PENGERTIAN TUJUAN DAN FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING

Pengertian, Tujuan serta Fungsi Bimbingan serta Konseling
Penggunaan bahasa yg melibatkan kesesuaian pembicaraan pendengaran dalam suatu dialog bukan hanya gambaran bagaimana membicarakan makna serta gagasan melainkan bukti hubungan sosial. Penggunaan bahasa tadi dianggap menjadi fungsi bahasa buat membuka saluran komunikasi serta membangun interaksi diantara rakyat sekolah khususnya guru pembimbing dengan siswa.

Dalam suatu dialog antara pengajar pembimbing (konselor) menggunakan siswa (klien) dalam proses bimbingan serta konseling tidak akan mengajukan bahasa-bahasa yg tidak kontroversial tetapi dipilih secara hati-hati sesuai syarat siswa sebagai akibatnya cenderung menghasilkan persetujuan bersama pada hal mengatasi atau merampungkan suatu masalah.

Betapa pentingnya peranan bahasa pada berkomunikasi, sebagai akibatnya keterampilan berbicara bagi kehidupan manusia sangat diperlukan. Billow (Pateda, 2004:62) menyatakan “ bahasa terutama merupakan berbicara”. Berbicara berarti menggunakan bahsa lisan secara aktif. Penggunaan bahsa lisan secara aktif ini dalam kaitannya menggunakan proses bimbimgan dan konseling mampu saja berwujud perintah, pertanyaan, dorongan, asa, saran, permintaan, pengakuan, penerangan atau menaruh penerangan

Sehubungan menggunakan hal tadi secara rinci pada proses bimbingan mengandung ciri-ciri menjadi berikut : 1) adanya tujuan yg ingin dicapai, 2) terdapat bahan/pesan yg sebagai isi hubungan, 3) terdapat peserta didik yg aktif mengalami, 4) ada guru yang melaksanakan, 5) ada metode buat mencapai tujuan, 6) ada situasi yang memungkinkan proses bimbingan dan konseling berjalan dengan baik, 7) terdapat evaluasi terhadap hasil hubungan.

Ini menerangkan bahwa peranan bahasa khususnya bahasa instruksi pada proses bimbingan dan konseling adalah suatu komunikasi atau hubungan yg melibatkan pengajar pembimbing (konselor) dan siswa (klien) menggunakan maksud buat mencapai tujuan bimbingan yaitu: 1) peserta didik bisa mengenal dirinya sendiri dan lingkungan dimana dia berada serta kekurangan/kelemahan pada dirinya, dua) dapat mendapat diri sndiri serta lingkungan secara positif dan bergerak maju atau apa adanya, 3) dapat mengambil keputusan sendiri mengenai banyak sekali hal, 4) bisa mengarahkan diri sendiri yang didasarkan dalam keputusan yang diambil sesuai apa yang terdapat padanya, lima) perwujudan diri sendiri/ siswa dapat merealisasikan dirinya sendiri. Jadi komunikasi antara siswa serta guru atau guru pembimbing menggunakan peserta didik memegang peranan penting dalam keberhasilan proses bimbingan serta konseling. Guru memiliki peran buat mengarahkan, membimbing, menaruh dorongan dan motivasi kepada pserta didik dengan bahasa instruksi yg sesuai kebutuhan serta syarat peserta didik itu sendiri.

Sesuai dengan uraian diatas, tampak jelas bahwa bimbingan dan konseling menjadi keliru satu organisasi dan kegiatan acara pendidikan pada sekolah menengah pertam perlu di kelolah serta dikembangkan agar dapat menghasilkan produk atau hasil belajar secara optimal. General A. Glad Stein (pada Sarono, 2005:6) Mengemukakan bahwa layanan bimbingan dan konseling yang bemutu itu sanggup membantu murid, nir hanya mengatasi kasus-perkara pendidikan serta pekerjaan tetapi jua bisa mengatasi kasus-masalah eksklusif anak didik.

