PENGERTIAN ARTI DEFINISI PASAR MODAL PENJELASAN DASAR MENGENAI INVESTASI PERDAGANGAN PASAR MODAL INDONESIA

Pengertian Arti Definisi Pasar Modal Penjelasan Dasar Mengenai Investasi Perdagangan Pasar Modal Indonesia
Secara sederhana “pasar” sanggup diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli buat melakukan transaksi jual-beli. Bersamaan menggunakan berkembangnya peradaban manusia, pengertian “pasar” bertambah luas. Saat ini, berkembang aneka macam jenis pasar modern, termasuk pada dalamnya pasar modal (capital markets). Pasar terkini ini jua semakin berkembang. Bahkan, di pasar modal (capital markets), produk yang diperjualbelikan nir lagi berwujud barang melainkan surat berharga (dampak). Kini, berkat kemajuan teknologi informasi serta komunikasi (TIM), transaksi dampak pada pasar kapital (capital markets) tidak lagi menggunakan warkat dan bisa dilakukan menurut jeda jauh menggunakan cara remote-trading.

Pasar kapital mempunyai posisi yg strategis pada pembangunan ekonomi nasional. Pertumbuhan suatu pasar modal sangat tergantung menurut kinerja perusahaan efek. Untuk mengkoordinasikan kapital, dukungan teknis, serta asal daya manusia dalam pengembangan Pasar Modal diperlukan suatu kepemimpinan yang efektif. Perusahaan-perusahaan harus menjalin kolaborasi yang erat buat menciptakan pasar yang bisa menyediakan aneka macam jenis produk serta alternatif investasi bagi masyarakat. Di pasar kapital masih ada banyak sekali macam berita, misalnya laporan keuangan, kebijakan manajemen, rumor pada pasar modal, prospektus, saran menurut broker, dan keterangan lainnya.

Menurut definisi lainnya ”Pasar Modal yaitu sebagai suatu kegiatan yg bersangkutan menggunakan penawaran generik serta perdagangan imbas, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta forum dan profesi yang berkaitan menggunakan pengaruh.”

Pasar Modal merupakan tempat perusahaan mencari dana segar buat mengingkatkan aktivitas usaha sebagai akibatnya bisa mencetak lebih banyak laba. Dana segar yang ada pada pasar kapital asal dari rakyat yg disebut jua menjadi investor. Para investor melakukan aneka macam tehnik analisis dalam memilih investasi di mana meningkat kemungkinan suatu perusahaan membentuk laba serta semakin kecil resiko yg dihadapi maka semakin tinggi juga permintaan investor buat menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut.

Pengertian pasar kapital secara umum adalah suatu sistem keuangan yg terorganisasi, termasuk didalamnya merupakan bank-bank komersial serta seluruh lembaga perantara dibidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yg beredar. Dalam arti sempit, pasar kapital adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya menggunakan memakai jasa para perantara pedagang dampak (Sunariyah, 2000 : 4). Dilihat menurut pengertian akan pasar kapital diatas, maka jelaslah bahwa pasar kapital pula merupakan salah satu cara bagi perusahaan pada mencari dana menggunakan menjual hak kepemilikkan perusahaan pada rakyat.

Pasar modal adalah aktivitas yang herbi penawaran umum serta perdagangan pengaruh, perusahaan publik yang berkaitan menggunakan efek yang diterbitkannya, dan forum serta profesi yg berkaitan menggunakan pengaruh. Pasar Modal menyediakan aneka macam alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya, misalnya : menabung pada bank, membeli emas, premi, tanah dan bangunan, serta sebagainya. Berlangsungnya fungsi pasar modal (Bruce Lliyd, 1976), merupakan menaikkan dan menghubungkan genre dana jangka panjang dengan "kriteria pasarnya" secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara holistik. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang misalnya obligasi, saham, serta lainnya. 

Pasar kapital (capital market) merupakan pasar buat berbagai instrumen keuangan jangka panjang yg bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif juga instrumen lainnya. Pasar kapital merupakan wahana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (contohnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi banyak sekali wahana serta prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.

