6 RESEP SAMBAL PECEL YANG BAKAL MEMBUAT KAMU JATUH CINTA DENGAN KULINER TRADISIONAL INDONESIA

Berbicara mengenai kuliner tradisional Indonesia sepertinya tidak mampu dipisahkan menggunakan cita rasa pedas, baik itu yang asal menurut bumbu rempahnya ataupun cabai. Salah satu yang paling terkenal adalah sambal.
Jika mendengar istilah sambal, niscaya kita langsung bersiap menikmati cita rasa pedas yg menggugah kesukaan. Entah kenapa warga Indonesia senang sambal. Mungkin karena dulu nenek moyang kita memang suka menggunakan rasa pedas.
Ada poly varian sambal pada Indonesia. CARA FLEXI pun telah poly mengulas resep sambal. Seperti, 3 resep sambal kecap sederhana yg bakal menciptakan kamu ketagihan sampai resep cara menciptakan sambal khas untuk bebek goreng Surabaya.
Dari sekian resep sambal yg pernah CARA FLEXI ulas, ada satu sambal yg namanya sama, tetapi banyak variannya. Yakni, sambal pecel.
Nah, pada kesempatan ini CARA FLEXI akan menaruh citra pada Anda mengenai 6 resep sambal pecel yang bakal bikin engkau lebih jatuh cinta lagi menggunakan masakan tradisional Indonesia. Yuk, eksklusif simak!
1. Sambal pecel khas Jawa

Sambal pecel khas Jawa ini berbahan kacang tanah goreng yang dihaluskan menggunakan cabai dan beberapa jenis bumbu dapur lainnya. Ini adalah sambal dasar buat menciptakan pecel sayur.
Nantinya, hampir seluruh sambal pecel dari sejumlah daerah menggunakan bumbu dan bahan yang sangat seperti. Jika ingin tahu lebih jauh tentang sambal pecel ini, penjelasan selengkapnya ada dalam resep pecel sayur khas Jawa.
2. Sambal pecel lele
Berbeda menggunakan sambal pecel yg dijelaskan sebelumnya, sambal pecel lele lebih seperti dengan sambal tomat (lihat resep sambal tomat multi guna) atau sambal terasi (resep sambal terasi spesial Sunda lezat banget).
Meski mirip tapi tentu bahan serta komposisi yang digunakan permanen ada bedanya. Hal itu jua yang membedakan kekhasan cita rasa sambal pecel lele ketimbang sambal sejenis lainnya.
Nah, Anda mampu menyelidiki cara membuat sambal tadi pada resep pecel lele bumbu tradisional. Selain menjadi pelengkap ikan lele goreng, sambal tadi juga biasa dihidangkan buat pelengkap ayam goreng maupun bebek goreng.
3. Sambal pecel wijen spesial Solo

Meski namanya sama-sama pecel, akan tetapi sambal pecel khas Solo ini tidak menggunakan kacang tanah goreng, melainkan wijen sangrai. Tentu saja cita rasanya sangat gurih.
Kuliner tradisional ini masih bisa Anda temukan di kota asalnya. Salah satunya yg cukup populer merupakan Pecel Ndeso Bu Ndari yg terletak di Jalan Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah.
Tapi, apabila tidak punya kesempatan berkunjung ke sana, Anda permanen masih mampu lho menikmati pecel wijen khas Solo menggunakan cara membuat sendiri pada rumah. Ini referensinya: resep pecel bumbu wijen kuliner spesial Solo Jawa Tengah.
4. Sambal pecel Sunda

Meski mirip dengan sambal pecel khas Jawa Tengah, namun bumbu yg dipakai dalam sambal pecel Sunda permanen terdapat yg beda. Ada kencur yang dibubuhi serta pada bumbu sambal pecel Sunda.
Tak heran apabila meski sama-sama menggunakan kacang tanah goreng, dibanding dengan sambal pecel dari wilayah lain, sambal pecel Sunda tetap menawarkan cita rasa tersendiri. Jika ingin menciptakan sendiri di rumah, silakan simak resep pecel sayur komplit khas Sunda.
5. Sambal pecel Medan

Meski bumbu yang dipakai sambal pecel Medan sangat mirip dengan sambal pecel Jawa juga Sunda, tetapi permanen ada yang beda. Perbedaan yang mencolok dalam bahan yg digunakan.
Pasalnya, tak hanya sayur yg menjadi isian pecel Medan. Tapi terdapat juga mie, telur, serta suwiran daging ayam.
Menggoda selera bukan? Ini referensinya: resep pecel mie Medan membuat program makan siang menjadi lebih spesial.
Meski sudah sporadis, tetapi masih ada beberapa pedagang pecel mie di Medan. Salah satunya merupakan Mie Pecel Mba Supia yang terletak pada Jalan Sei Putih Baru No. 16, Babura, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.
6. Sambal pecel Maduin

Dibanding sambal pecel spesial beberapa wilayah yg sudah disebut sebelumnya, sambal pecel Madiun jua punya ciri tersendiri. Kalau yg lain didominasi oleh rasa anggun, sambal pecel Madiun sebaliknya. Rasa asin yang lebih mendominasi.
Meski begitu, poly jua orang yg menggandrungi cita rasa sambal pecel Madiun ini. Bahkan, penggemarnya bukan cuma orang asli Madiun saja lho.
Di Madiun sendiri, warung pecel yg terkenal, diantaranya, Pecel Madiun 99 (Jl. Cokroaminoto No. 99, Kejuron, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur), Nasi Pecel Madiun Murni (Jl. H Agus Salim No. 138, Pandean, Taman), serta Nasi Pecel Yu Gembrot (Jl. Imam Bonjol No. 33, Klegen, Kartoharjo).
Namun kalau tidak punya kesempatan tiba ke sana, jangan risi, Anda mampu menciptakan sendiri pada rumah. Ini referensinya, resep pecel Madiun komplit enaknya serta resep bumbu pecel Madiun versi kemarau lebih tahan lama.
Nah, itu dia 6 resep sambal pecel yg dijamin bakal membuat Anda semakin jatuh cinta menggunakan masakan tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat!

Comments