Sesuai harapa guru mata pelajaran Robert F. Gibshon (dalam Sarono, 2005:6) berpendapat bahwa layanan bimbingan serta konseling yang bermutu itu mampu membantu guru mengurangi perilaku siswa yg sebagai penyebab keributan atau gangguan di kelas, dan membantu proses pengajaran gampang dan efektif.

Berkaitan menggunakan harapan ketua sekolah Darrel H. Hart serta Donald J. Prince (pada Sarono, 2005:6) menyatakan pendapat bahwa layanan bimbingna serta konseling yang bermutu itu wajib bisa membantu memecahkan masalah, memperlancar keberhasilan belajar anak didik , serta membantu memecahkan perkara pendidikan dan karir anak didik.

Untuk mengatasi perkara-masalah yang dihadapi siswa merupakan bekerja sama menggunakan pengajar pembimbing (konselor sekolah) dengan cara menaruh layanan konseling individual.” Konseling individual “mengandung makna bagaimana seorang berbicara menggunakan orang lain menggunakan tujuan buat membantu supaya terjadi perubahan konduite kearah positif berdasarkan orang yg dibatu.

Dalam konseling individual, ke 2 belah pihak harus bekerja sama supaya klien dapat tahu diri serta permasalahannya serta mampu berbagi potensi positif pada dirinya, dan bisa memecahkan masalahnya sendiri yg tentunya atas bantuan serta kepakaran konselor, karena itu seseorang konselor yg beranjak pada aneka macam interaksi antar insan harus di lengkapi menggunakan ilmu konseling, ilmu penunjang lain seperti psikologi, antropologi, sosiologi dan ilmu-ilmu lain yang bersinggungan menggunakan perilaku manusia. Selanjutnya konselor wajib mempunyai keterampilan konseling yaitu menguasai tekhnik-tekhnik konseling pada setiap tahapan proses konseling. Tahap awal, termin pertengahan, serta termin akhir supaya konselor mengetahui hingga pada mana kemajuan konseling yg dilakukan buat mencapai tujuan yg diperlukan.

Unruk mengoptimalakan proses bimbingan serta konseling kemampuan konselor pada penerapan bahasa instruksi baik berdasarkan segi bentuk maupun isi sangat pada perlukan sehingga sahih-benar terjalin kolaborasi yg baik pada proses bimbingan serta konseling demi tercapainya tujuan bimbingan yang dibutuhkan.

1. Bahasa Instruksi pada Proses Bimbingan serta Konseling
Dalam kamus akbar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa “Bahasa merupakan (i) system lambang suara yg arbitrer yg dipergunakan sang para anggota suatu warga buat bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri, (ii) dialog (perkataan) yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun”. Ali Syahbana (dalam Pateda,2003:tiga) menyatakan bahwa bahasa merupakan ucapan pikiran serta perasaan manusia dengan teratur dengan memakai alat suara. Sedangkn instruksi dalam kamus Bahasa Indonesia menyetakan sebagai pelajaran atau petunjuk.

Jadi bahasa instruksi dimaksudkan sebagai suatu ungkapan dalam bentuk kalimat atau istilah berdasarkan seorang kepada orang lain sebagai akibatnya terjalin hubungan kerja sama saling berinteraksi anatara satu menggunakan lainnya buat mencapai satu tujuan tertentu menjadi akhir menurut suatu pembicaraan. Sama halnya dalam proses bimbingan dan konseling sebagaimana di kemukakan sang Muhammad (2004:4) bahwa “ Bimbingan dan konseling merupakan adalah proses bantuan psikologis serta humanisme secara ilmiah serta profesional yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada yg dibimbing (klien), agar dapat berkembang secara optimal , yaitu mampu tahu diri, mengarahkan diri, serta mengaktualisasikan diri, sesuai tahap perkembangan , sifat-sifat, potensi yg dimiliki serta latar belakang kehidupan serta lingkungannya sehingga tercapai kebahagiaan dalam kehidupannya “.

