RESOLUSI PENYELESAIAN MASALAH CERITA BELAJAR DENGAN GAJAH MADA SEBUAH ANALISIS STRUKTUR TEKS CERITA FANTASI

Seperti yg telah dijelaskan sebelumnya pada Komplikasi serta Rangkain Peristiwa Teks Cerita Fantasi 'Belajar denga Gajah Mada' bagian teks cerita fantasi yang berisi komplikasi nir memuat penyelesaian masalah. Penyelesaian perkara masih ada pada Resolusi.
Maka menurut itu, resolusi berisi 2 hal:
a) Penyelesaian kasus yg tergantung menurut bagian komplikasi.
b) Akhir cerita yang biasanya senang .
Berikut ini adalah output analisis teks cerita fantasi bagian resolusi.
Terlebih dahulu kita lihat dan baca bagian resolusi teks cerita 'Belajar Bersama Gajah Mada' berikut adalah:

Selesai Dani menyelesaikan kalimatnya,  terdengar dentuman keras. Buuuum...! Seakan ada yg mengangkat mereka bertiga datang-tiba sudah kembali berada di area Candi Trowulan  loka mereka melakukan pengamatan. Ketiganya mengusap mata. Seakan tidak percaya mereka saling berangkulan.  

“Benar istilah Gajah Mada tadi...” Handi berucap lirih. 

“Iya kita nir relatif hanya hanya menggunakan pintar” Ardi mengatakan hampir tak terdengar. 

“Ya kita harus mempunyai konduite yg baik...” Dani berteriak lantang sembari menyeret ke 2 temannya  menuju area candi yg harus diamati. Mereka bertiga bertekad merampungkan tugasnya tepat waktu. Seperti biasanya mereka bekerja keras buat membuat sebuah karya.

Penyelesaian masalah pada cerita di atas merupakan berupa kembalinya tiga tokoh anak yang terdapat pada cerita tersebut yaitu Dani, Ardi, serta Handi, ke Candi Trowulan setelah terjebak pada masa lalu dan bertemu dengan Gajah Mada.
Ardi, Dani, serta Handi sanggup pulang setelah sanggup menjawab pertanyaan 'apa yang dilakukan' oleh Gajah Mada. Jaaban terakhir sahih karena ketiganya nir mementingkan diri sendiri, melainkan pula wajib menghormati orang lain.
Di akhir cerita, ketiganya mengambil konklusi bahwa, kita seluruh harus mempunyai perilaku yang baik. Jadi, pintar saja tidak diperbolehkan.
Untuk lebih memudahkan tahu teks cerita fantasi bisa dibaca pula: Biografi Singkat Gajah Mada, Trowulan,  serta Hubungannya dalam Cerita Fantasi 'Belajar menggunakan Gajah Mada'.

Comments