Pasar kapital mempunyai disparitas berdasarkan pasar uang, apabila pasar modal diperjualbelikan instrument keuangan seperti saham, obligasi, waran, right, obligasi konvertibel, serta berbagai produk turunan, maka dipasar uang diperjualbelikan diantaranya sertifikat bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Commercial Paper, Treasury Bills serta lain-lain.

Fungsi Pasar Modal
Dalam perekonomian suatu Negara, pasar kapital memiliki fungsi:
a. Fungsi ekonomi. Pasar modal menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan 2 kepentingan yaitu pihak investor dan pihak yg memerlukan dana. 
b. Fungsi keuangan. Pasar modal menaruh kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sinkron dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Pelaku Pasar Modal
· Emiten
Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi pada bursa (disebut emiten). Dalam melakukan emisi, para emiten mempunyai berbagai tujuan dan hal ini umumnya sudah tertuang dalam rapat umum pemegang saham (RUPS), antara lain :
1. Perluasan usaha, kapital yang diperoleh berdasarkan para investor akan digunakan buat meluaskan bidang bisnis, ekspansi pasar atau kapasitas produksi.
2. Memperbaiki struktur kapital, menyeimbangkan antara kapital sendiri menggunakan kapital asing.
3. Mengadakan pengalihan pemegang saham. Pengalihan dari pemegang saham lama kepada pemegang saham baru.

· Investor
Pemodal yg akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang melakukan emisi (diklaim investor). Sebelum membeli surat berharga yang ditawarkan, investor umumnya melakukan penelitian dan analisis eksklusif. Penelitian ini meliputi bonafiditas perusahaan, prospek bisnis emiten serta analisis lainnya. Tujuan primer para investor dalam pasar modal diantaranya :
1. Memperoleh deviden. Ditujukan kepada keuntungan yg akan diperolehnya berupa bunga yang dibayar oleh emiten pada bentuk deviden.
2. Kepemilikan perusahaan. Semakin banyak saham yg dimiliki maka semakin akbar pengusahaan (menguasai) perusahaan.
3. Berdagang. Saham dijual pulang pada ketika harga tinggi, pengharapannya adalah pada saham yg benar-sahih dapat menaikkan keuntungannya berdasarkan jual beli sahamnya.

· Lembaga Penunjang.
Fungsi forum penunjang ini diantaranya turut serta mendukung beroperasinya pasar kapital, sebagai akibatnya mempermudah baik emiten juga investor dalam melakukan banyak sekali aktivitas yang berkaitan menggunakan pasar kapital.

· Penjamin emisi (underwriter).
Lembaga yang menjamin terjualnya saham/obligasi sampai batas waktu tertentu dan dapat memperoleh dana yang diinginkan emiten.

· Perantara perdagangan impak (broker/ makelar).
Perantaraan pada jual beli dampak, yaitu perantara antara si penjual (emiten) dengan si pembeli (investor). Kegiatan-kegiatan yg dilakukan sang broker diantaranya meliputi:
1. Memberikan liputan mengenai emiten
2. Melakukan penjualan imbas pada investor

· Perdagangan efek (dealer)

Berfungsi sebagai :
1. Pedagang dalam jual beli efek
2. Sebagai perantara dalam jual beli efek

· Penanggung (guarantor).
Lembaga penengah antara si pemberi kepercayaan dengan si penerima kepercayaan . Lembaga yg dipercaya oleh investor sebelum menanamkan dananya.

· Wali amanat (trustee).
Jasa wali amanat diperlukan sebagai wali berdasarkan si pemberi amanat (investor). Kegiatan wali amanat mencakup :
1. Menilai kekayaan emiten
2. Menganalisis kemampuan emiten
3. Melakukan pengawasan dan perkembangan emiten
4. Memberi nasehat kepada para investor pada hal yg berkaitan menggunakan emiten
5. Memonitor pembayaran bunga dan utama obligasi
6. Bertindak menjadi agen pembayaran

· Perusahaan surat berharga (securities company).
Mengkhususkan diri dalam perdagangan surat berharga yang tercatat di bursa impak. Kegiatan perusahaan surat berharga diantaranya :
1. Sebagai pedagang efek
2. Penjamin emisi
3. Perantara perdagangan efek
4. Pengelola dana

· Perusahaan pengelola dana (investment company).
Mengelola surat-surat berharga yang akan menguntungkan sinkron dengan hasrat investor, terdiri menurut dua unit yaitu menjadi pengelola dana serta penyimpan dana.