Tanpa adanya bahasa instruksi ( bahasa perintah / bahasa petunjuk) pada proses 

Bimbingan serta konseling tentunya maksud serta tujuan yang pada kehendaki sebagai akhir dari pada konseling individual tidak akan tercapai. Untuk itu sangat dibutuhkan tehnik dan keterampilan berkomunikasi yg baik dan sopan sebagai akibatnya dapat membuka hati, pikiran serta perasaan secara suka rela dan iklas mengikuti alur pembicaraan yang dalam akhirnya klien sahih-sahih merasa terbimbing oleh konselor itu sendiri.

2. Bentuk Bahasa Instruksi
Jika mendengar orang berbicara, kita mendengar suara bahasa, bunyi bahasa yg digunakannya pada sebut bahasa mulut. Terdapat empat kegiatan berbahasa yakni : 1) berbicara, 2) mendengar, 3)membaca, 4) menulis (Pateda, 2005:20). Khusus dalam proses bimbingan serta konseling bentuk bahasa yang di pakai adalah bahsa ekspresi yaitu bahasa yg disampaikan secara eksklusif antara pembicara serta pendengar. Jadi terdapat yg berbicara serta terdapat yg mendengar, antara konselor serta klien terjalin hubungan timbal kembali. 

Bentuk bahasa instruksi dalam proses bimbingan serta konseling dapat dilakukan dengan cara : 1) menangkap pesan utama , 2) bertanya buat membuka percakapan,tiga) bertanya tertutup, 4) dorongan minimal, lima) interpretasi, 7) mengarahkan, 8) memimpin, 9) fokus, 10) komprontasi, 11) menjernihkan, 12) memudahkan, 13) membisu, 14) mengambil inisiatif, 15) memberi nasehat, 16) memberi berita, 17) merencanakan, 18) dan menyimpulkan ( S.willis, 2004:187 ) 

3. Isi Bahasa instruksi
Bahasa selalu di gunakan setiap hari. Apa yang pada gunakan yg berwujud bahasa mengandung isi, mengandung jujur, serta berisi hal-hal menyangkut nama, kegiatan, proses, konsep-konsep, keyakinan, serta pikiran (Pateda, 2005:18)

Miller (dalam Pateda,2005:20) berkata bahwa buat memakai bahasa secara efektif, harus memperhatikan isi bahasa ini dia.
1. Informasi fonologis, maksudnya, kita mendengar suara-suara bahasa yang bermakna.
2. Informasi leksikal. Kita mendengar istilah atau urutan kata yg berisi pesan atau mengandung makna.
3. Informasi sintaksis. Bunyi-bunyi bahasa berhubung-interaksi menciptakan istilah berhubung-hubungan dengan kata lain yang membentuk kalimat. Kalimat yang kita gunakan mengandung makna atau memiliki pesan atau amanah.
4. Konsep yang ingin diutarakan dan kenyataannya.
5. Sistem keyakinan, baik yang berkaitan menggunakan agama yg kita yakini maupun evaluasi kita terhadap apa yg kita dengar atau kita baca.

Apa yang dikemukakan sang ke 2 ahli tadi membuktikan bahwa isi bahasa instruksi dalam proses bimbingan dan konseling merupakan nir terikat dalam suatu bentuk, tetapi bebas memilih bentuk bahasa yg dipergunakan, buat mengungkapkan apa yang difikirkan, dikehendaki atau dirasakan sebagai akibatnya proses konseling berjalan sebagaimana mestinya serta dalam akhirnya klien benar-sahih merasa terbimbing, mampu menentukan sikap buat penyelesaian suatu konflik ,tantangan serta kendala yang dihadapinya.

4. Bimbingan serta konseling
a. Pengertian bimbingan 
Bimbingan serta konseling merupakan terjemahan menurut “Guidance” dan “Conseling” dalam bahasa inggris. Istilah ini mengandung arti : (1) mengarahkan (to direct), (2) memandu (to pilot), (3) mengelola (to manage), dan (4) menyetir (to steer).

