SEJARAH DAN PERKEMBANGAN AKUNTANSI

Sejarah Dan Perkembangan Akuntansi 
1. Evolusi Pembukaan Pencatatan Berpasangan
a. Sejarah Awal Akutansi 
Berbagai percobaan sudah dilakukan buat menyatakan lokasi serta ketika dari lahirnya sistem pencatatan berpasangaN yg sudah membentuk banyak sekali skenario. Ke banyakan skenario tadi mengakui adanya kehadiran suatu bentuk pelaksanaan pencatatan disebagian akbar kebudayaan sejak sekitar 3000 tahun sebelum masehi.

Littleton menciptakan daftar tujuh prasarat bagi luncurnya pembukaan yang sistematis :
Seni penulisan (the art of writing), lantaran pembukuan dalam intinya adalah sebuah catatan; aritmetika (arithmetic), lantaran aspek mekanik menurut pembukuan mengandung adanya serangkaian perhitungan sedehana; milik langsung (private property), karena pembukuan hanya berkepentingan dengan pencatatan liputan-kabar tentang harta benda dan hak miliknya; uang (maney) yaitu transaksi yg belum terselesaikan, lantaran tidak akan terdapat dorongan buat menciptakan catatan apa ada loka ketika itu jua, perdangangan (commerce), karena sebua penjualan lokal saja tidak akan membentuk cukup tekanan (volume usaha) untuk merangsang insan mengkoordinasikan banyak sekali pemikiran kedalam suatu sistim; kapital (capital), karena tanpa modal perdagangan nir akan berarti dan hadiah kredit menjadi sesuatu yg tidak mungkin bisa dibayangkan.

Masing-masing kebudayaan kuno yang disebutkan diatas telah meliputi prasarat-prasarat tersebut, sekaligus mengungkapkan mengapa telah terdapat semacam pembukuan dedalamnya. Apabila kita ingin melacak ilmu yang penting ini (akuntansi) pulang keasal usulnya, kita secara alamiah akan menduga rendezvous pertanyaan akan dari para pedagang yang pertama; serta tidak seorangpun yang layak menjamin hal itu tersebut dalam masa itu selain orang-orang arab. Menunjukkan kejayaanya pada dunia, perdamaian, memperoleh pemikiran melakukan perdagan tadi melalui internasional dengan bangsa tersebut; serta sebagai konsekwensinya, dari merekalah orang-orang mesir harus melakukan suatu bentuk pertama berdasarkan akuntansi, yg menurut cara perdagangan yg umum, dikomunikasikan seluruh kota-kota ditimur tengah. Bisnis perdagangan, yang utuk setiap kota-kota perdagangan di eropa di hubungakan sang orang-orang lombardia, ikut jua memperkenalkan metode mereka pada pencatatan rekening, melalui penggunaan pencatatan berpasangan ; yg sekarang dikenal menggunakan sebutan pembukaan italia. 

Pembukaan italia ini berkembang, seiring dengan perkembangan perdagangan berdasarkan republik italia serta mpenggunaan metode pembukaan pencatatan berpasangan ke abad 14. Kitab pencatatan berpasangan yg pertama kali di kenal merupakan pembukaan masyari dari genua, yang bertanggal sejak tahun 1340 . 
Kontribusi luca pacioli 

Nama luca pacioli, seseorang pastur dari ordo pranciscus, dalam umumnya pada asosialisasikan menggunakan pengenalan pembukaan pencetaan berpasangan buat pertama kalinnya. Pada tahun 1494 ia menerbitkan bukunya, Summa de arithmatice geometria, proportioni et proportionalita yg didalamnya terdapat dua buah bad-de dikomputis et scripturis yang mengungkapkan pembukaan pencatatan berpasangan. Ia menyatakan bahwa tujuan pembukaan merupakan buat memberikan keterangan yg nir tertunda pada para pedagang mengenai keadaan aktiva dan hutang-hutangnya. Debit (adebeo) dan kredit (credite) digunakan pada pencatatan buat memastikan sebuah pencatatan berpasangan. Ia menyampaikan, “seluruh pencatatan haarus berpasangan. 

Yaitu, jika anda menciptakan seseorang kreditor, maka anda wajib membuat seorang rebitor”. Tiga kitab digunakan disini.:sebuah memorandum, sebuah jurnal, dan sebuah buku besar . Pada waktu yg bersamaan, mengingat umur yang pendek berdasarkan perusaha-perusahaan usaha, Pacioli menyerahkan perhitungan menurut laba suatu periode serta penutupan kitab . 

