MATA PENCAHARIAN BENAR MICCHAVANIJJA/MITHAYAVANIJYA

5. Mata Pencaharian Benar
Mata Pencaharian Benar berkaitan dengan adanya 5 jenisperdagangan yang harus dihindarkan [micchavanijja/mithayavanijya]karena bisa merugikan diri sendiri serta orang lain, yaitu:
(1) berdagang senjata yang mematikan [sattha-vanijja/sastra-vanijya]
(2) berdagang makhluk hidup [satta-vanijja/sattva-vanijya]
(3) berdagang daging [mamsa-vanijja/mamsavanijya]
(4) berdagang minuman memabukkan [majja-vanijja/madya-vanijya]
(5) berdagang racun [visa-vanijja/visavanijya]

Sering kita membaca pada koran tentang banyak sekali tindakpeperangan yg menyebabkan musnahnya penduduk suatu kota hanya karenapenggunaan senjata yg mematikan. Perdagangan makhuk hayati termasuk manusiatelah menyebabkan banyak sekali penderitaan, belum lagi banyak sekali penyakit yg mudahmenyerang fauna peliharaan misalnya masalah sapi gila di Eropa, perkara virus burungdi Hong Kong, dan masalah flu babi di Malaysia, dimana semuanya itu menimbulkankerugian yang relatif besar hanya untuk mencegah bertambahnya korban insan,dengan jalan mematikan secara masal hewan peliharaan tadi, mulai dari pemberiangas beracun, dipukul, dikubur hayati-hidup, dibakar hayati-hayati serta berbagaipembasmian kejam lainnya. Kasus-perkara tadi jua mengakibatkan poly pedagangdaging terpaksa rol tikar karena nir terdapatnya pasokan daging, danberkurangnya niat pembeli yang takut terjangkit virus fauna peliharaantersebut.

Berbagai kejahatan sudah acapkali kita dengar yangditimbulkan oleh lantaran seseorang itu sedang mabuk minuman keras ataupun habismenegak pil, ganja, morfin yg menciptakan kesadaran seseorang itu sebagai rendahseperti binatang. Demikian jua aneka macam masalah bunuh diri dengan meminum racunataupun kasus kematian korban yg diracuni tak jarang juga terpampang dalamberbagai koran harian .

Comments