· Kantor administrasi efek.
Kantor yang membantu para emiten maupun investor dalam rangka memperlancar administrasinya.
1. Membantu emiten dalam rangka emisi
2. Melaksanakan kegiatan menyimpan dan pengalihan hak atas saham para investor
3. Membantu menyusun daftar pemegang saham
4. Mempersiapkan koresponden emiten pada para pemegang saham
5. Membuat laporan-laporan yang diperlukan

Manfaat Pasar Modal
Secara umum, manfaat menurut eksistensi pasar kapital merupakan : 
1. Menyediakan asal pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia bisnis sekaligus memungkinkan alokasi dana secara optimal. 
2. Memberikan sarana investasi yg majemuk bagi investor sebagai akibatnya memungkinkan untuk melakukan diversifikasi. 
3. Menyediakan leading indicator bagi perkembangan perekonomian suatu Negara. Maksudnya apabila pasar modal berkembang maka diperlukan perekonomian pula akan berkembang. 
4. Penyebaran kepemilikan perusahaan hingga pada lapisan rakyat menengah
5. Penyebaran kepemilikan, keterbukaan dan profesionalisme 
6. Menciptakan lapangan kerja/profesi yg menarik
7. Memberikan kesempatan mempunyai perusahaan yang sehat dan mempunyai prospek
8. Alternative investasi yg memberikan potensi keuntungan 
9. Membina iklim keterbukaan bagi global dan control social
10. Sumber pembiayaan dana jangka panjang bagi emiten. 

Bagi emiten, pasar modal mempunyai beberapa manfaat, antara lain:
1. Jumlah dana yg dapat dihimpun berjumlah besar
2. Dana tadi dapat diterima sekaligus pada ketika pasar perdana selesai
3. Tidak terdapat convenant sehingga manajemen bisa lebih bebas dalam pengelolaan dana/perusahaan
4. Solvabilitas perusahaan tinggi sebagai akibatnya memperbaiki gambaran perusahaan
5. Ketergantungan emiten terhadap bank sebagai lebih kecil

Bagi investor, pasar modal memiliki beberapa manfaat, antara lain:
1. Nilai investasi perkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Peningkatan tersebut tercermin pada meningkatnya harga saham yang mencapai kapital gain
2. Memperoleh dividen bagi mereka yg memiliki/memegang saham serta bunga yang mengambang bagi pemenang obligasi
3. Dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen yang mengurangi risiko

A. Krisis Eropa Dan Perkembangannya
Saat ini Eropa sedang mengalami tanda-tanda krisis yg berdampak pada semua Negara di global. Hal ini berakar pada krisis yg terjadi pada yunani dan lalu krisis inipun menyebar ke seluruh zona pada eropa serta kemudian ke Negara bagian yg lainnya. Menurut Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Senin (26/9/2011) mengeluh bahwa krisis keuangan Eropa adalah angker dunia serta berakar dalam kegagalan zona euro untuk memperbaiki perbankan. Hal ini bisa menggagalkan pemulihan Alaihi Salam, Obama mengungkapkan gejolak zona euro sebagai galat satu faktor asing yang sudah membantu memperlambat ekonomi Amerika. Padahal sebelumnya, di eropa jua terjadi krisis 2007 dan krisis tadi belum sepenuhnya terselesaikan.

Krisis ini juga diperparah menggunakan apa yang terjadi pada Yunani, Eropa memiliki kapasitas untuk mengatasi krisis utang negara, para pejabat AS telah menerangkan indikasi-indikasi meningkatnya ketidaksabaran menggunakan pemimpin politik Uni Eropa lantaran kekhawatiran penyebaran penularan berdasarkan krisis zona euro.

Menteri Keuangan AS Timothy Geithner menyampaikan bahwa Amerika memiliki dampak besar pada Eropa buat membantu menemukan strategi yang lebih efektif untuk mengatasi krisis keuangannya.