Dibawah ini adalah saran yang diberikan : 
Merupakan suatu hal yg beik buat menutup kitab setiap tahun, terutama apabila anda memiliki kolaborasi kemitraan dengan pihak-pihak lain. Sringnya melakukan pencatatan akuntansi akan memperpanjang persahabatan. 

Perkembangan Pembukaan Pencatatan Berpasangan 

Perkembangan tadi meliputi hal-hal berikut adalah :
1. Kurang lebih aba ke-16 terjadi beberapa perubahan bilangan teknik-teknik pembukaan. Perubahan yang catat merupakan diperkenankan jurnal-jurnal khusus buat pencatatan aneka macam jenis transaksi yang tidak sinkron.
2. Pada abad-16 serta 17 terjadi revolusi dalam praktik laporan keuangan periodik. Sebagai tambahan lagi, pada abad ke 17 serta abad 18 terjadi evolusi pada personifikasi berdasarkan seluruh akun dan transaksi, sebagai suatu usaha untuk merasionalisasikan anggaran debit dan kredit yg dipakai dalam akun-akun yang nir niscaya hubungannya serta abstrak.
3. Menerapkan sistem pencatatan berpasangan pula diperluas ke jenis-jenis organisasi yang lain. 
4. Abad ke 17 jua mencatat terjadinya penggunaan akun-akun persediaanya berpisah buat jenis barang yang tidak sinkron.
5. Dimulai menggunakan east india company pada abad ke-17 dan selanjutnya pada ikuti menggunakan perkembangan tersebut, seiring dengan revolusi industri, akuntansi mendapatkan status yg lebih baik, yg ditunjukkan dengan adanya kebutuhan akan akuntansi biaya , dan kepercayaan yang diberikan kepada konsep-konsep mengenai kelangsungan, perioditas, dan akrual.
6 Metode-metode buat pencatatan aktiva tetap mengalami evolusi dalam abad ke-18.
7 Sampai Dengan Awal Abad Ke-19, Depresiasi Untuk Aktiva Tetap Hanya diperhitungkan dalam barang dagangan yang tidak terjual.
8 Kuntansi biaya muncul pada abad ke-19 menjadi sebuah hasil berdasarkan revolusi industri.
9 Pada paruh terakhir menurut abad ke-19 terjadi perkembangan pada teknik-teknik akuntansi buat pembayaran dibayar pada muka dan akrual, menjadi cara buat memungkinkan dilakukannya perhitungan darri keuntungan periodik.
10 Akhir abad ke-19 serta ke-20 terjadi perkembangan pada laporan dana.
11 Di abad ke-20 terjadi perkembangan pada metode-metode akuntansi buat info-gosip kompleks, mulai menurut perhitungan keuntungan persaham, akuntansi buat perhitungan usaha, akuntansi buat inflasi sewa jangka panjang serta purna tugas, hingga dalam masalah peting berdasarkan akuntansi menjadi produk baru dari rekayasa keuangan (financial engineering). 

2. Perkembangan Prinsip-Prinsip Akuntansi Di Amerika Serikat 
a. Tahap Kontribusi Manajemen (1900-1933) 
Pengaruh manajemen di pada formulasi prinsip-prinsip akuntansi ada dari meningkatnya jumlah pemegang saham dan peranan ekonomi dominan yg di mainkan oleh perusahaan-perusahaan industri selesainya tahun 1990. Pemain primer pada masa itu adalah asosiasi akuntan profesional, American institute of accountans (AIA). 

Posisi menurut AIA atas permintaan berdasarkan komisi dagang federal (fedeal trade comission-FTC) 
Adalah bahwa “nir ada biaya panjualan, beban bunga atau beban administrasi di dalam biaya overhead pabrik”. Penentang atas posisi menurut institute ini menghadapi pernyataan pada dalam laporan yang mengungkapkan “di perhhitungkannya bunga di pada biaya produksi merupakan teori yg tidak berdasar serta keliru, dan bisa dikatakan mustahil (absurd) pada pada praktiknya”. Pihak yang menentangnya pun mengalami kekalahan. Kejadian krusial yang lain dimasa itu adalah meningkatnya imbas menurut teori akuntansi terhadap perpajakan atas keuntungan bisnis. Meskipun undang-undang pendapatan tahun 1913 sudah memberikan dasar kalkulasi laba kena pajak dengan dasar penerimaan dan peneluaran kas, undang-undang tahun 1918 adalah yang pertama mengakui peranan berdasarkan mekanisme akuntansi di dalam penentuan laba kena pajak.

