendahuluan masih ada sebelas hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:
a. Pemberi Kuasa adalah orang yg merninta laporan.
b. Layout atau Rencana Presentasi menceriterakan pada pernbaca apa saja yang akan dibahas dalam laporan usaha.
c. Masalah umumnya didefinisikan pada awal-awal bab pendahuluan sebelum maksud atau tujuan laporan bisnis dinyatakan.
d. Maksudpenulisan laporan bisnis wajib nampak dalam. Bagian. Pendahuluan. Elemen tersebut adalah hal. Yang sangat krusial dalam suatu laporan bisnis. Istilah lain yang serupa antara lain: tujuan, misi, taktik, atau target.
e. Ruang Lingkup berkaitan menggunakan luas cakupan atau batas suatu pokok bahasan buat sebuah laporan bisnis.
f. Metodologi mengacu dalam metode pengumpulan informasi. Anda dapat memperoleh data menggunakan membaca bahan-bahan di perpustakaan atau melakukan wawancara, survei, atau eksperimen.
g. Sumber-sumberprimer atau sekunder, yang meliputi diantaranya: publikasi (majalah, jurnal, surat kabar), catatan perusahaan, surat, memo, output wawancara, karyawan, dan sebagainya. Apabila Anda menulis laporan mengenai pengalaman. Bisnis Anda sendiri, maka pernyataan yg Anda tulis pada. Suatu laporan bisnis merupakan merupakan sumber.
h. Latar Belakang berdasarkan situasi yg sedang diteliti kadangkala dimasukkan, apabila pembaca perlu latar belakang fakta untuk memperoleh citra menyeluruh serta pemahaman yg jelas terhadap suatu utama bahasan.
i. Definisi Istilah perlu dicantumkan apabila Anda memakai kata yang mempunyai beberapa penafsiran. Anda wajib mengungkapkan kepada pembaca definisi yg Anda maksudkan.
j. Keterbatasan misalnya pada hal. Dana, ketika, asisten peneliti, atau data yang tersedia. Seorang penulis nir perlu membuat malu-malu buat menyebutkan beberapa keterbatasan. Yg terdapat sebelurn melakukan penelitian lebih lanjut.
k. Rekomendasi menyebutkan mengenai keputusan yg perlu pada laporkan di pada suatu laporan usaha, contohnya keputusan antara membeli mesin baru atau mesin setengah pakai, restrukturisasi karyawan, anugerah uang pesangon, menambah perangkat lunak (software) serta perangkat keras (hardwar~), menciptakan kantor perwakilan, serta sebagainya. Lantaran pembaca membaca secara rinci pada laporan, dia tahu bagaimana fakta yg ada berpengaruh terhadap keputusan yang sudah diambil.
Untuk laporan singkat, beberapa unsur tersebut, bisa digabungkan sebagai satu atau 2 paragraf menggunakan atau tanpa judul "Pendahuluan". Bahkan dalam laporan terpola, judul pendahuluan bisa dihilangkan apabila isi setiap periode sama serta pembaca telah mengetahuinya.
2. Teks
Bagian terpanjang berdasarkan suatu laporan usaha merupakan isi teks (laporan). Dalam. Bagian ini, Anda membahas serta berbagi hal-hal yg krusial secara rinci. Di samping itu, bagian. Ini bisa membantu Anda mencapai maksud penulisan laporan usaha. Penulisan laporan usaha yang baik, harus meliputi temuan keterangan yang krusial dan relevan serta membuang hal-hal yang nir perlu dan tidak relevan dengan maksud penulisan laporan usaha tersebut.
