PENGERTIAN DAN KAJIAN GEOGRAFI

Pengertian serta Kajian Geografi
A. Pengertian Geografi
Pelajaran geografi yg diajarkan di sekolah terkesan menjadi ilmu yang hanya dihafalkan sang para anak didik seperti menghafalkan nama-nama dalam geografi nama negara, kota, sungai, gunung dan nama-nama loka laindi muka bumi. Sebagian orang pula beranggapan bahwa geografi adalah segala aktifitas serta perbuatan yg herbi peta. Orang berpendapat demikian karena orang yg menilik geografi harus bisa membuat peta, membaca peta dan harus berkerjasama menggunakan pihak-pihak yg berwenang pada pembuatan peta. 

Menurut Broek (1980) mengemukakan bahwa hakikat geografi terdapat 6, yakni menjadi berikut adalah.

1. Geografi menjadi ilmu pengetahuan biofisik.
Pada akhir abad ke 19 waktu ilmu pengetahuan seperti geologi, meteorologi, serta nabati telah mengalami perkembangan yg sedemikian pesat maka pakar geografi terpengaruh serta tertarik mengikuti metode-metode disiplin ilmu tadi. Kelemahan selesainya geografi masuk ke dalam ilmu pengetahuan alam murni, pada mana bisa merumuskan hukum sebab dampak terhadap gejala-gejala serta proses-proses fisik di muka bumi secara general, tetapi nir memasukkan unsur insan. 

2. Geografi sebagai rekanan hubungan timbal pulang insan menggunakan alam.
Contoh kongkritnya yaitu iklim tropis menghalangi kemajuan kebudayaan masyarakat setempat, ad interim iklim sedang merangsang perkembangan kebudayaan masyarakat yg mendiaminya.

3. Geografi sebagai ilmu ekologi insan.
Keanekaragaman pada kalangan pengikut paham determinisme environmentalis mendefinisikan geografi sebagai studi pengetahuan yg mengusut interaksi manusia menggunakan loka tinggalnya. 

4. Geografi menjadi studi tentang huma.
Paham ini bertentangan dengan pendapat kaum environmentalisme yang mengatakan bahwa lingkungan alam lebih bersifat pasif serta masyarakat insan lebih berperan aktif. 

5. Geografi menjadi studi penyebaran tanda-tanda di bagian atas bumi.
Geografi bisa didefinisikan sebagai studi penyebaran/distribusi gejala di bagian atas bumi, yaitu di mana letak sesuatu benda itu berada, apakah itu batu-batuan, tumbuh-tumbuhan, tempat tinggal , penduduk, atau segala sesuatu yg ada pada bagian atas bumi.

6. Geografi sebagai teori keruangan bumi.
Dalam hal ini, gagasan yang mengumumkan bahwa geografi akan dimasukkan pada ilmu pengetahuan alam mengakibatkan kekhawatiran di kalangan ahli geografi, yakni akan membatasi cakrawala geografi pada abstraksi ilmu pengetahuan rekanan keruangan saja pada artian akan menghilangkan atau mengabaikan ruang dan saat yg adalah unsur poko pada geografi. 

B. Kajian Materi Geografi
Kajian materi suatu ilmu kadang-kadang dipelajari oleh ilmu-ilmu yang lain (objek material). Sebagai contoh antara geografi sosial dengan sosiologi, sama-sama menyelidiki kelompok insan dalam suatu loka. Antara geomorfologi dengan geografi fisik memeriksa bentuk lahan. Antara geografi ekonomi menggunakan ekonomi yang sama-sama membahas kebutuhan manusia pada pada suatu lokasi tertentu. Objek kajian goegrafi sangat luas, antara lain (objek material) meliputi aspek fisik, aspek manusia serta aspek interaksi insan menggunakan lingkungan.

Pengertian Geografi.
Geografi merupakan pengkajian mengenai aspek ruang serta tempat dalam aneka macam skala di bumi.mata pelajaran geografi membuatkan pemahaman anak didik terhadap organisasi spesial masyarakat, tempat-tempat serta lingkungan pada muka bumi. Pengertian geografi yg diajarkan baik pada taraf Sekolah Dasar/MI Paket A termasuk pada grup hakikat geografi sebagai studi keruangan bumi.

Comments