b. Tahap Kontribusi Institusi (1933-1959)
1. Pada tahun 1934, kongres membentuk SEC menggunakan tugas untuk mengelola majemuk hukum-hukum investasi federal, termasuk undang-undang sekuritas pada tahun 1933 yang mengatur penerbitan sekuritas pada pasar-pasar antar negara bagian serta undang-undang sekuritas tahun 1934 yang mengatur perdagangan sekuritas.
2. Setelah publikasi yg dilakukan oleh ripley pada pada satu artikel yg mengkritik teknik-teknik pelaporan sebagai sesuatu yg memperdayakan, Geoge O. May, kebangsaan Inggris, mengusulkan agar Institut Akuntan Publik Bersertifikat Amerika (American Institute of Certified Public Accountant-AICPA) memulai sebuah bisnis kerja sama dengan bursa efek. Sebagai akibatnya, komite khusus dari AICPA melalui kerja sama menggunakan Bursa Efek menyarankan solusi generik berikut adalah:

Alternatif yg lebih praktikal adalah menaruh setiap perusahaan untuk bebas memilih metode-metode akuntansinya sendiri di pada batasan yg sangat luas. Tetapi mengharuskan adanya pengungkapan dari metode yg dipergunakan serta konsistensi pangaplikasiannya berdasarkan tahun ke tahun. Sebagai tambahan, komite mengusulkan percobaan resminya yang pertama buat mengembangkan teknik-teknik akuntansi yg berlaku umum. Dikenal menjadi “prinsip-prinsip umum” (board principles).

3. Setelah diterbitkannya ASR No. 4 oleh SEC, yg menantang profesi akuntan buat menaruh “dukungan subtansial menurut yang berwenang” menurut prinsip-prinsip yg berlaku, dan meningkatnya kecaman menurut Asosiasi Akuntansi Amerika (American Accounting Association) dan para anggotanya yang baru saja dibentuk, Institut selanjutnya di tahun 1938 memutuskan memberikan kuasa kepada Komite Prosedur Akuntansi (Committee Accounting Procedure-CAP) buat mengumumkan keputusannya.

c. Tahap Politisasi (1973-Sekarang)
Keterbatasan yg dimiliki sang baik asosiasi profesional juga manajemen di pada memformulasikan suatu teori akuntansi sudah menunjuk kepada pengadopsian suatu pendekatan yang lebih deduktif sekaligus melakukan politisasi atas proses penetapan standarnya sebuah situasi yang diciptakan oleh pandangan yang berlaku umum bahwa angka-angka akuntansi memengaruhi prilaku berekonomi serta menjadi konsekuensinya, anggaran-anggaran akuntansi hendaknya dibentuk pada pada arena politik. 

Sejak awal, FASB sudah menerapkan sebuah pendekatan deduktif dan quasi politik pada formulasi berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi. Hal yang oleh FASB menerima nilai yg lebih baik, pertama, menggunakan adanya usaha buat mengembangkan suatu kerangka kerja teoritis atau kesepakatan pada akuntansi, dan kedua, dengan lahirnya aneka macam grup yg berkepentingan, yang kontribusinya diharapkan bagi penerimaan “umum” atas standar baru. Oleh karena itu, proses penetapan baku memiliki aspek politisi di dalamnya.

Proses berdasarkan penetapan standar dapat digambarkan menjadi demokratis karena, misalnya semua badan produsen peraturan, hak Dewan untuk membuat peraturan dalam akhirnya akan sangat bergantung pada persetujuan menurut pihak yg diatur. Namun lantaran penetapan baku membutuhkan beberapa perspektif, maka tidaklah sempurna bila suatu baku ditetapkan menggunakan hanya didasarkan pada penggambaran menurut para pemilihnya. Hal yang serupa pula, proses tersebut dapat diuraikan menjadi legislatif lantaran penetapan standar harus dimusyawarahkan serta karena seluruh pandangan harus didengarkan.

Tetapi para penyusun baku dibutuhkan buat dapat mewakili semua pemilih sebagai satu kesatuan serta tidak enjadi perwakilan berdasarkan sekelomppok pemilih eksklusif. Proses ini dapat diuraikan sebagai bersifat politis kaarena terdapat satu usaha pembelajaran yg terkait menggunakan usaha buat menerima penerimaan sstu standar

3. Akuntansi Dan Kapitalisme
Akuntansi serta kapitalisme saling dikaitkan sang beberapa sejarawan ekonomi menggunakan adana klaim generik bahwa pembukuan pencatatan berpasangan adalah suatu hal yg vital didalam perkembangan evolusi berdasarkan kapitalisme. Max Weber menekankan argumentasi sebagai berikut:

“organisasi terbaru yg rasional berdasarkan perusahaan kapitalistis nir akan mungkin terjadi tanpa adana faktor krusial di dalam perkembangannya : pemisahan usaha berdasarkan tempat tinggal tangga dan berkaitan erat dengannya, pembukuan yg rasional”.