Saham Eropa dan AS naik pada Senin menggunakan spekulasi dana bail out lebih ambisius buat zona euro serta default (gagal bayar) teratur Yunani meskipun kurangnya rincian dan penolakan oleh pejabat terus membuat perdagangan bergejolak.

Tapi, walaupun krisis ini disinyalir bahwa yunani merupakan Negara awal yang memulai, besaran utang, Italia lebih akbar ketimbang Yunani. Utang Italia mencapai 1,7-1,8 triliun euro, sedangkan Yunani hanya kurang lebih 340 miliar euro. Perekonomian negara ini pun cukup besar pada antara negara anggota Uni Eropa. Tetapi, bila Italia sampai gagal bayar (default) maka obligasi negara itu menjadi lebih mahal. Kemudian, sebut dia, suku bunga semua dunia sebagai tinggi. Ini akan berakibat pada sulitnya perusahaan membayar utang atau kreditnya sehingga akhirnya mampu terjadi pengurangan karyawan. Yang terjadi pada Yunani, merambat cepat ke Irlandia, Portugal, Spanyol, Jerman, serta mungkin Italia, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Semuanya telah memengaruhi komoditas seperti minyak dan emas serta, dengan permintaan dan agama yang semakin berkurang, telah memukul pasar saham di seluruh global menggunakan cara yang menggetarkan banyak orang-orang biasa, menurut Korea hingga California. 

Selain itu Para investor pemilik saham pada perbankan Eropa menolak friksi buat menyuntikkan modal buat industri perbankan Eropa. Penolakan itu menambah tekanan bagi para pemimpin Uni Eropa, yg berharap planning itu bisa menyelamatkan perbankan Eropa dari imbas krisis utang.

Seperti pada tahun 2007, utang mulai menimpa bank dan dana nilai, dan pada athun baru 2008 kepercayaan pada sistem ini tergelincir bebas. Bank-bank Eropa jatuh selama berbulan-bulan. 

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pemerintah yg berutang pada zona euro tidak akan mampu membayar uang-utang mereka. Eropa pula menghadapi prospek pertumbuhan yang rendah lantaran pemerintah harus mengurangi pengeluaran buat membayar beban utang yg sangat berat.

Jika bank-bank di dan pada luar Eropa mengalami kerugian dalam obligasi pemerintah, ini akan menciptakan mereka takut buat meminjamkan uang buat beroperasi serta berkembang, malah mencekik pertumbuhan, ini sama persis dengan awal mula krisis di Alaihi Salam pada tahun September 2008 waktu Lehman Brothers kolaps. Ekonomi dunia menyusut sebanyak 0,6 persen dalam tahun 2009.

Implikasinya bahwa Stok serta harga minyak akan meninggi, serta emas, yg secara tradisional merupakan investasi yang aman, mengalami harga tertinggi sepanjang masa.

Penyebab Krisis Euro
Salah satu penyebab primer menurut krisis mata uang pada zona euro merupakan bahwa hampir semua negara yg terlibat melanggar peraturan mereka sendiri-sendiri. Berdasarkan kriteria konvergensi bagian berdasarkan kesatuan ekonomi dan moneter, utang pemerintah tidak boleh melebihi 60% dari PDB pada akhir tahun fiskal.

Demikian juga, defisit tahunan pemerintah nir boleh melebihi tiga% berdasarkan PDB. Tetapi, sebagaimana peta menunjukkan, hanya 2 dari 16 negara zona euro Luksemburg dan Finlandia tetap konsisten dalam ke 2 aturan tadi.

Secara keseluruhan, Yunani merupakan pelanggar terburuk, menggunakan utang sebesar 115,1% berdasarkan PDB serta defisit sebesar 13,6% berdasarkan PDB.

Tetapi pada antara negara Eropa besar lainnya, utang Italia bahkan lebih tinggi daripada Yunani, sementara defisit Spanyol merupakan 11,dua% menurut PDB.

Jika Inggris berada pada zona euro, mereka jua akan jatuh, menggunakan utang yg kini terdapat dalam kisaran 68,1% dari PDB serta defisit sebanyak 11,lima% menurut PDB.

