TIPS MENDIDIK ANAK USIA DINI

Tips Mendidik Anak Usia Dini - Sifat-sifat fundamental orang dewasa berdasarkan beberapa lembaga pendidikan usia dini adalah output berdasarkan pendidikan yg mereka peroleh ketika usia dini. Jadi tidak mengherankan jika anda melihat anak belia yang sangat manja serta tidak mau bekerja keras itu merupakan cerminan output dari didikan kecil yang terbiasa mendapat perlakuan manja. Pada usia dini anak akan sangat mudah menerima efek lingkungan disekitarnya.nah berikut ini merupakan tips dasar pendidikan usia dini yang dikutip berdasarkan sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yg bermarkas pada jakarta pusat:

Komunikasi Yang Baik
Komunikasi yg baik adalah kunci primer keberhasilan orang tua mendidik putra-putrinya. Biasakan buat selalu berkomunikasi dengan si kecil. Posisikan diri anda bukan hanya sebagai orang tua, pelindung, pembimbing tetapi juga menjadi seseorang teman bagi anak anda. Berikan kesempatan untuk anak anda menceritakan segala sesuatu yang dia temui atau ia hadapi. Dengan begini anak akan menggunakan mudah buat berkomunikasi menggunakan anda tanpa rasa canggung, anak akan terbiasa terbuka dengan anda dan akan meminta saran ataupun petunjuk anda bila mereka menghadapi kasus.
Tanamkan Sikap Bertanggung Jawab 
Tanamkan rasa bertanggung dalam diri anak supaya dari kecil terbiasa mempunyai rasa tanggung jawab. Sebagai model saja apabila habis bermain sebaiknya supaya dia merapikan mainan dan mengembalikannya ke loka semula.
Selain mengajari Pendidikan Formal ajarkan Agama dan Etika semenjak Dini
Hal ini sangat penting dengan pembelajaran formal mereka akan mampu menangkap ilmu pengetahuan yang poly dan luas sedang menggunakan pembelajaran agama sejak dini mereka akan mngetahui mana yg baik serta boleh dilakukan dan mana yang galat dan nir boleh dilakukan. Sebagai contoh saja ajak anak anda mengikuti atau minimal melihat saat anda sholat (bagi yg beragama islam). Setiap anak mini memiliki rasa pengen tau yang sangat tinggi, buat itulah disini peran anda buat mengarahkan, memberi pengertian dan membekali mereka dengan ilmu yang poly.
Biasakan Menanamkan Disiplin Sejak dini
Disiplin didapat dari didikan dan keterbiasaan dari anak usia dini. Mereka akan melakukan apa yang biasa mereka lakukan berdasarkan kecil. Sebagai contoh buat menanamkan rasa disiplin dalam diri anak anda adalah sebagai berikut:
  • Biasakan membangunkan anak jika mereka terlambat bangun pagi.
  • Ajari mereka buat membiasakan mandi atau ganti baju sendiri.
  • Temani serta ajak belajar bila saatnya belajar.
  • Biasakan membimbing dan mengajari mencari jawaban dalam anak bukan memberikan kunci jawabannya.
Biasakan Anak Melakukan pekerjaan Ringan
Hal ini sangat penting terutama agar anak anda nir memiliki sifat manja yang berlebihan. Biasakan anak  anda dan ajak mereka membantu ketika anda menyapu atau membersihkan kamarnya. Sealain mereka akan mampu menjaga kebersihan tugas-tugas ringan seperti ini akan membuatnya berdikari serta nir manja, tentu saja tugas-tugas atau pekerjaan yang nir berat dan mereka sanggup melakukannya.
Jika Nakal Tegur & Beri Pengarahan
Hal yang biasa terjadi serta wajar apabila anak anda nakal. Anak-anak memang aktif dalam usia dini serta lumrah bila mereka melakukan kenakalan. Yang anda lakukan merupakan menegur dan menaruh pada mereka.
Tanamkan Hal Baik pada Diri Anak di Usia dini
Dengan membimbing dan memberi arahan yang baik akan membuatkan sifat dan perilaku pada diri anak. Minta dalam anak meminta maaf pada anak lain apabila mereka melakukan kesalahan dan beri arahan apabila yg mereka lakukan itu galat. Ajari anak buat mengucapkan terima kasih apabila mereka diberi sesuatu atau mereka ditolong.
Hukuman , penghargaan serta Pujian itu Perlu
Yang dimaksud sanksi disini merupakan tindakan yang dilakukan supaya anak tidak mengulangi lagi kesalahan yg seringkali mereka lakukan menjadi contoh saja anda akan mengurangi uang jajan mereka apabila anak tak jarang bermain jauh menurut tempat tinggal dan lupa ketika. Namun Pujian pula perlu dilakukan supaya anak anda termotivasi melakukan hal yang lebih maju lagi. Sebagai contoh saja anda memberikan pujian apabila mereka melakukan hal yg baik atau mendapat nilai yg bagus pada kelasnya. Anda juga berjanji akan memberi penghargaan apabila dia mempertahankan nilainya itu dengan memberikan hadiah. Dengan begini anak akan lebih termotivasi untuk berbuat yg lebih baik lagi.
Demikianlah sedikit yg sanggup aku sampaikan buat mendukung kegiatan pembelajaran anak dalam usia dini. Tentu saja masih poly faktor yang dibutuhkan pada pendidikan usia dini ini. Untuk itu jika ada saran atau tambahan silahkan berkomentar di kotak komentar yang telah disediakan.

Comments