Hubungan antara akuntansi serta kapitalisme in selajutnya di kenal sebagai tesis atau Argumen Sombart. Ia mengemukakan bahwa transfortasi aktiva mejadi nilai-nilai tak berbentuk serta aktualisasi diri kuantitatif dari aktivitas bisnis, serta akuntansi yg sistematis pada bentuk pembukuan pencatatan berpasangan menciptakan adanya kemungkianan buat seorang wirausahawan yg kapitalis buat seseorang wirausahawan yg kapitalisme buat merencanakan, melakukan, serta mengukur impak dari aktivitas yg beliau lakukan serta melakukan pemisahan berdasarkan pemilik dan bisnis itu sendiri, sebagai akibatnya memungkinkan adanya pertumbuhan bagi perusahaan. Empat alasan berikut umumnyamuncul untuk mengungkapkan peranan menurut pencatatan berpasangan dalam ekspansi ekonomi.
1. Pencatatan berpasangan memberikan donasi bagi keluarnya perilaku baru atas kehidupan ekonomi
2. Semangat baru melakukan akuisisi ini di dukung serta didorong sang adanya pemugaran menurut perhitungan-perhitungan irit.
3. Pembukuan pencatatan berpasangan mengisinkan adanya organisasi yang sistematis.
4. Pembukuan pencatatan berpasangan mengizinkan adanya pemisahan atas kepemilikan serta manajemen dan karenanya mempertinggi pertumbuhan menurut perusahaan besar dengan saham campuran.

Yamey mengindikasikan bahwa para usahawan di abad ke 16 hingga menggunakan abad-18 tidak pernah memakai pembukuan menggunakan pencatatan berpasangan buat melacak laba dan modalnya, tetapi hanya menggunakannya buat mencatat suatu transaksi. Ia berkata :

“Sistem pencatatan berpasangan hanyalah menambahkan sedikit menurut pemberiankerangka kerja dimana data akuntansi dapat ditempatkan dan ad interim datanya bisa pada atur, dikelompokkan, serta dikelompokkan ulang kembali. Sistem nir menggunakan sendirinya menentukan rentang dari data yg wajib dimasukkan kedalam satu aturan tertentu, juga memaksakan adanya pola tertentu dalam perguruan internal dan perguruan ulang data:.

4. Relevansi Sejarah Akuntansi
Sejarah akuntasi penting bagi pengajaran, kebjakan, serta praktek akuntansi. Sejarah memungkinkan kita buat bisa “lebih baik tahu masa sekarang dan meramalkan atau mengendalikan masa depan kita:’

Berkaitan dengan pengajaran, sejarah akuntansi bisa sangat bermanfaat buat menaruh pemahaman dan apresiasi yg lebih baik mengenai bidang akuntasi dan evolusinya menjadi satu ilmu sosial. Satu pemikiran yg indah akan relevansi menurut sejarah akuntansi terhadap pengajaran diuraikan dibawah ini :

Pertama-tama, suatu profesi yang berdasarkan dalam traadisi ang dikembangkan selama berabad-abad seharusnya mendidik para anggotanya buat lebih menghargai warisan intelektual yang mereka miliki. Kedua, adanya inpor keunggulan-keunggulan pemikiran, kontribusi -donasi besar pada literatur, dan studi-studi positif yg penting mungkin saja akan hilang, terpragmentasikan, atau dipelajari secara nir sempurna didalam jangka saat yg lebih panjang kecuali bila mereka sudah di dukumentasikan serta digabungkan sang orang-orang terpelajar yg memilliki keahlian sejarah. Ketiga, tanpa memiliki akses kepada analisis dan interprestasi menurut sejarah perkembangan pemmikiran dan praktik akuntansi, para emperis saat ini akan beresiko berdasarkan investigasi yg mereka lakukan pada kalim-klaim atas masa lalu yang tidak lengkap atau tidak berdasar.

Berkaitan menggunakan praktek akuntansi, sejarah akuntansi dapat menaruh penilaian yang lebih baik atas praktek-praktek yang berlaku menggunakan melakukan perbandingan terhadap metode-metode yg pernah digunakan dimasa lalu.

