PENGERTIAN ARTI DEFINISI PASAR MODAL PENJELASAN DASAR MENGENAI INVESTASI PERDAGANGAN PASAR MODAL INDONESIA

Pengertian Arti Definisi Pasar Modal Penjelasan Dasar Mengenai Investasi Perdagangan Pasar Modal Indonesia
Secara sederhana “pasar” bisa diartikan sebagai loka bertemunya penjual serta pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli. Bersamaan menggunakan berkembangnya peradaban insan, pengertian “pasar” bertambah luas. Saat ini, berkembang banyak sekali jenis pasar terbaru, termasuk pada dalamnya pasar kapital (capital markets). Pasar terbaru ini pula semakin berkembang. Bahkan, di pasar modal (capital markets), produk yg diperjualbelikan tidak lagi berwujud barang melainkan surat berharga (pengaruh). Kini, berkat kemajuan teknologi warta serta komunikasi (TIM), transaksi dampak di pasar kapital (capital markets) nir lagi menggunakan warkat dan bisa dilakukan dari jarak jauh menggunakan cara remote-trading.

Pasar modal mempunyai posisi yg strategis pada pembangunan ekonomi nasional. Pertumbuhan suatu pasar modal sangat tergantung berdasarkan kinerja perusahaan impak. Untuk mengkoordinasikan kapital, dukungan teknis, dan sumber daya manusia pada pengembangan Pasar Modal diperlukan suatu kepemimpinan yg efektif. Perusahaan-perusahaan harus menjalin kerja sama yg erat buat menciptakan pasar yg mampu menyediakan aneka macam jenis produk serta alternatif investasi bagi masyarakat. Di pasar modal terdapat banyak sekali macam liputan, misalnya laporan keuangan, kebijakan manajemen, rumor pada pasar modal, prospektus, saran dari broker, dan liputan lainnya.

Menurut definisi lainnya ”Pasar Modal yaitu sebagai suatu aktivitas yang bersangkutan dengan penawaran umum serta perdagangan dampak, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yg diterbitkannya, serta lembaga serta profesi yang berkaitan dengan impak.”

Pasar Modal adalah tempat perusahaan mencari dana segar buat mengingkatkan aktivitas usaha sehingga bisa mencetak lebih poly keuntungan. Dana segar yg ada pada pasar kapital dari dari warga yg dianggap juga sebagai investor. Para investor melakukan banyak sekali tehnik analisis dalam menentukan investasi pada mana semakin tinggi kemungkinan suatu perusahaan membuat keuntungan serta semakin kecil resiko yg dihadapi maka meningkat jua permintaan investor buat menanamkan modalnya pada perusahaan tadi.

Pengertian pasar kapital secara umum merupakan suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk didalamnya adalah bank-bank komersial dan seluruh forum mediator dibidang keuangan, serta holistik surat-surat berharga yg beredar. Dalam arti sempit, pasar modal adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yg disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya menggunakan menggunakan jasa para mediator pedagang imbas (Sunariyah, 2000 : 4). Dilihat dari pengertian akan pasar modal diatas, maka jelaslah bahwa pasar modal pula merupakan galat satu cara bagi perusahaan pada mencari dana dengan menjual hak kepemilikkan perusahaan pada rakyat.

Pasar modal adalah kegiatan yg berhubungan dengan penawaran generik dan perdagangan efek, perusahaan publik yg berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, dan lembaga serta profesi yang berkaitan menggunakan dampak. Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya, seperti : menabung di bank, membeli emas, premi, tanah dan bangunan, serta sebagainya. Berlangsungnya fungsi pasar modal (Bruce Lliyd, 1976), merupakan menaikkan dan menghubungkan genre dana jangka panjang menggunakan "kriteria pasarnya" secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung. Pasar Modal bertindak menjadi penghubung antara para investor menggunakan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang misalnya obligasi, saham, dan lainnya. 

Pasar kapital (capital market) merupakan pasar buat berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang sanggup diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif juga instrumen lainnya. Pasar modal adalah sarana pendanaan bagi perusahaan juga institusi lain (contohnya pemerintah), dan menjadi wahana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar kapital memfasilitasi aneka macam wahana serta prasarana kegiatan jual beli serta aktivitas terkait lainnya.