Sunaryo (Syamsu Yusuf,A Juntika, 2005:6) mengemukakan bahwa bimbingan sebagai “ Proses membantu individu buat mencapai perkembangan optimal”.sedangkan Rochman Natawijaya mengartikan bimbingan menjadi proses hadiah donasi kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan , supaya individu tadi dapat memahami dirinya dan bisa bertindak secara wajar, sinkron dengan tuntutan serta keadaan lingkungan sekolah, famili, rakyat serta khidupan pada umumnya.

b. Pengertian Konseling
ASCA (American School Counselor Association) mengemukakan bahwa “ Konseling merupakan interaksi tatap muka yg bersifat rahasia, penuh dengan perilaku penerimaan dan pemebrian kesempatan dari konselor pada klien, konselor mempergunakan pengetahuan serta keterampilannya buat membantu kliennya mengatasi kasus-masalahnya” (Syamsu Yusuf, A. Juntika,2005:8) 

Prayitno, Erman Amti(1999: 104) mengemukakan bahwa “ Konseling adalah proses anugerah bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling sang seseorang ahli (diklaim konselor) kepada individu yg sedang mengalami sesuatu perkara (dianggap klien) yang bermuara dalam teratasinya kasus yg dihadapi oleh klien”.

Dalam wawancara konseling itu klien mengemukakan maalah –masalah yang dihadapi kepada konselor, serta konselor menciptakan suasana interaksi yang akrab menggunakan menerapkan prinsip-prinsip serta tekhnik wawancara konseling sedemikian rupa, sehingga masalahnya itu terjelajahi sgenap seginya serta langsung klien terangsang buat mengatasi maslah yang sedang di hadapi menggunakan memakai kekuatanya sendiri. Proses konseling pada dasarnya adalah bisnis menghidupkan serta mendayagunakan secara penuh fungsi-fungsi yang minimal secara potensial organismik ada dalam diri klien itu. Apabila fungsi ini berjalan dengan baik dapoat dibutuhkan dinamika hidup klien akan balik berjalan menggunakan lumrah mengarah kepada tujuan yang positif.

c. Proses Konseling
Jika menyimak pengertian bimbingan dan konseling sebagaimana pada kemukakan di atas, maka implisit pada dlamnya tujuan konseling yaitu membantu individu/ klien supaya sebagai orang yang lebih fungsionbal, mencapai integritas diri, identitas diri, dan ekspresi. Versi lain menurut tujuqan konseling merupakan supaya potensi optimal, sanggup memecahkan masalah, serta mampu beradaptasi terhadap lingkungan.

Untuk mencapai tujuan konseling dengan efektif seseorang konselor wajib sanggup: 1) menangkap informasi sentral atau pesan utama klien, dua) utamakan tujuan klien-tujuan konseling. Secara umum dikatakan bahwa tujuan konseling haruslah mencapai : a) Effectif daily living, ialah selesainya selesai proses konseling klien harus bisa menjalani kehidupan sehari-harinya secara effektif dan berdayaguna buat diri, keluarga, masyarakat , bangsa serta Tuhannya. B) Relationship with Other, merupakan klien bisa menjalin interaksi yang harmonis dengan orang lain pada keluarga, sekolah, masyarakat serta sebagainya.