Untuk mengatasi krisis di Eropa misalnya yg dilangsir dalam Kantor berita Antara, pada rendezvous di Beijing, Kepala Dana Talangan Eropa meminta China buat membantu zona euro yang sedang anjlok sehingga china dapat menstabilkan pasar keuangan global dalam jangka pendek meskipun nir menghapus penyebab berdasarkan krisis utang eropa hingga akarnya. Lantaran, pada rendezvous ini nir menyampaikan mengenai kasus reformasi institutional dan "memperkuat integritas" sistem fiskal Eropa yg merupakan kunci guna memenangkan kepercayaan serta bantuan dari negara-negara lain.

China, ekonomi terbesar kedua global, sudah menginvestasikan sejumlah uang dalam obligasi Eropa serta sudah berulang kali menyerukan Eropa supaya merampungkan krisis utangnya, menggunakan berkata gagal bertindak berisiko menyeret global pulang ke pada resesi.

Uni Eropa adalah pembeli terbesar global bagi ekspor China bernilai lebih kurang 380 miliar dolar pada 2010  serta para analis pernah mengatakan runtuhnya permintaan dapat memicu hilangnya lapangan kerja akbar pada pabrik-pabrik China, yg mempekerjakan jutaan orang.

Para pemimpin UE sudah mendiskusikan permintaan agar China menyumbang Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), tetapi para pemimpin komunis negara itu akan menghadapi oposisi domestik karena menalangi utang negara-negara maju.

Ekonomi Amerika Serikat balik mengalami tekanan berta serta diambang resesi. Apabila dalam 2008 pertarungan kredit perumahan (subprime mortgage) memicu krisis keuangan pada Alaihi Salam yg memicu krisis dunia, dalam 2011 perseteruan utang pemerintah memicu kekhawatiran pelaku ekonomi, sementara itu kalangan politisi nir memiliki kata setuju bagaimana mengatasi pertarungan ini.

Perekonomian AS kemungkinan akan tumbuh rendah jikalau nir resesi, atau pertumbuhan negative. Dengan utang pemerintah yang pada saat dekat akan, mencapai lebih kurang 100 % dari PDB, perseteruan ini sangatlah sulit untuk dipecahkan. Kongres putusan bulat memotong aturan pemerintah 2,lima triliun dollar AS pada sepuluh tahun kedepan atau kurang lebih 250 miliar dollar Alaihi Salam setiap tahun.

Pemotongan ini akan membawa konsekuensi berfokus terhadap pemerintah serta kesejahteraan warga . Sementara itu dunia usaha Alaihi Salam semakin enggan melakukan investasi serta cenderung menyimpan dananya dalam bentuk tunai atau menempatkannya pada surat berharga AS yg imbal hasilnya terus menurun. Hanya menggunakan menjaga likuiditas di pasar, bank sentral Alaihi Salam menciptakan perekonomian AS bisa mengambang pada pemrmukaan. 

Namun, likuiditas tadi, tidak pada investasikan, namun banyak yg disimpan klembali pada bank atau surat berharga pemerintah. Likuiditas yang mengalir ke Negara berkembang kecenderungannya jua poly yg pulang lagi ke Alaihi Salam buat cari selamat.

Ekonomi AS dengan PDB kurang lebih 15 triliun dollar ASmasih adalah perekonomian terbesar pada dunia, yang tidak dapat digantikan perekonomian lain dalam saat dekat. Ekonomi China masih 1/3 ukurannya berdasarkan AS. Tambahan lagi ketergantungan China terhadap perekonomian Alaihi Salam sangat akbar sebagai pasar ekspor serta loka menyimpan cadangan devisa. Karena itu, bila perekonomian AS mengalami krisis, pengaruhnya akan menyebar keseluruh global.

Perekonomian AS memang masih akan terus berkiprah sekalipun kecenderunganny melemah, dan dengan pengangguran sekitar 9,1 persen belum mengalami keadaan seburuk Depresi Besar menggunakan pengangguran lebih kurang 25 %. Namun, perekonomian Alaihi Salam kemungkinan, cepat atau lambat, tidak akan lagi sebagai ekonomi angka satu di dunia. Jika penentu kebikan AS dan pelaku ekonominya realistis, transisi perekonomian AS buat terus berkembang sekalipun akan turun jadi nomor kedua dalam decade 1-dua kedepan akan berjalan baik. Tetapi, kontradiksi yang berkepanjangan di antara pimpinan politik serta keengganan dunia bisnis buat melakukan investasi akan membahayakan tidak saja perekonomian Alaihi Salam, tetapi jua perekonomian dunia. 