Pasar kapital mempunyai disparitas dari pasar uang, apabila pasar kapital diperjualbelikan instrument keuangan misalnya saham, obligasi, waran, right, obligasi konvertibel, dan aneka macam produk turunan, maka dipasar uang diperjualbelikan antara lain sertifikat bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Commercial Paper, Treasury Bills serta lain-lain.

Fungsi Pasar Modal
Dalam perekonomian suatu Negara, pasar kapital mempunyai fungsi:
a. Fungsi ekonomi. Pasar kapital menyediakan fasilitas atau wahana yg mempertemukan 2 kepentingan yaitu pihak investor serta pihak yg memerlukan dana. 
b. Fungsi keuangan. Pasar modal menaruh kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yg dipilih.

Pelaku Pasar Modal
· Emiten
Perusahaan yg akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi pada bursa (dianggap emiten). Dalam melakukan emisi, para emiten mempunyai banyak sekali tujuan dan hal ini biasanya telah tertuang dalam kedap generik pemegang saham (RUPS), diantaranya :
1. Perluasan usaha, modal yg diperoleh dari para investor akan dipakai buat meluaskan bidang usaha, ekspansi pasar atau kapasitas produksi.
2. Memperbaiki struktur kapital, menyeimbangkan antara modal sendiri menggunakan kapital asing.
3. Mengadakan pengalihan pemegang saham. Pengalihan menurut pemegang saham usang pada pemegang saham baru.

· Investor
Pemodal yg akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yg melakukan emisi (dianggap investor). Sebelum membeli surat berharga yg ditawarkan, investor umumnya melakukan penelitian dan analisis tertentu. Penelitian ini meliputi bonafiditas perusahaan, prospek bisnis emiten serta analisis lainnya. Tujuan utama para investor dalam pasar kapital diantaranya :
1. Memperoleh deviden. Ditujukan pada laba yang akan diperolehnya berupa bunga yg dibayar oleh emiten pada bentuk deviden.
2. Kepemilikan perusahaan. Semakin poly saham yang dimiliki maka semakin akbar pengusahaan (menguasai) perusahaan.
3. Berdagang. Saham dijual pulang dalam saat harga tinggi, pengharapannya merupakan dalam saham yg benar-benar dapat meningkatkan keuntungannya berdasarkan jual beli sahamnya.

· Lembaga Penunjang.
Fungsi forum penunjang ini diantaranya turut dan mendukung beroperasinya pasar kapital, sebagai akibatnya mempermudah baik emiten maupun investor dalam melakukan banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan pasar modal.

· Penjamin emisi (underwriter).
Lembaga yang menjamin terjualnya saham/obligasi hingga batas saat tertentu serta bisa memperoleh dana yg diinginkan emiten.

· Perantara perdagangan efek (broker/ makelar).
Perantaraan dalam jual beli pengaruh, yaitu perantara antara si penjual (emiten) menggunakan si pembeli (investor). Kegiatan-aktivitas yg dilakukan oleh broker diantaranya meliputi:
1. Memberikan keterangan mengenai emiten
2. Melakukan penjualan pengaruh kepada investor

· Perdagangan efek (dealer)

Berfungsi sebagai :
1. Pedagang dalam jual beli efek
2. Sebagai perantara dalam jual beli efek

· Penanggung (guarantor).
Lembaga penengah antara si pemberi kepercayaan menggunakan si penerima kepercayaan . Lembaga yang dianggap oleh investor sebelum menanamkan dananya.

· Wali amanat (trustee).
Jasa wali amanat dibutuhkan menjadi wali dari si pemberi amanat (investor). Kegiatan wali amanat meliputi :
1. Menilai kekayaan emiten
2. Menganalisis kemampuan emiten
3. Melakukan supervisi dan perkembangan emiten
4. Memberi nasehat pada para investor dalam hal yg berkaitan dengan emiten
5. Memonitor pembayaran bunga serta utama obligasi
6. Bertindak sebagai agen pembayaran

· Perusahaan surat berharga (securities company).
Mengkhususkan diri pada perdagangan surat berharga yang tercatat pada bursa dampak. Kegiatan perusahaan surat berharga diantaranya :
1. Sebagai pedagang efek
2. Penjamin emisi
3. Perantara perdagangan efek
4. Pengelola dana

· Perusahaan pengelola dana (investment company).
Mengelola surat-surat berharga yg akan menguntungkan sesuai dengan impian investor, terdiri berdasarkan dua unit yaitu sebagai pengelola dana dan penyimpan dana.