Brammer pada Sofyan S.willis (2004:50) Proses konseing merupakan peristiwa yg tengah berlangsung dan memberi makna bagi para peserta konseling tadi (konselor serta klien) agar proses konseling berjalan menggunakan lancar diperlukan keterampilan khusus secara bertahap yg dibagi pada tiga tahapan: (1) termin awal konseling, (2) tahap pertengahan /tahap kerja, serta (tiga) Tahap akhir konseling / termin tindakan

Tahap awal semenjak klien menemui konselor hingga berjalan proses konseling sampai sanpai konselor serta klien menemukan defenisi masalah klien atas dasar gosip, kepedulian,atau kasus klien. Berangkat berdasarkan defenisi kasus klien yg pada sepakati pada termin awal, aktivitas selanjutnya merupakan mempokuskan pada ;(1) penjelejahan perkara klien, (dua) donasi apa yang akan di berikan menurut evaluasi kembali apa-apa yg telah dijelajah mengenai kasus klien.selanjutnya tahap akhir konseling/ termin tindakan bertujuan buat : (1) menetapkan perubahan sikap serta konduite yg memadai, (dua) terjadi transfer of learning pada diri klien, (3) melaksanakan perubahan prilaku, (4) mengakhiri interaksi konseling.

d. Teknik-teknik Konseling
Teknik konseling mengandung pengertian yakni cara yang digunakan oleh sorang konselor pada interaksi konseling buat membantu klien supaya berkembang potensinya dan bisa mengatasi masalah yg di hadapi dengan mempertimbangkan syarat-kondisi lingkungan yakni nilai-nilai sosial, budaya dan agama.

Tanggung jawab konselor dalam proses konseling merupakan mendorong untuk mengembangkan potensi klien, agar beliau bisa bekerja efektif, produktif, dan menjadi manusia berdikari. Relasi konselor kliein pada hubungan konseling ditandai menggunakan nuansa efektif. Artinya konselor berupaya membangun agar interaksi akrab, saling percaya sebagai akibatnya terjadi self-discbsure (keterbukaan diri) klien dan keterlibatan secara emosional dalam proses konseling.

