WATAK TOKOH DALAM TEKS FANTASI AKU AN BUNG TOMO VERSI PUSTAMUN

Teks cerita fantasi yang berjudul 'Aku serta Bung Tomo' ada beberapa versi. Apalagi saat kita cari pada internet. Hal ini lantaran memang judul 'Aku dan Bung Tomo' merupakan salah satu model judul yang masih ada pada kitab teks bahasa Indonesia. Judul ini wajib dikembangkan menjadi cerita. Maka, masing-masing orang bisa menyebarkan ceritanya sendiri. Meskipun judulnya sama.
Dalam caraflexi.blogspot.com jua terdapat keliru satu versi cerita teks fantasi 'Aku serta Bung Tomo'. Bisa dibaca menggunakan cara KLIK DI SINI.
Nah, menurut model teks cerita fantasi 'Aku dan Bung Tomo'  yang terdapat pada pada blgo ini, bisa dianalisis unsur intrinsiknya. Khususnya dilihat menurut segi tabiat tokoh. Berikut ini hasil analisis watak tokoh pada teks cerita fantasi Aku serta Bung Tomo versi caraflexi.blogspot.com
Analisis Teks Cerita Fantasi Aku dan Bung Tomo

Tokoh pada Teks Cerita Fantasi

Tokoh pada teks cerita fantasi Aku serta Bung Tomo pada sini mampu dibagi menjadi dua. Yaitu tokoh utama dan tokoh figuran.
Tokoh utama adalah tokoh 'saya' yang sedang berjalan melintasi ruang ketika sehingga bertemu dengan tokoh 'Bung Tomo'. Jadi terdapat 2 tokoh utama, yaitu tokoh 'Aku' dan tokoh 'Bung Tomo'.
Ada pula tokoh figuran, tidak tampak sifat serta wataknya tapi mendukung jalannya cerita. Meskipun tidak disebutkan nama tokohnya tapi disebutkan perannya yaitu 'para pejuang' serta 'tentara Jepang - Sekutu'.
Untuk tokoh figuran tidak dapat dianalisis lebih jauh.
Watak Tokoh pada Teks Cerita Fantasi

seperti yang sudah dijelaskan pada atas. Tokoh yg sanggup dinalaisis merupakan tokoh 'Aku' serta tokoh 'Bung Tomo'. Berikut ini beberapa tabiat tokoh tadi yg mampu dianalisis dari cerita pada teks cerita fantasi.
Watak Tokoh Bung Tomo

Dalam teks cerita tadi, tokoh 'Bung Tomo' memiliki beberapa sifat ini dia.
Pemberani: Watak ini tampak menurut ucapan Bung Tomo kepada tokoh 'Aku'. Bung Tomo berani melawan penjajah meskipun senjata yang dimiliki sama sekali nir sebanding. Apabila hanya melihat kekuatan senjata yg dimiliki maka hampir dipastikan tentara pejuang Indonesia akan kalah dibanding tentara Jepang-Sekutu.
Tanggung Jawab: Tangggung jawabnya tabiat Bung Tomo tampak pada bagian cerita yg menggambarkan Bung Tomo turun tangan ikut berperang. Tidak hanya mengomando menurut jauh. Bahkan ikut terkepung musuh.
Watak Tanggung Jawab Bung Tomo jua tampak waktu Bung Tomo menyuruh 'Aku' untuk pergi ke daerah kondusif.
Religius: Watak Bung Tomo sebagai orang yang religius tampak pada  bagian yang menceritakan Bung Tomo memberi tahun kepada tokoh 'Aku' bahwa memang kalah urusan Tuhan. Dari sini, dapat diketahui bahwa Bung Tomo mempunyai keimanan yg tinggi, memasrahkan segala kejadian pada Tuhan. Bung Tomo hanya berharap, jika pun harus mangkat . Semoga mampu meninggal syahid membela kebenaran.
Watak Tokoh 'Aku'

Watak Tokoh 'Aku' dalam cerita Fantasi Aku serta Bung Tomo ada beberapa juga. Hal ini tampak menurut dialog tokooh serta perilakunya. Berikut ini beberapa sifat yg dimiliki (tabiat) tokoh 'Aku':
Religius-Rajin Beribadah: Hal ini tampak pada bagian awal cerita. Diceritakan bahwa, tokoh 'aku ' terselesaikan salat. Salat merupakan satu kewajiban umat beragama.
Rajin Belajar: Watak ini juga tampak dalam bagian awal cerita. Pada bagian awal ini. Tokoh 'Aku' sedang mengerjakan tugas pelajaran IPS menurut sekolahnya.
Pemberani: Keberanian Tokoh Aku tergambar dari cerita yang menjelaskan tokoh Aku mengikuti Bung Tomo bersembunyi. Tidak malah kabur.
Berpikir Cepat: Tokoh aku , pula sanggup berpikir cepat dan rela berkorban. Dia berpikir cepat buat mampu memakai HPnya buat menghubungi markas pejuang. Tokoh Aku juga mau memberikan HPnya kepada Bung Tomo.
Demikian Watak Tokoh dalam Cerita Fantasi Aku dan Bung Tomo dari versi pustamun. Semoga bisa memberikan gambaran dalam menganalisis Watak Tokoh pada Teks Cerita Fantasi. Salam Pustamun!

Comments