PENGERTIAN DAN KAJIAN GEOGRAFI

Pengertian dan Kajian Geografi
A. Pengertian Geografi
Pelajaran geografi yg diajarkan di sekolah terkesan menjadi ilmu yang hanya dihafalkan oleh para murid seperti menghafalkan nama-nama pada geografi nama negara, kota, sungai, gunung serta nama-nama loka laindi muka bumi. Sebagian orang jua beranggapan bahwa geografi merupakan segala aktifitas dan perbuatan yg berhubungan dengan peta. Orang beropini demikian karena orang yang mempelajari geografi wajib mampu menciptakan peta, membaca peta serta wajib berkerjasama dengan pihak-pihak yang berwenang pada pembuatan peta. 

Menurut Broek (1980) mengemukakan bahwa hakikat geografi ada 6, yakni sebagai ini dia.

1. Geografi sebagai ilmu pengetahuan biofisik.
Pada akhir abad ke 19 ketika ilmu pengetahuan misalnya geologi, meteorologi, dan nabati telah mengalami perkembangan yang sedemikian pesat maka ahli geografi terpengaruh dan tertarik mengikuti metode-metode disiplin ilmu tersebut. Kelemahan selesainya geografi masuk ke pada ilmu pengetahuan alam murni, pada mana bisa merumuskan aturan karena akibat terhadap gejala-gejala serta proses-proses fisik pada muka bumi secara general, namun nir memasukkan unsur manusia. 

2. Geografi menjadi rekanan hubungan timbal pulang insan dengan alam.
Contoh kongkritnya yaitu iklim tropis menghalangi kemajuan kebudayaan masyarakat setempat, ad interim iklim sedang merangsang perkembangan kebudayaan masyarakat yang mendiaminya.

3. Geografi sebagai ilmu ekologi manusia.
Keanekaragaman pada kalangan pengikut paham determinisme environmentalis mendefinisikan geografi sebagai studi pengetahuan yang mengusut hubungan insan dengan loka tinggalnya. 

4. Geografi sebagai studi tentang lahan.
Paham ini bertentangan menggunakan pendapat kaum environmentalisme yg menyampaikan bahwa lingkungan alam lebih bersifat pasif dan masyarakat insan lebih berperan aktif. 

5. Geografi sebagai studi penyebaran gejala pada bagian atas bumi.
Geografi dapat didefinisikan menjadi studi penyebaran/distribusi tanda-tanda pada permukaan bumi, yaitu di mana letak sesuatu benda itu berada, apakah itu batu-batuan, tumbuh-tanaman , rumah, penduduk, atau segala sesuatu yang ada pada bagian atas bumi.

6. Geografi sebagai teori keruangan bumi.
Dalam hal ini, gagasan yg mengumumkan bahwa geografi akan dimasukkan pada ilmu pengetahuan alam mengakibatkan kekhawatiran di kalangan ahli geografi, yakni akan membatasi cakrawala geografi pada abstraksi ilmu pengetahuan relasi keruangan saja dalam artian akan menghilangkan atau mengabaikan ruang dan waktu yang merupakan unsur poko dalam geografi. 

B. Kajian Materi Geografi
Kajian materi suatu ilmu kadang-kadang dipelajari oleh ilmu-ilmu yg lain (objek material). Sebagai contoh antara geografi sosial dengan sosiologi, sama-sama mengusut gerombolan insan pada suatu tempat. Antara geomorfologi dengan geografi fisik memeriksa bentuk lahan. Antara geografi ekonomi dengan ekonomi yang sama-sama membahas kebutuhan insan pada pada suatu lokasi tertentu. Objek kajian goegrafi sangat luas, diantaranya (objek material) mencakup aspek fisik, aspek manusia dan aspek hubungan manusia menggunakan lingkungan.

Pengertian Geografi.
Geografi adalah pengkajian mengenai aspek ruang dan loka pada aneka macam skala pada bumi.mata pelajaran geografi membuatkan pemahaman anak didik terhadap organisasi khas masyarakat, tempat-loka dan lingkungan pada muka bumi. Pengertian geografi yang diajarkan baik di tingkat Sekolah Dasar/MI Paket A termasuk dalam grup hakikat geografi sebagai studi keruangan bumi.

Comments