Berikut ini dijelaskan ragam teknik konseling sebagai berikut: (1) konduite attending yaitu sebagai perilku menghampiri klien yg meliputi kontak mata, bahasa badan serta bahasa mulut., (dua) ikut merasakan artinya kemampuan konselor buat merasakan apa yang di rasakan klien, merasa dan berfikir beserta klien dan bukan buat atau mengenai klien, (tiga) Refleksi merupakan keterampilan konselor untuk memantulakn kembali kepada klien mengenai perasaan, pikiran serta pengalaman klien sebagai hasil pengamatan terhadap prilaku verbal serta non ekspresi, (4) eksplorasi merupakan suatu keterasmpilan konselor buat menggali perasaan , pengalaman, serta pikiran klien. Hal ini krusial lantaran kebanyakan klien menyimpan rahasia bathin, menutup diri,atau tidak mampu mengemukakan pendapatnya dengan terus terang., (lima) menangkap pesan primer (paraphrasing) yang baik merupakan dengan teliti mendengarkan pesan primer klien, nyatakan pulang dengan ringkas, amati respon klien terhadap konselor, (6) bertanya buat membuka dialog (open quetion) yg baik dimulai dengan istilah-kata ; apakah, bagaimana,bolehkah, dapatkah dll., (7) bertanya tertutup (closed question) tujuannya adalah buat mengumpulkan informasi, menjernihkan dan memperjelas sesuatu , serta menghentikan omongan klien yang melantur menyimpang jauh., (8) dorongan minimal (minimal encouragement) adalah suatu dorongan pribadi yg singkat terhadap apa yang sudah dikatakan klien, serta menaruh dorongan singkat sperti oh....,ya...., terus...., kemudian,...serta..., (9) interpretasiadalah bertujuan buat menaruh rujukan, pandangan atau konduite klien, agar klien mengerti serta berubah melalui pemahaman berdasarkan hasil acum baru tersebut, (10) mengarahkanadalah suatu keterampilan yang berkata kepada klien supaya dia berbuat sesuatu, atau menggunakan kata lain mengarahkannya agar melakukan sesuatu, (11) menyimpulkan ad interim (summarizing) tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada klien buat merogoh kilas pulang (feed back) berdasarkan hal-hal yang telah dibicarakan, menyimpulkan kemajuan output pembicaraan secara sedikit demi sedikit, buat menaikkan kualitas diskusi, mempertajam atau memperjelas fokus pada wawancara konseling, (12) memimpin (leading) bertujuan agar klien tidak menyimpang menurut penekanan pembicaraan, agar arah pembicaraan lurus kepada tujuan konseling, (13) fokus merupakan membantu klien buat memusatkan perhatian pada utama pembicaraan, (14) komprontasi merupakan suatu tehnik konseling yg menantang klien buat buat melihat adanya diskrepansi atau inkonsistensi antara perkataan dengan bahasa badan (perbuatan), ilham awal menggunakan ide berikutnya, senyum menggunakan kepedihan serta sebagainya,(15) menjernihkan (clarifying)adalah menjernihkan ucapan-ucapan klien yg samar-samar, kurang jelas, dan relatif meragukan, (16) memudahkan (facilitating) adalah suatu keterampilan membuka komunikasi supaya klien dengan gampang berbicara dengan konselor dan menyatakan perasaan, pikiran, serta pengalamannya secara bebas, sehingga komunikasi serta partisipasi meningkat dan proses konseling berjalan efektif., (17) membisu tujuannya merupakan menanti klien berfikir, menjadi protes apabila klien ngomong berbelit-belit, serta menunjang perilaku attending serta ikut merasakan sebagai akibatnya klien bebas berbicara, (18) merogoh inisiatif tujuannya merupakan mengambil inisiatif apabila klien kurang semangat, bila klien lambat berfikir buat mengambil keputusan, bila klien kehilangan arah pembicaraan, (19) memberi nasehatini sanggup dilakukan jika klien memintanya dan konselor perlu mempertimbangkannya karena pada hadiah nasehat tetap dijaga agar tujuan konseling yakni kemandirian klien harus permanen tercapai, (20) pemberian warta dalam hal ini perlu keterbukaan serta kejujuran , bila konselor mengetahui berita ataukah idak sebaiknya nir melayani klientetapi diarahkan ketempat yg lebih sinkron / kesumber fakta tadi supaya lebih jelas, (21) merencanakanyaitu membantu klien dalam akhir sesi untuk bisa membuat planning berupa suatu acara buat action, perbuatan nyata yg produktif bagi kemajuan dirinya., (22) menyimpulkan . Pada akhir sesi konseling membantu klien buat menyimpulkan hasil pembicaraan menyangkut bagaimana keadaan/perasaan klien terutama tentang kecemasan , memantapkan rencana klien, dan pokok-poko yang akan dibicarakan dalam sesi berikutnya.

Tempat serta Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (Sekolah Menengah pertama) Negeri Luwuk Kabupaten Banggai dan dilaksanakan selama 3 bulan pada tahun 2006-2007.

Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif kualitatif, menggunakan membuahkan peneliti menjadi instrumen penelitian. Cara ini pada pakai dalam upaya mengungkap tanda-tanda secara menyeluruh namun kontekstual menggunakan fokus penelitian.

Hasil Penelitian

1. Bahasa instruksi pada proses wawancara bimbingan dan konseling
No
Indikator
Hasil Pengamatan
ya
%
tidak
%
1
Konselor serta klien duduk berhadapan
14
93,3
1
6.6
2
Klien tampak bersemangat
10
66,6
5
40
3
Konselor mengajukan Bahasa Instruksi
13
86.6
2
13.3
4
Bahasa Instruksi kelihatan dipahami sang klien
14
93,3
1
6,6
5
Klien ragu – ragu mereaksi terhadap penggunaan
Bahasa konselor
2
13,3
13
86,6
6
Klien mengajukan pertanyaan kepada konselor
8
56,6
7
46,6
7
Klien berdebat dengan konselor
2
13,3
13
86,6
8
Klien melaksanakan apa yang pada instruksikan
14
93,3
1
6,6
9
Konselor mengamati pelaksanaan pekerjaan
14
93,3
1
6,6
10
Konselor memperbaiki kesalahan
12
80
2
13,3
11
Konselor dengan klien mendiskusikan masalah
15
100
-
0