3. Penutup
Bagian epilog berfungsi umuk merangkum laporan secara menyeluruh merogoh kesimpulan, atau memberi rekomendasi. Pengambilan kesimpular wajib didasarkan pada isi teksnya dan tidak memasukkan bahan-bahan yan baru, yang sama sekali belum dibahas dalam bagian pembahasan. Pada bagian penutup, Informational Report diklaim rangkuman dan Analytical Report disebu kesimpulan, rekomendasi, atau kesimpulan serta rekomendasi. Bagian penutup sendiri diberi j udul planning tindakan atau proposisi.
a. Rangkuman
Rangkuman berisi kompendium pembahasan secara menyeluruh. Kadang kala hanya berisi poin-poin yg penting, kekuatan dan kelemahan, atau manfaat dan kerugian.
b. Kesimpulan
Kesimpulan berisi evaluasi informasi-keterangan yang dibahas, tanpa memasukkan pendapat eksklusif penulis.
C. Rekomendasi
Rekomendasi menyarankan suatu program tindakan yg didasarkan dalam kesimpulan yang telah dibuat.
d. Rencana Tindakan
Rencana tindakan menjadi pernyataan terakhir yg meliputi waktu aplikasi acara, aturan yg dibutuhkan, dan orang-orang yang bertanggung jawab terhadap program/proyek yg akan dilaksanakan.
e. Proposisi
Istilah proposisi belakangan ini dipakai dalam global akademis atau jurnal sebagai suatu pernyataan yg tegas, tuntutan yg berdasarkan dalam suatu laporan atau artikel.
Bentuk penyusunan suatu laporan memiliki daya tarik tertentu yang akan mensugesti pembacanya. Oleh karenanya, selain maksud serta subjek laporan, calon. Pembaca laporan juga harus Anda pertimbangkan manaka6 Anda. Menentukan rencaKia organisasional buat semua tubuh laporan (body report) dan bagian teks. Kemudian, Anda perlu menciptakan topik bahasan dengan sahih.
C. Organisasi Tubuh Laporan Bisnis
1. Cara Menyusun Tubuh Laporan Bisnis
Ada 2 cara yg dapat digunakan buat menyusun tubuh laporan bisnis yaitu cara deduktif (pribadi) dan induktif (tak langsung). Kebanyakan laporan bisnis disusun secara deduktif karena pembaca ingin memahami lebih dini mengenai konklusi dan rekomendasi laporan bisnis. I
a. Cara Deduktif
Kata deduktif (deductive) atau pribadi (direct), berard menggambarkan laporan berdasarkan belakang ke depan atau, mengungkapkan ilham pokok atau rekomendasi terlebih dahulu, sebelum hal-hal yang rinci dijelaskan.
Dalam suatu laporan panjang, pembaca umumnya lebih senang menggunakan cara deduktif karena beliau menaruh pada pembacanya suatu gambaran yang cepat sebelum mereka mengetahui secara lebih rinci. Bila bagian akhir nir diungkapkan pada awal (permulaan) laporan, mungkin pembaca akan melewati atau mengabaikan bahasan yg rinci supaya da at segera mengetahui bagian akhir (terminalsection) laporan baru kemudian, kembali lagi ke bagian awal. Secara umum, Anda bisa menggunakan cara deduktif, apabila pembaca Anda memiliki ciri menjadi berikut:
1. Eksekutif yg sibuk.
2. Lebih suka buat memilih sesuatu menggunakan segera.
3. Ingin mengetahui good news atau berita netral.
4. Ingin menganalisis data lebih baik, serta hal ini akan sebagai lebih mudah jika konklusi dan rekomendasi dicantumkan dalam awal laporan.
5. Ingin mengetahui pandangan penulis menggunakan segera.
6. Lebih menyukai laporan yang disusun menggunakan cara deduktif
b. Cara Induktif
Cara induktif berbeda cara penyajiannya menggunakan cara deduktif. Dengan cara induktif Anda mengungkapkan kabar-fakta yang ada sebelum wangsit-inspirasi pokok, kesimpulan atau rekomendasi dikemukakan. Anda menyajikan warta-informasi dan bahan-bahan pendukung lainnya, sebelum hingga pada bagian kesimpulan atau rekomendasi. Anda dapat menggunakan cara induktif, jika pembaca Anda memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Ingin mengetahui penerangan secara rinci terlebih dahulu buat bisa tahu konklusi serta rekomendasinya.