· Kantor administrasi impak.
Kantor yang membantu para emiten maupun investor dalam rangka memperlancar administrasinya.
1. Membantu emiten dalam rangka emisi
2. Melaksanakan aktivitas menyimpan serta pengalihan hak atas saham para investor
3. Membantu menyusun daftar pemegang saham
4. Mempersiapkan koresponden emiten kepada para pemegang saham
5. Membuat laporan-laporan yang diperlukan

Manfaat Pasar Modal
Secara umum, manfaat dari keberadaan pasar modal merupakan : 
1. Menyediakan asal pembiayaan (jangka panjang) bagi global usaha sekaligus memungkinkan alokasi dana secara optimal. 
2. Memberikan sarana investasi yang majemuk bagi investor sebagai akibatnya memungkinkan buat melakukan diversifikasi. 
3. Menyediakan leading indicator bagi perkembangan perekonomian suatu Negara. Maksudnya apabila pasar modal berkembang maka diperlukan perekonomian pula akan berkembang. 
4. Penyebaran kepemilikan perusahaan sampai dalam lapisan warga menengah
5. Penyebaran kepemilikan, keterbukaan dan profesionalisme 
6. Menciptakan lapangan kerja/profesi yg menarik
7. Memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat dan memiliki prospek
8. Alternative investasi yang menaruh potensi keuntungan 
9. Membina iklim keterbukaan bagi global dan control social
10. Sumber pembiayaan dana jangka panjang bagi emiten. 

Bagi emiten, pasar modal memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
1. Jumlah dana yg dapat dihimpun berjumlah besar
2. Dana tersebut dapat diterima sekaligus pada waktu pasar perdana selesai
3. Tidak ada convenant sebagai akibatnya manajemen dapat lebih bebas dalam pengelolaan dana/perusahaan
4. Solvabilitas perusahaan tinggi sehingga memperbaiki citra perusahaan
5. Ketergantungan emiten terhadap bank sebagai lebih kecil

Bagi investor, pasar kapital memiliki beberapa manfaat, antara lain:
1. Nilai investasi perkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Peningkatan tersebut tercermin dalam meningkatnya harga saham yg mencapai kapital gain
2. Memperoleh dividen bagi mereka yg mempunyai/memegang saham dan bunga yg mengambang bagi pemenang obligasi
3. Dapat sekaligus melakukan investasi pada beberapa instrumen yg mengurangi risiko

A. Krisis Eropa Dan Perkembangannya
Saat ini Eropa sedang mengalami tanda-tanda krisis yg berdampak dalam semua Negara pada dunia. Hal ini berakar dalam krisis yang terjadi pada yunani dan lalu krisis inipun menyebar ke seluruh zona pada eropa serta lalu ke Negara bagian yang lainnya. Menurut Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Senin (26/9/2011) mengeluh bahwa krisis keuangan Eropa merupakan seram dunia dan berakar pada kegagalan zona euro buat memperbaiki perbankan. Hal ini bisa menggagalkan pemulihan Alaihi Salam, Obama menjelaskan gejolak zona euro sebagai keliru satu faktor asing yang sudah membantu memperlambat ekonomi Amerika. Padahal sebelumnya, di eropa juga terjadi krisis 2007 serta krisis tersebut belum sepenuhnya selesai.

Krisis ini pula diperparah dengan apa yg terjadi pada Yunani, Eropa memiliki kapasitas buat mengatasi krisis utang negara, para pejabat AS telah memperlihatkan pertanda-pertanda meningkatnya ketidaksabaran menggunakan pemimpin politik Uni Eropa lantaran kekhawatiran penyebaran penularan berdasarkan krisis zona euro.

Menteri Keuangan AS Timothy Geithner mengatakan bahwa Amerika mempunyai impak besar di Eropa buat membantu menemukan strategi yg lebih efektif buat mengatasi krisis keuangannya.