Proses wawancara konseling yg dilaksanakan antara klien serta konselor memperlihatkan bahwa Penggunaan Bahasa Instruksi memberikan hasil yang signifikan terhadap keberhasilan proses anugerah donasi. Interaksi juga terjadi secara aktif antara klien dan konselor . Kalaupun terjadi keraguan klien mereaksi Bahasa Instruksi konselor hal itu semata – mata disebabkan sang keragaman daya pikir dan daya akal klien yg dihadapi.

2. Tabel Analisis Bahasa Instruksi dalam proses Konseling
No
Indikator
Hasil Pengamatan
ya
%
tidak
%
1
Bahasa Instruksi digunakan sewaktu – waktu
10
6,6
5
33,3
2
Bahasa Instruksi umumnya dipakai buat meminta mengerjakan sesuatu
14
93,3
1
6,6
3
Bahasa Instruksi memakai Bahasa Indonesia ragam baku
2
13,3
13
86,6
4
Bahasa Instruksi tersusun sederhana
14
93,3
1
6,6
5
Pelaksanaan Bahasa Instruksi pada suasana kekeluargaan
13
86,6
2
13,3
6
Bahasa Instruksi dipakai kalau memang ada yang diinstruksikan
6
40
9
60
Sumber : Hasil Pengolahan Data

Intensitas Penggunaan Bahasa Instruksi diadaptasi dengan syarat serta pertarungan yang dialami oleh klien . Tetapi masih ada sebagian konselor yang beranggapan bahwa Bahasa Instruksi selalu identik menggunakan perintah atau permintaan melakukan sesuatu, padahal sejatinya Bahasa Instruksi mampu berupa pernyataan, penolakan , permintaan, persetujuan dan lain – lain. Kesederhanaan Bahasa Instruksi pula turut mensugesti efektifitas aplikasi Bimbingan serta Konseling , karena pemahaman klien terhadap Bahasa Instruksi yang diberikan oleh konselor sangat menghipnotis reksi klien terhadap Bahasa Instruksi tersebut.

3. Tabel : Hasil Pengamatan Bentuk Bahasa Instruksi 
No
Indikator
Hasil Pengamatan
ya
%
tidak
%
1
Bentuk Bahasa Instruksi sederhana
13
86,6
2
13,3
2
Bentuk Bahasa Instruksi paling banyak 5 kata
4
26,6
11
73,3
3
Bentuk Bahasa Instruksi berbentuk perintah
14
93,3
1
6,6
4
Kata-istilah buat Bahasa Instruksi umumnya berakhiran – lah
10
66,6
5
33,3
5
Bentuk Bahasa Instruksi diusahakan nir disalahtafsirkan
15
100
-
0

Bentuk Bahasa Instruksi sangat memperungaruhi keberhasilan proses Bimbingan serta Konseling, kesederhanaan serta ketetpatan penggunaannya bekerjasama erat dengan keberhasilan proses Bimbingan serta Konseling , lantaran kesalahan dalam menafsirkan Bahasa Instruksi menyebabkan tujuan proses Bimbingan serta Konseling tidak misalnya apa yg diharapkan.