5. Isu-Isu Akuntansi Internasional
i. Definisi Akuntansi Internasional
Konsep berdasarkan akuntansi universal atau global adala yg paling luas ruang lingkupnya. Konsep ini mengarahkan akuntansi internasional menuju formulasi serta studi atas satu gugusan prinsip-prinsip akuntansi yang diterma secara universal. Tujuannya merupakan untuk mendapatkan satu standardisasi lengkap atas prinsip-prinsip akuntansi secara internasional.

Di pada kerangka kerja konsep ini, akuntansi internasional di anggap sebagai sebuah sistem universal yang dapat diterapkan disemua negara. Sebuah seperangkat prinsip-prinsip akuntansi yg beralaku umum (generally accepted accounting principles-GAAP) yang diterima diseluruh dunia, seperti yang berlaku di amerika perkumpulan, akan dibentuk, praktik dan prinsip yg dikembangkan akan bisa diberlakukan diseluruh negara. Konsep ini akan sebagai target tertinggi berdasarkan suatu sistem internasional.

Konsep berdasarkan akuntansi konpratif atau akuntansi internasional mengarahkan akuntansi internasional kepada studi pemahaman atas perbedaan-perbedaan nasional pada dalam akuntasi perusahaan serta praktik-praktik pelaporan.
1. Kesadaran akan adanya keragaman internasional didalam akuntansi perusahaan
2. Pemahaman akan prinsip-prinsip serta praktik-praktik akuntansi dari masing-masing negara.
3. Kemapuan untuk menilai dammpak berdasarkan beragamnya praktik-praktik akuntansi pada pelaporan keuangan 

Munculnya paradigma baru didalam akuntansi internasional memperluas kerangka kerja serta pemikiran buat memasukkan ilham-pandangan baru baru menurut akuntansi internasional. Sebagai akibatnya, konsep-konsep serta teori-teori akuntasni yg dibuat oleh Amenkhienan buat memasukkan hal-hal sebagai berikut :
1. Teori universal atau dunia
2. Teori multinasional
3. Teori konparatif
4. Teori transaksi-transaksi internasional 
5. Teori transalasi

Masing-masing teori-teori pada atas menaruh dasar atas pengembangan berdasarkan sebuah kerangka kerja konseptual untuk akuntansi internasional. Miskipin akan masih ada argumentasi mengenai teori manakah yang akan lebih disukai

ii. Harmonisasi Standar Akuntansi 
Arti haarmoni standar akuntansi 
Istilah harmoni standar akuntansi sebagai kebaikan berdasarkan standardisasi memiliki arti sebuah rekonsiliasi atas berbagai sudut pandang yg tidak selaras. Istilah ini lebih bersifat menjadi pendekatan mudah serta mendamaikan dari dalam standardisasi berarti prosedur-mekanisme yang dimiliki oleh satu negara hendaknya diterapakan sang seluruh negara yang lain. Harmonisasi sebagai suatu bagian yg krusial buat menghasilkan komonikasi yg lebih baik atas suatu fakta agar bisa diartikan dan dipahami secara internasional.

Definisi berdasarkan harmonisasi tesebut dianggap lebih realistis serta mempunyai kemungkinan lebih besar buat diterima dari pada standardisasi. Setiap negara berasal mempunyai perpaduan anggaran, filosofi, serta sasarannya masing-masing di taraf nasional, yg ditujukan pada perlindungan atau pengendalian dari asal-asal daya nasional.

Manfaat berdasarkan harmonisasi
Terdapat beragam keuntungan dai harmonisasi. Pertama, bagi poly negara, belum terdapat suatu baku kodifikasi akuntansi serta audit yang memadai. Standar yang diakui secara internasional tidak hanya akan akan mengurangi b iaya penyiapan untuk negara-negara tadi melainkan jua memungkinkan mereka buat dengan seketika sebagai bagian dari arus utama standart akuntansi yang berlaku secara internasional. Kedua, internasionalisasi yang berkembang menurut perekonomian dunia dan menaikkan saling ketergantungan menurut negara-negara didalam kaitannya dengan perdagangan serta arus investasi internasional adalah argumentasi yang utama berdasarkan adanya suatu bentuk standart akuntansi dan audityang berlaku secara internasional. Ketiga, adanya kebutuhan menurut perusahaan-perusahaan buat memperoleh kapital dari luar, mengingat tidak cukupnya jumlah keuntungan di tahan buat mendanai proyek-proyek serta pinjaman-pinjaman luar negeri yang tersedia, telah menaikkan kebutuhan akan harmonisasi akuntansi.

Comments