Saham Eropa dan Alaihi Salam naik pada Senin dengan spekulasi dana bail out lebih ambisius untuk zona euro dan default (gagal bayar) teratur Yunani meskipun kurangnya rincian dan penolakan oleh pejabat terus menciptakan perdagangan bergejolak.

Tapi, walaupun krisis ini disinyalir bahwa yunani adalah Negara awal yang memulai, besaran utang, Italia lebih besar ketimbang Yunani. Utang Italia mencapai 1,7-1,8 triliun euro, sedangkan Yunani hanya lebih kurang 340 miliar euro. Perekonomian negara ini pun relatif akbar pada antara negara anggota Uni Eropa. Namun, apabila Italia hingga gagal bayar (default) maka obligasi negara itu sebagai lebih mahal. Kemudian, sebut beliau, suku bunga semua dunia sebagai tinggi. Ini akan mengakibatkan pada sulitnya perusahaan membayar utang atau kreditnya sebagai akibatnya akhirnya sanggup terjadi pengurangan karyawan. Yang terjadi pada Yunani, merambat cepat ke Irlandia, Portugal, Spanyol, Jerman, serta mungkin Italia, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Semuanya telah memengaruhi komoditas seperti minyak dan emas serta, menggunakan permintaan serta kepercayaan yang semakin berkurang, sudah memukul pasar saham pada seluruh dunia menggunakan cara yang menggetarkan poly orang-orang biasa, dari Korea hingga California. 

Selain itu Para investor pemilik saham pada perbankan Eropa menolak desakan untuk menyuntikkan modal buat industri perbankan Eropa. Penolakan itu menambah tekanan bagi para pemimpin Uni Eropa, yang berharap planning itu mampu menyelamatkan perbankan Eropa dari impak krisis utang.

Seperti dalam tahun 2007, utang mulai menimpa bank dan dana nilai, dan pada athun baru 2008 kepercayaan dalam sistem ini tergelincir bebas. Bank-bank Eropa jatuh selama berbulan-bulan. 

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pemerintah yg berutang dalam zona euro tidak akan sanggup membayar uang-utang mereka. Eropa juga menghadapi prospek pertumbuhan yg rendah lantaran pemerintah harus mengurangi pengeluaran buat membayar beban utang yang sangat berat.

Jika bank-bank pada dan di luar Eropa mengalami kerugian pada obligasi pemerintah, ini akan menciptakan mereka takut buat meminjamkan uang untuk beroperasi dan berkembang, malah mencekik pertumbuhan, ini sama persis dengan awal mula krisis di Alaihi Salam dalam tahun September 2008 waktu Lehman Brothers kolaps. Ekonomi dunia menyusut sebesar 0,6 persen dalam tahun 2009.

Implikasinya bahwa Stok dan harga minyak akan meninggi, dan emas, yang secara tradisional merupakan investasi yg kondusif, mengalami harga tertinggi sepanjang masa.

Penyebab Krisis Euro
Salah satu penyebab utama dari krisis mata uang pada zona euro merupakan bahwa hampir seluruh negara yg terlibat melanggar peraturan mereka sendiri-sendiri. Berdasarkan kriteria konvergensi bagian berdasarkan kesatuan ekonomi serta moneter, utang pemerintah tidak boleh melebihi 60% dari PDB dalam akhir tahun fiskal.

Demikian pula, defisit tahunan pemerintah nir boleh melebihi tiga% berdasarkan PDB. Tetapi, sebagaimana peta memperlihatkan, hanya 2 berdasarkan 16 negara zona euro Luksemburg dan Finlandia tetap konsisten pada ke 2 anggaran tersebut.

Secara keseluruhan, Yunani merupakan pelanggar terburuk, dengan utang sebanyak 115,1% menurut PDB serta defisit sebesar 13,6% dari PDB.

Tetapi di antara negara Eropa akbar lainnya, utang Italia bahkan lebih tinggi daripada Yunani, sementara defisit Spanyol adalah 11,dua% berdasarkan PDB.

Jika Inggris berada di zona euro, mereka jua akan jatuh, menggunakan utang yang sekarang terdapat pada kisaran 68,1% dari PDB dan defisit sebanyak 11,5% menurut PDB.