4. Tabel Pengamatan Isi Bahasa Instruksi pada Wawancara Konseling
No
Indikator
Hasil Pengamatan
ya
%
tidak
%
1
Berisi tentang pekerjaan yang akan dilaksanakan
3
20
12
80
2
Berisi tentang sesuatu yang akan ditiru
4
26,6
11
73,3
3
Berisi mengenai sesuatu yang kan diikuti
5
33,3
10
66,6
4
Berisi tentang sesuatu yg nir akan diikuti
2
13,3
13
86,6
5
Berisi mengenai sesuatu pilihan
2
13,3
13
86,6
6
Berisi mengenai sesuatu dorongan moral
10
66,6
5
40
7
Berisi mengenai yg herbi ajaran agama
3
20
13
86,6
8
Berisi tentang sesuatu yang herbi budi pekerti
13
86,6
2
13,3
9
Berisi mengenai sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan hayati
0
0
15
100
10
Berisi tentang tentang sesuatu yang herbi kesehatan
2
13,3
13
86,6
11
Berisi mengenai sesuatu yang berhubungan dengan kemudian lintas
1
6,6
14
93,3
12
Berisi tentang sesuatu yang herbi kesetiakawanan
2
13,3
13
86,6
Sumber : Hasil Pengolahan Data

Isi Bahasa Instruksi tidak melulu berisi perintah atau permintaan atau merlakukan sesuatu, dari penelitian yang dilakukan menujjukkan output bahwa Bahasa Instruksi terdiri dari beberapa hal menggunakan prosentase terbanyak berisi tentang hal yg berhubungan dengan budi pekerti serta hal yg berhubungan dengan moral. Ini memberitahuakn bahwa kompetensi konselor yg sebagai subjek penelitian mampu dikatakan sinkron menggunakan apa yg diharapkan.

5. Tabel Penafsiran klien terhadap Bahasa Instruksi 
No
Indikator
Hasil Pengamatan
ya
%
tidak
%
1
Bahasa Instruksi ditafsirkan sahih lantaran bahasa yg dipakai jelas
14
93,3
1
6,6
2
Bahasa Instruksi ditafsirkan dengan sahih lantaran kalimat yang digunakan pendek
4
26,6
11
73,3
3
Bahasa Instruksi ditafsirkan benar karena sinkron kebutuhan klien
14
93,3
1
6,6
4
Bahasa Instruksi ditafsirkan benar karena klien pernah mengalaminya
13
86,6
2
13,3
5
Bahasa Instruksi ditafsirkan sahih karena terdapat seorang yang dicontohi
1
6,6
14
93,3
6
Bahasa Instruksi ditafsirkan sahih karena konselor melafalkannya menggunakan benar
14
93,3
1
6,6
7
Bahasa Instruksi ditafsirkan sahih karena konselor melaksanakan secara santai
7
46,6
8
53,3

Kejelasan bahasa, penggunaan kalimat dan cara pengucapan serta pelafalan memegang peranan penting pada hal penggunaan Bahasa Instruksi , karena hal ini bisa menaikkan daya penafsiran klien terhadap Bahasa Instruksi konselor . Penelitian menerangkan , sebagian akbar konselor sudah menampakkan hasil seperti apa yg diperlukan.

6. Tabel Reaksi klien terhadap Bahasa Instruksi 
No
Indikator
Hasil Pengamatan
ya
%
tidak
%
1
Klien mereaksi secara tepat
12
80
3
20
2
Klien tidak mereaksi lantaran Bahasa Instruksi tidak jelas
1
6,6
14
93,3
3
Klien tidak mereaksi lantaran Bahasa Instruksi tidak jelas
1
6,6
14
93,3
4
Klien nir mereaksi karena instruksi nir sesuai pengalaman
13
86,6
2
13,3
5
Klien tidak mereaksi lantaran hal yg diinstruksikan nir sinkron kebutuhan
1
6,6
14
93,3
6
Klien nir mereaksi lantaran isi instruksi dapat ditafsirkan tidak sinkron-beda
1
6,6
14
93,3
7
Klien nir mereaksi lantaran ia nir perduli
0
0
15
100

Kesesuaian pengalaman klien terhadap Bahasa Instruksi yang disampaikan adalah satu gejala menarik yang didapatkan berdasarkan hasil penelitian, adalah berdasarkan semua objek penelitian, 86 % memberitahuakn reaksi negatif saat diajukan Bahasa Instruksi yang tidak sinkron menggunakan pengalaman yang pernah dilaluinya.

Comments