KONSEP DAN DEFINISI NEGARA OLEH PARA PAKAR DAN AHLI

Cara flexi---Warga belajar dan murid sekalian, pada pembahasan Materi Tatanegara kita telah mempelajari mengenai apa itu negara. Untuk lebih tahu tentang konsep negara ini alangkah baiknya bila kita melihat serta menilik konsep negara menurut pandangan para pakar dan ahlinya.  Beberapa konsep negara berdasarkan sejumlah konsep atau definisi negara yang pernah diutarakan sang para ahli atau para pakar, diantaranya sebagai berikut : 

Aristoteles, negara adalah komplotan daripada keluarga dan desa guna memperleh hidup yg sebaik-baiknya.

Bluntschli, negara merupakan suatu diri rakyat yang disusun dalam suatau organisasi politik di suatu wilayah eksklusif.

Hans Kelsen, negara adalah suatu susunan pergaulan hayati bersama menggunakan paksa

Harold J. Lashi, negara merupakan suatu rakyat yg diintegrasikan lantaran mempunyai kewenangan yg bersifat memaksa dan mengikat.

Hogo de. Groot, negara merupakan suatu komplotan yg paripurna menurut orang-orang yang merdeka untuk memperoleh  perlindungan hukum.

Holgerwerf, negara merupakan suatu kelompok yg terorganisir, memiliki tujuan, pembagian tugas dan kumpulan kekuatan-kekuatan negara memiliki kekuasaan tertinggi yang diakui kedaulatannya, memonopoli kekuasaan dan berwenang memaksa serta memakai kekuasaan.

Kranenburg, negara merupakan suatu sistem berdasarkan tugas-tugas umum berdasarkan organisasi-organisasi yg diatur dalam usaha negara buat mencapai tujuan, yang jua sebagai tujuan masyarakat/masyarakat serta memiliki pemerintahan yg berdaulat.

Jean Bodin, negara merupakan suatu komplotan dari keluarga-keluarga dengan segala kepentingan yang dipimpin sang logika berdasarkan suatu kuasa yang berdaulat.

Robert Mac Lever, negara merupakan asosiasi yang menyelenggarakan penertiban pada pada suatu rakyat, pada suatu daerah menggunakan menurut sistem aturan yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang buat maksud tersebut diberikan kekuasaan memaksa.

Roger H. Soltau, negara adalah alat (agency) atau kewenangan (authority) yg mengatur atau mengendalikan masalah-dilema beserta atas nama masyarakat.

Sri Sumantri, negara merupakan suatu organisasi kekuasaan, sang karena itu pada setiap organisasi bernama negara selalu kita jumpai adanya organisasi atau indera perlengkapan yang mempunyai kemampuan buat memaksakan kehendaknya kepada siapa pun juga yang bertempat tinggal di daerah kekuasaannya.

Jadi dari konsep dan definisi tentang negara dari para ahli di atas, bisa kita lihat bahwa negara adalah konsep yg abstrak. Artinya Anda tidak pernah melihat negara Irak, Amerika Serikat atau Inggris. Dapat Anda lihat hanya berbendera, orang, lambang negara mengetahui bahasa nasional, lagu kebangsaan, dan kalaupun Anda melihat secara penuh itu hanya di dalam peta yg juga merupakan abstrak berdasarkan global maya. Munculnya negara ini karena naluri insan yg ingin hayati berkelompok berdasarkan bermasyarakat, buat mempertahankan kelangsungan hidupnya menurut banyak sekali ancaman.

Negara memiliki sifat-sifat spesifik sebagai manifestasi menurut kedaulatan yg dimilikinya. Umumnya setiap negara memiliki sifat memaksa, sifat monopoli dan sifat mencakup semua.

Demikian beberapa konsep negara menurut sejumlah konsep atau definisi negara yang pernah diutarakan sang para pakar atau para pakar. Semoga bermanfaat menjadi bahan belajar serta menambah ilmu pengetahuan kita tentang negara, selamat belajar. Terimakasih.


Sumber: dirangkum dari berbagai asal !!

Comments