Untuk mengatasi krisis pada Eropa misalnya yg dilangsir dalam Kantor kabar Antara, dalam pertemuan di Beijing, Kepala Dana Talangan Eropa meminta China buat membantu zona euro yg sedang anjlok sebagai akibatnya china dapat menstabilkan pasar keuangan dunia pada jangka pendek meskipun nir menghapus penyebab dari krisis utang eropa hingga akarnya. Lantaran, pada rendezvous ini nir membicarakan mengenai masalah reformasi institutional serta "memperkuat integritas" sistem fiskal Eropa yg adalah kunci guna memenangkan kepercayaan serta bantuan dari negara-negara lain.

China, ekonomi terbesar kedua global, sudah menginvestasikan sejumlah uang pada obligasi Eropa serta sudah berulang kali menyerukan Eropa supaya menuntaskan krisis utangnya, dengan mengatakan gagal bertindak berisiko menyeret dunia kembali ke pada resesi.

Uni Eropa merupakan pembeli terbesar dunia bagi ekspor China bernilai sekitar 380 miliar dolar dalam 2010  dan para analis pernah mengatakan runtuhnya permintaan bisa memicu hilangnya lapangan kerja besar pada pabrik-pabrik China, yg mempekerjakan jutaan orang.

Para pemimpin UE sudah mendiskusikan permintaan agar China menyumbang Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), namun para pemimpin komunis negara itu akan menghadapi oposisi domestik karena menalangi utang negara-negara maju.

Ekonomi Amerika Serikat pulang mengalami tekanan berta dan diambang resesi. Apabila pada 2008 permasalahan kredit perumahan (subprime mortgage) memicu krisis keuangan di AS yang memicu krisis global, pada 2011 perseteruan utang pemerintah memicu kekhawatiran pelaku ekonomi, ad interim itu kalangan politisi nir memiliki istilah sepakat bagaimana mengatasi pertarungan ini.

Perekonomian AS kemungkinan akan tumbuh rendah jikalau nir resesi, atau pertumbuhan negative. Dengan utang pemerintah yg dalam saat dekat akan, mencapai kurang lebih 100 % menurut PDB, pertarungan ini sangatlah sulit buat dipecahkan. Kongres putusan bulat memotong aturan pemerintah 2,5 triliun dollar Alaihi Salam pada sepuluh tahun kedepan atau kurang lebih 250 miliar dollar AS setiap tahun.

Pemotongan ini akan membawa konsekuensi serius terhadap pemerintah dan kesejahteraan masyarakat. Sementara itu dunia usaha AS semakin enggan melakukan investasi serta cenderung menyimpan dananya dalam bentuk tunai atau menempatkannya dalam surat berharga Alaihi Salam yg imbal hasilnya terus menurun. Hanya dengan menjaga likuiditas pada pasar, bank sentral Alaihi Salam membuat perekonomian AS dapat mengambang di pemrmukaan. 

Namun, likuiditas tersebut, nir di investasikan, tetapi poly yg disimpan klembali di bank atau surat berharga pemerintah. Likuiditas yang mengalir ke Negara berkembang kecenderungannya juga banyak yg kembali lagi ke AS buat cari selamat.

Ekonomi Alaihi Salam menggunakan PDB lebih kurang 15 triliun dollar ASmasih adalah perekonomian terbesar pada global, yg nir dapat digantikan perekonomian lain dalam saat dekat. Ekonomi China masih sepertiga ukurannya berdasarkan Alaihi Salam. Tambahan lagi ketergantungan China terhadap perekonomian Alaihi Salam sangat akbar sebagai pasar ekspor dan tempat menyimpan cadangan devisa. Karena itu, bila perekonomian Alaihi Salam mengalami krisis, pengaruhnya akan menyebar keseluruh dunia.