Keadaan perekonomian Eropa lebih mengenaskan. Integrasi ekonomi Eropa mengalami ancaman berfokus menggunakan krisis utang public di Negara-negara anggota di pinggiran, misalnya Yunani, Irlandia, Portugal juga Spanyol serta Italia. Rasio utang public mereka pada biasanya jauh melebihi PDB-nya. Upaya penanganan permasalahan ini sangat bergantung dalam 2 Negara utama yaitu jerman dan Perancis, yg semakin kewalahan buat dapat bertindak secara efektif.

Perekonomian Jerman serta Perancis jua mengalami pelemahan dan sangat sulit buat bisa menanggung beban perseteruan Negara lainnya. Dapat dikatakan masa depan ekonomi Eropa kelam, kecuali Jerman dan perancis. Tindakan memotong aturan secara drastic, akan mengakibatkan reaksi social sangat tidak baik, seperti terjadi di Yunani dan Inggris.

Perekonomian Indonesia 
Perekonomian Indonesia tidaklah terlepas menurut ketidak pastian perekonomian pada AS dan eropa. Sekalipun perekonomian Indonesia sangat pada cirikan oleh ekonomi domestic, dengan ekspor hanya lebih kurang 28 persen dari PDB dan rekan dagang utama adalah Jepang serta China, AS dan Eropa masih punya dampak krusial dalam perekonomian Indonesia.apalagi rekan dagang utama Indonesia di Asia lebih bergantung pada perekonomian AS serta Eropa.

Faktor yg sangat berpengaruh dari ketidak pastian ini merupakan pada sector keuangan, terutama pasar kapital serta obligasi. Sekalipun pasar kapital dan obligasi belumlah mayoritas dalam perekonomian Indonesia, dengan dominasi asing yang besar lebih kurang 35 persen buat Surat Berharga Negara (SBN)< serta kurang lebih 60 persen kapitalisasi pasar modal, ketidak pastian ekonomi global sangat berpengaruh pada pasar modal serta obligasi.

Apa yang bisa dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia merupakan apa yang telah dimulai dijalankan, yaitu menstabilkan pasar SBN, diantaranya menggunakan membelinya dengan mempergunakan cadangan devisa. Cara ini baik nir saja pada menstabilkan pasar SBN,namun juga menstabilkan nilai rupiah serta memperbaiki neraca BI yang terlalu didominasi Surat Berharga luar negeri berdasarkan pengelolaan cadangan devisa. BI juga akan makin menunjuk pada penggunaan SBN serta Surat Perbendaharaan Negara (WSPN) jangka pendek, terutama tiga bulan dalam kebijakan moneternya.

Apa yg sudah dilakukan jua merupakan BI menjaga ketersediaan likuiditas bagi perbankan. Tentu saja kekhawatiran BI bahwa ini akan menambah likuiditas pada pasar yg dipandang sudah berlebih tetap menjadi perhatian. Tetapi, perlu dicatat bahwa inflasi terutama merupakan kenyataan kenaikan harga pangan yg disebabkan perseteruan pasokan serta distribusi, bukan kenyataan moneter. Kelebihan likuiditas yg disimpan balik di BI dalam bentuk SBI serta term deposit di BI, yg jumlahnya kurang lebih Rp 500 triliun, terutama karena kredit yang telah diputuskan bank belum bisa direalisasikan, terutama berkaitan menggunakan pembangunan infrastruktur. 

Jika pembangunan infrastruktur menggunakan sector riil, terutama manufaktur, dapat dijalankan dan dikembangkan, kelebihan likuiditas itu akan segera berubah menjadi kekurangan likuiditas di perbankan. Menjadi tugas pemerintah buat merealisasikan pembangunan infrastruktur yang sejauh ini masih mengecewakan. Sementara perkembangan sector riil terutama manufaktur, telah memperlihatkan perkembangan berarti menggunakan pertumbuhan lebih kurang 6 %.