2. Ingin mengetahui kesimpulan yang kurang menyenangkan (badnews).
3. Mungkin merasa kesimpulannya tidak bias dan bisa menerimanya.
4. Perlu membaca holistik laporan, bukan hanya bagian akhirnya saja.
5. Lebih menyukai laporan disusun menggunakan cara induktif
2. Cara Menyusun Teks Laporan Bisnis
Salah satu tugas yang relatif rumit pada menciptakan laporan bisnis adalah memutuskan cara terbaik buat menyusun fakta-kabar yang tersedia sehinggaterbentuk bagian teks laporan bisnis. Anda harus menciptakan keputusan sebelum mulai menulis laporan. Anda bisa membuatkan teks menggunakan cara-cara berikut ini :
a. Membuat Topik-topik atau Kriteria
Cara ini merupakan hal yang umum dalam membuat suatu laporan.
Judul utarna laporan Anda mungkin memakai kriteria baku, faktor-faktor, pernecahan masalah, manfaat, atau ciri. Jika tujuan laporan Anda adalah buat memilih apakah suatu perusahaan harus membeli, menghasilkan sendiri, atau menyewa dari perusahaan lain, keputusan pertama merupakan bagaimana memilih kriteria yang paling krusial.
b. Menyusun Urutan suatu Peristiwa atau Kijadian-kdadian
Dalam pembuatan agenda, program kesepakatan , serta laporan perkembangan bisa menggunakan aturan secara kronologis. Periode waktu, misalnya tanggal, bulan, tahun, jam, animo akan lebih sinkron menggunakan utama bahasannya.
c. Mendeskripsikan Lokasi atau Tempat
Organisasi ini adalah berguna untuk menggambarkan lokasi atau tempat, apakah mereka pada tempat tinggal , pabrik, kantor, pusat perbelanjaan, perusahaan internasional menggunakan cabang-cabangnya yg beredar secara geografis ke berbagai penjuru global.
d. Menjelaskan suatu proses atau prosedur
Cara pengembangan ini hampir sama dengan pendekatan kronologis.
Metode ini menelusuri tahapan-tahapan, katakanlah suatu tahapan kebijaksanaan, operasi mesin, tahapan prosedur melakukart tabungan atau penarikan simpanan.
e. Menyusun Urutan Tingkat Pentingnya secara Alfabet
Pada urutan pertama memperlihatkan pandangan baru-inspirasi, kejadian-kejadian, atau topik yang paling penting, selanjutnya kurang penting, atau nir penting.
f. Menyusun urutan tingkatjami & tritas
Cara pengembangannya menggunakan menyajikan hal-hal yang paling sederhana (simple) atau familiar kemudian meningkat ke hal-hal yang lebih kompleks atau yang kurang familiar. Hal ini disebabkan sang adanya kesamaan Anda akan lebih mudah memahami hal-hal yang telah diketahui sebelumnya daripada yg nir atau belum diketahui.
g. Menyusun asal-sumberyang digunakan
Metode ini kurang diminati, kecuali Anda konfiden terhadap pembaca bahwa mereka sangat tertarik terhadap sumber informasinya. Anda bisa menggunakan cara ini apabila, misainya, Anda melaporkan seseorang pakar yang berpidato pada gedung perternuan dalam perusahaan Anda dan Anda diminta buat hadir.
h. Pemecahan Masalah
Cara yg terkenal ini membahas kasus terlebih dahulu, lalu diikuti menggunakan cara pernecahan masalahnya. Cara ini generik dipakai untuk mengorganisasi suatu. Presentasi yang bersifat persuasi.
3. Metode Outline
Setelah Anda menyusun atau mengorganisasi tubuh serta teks laporan, Anda akan mengatur judul (headings) serta subjudul (subheadings) dalam suatu outline. Suatu outline yg baik, khususnya buat laporan yg panjangnya 2 page atau lebih, outline merupakan alat yg paling penting serta hemat saat. Ia akan sebagai penuntun Anda pada menyusun laporan. Dalam suatu laporan panj ang (laporan formal), beliau j uga akan menj adi daftar isi laporan Anda.