Perekonomian AS memang masih akan terus berkecimpung sekalipun kecenderunganny melemah, dan menggunakan pengangguran kurang lebih 9,1 % belum mengalami keadaan seburuk Depresi Besar menggunakan pengangguran sekitar 25 %. Tetapi, perekonomian Alaihi Salam kemungkinan, cepat atau lambat, nir akan lagi sebagai ekonomi angka satu pada global. Apabila penentu kebikan AS serta pelaku ekonominya realistis, transisi perekonomian Alaihi Salam buat terus berkembang sekalipun akan turun jadi angka kedua pada decade 1-2 kedepan akan berjalan baik. Tetapi, kontradiksi yg berkepanjangan di antara pimpinan politik dan keengganan dunia bisnis buat melakukan investasi akan membahayakan tidak saja perekonomian Alaihi Salam, tetapi juga perekonomian dunia. 

Keadaan perekonomian Eropa lebih mengenaskan. Integrasi ekonomi Eropa mengalami ancaman serius menggunakan krisis utang public di Negara-negara anggota pada pinggiran, misalnya Yunani, Irlandia, Portugal pula Spanyol dan Italia. Rasio utang public mereka pada umumnya jauh melebihi PDB-nya. Upaya penanganan permasalahan ini sangat bergantung dalam dua Negara primer yaitu jerman dan Perancis, yang semakin kewalahan buat bisa bertindak secara efektif.

Perekonomian Jerman dan Perancis juga mengalami pelemahan dan sangat sulit buat bisa menanggung beban konflik Negara lainnya. Dapat dikatakan masa depan ekonomi Eropa kelam, kecuali Jerman dan perancis. Tindakan memotong aturan secara drastic, akan menyebabkan reaksi social sangat tidak baik, seperti terjadi pada Yunani dan Inggris.

Perekonomian Indonesia 
Perekonomian Indonesia tidaklah terlepas dari ketidak pastian perekonomian pada Alaihi Salam serta eropa. Sekalipun perekonomian Indonesia sangat di cirikan sang ekonomi domestic, menggunakan ekspor hanya lebih kurang 28 % dari PDB dan rekan dagang utama merupakan Jepang dan China, Alaihi Salam serta Eropa masih punya efek penting pada perekonomian Indonesia.apalagi rekan dagang utama Indonesia di Asia lebih bergantung dalam perekonomian Alaihi Salam dan Eropa.

Faktor yg sangat berpengaruh berdasarkan ketidak pastian ini merupakan di sector keuangan, terutama pasar modal dan obligasi. Sekalipun pasar modal serta obligasi belumlah dominan pada perekonomian Indonesia, dengan penguasaan asing yg besar sekitar 35 % buat Surat Berharga Negara (SBN)< dan lebih kurang 60 % kapitalisasi pasar kapital, ketidak pastian ekonomi global sangat berpengaruh dalam pasar modal dan obligasi.

Apa yang bisa dilakukan pemerintah serta Bank Indonesia adalah apa yg telah dimulai dijalankan, yaitu menstabilkan pasar SBN, diantaranya menggunakan membelinya menggunakan mempergunakan cadangan devisa. Cara ini baik nir saja dalam menstabilkan pasar SBN,tetapi jua menstabilkan nilai rupiah serta memperbaiki neraca BI yang terlalu didominasi Surat Berharga luar negeri berdasarkan pengelolaan cadangan devisa. BI juga akan makin menunjuk pada penggunaan SBN dan Surat Perbendaharaan Negara (WSPN) jangka pendek, terutama 3 bulan pada kebijakan moneternya.

Apa yg telah dilakukan jua adalah BI menjaga ketersediaan likuiditas bagi perbankan. Tentu saja kekhawatiran BI bahwa ini akan menambah likuiditas pada pasar yg dilihat telah berlebih tetap sebagai perhatian. Namun, perlu dicatat bahwa inflasi terutama merupakan fenomena kenaikan harga pangan yang disebabkan perseteruan pasokan serta distribusi, bukan kenyataan moneter. Kelebihan likuiditas yg disimpan kembali pada BI pada bentuk SBI dan term deposit pada BI, yang jumlahnya lebih kurang Rp 500 triliun, terutama lantaran kredit yg sudah diputuskan bank belum dapat direalisasikan, terutama berkaitan menggunakan pembangunan infrastruktur. 