Apalagi bila revitalisasi pertanian dapat juga dijalankan, aktivitas sector riil ini, manufaktur dan pertanian, apalagi ditambah menggunakan pembangunan infrastruktur, akan membentuk kesempatan kerja yang besar . Kegiatan ini dalam umumnya ber-orientasi domestic, yang semestinya nir terpengaruh negative sang ketidak pastian perekonomian dunia.

Bagi Negara berkembang misalnya Indonesia, melemahnya perekonomian Alaihi Salam dan Eropa semestinya nir hanya ditinjau dari satu sisi pengaruh negatifnya, tetapi pula sebagai peluang yg terbuka sang 'kehendak sejarah, 'buat terus maju dalam perekonomian.

Untuk sebagai perekonomian maju bukanlah anugrah, namun usaha keras buat memanfaatkan "kehendak sejarah" tadi. 

B. Dampak Krisis Eropa Terhadap Perkembangan Pasar Modal Dan Investasi Di Indonesia 
Krisis yg sedang melanda eropa tentu memberikan efek terhadap Indonesia. Sebagai Negara yang ikut andil dalam perekonomian global. Indonesia adalah negara paling tahan terhadap imbas krisis Eropa dan Amerika Serikat dibandingkan negara Asia lain karena nir terlalu mengandalkan ekspor menjadi tumpuan perekonomian. Saat ini, krisis keuangan di Eropa serta Amerika Serikat berdampak secara nir langsung terhadap negara-negara pada Asia. Negara-negara Asia hanya terkena pengaruh turunan yang ditimbulkan perlambatan ekonomi negara tujuan ekspor.

Menurut Gita Irawan Wirjawan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Dalam seminar yg bertema Indonesia 2012: Riding Optimism and Challenges Ahead pada Jakarta, Rabu (12/10), menyatakan apabila melihat struktur ekonomi Indonesia secara holistik imbas krisis hanya akan berpengaruh terhadap ekspor. Indonesia lambat laun akan terkena dampak krisis Eropa serta Alaihi Salam apabila masih berlarut-larut penyelesaiannya, meski pengaruhnya tidak akan besar dibandingkan negara-negara Asia lainnya.. Indonesia dinilai relatif terinsulasi berdasarkan efek krisis dunia, menurut output empat tes tekanan (stress test), yakni krisis Eropa, krisis keuangan Amerika Serikat, terjadinya gelembung aset (bubble aset), serta potensi merosotnya permintaan barang (demand shock). 

Dari empat layer tertekan test tadi, ekonomi In­donesia terlihat paling mera­sa­kan efek perlambatan eko­nomi jika dibandingkan menggunakan negara-negara Asia lainnya se­perti negara India. Meski demikian, potensi investasi serta peningkatan ekonomi domestik permanen positif. Investasi akan permanen meningkat 15% sampai akhir tahun 2012. 

98,4% investasi berdasarkan negara-negara Eropa mengalir ke berbagai negara di Asia.”Sebanyak 1,6% investasi dari Uni Eropa tiba ke Indonesia,” tandasnya. Julian mengungkapkan, anugerah hibah terus dilakukan meskipun waktu ini Eropa sedang terbelit persoalan krisis utang. Uni Eropa memberikan bantuan hibah sebanyak 12,5 juta euro kepada pemerintah Indonesia buat memperkuat dan mendukung sektor perdagangan serta investasi. 

Bantuan pendanaan tadi melalui program Trade Cooperation Facility (TCF).uni Eropa menyiapkan dana 400 juta euro sepanjang 2007–2013 untuk donasi hadiah ke semua Negara. Untuk bidang perdagangan serta investasi sekitar 60 juta euro. Untuk Indonesia 12,5 juta euro. Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto menyebutkan, apabila dihitung, total hadiah yg diberikan Uni Eropa kepada Indonesia sejak 2011 mencapai 186,5 juta euro. 