Sebelum Anda menulis laporan, outline membantu Anda buat melihat interaksi antara topik, membandingkan proporsi serta judul, mengecek keterkaitan holistik di pada suatu susunan yang logis, serta menghilangkan tumpang tindih (overlapping). Sebelum Anda membahas judul serta subjudul, terlebih dahulu akan dibahas jenis-jenis judul, format outline, serta paralelisme pada judul.
a. Jenis-jenis judul
Di dalam penulisan laporan, jenis-jenis judul dapat digolongkan kedalam 4 judul, yaitu: (1) judul topik (topic headings), (2) judul kalimat lengkap (complete sentence headings), (3) judul kalimat imperatif (imperative sentence headings), dan (4) judul variant (variant headings). Judul topik adalah judul yg paling familiar atau umum. Mereka terdiri atas kata tunggal (istilah benda), beberapa kata, atau frase singkat. Judul kalimat lengkap selalu mencakup subjek serta predikat. Judul kalimat imperatif (misalnya perintah) dimulai menggunakan suatu istilah kerja serta tidak memiliki subjek. Judul variant umumnya dimulai dengan participle.
Berikut ini merupakan model jenis-jenis judul:
- Judul Topik: Persiapan atau Persiapan Sebelum Menulis Laporan
- Judul Kalimat Lengkap : Persiapan Adalah Penting Sebelum Menulis Laporan atau Persiapan Adalah Penting
- Judul Kalimat Imperatif : Siapkan Secara Efisien atau Siap Sebelum menulis Laporan
- Judul Variant : Mempersiapkan Sebelum Menulis Laporan
- Judul yang baik seharusnya kentara dan menerangkan subjek yg akan dijelaskannya. Di samping itu, jika sebuah istilah dipilih menjadi judul topik, maka sebaiknya dia nir menunjukkan pada suatu pengertian yang terlalu luas.
b. Format Outline
Untuk outline singkat/pendek (short outlines) (hanya tiga atau empat judul serta subjudul), Anda mungkin lebih baik menentukan format yang sederhana (simple). Sedangkan buat outline yang panjang, Anda bisa menggunakan salah satu berdasarkan ketiga cara yang tersedia.
Kombinasi angka-alfabet (numerical-letter combination) adalah yang paling populer dalam dunia usaha dan sekolah-sekolah. Sistem decimal (decimal system) lebih poly dipakai pada laporan sains serta teknik. Kombinasi alfabet -angka lebih banyak dipakai oleh mereka yang senang dengan alfabet -huruf sebelurn sampai pada judul utamanya.
Bila Anda menyusun judul dan subjudul, perlu diperhatikan lima hal yaitu:
1. Tempatkan inspirasi-pandangan baru yg paling krusial pada tingkatan tertinggi, pertimbangkanpanjanglaporan, subjek, serta pembaca.
2. Sedapat mungkin cobalah buat menjaga ekuilibrium masingmasing bagian.
3. Apabila Anda membagi suatu topik, paling t1dak Anda memiliki 2 subjudul, misalnya A. 1 serta A.dua.
4. Gunakan pertimbangan dengan baik, jangan terlalu poly dan jangan terlalu sedikit buat subjudul.
5. Tidak pernah menggunakan judul Laporan sebagai bagian judul.
C. Paralelisme dalam judul
Semua judul wajib paralel, adalah mempunyai taraf yang sama pada setiap bagian outline. Ini berarti bahwa mereka wajib mempunyai bentuk gramatikal yang sama, misalnya adalah istilah benda, frase, atau kalimat. Sebagai contoh, paralelisme kombinasi angka-huruf dapat digambarkan sebagai 1, 11, 111, IV, V; A, B, C, D di bawah 1; 1, 2, tiga di bawah ILA; I dan 2 di bawah ILB; a serta b dibawah II.B.dua serta seterusnya.
Comments
Post a Comment