Jika pembangunan infrastruktur menggunakan sector riil, terutama manufaktur, bisa dijalankan dan dikembangkan, kelebihan likuiditas itu akan segera berubah menjadi kekurangan likuiditas di perbankan. Menjadi tugas pemerintah buat merealisasikan pembangunan infrastruktur yg sejauh ini masih mengecewakan. Sementara perkembangan sector riil terutama manufaktur, telah menampakan perkembangan berarti menggunakan pertumbuhan sekitar 6 %.

Apalagi apabila revitalisasi pertanian bisa juga dijalankan, aktivitas sector riil ini, manufaktur serta pertanian, apalagi ditambah menggunakan pembangunan infrastruktur, akan membentuk kesempatan kerja yg besar . Kegiatan ini dalam umumnya ber-orientasi domestic, yg semestinya nir terpengaruh negative oleh ketidak pastian perekonomian global.

Bagi Negara berkembang seperti Indonesia, melemahnya perekonomian AS dan Eropa semestinya tidak hanya dilihat menurut satu sisi pengaruh negatifnya, namun pula menjadi peluang yg terbuka oleh 'kehendak sejarah, 'buat terus maju dalam perekonomian.

Untuk menjadi perekonomian maju bukanlah anugrah, namun perjuangan keras buat memanfaatkan "kehendak sejarah" tadi. 

B. Dampak Krisis Eropa Terhadap Perkembangan Pasar Modal Dan Investasi Di Indonesia 
Krisis yg sedang melanda eropa tentu menaruh dampak terhadap Indonesia. Sebagai Negara yg ikut andil dalam perekonomian dunia. Indonesia adalah negara paling tahan terhadap efek krisis Eropa dan Amerika Serikat dibandingkan negara Asia lain lantaran tidak terlalu mengandalkan ekspor menjadi tumpuan perekonomian. Saat ini, krisis keuangan di Eropa serta Amerika Serikat berdampak secara tidak eksklusif terhadap negara-negara di Asia. Negara-negara Asia hanya terkena dampak turunan yg disebabkan perlambatan ekonomi negara tujuan ekspor.

Menurut Gita Irawan Wirjawan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Dalam seminar yg bertema Indonesia 2012: Riding Optimism and Challenges Ahead pada Jakarta, Rabu (12/10), menyatakan bila melihat struktur ekonomi Indonesia secara holistik pengaruh krisis hanya akan berpengaruh terhadap ekspor. Indonesia lambat laun akan terkena dampak krisis Eropa dan AS jika masih berlarut-larut solusinya, meski pengaruhnya tidak akan akbar dibandingkan negara-negara Asia lainnya.. Indonesia dievaluasi relatif terinsulasi dari efek krisis global, dari output empat tes tekanan (stress test), yakni krisis Eropa, krisis keuangan Amerika Serikat, terjadinya gelembung aset (bubble aset), serta potensi merosotnya permintaan barang (demand shock). 

Dari empat layer tertekan test tersebut, ekonomi In­donesia terlihat paling mera­sa­kan pengaruh perlambatan eko­nomi jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya se­perti negara India. Meski demikian, potensi investasi dan peningkatan ekonomi domestik permanen positif. Investasi akan tetap meningkat 15% hingga akhir tahun 2012. 

98,4% investasi menurut negara-negara Eropa mengalir ke berbagai negara pada Asia.”Sebanyak 1,6% investasi menurut Uni Eropa datang ke Indonesia,” tandasnya. Julian mengungkapkan, anugerah hibah terus dilakukan meskipun waktu ini Eropa sedang terbelit dilema krisis utang. Uni Eropa menaruh donasi hibah sebesar 12,5 juta euro kepada pemerintah Indonesia buat memperkuat serta mendukung sektor perdagangan serta investasi. 

Bantuan pendanaan tersebut melalui acara Trade Cooperation Facility (TCF).uni Eropa menyiapkan dana 400 juta euro sepanjang 2007–2013 buat donasi bantuan gratis ke seluruh Negara. Untuk bidang perdagangan dan investasi sekitar 60 juta euro. Untuk Indonesia 12,5 juta euro. Pada kesempatan yg sama, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto menyebutkan, bila dihitung, total hadiah yg diberikan Uni Eropa kepada Indonesia semenjak 2011 mencapai 186,5 juta euro. 