Nilai tersebut adalah kumulatif berdasarkan 24 kali hadiah bantuan. Hibah yang masih aktif sebesar 6, sisanya 18 program sudah dibayar. Rahmat menyebutkan, hibah sebanyak 12,lima juta euro akan didistribusikan buat proyekproyek perdagangan dan kebijakan investasi, fasilitas investasi serta hak kekayaan intelektual, perencanaan dan efisiensi, serta penemuan teknologi. 

Hibah akan diberikan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Riset serta Teknologi, Kementerian Perdagangan, dan Badan Penerapan Pengkajian Teknologi (BPPT).

Bursa Efek Indonesia (BEI)pun menilai, syarat pasar saham di Indonesia ketika ini pulang memperlihatkan tanda positif seiring kembali masuknya investor asing ke pada negeri serta penguatan indeks harga saham gabungan (IHSG).

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito di Jakarta, pelaku pasar asing yg sempat keluar menurut pasar saham dalam negeri, secara sedikit demi sedikit investor balik masuk ke Indonesia. Ketika pasar anjlok dalam September lalu, pelaku pasar asing poly yang keluar, tetapi syarat ekonomi Indonesia yang mempunyai pondasi positif dapat menahan krisis global dan mereka melihat situasi itu sebagai akibatnya memicu investor pulang masuk ke Indonesia. Kepercayaan terhadap Indonesia masih tinggi. Keluarnya pelaku asing hanya bersifat ad interim, selesainya cooling down mereka pulang masuk, apalagi mendasar perusahaan tercatat di BEI mempunyai kinerja positif.

Krisis yg tejadi pada eropa pula membawa pengaruh terhadap nilai mata uang Indonesia. Menurut Ifan Kurniawan,rupiah masih akan berkisar di antara Rp8.800 sampai Rp9.000 per dolar AS, lantaran tekanan dunia yg masih tinggi. Pergerakan rupiah sampai ketika ini sulit buat sanggup menguat pulang misalnya sebelumnya yang sempat mencapai Rp8.425 per dolar.volatilitas (tidak menentu) rupiah lantaran faktor ekonomi makro Indonesia yang tetap mengagumkan dengan ekonomi yang tumbuh mencapa 6,lima%.jika ekonomi makro Indonesia melemah, kemungkinan rupiah akan makin terpuruk terhadap dolar Alaihi Salam. Meski demikian, masih ada peluang buat rupiah menguat, bila arus modal asing balik masuk ke pasar, sesudah krisis utang Yunani mulai membaik.

C. Langkah-Langkah Dan Pemecahan Masalah Yang Harus Diambil Terkait Dengan Krisis Eropa
Menurut Gita Wirjawan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam acara Investor Summit and Capital Market Expo 2011 pada Jakarta, Kamis (6/10).

Ø Memasukkan Indonesia pada investment grade
Dengan peringkat Indonesia yg sudah "investment grade", diperkirakan akan memacu investasi asing ke Tanah Air.

Ø Intervensi dalam nilai tukar rupiah supaya tetap stabil. 
Perbankan merupakan keliru satu sektor yang nisbi bertenaga dalam menghadapi goncangan krisis. Meski pelemahan rupiah mampu mendongkrak kinerja ekspor Indonesia, tetapi dampaknya nir terlalu signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Ø Lebih berperan dalam meng­an­ti­sipasi ketatnya persaingan glo­bal, termasuk pertumbuhan in­ves­tasi di wilayah. 
Saat ini, terdapat 26 pro­vin­si In­donesia terus ber­lom­ba supaya men­jadi provinsi terbaik da­lam bidang penana­man modal. Su­dah ada 265 ka­bupaten yg menggelar pelaya­nan terpadu satu pintu (PTSP).

Ø Memperbaiki infrastruktur yg terdapat pada negeri sebagai akibatnya lebih memacu para investor buat berinvestasi di Indonesia, 
Melihat banyak para investor apabila menanamkan kapital pada Indonesia, terkadang bisnisnya tidak berkembang. Hal ini terbukti dari data yg diterbit­kan Bank Dunia memaparkan, ran­king investasi pada Indonesia berada di angka 121. Sedangkan Malay­sia di nomor 21 serta Singa­pura ran­king satu. .

Ø Pengoptimalan sector-sektor yg terdapat di Indonesia

Comments