ALUR PEMBUATAN BUKU PELAUT TERBARU

ALUR PEMBUATAN BUKU PELAUT TERBARU - Dengan berkembangan nya teknologi pada waktu ini menjadikan seluruh pelayanan berbasis teknologi internet dan komputer. Tak terkecuali dalam pelayanan Buku pelaut yang di keluatkan sang kementrian perhubungan.
Pada waktu ini pembuatan buku pelaut tinggal dalam gengaman anda, Tidak perlu mengantri lama ataupun tidak perlu kena calon, Untuk Biaya pun sekarang kementrian Perhubungan lebih Transparant dengan menerapkan Sistem pembayaran dalam bank online, Dan semua uang masuk kedalam kas negara melalui PNBP.

Alur Pembuatan Buku Pelaut

- Pelaut Memilih permohonan aflikasi

permohonan tadi terdiri ; Permohonan pembuatan kitab pelaut baru, pergantian kitab pelaut dan perpanjangan kitab pelaut

- Mengisi Form Permohonan

Di pada aflikasi tersebut terdapat form yg wajib di isi sang para pelaut yang akan membuat, mengganti atau memperpanjang kitab pelaut.

- Pilih lokasi Syahbandar Terdekat untuk mencetak Buku Pelaut

Syahbandar pelaut pada sini merupakan syahbandar perhubungan. Jadi Semisal domisili pada tegal maka bisa menciptakan kitab pelaut yg terdekat adalah syahbandar pelabuhan cirebon.

- Print Bukti Pendaftaran

Setelah form terisi semua maka dokumen pada print serta di simpan 

- Mendatangi syahbandar yg terdekat

Setelah Bukti pendaftaranan di Print lantas , pelaut menuju ke Syahbandar yang sudah di pilih. Serahkan Bukti pendaftaran yang telah pada print.

- Verifikasi Dokumen

Setelah dokumen pada terima sang syahbandar lantas dokumen tadi pada verifikasi. Apabila dokumen telah sesuai ke langkah selanjutnya

- pengambilan Foto

Pengambilan Foto di lakukan pada lokasi syahbandar. Tujuan nya buat meminimalisir adanya penipuan akan kitab pelaut palsu

- Pejabat syahbandar menyetujui permohonan Buku Pelaut

Persetujuan akan permohonan kitab pelaut di kirim melalu email si pelaut

- Cek email

Pengecekan email selain buat mengetahui akan di terima atau pada tolaknya permohonan , jua akan di lampirkan porto yang wajib pada keluarkan oleh pelaut pada membayar PNBP

- Bayar PNBP

Pembayaran dilakukan sesuai kode billing yg telah pada tentukan sang kementrian perhubungan

- Serahkan Bukti Pembayaran

- Pemrosesan Buku pelaut buat di cetak

- Pengesahan Oleh pejabat Buku pelaut

Comments