Nilai tadi merupakan kumulatif berdasarkan 24 kali pemberian bantuan. Hibah yang masih aktif sebanyak 6, sisanya 18 acara telah dibayar. Rahmat menjelaskan, hibah sebesar 12,lima juta euro akan didistribusikan untuk proyekproyek perdagangan serta kebijakan investasi, fasilitas investasi dan hak kekayaan intelektual, perencanaan serta efisiensi, dan inovasi teknologi. 

Hibah akan diberikan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Energi serta Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Riset serta Teknologi, Kementerian Perdagangan, serta Badan Penerapan Pengkajian Teknologi (BPPT).

Bursa Efek Indonesia (BEI)pun menilai, kondisi pasar saham di Indonesia waktu ini pulang memperlihatkan pertanda positif seiring balik masuknya investor asing ke pada negeri dan penguatan indeks harga saham adonan (IHSG).

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito di Jakarta, pelaku pasar asing yang sempat keluar dari pasar saham dalam negeri, secara bertahap investor pulang masuk ke Indonesia. Ketika pasar anjlok dalam September kemudian, pelaku pasar asing banyak yg keluar, tetapi kondisi ekonomi Indonesia yg mempunyai pondasi positif dapat menunda krisis dunia dan mereka melihat situasi itu sebagai akibatnya memicu investor balik masuk ke Indonesia. Kepercayaan terhadap Indonesia masih tinggi. Keluarnya pelaku asing hanya bersifat ad interim, sehabis cooling down mereka balik masuk, apalagi mendasar perusahaan tercatat pada BEI memiliki kinerja positif.

Krisis yg tejadi di eropa jua membawa imbas terhadap nilai mata uang Indonesia. Menurut Ifan Kurniawan,rupiah masih akan berkisar di antara Rp8.800 hingga Rp9.000 per dolar AS, karena tekanan dunia yg masih tinggi. Pergerakan rupiah sampai waktu ini sulit buat bisa menguat pulang misalnya sebelumnya yang sempat mencapai Rp8.425 per dolar.volatilitas (tak menentu) rupiah karena faktor ekonomi makro Indonesia yg permanen cantik dengan ekonomi yg tumbuh mencapa 6,lima%.jika ekonomi makro Indonesia melemah, kemungkinan rupiah akan makin terpuruk terhadap dolar AS. Meski demikian, terdapat peluang buat rupiah menguat, bila arus modal asing pulang masuk ke pasar, setelah krisis utang Yunani mulai membaik.

C. Langkah-Langkah Dan Pemecahan Masalah Yang Harus Diambil Terkait Dengan Krisis Eropa
Menurut Gita Wirjawan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada acara Investor Summit and Capital Market Expo 2011 di Jakarta, Kamis (6/10).

Ø Memasukkan Indonesia pada investment grade
Dengan peringkat Indonesia yang sudah "investment grade", diperkirakan akan memacu investasi asing ke Tanah Air.

Ø Intervensi pada nilai tukar rupiah supaya permanen stabil. 
Perbankan adalah galat satu sektor yg nisbi kuat pada menghadapi goncangan krisis. Meski pelemahan rupiah mampu mendongkrak kinerja ekspor Indonesia, tetapi dampaknya tidak terlalu signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Ø Lebih berperan dalam meng­an­ti­sipasi ketatnya persaingan glo­bal, termasuk pertumbuhan in­ves­tasi pada wilayah. 
Saat ini, terdapat 26 pro­vin­si In­donesia terus ber­lom­ba supaya men­jadi provinsi terbaik da­lam bidang penana­man kapital. Su­dah ada 265 ka­bupaten yang menggelar pelaya­nan terpadu satu pintu (PTSP).

Ø Memperbaiki infrastruktur yg terdapat pada negeri sehingga lebih memacu para investor buat berinvestasi pada Indonesia, 
Melihat banyak para investor apabila menanamkan kapital pada Indonesia, terkadang bisnisnya tidak berkembang. Hal ini terbukti menurut data yg diterbit­kan Bank Dunia memaparkan, ran­king investasi pada Indonesia berada di nomor 121. Sedangkan Malay­sia di angka 21 serta Singa­pura ran­king satu. .

Ø Pengoptimalan sector-sektor yg ada pada Indonesia

Comments