KABEL LISTRIK DIRUMAH MENYALA SEMUA SAAT DI TESTPEN KENAPA

Kabel di rumah positif dan negatif di cek pakai tespen nyala dua-2-nya. Kenapa ya?
Apakah anda pernah mengalami, saat terjadi kerusakan listrik dirumah lalu anda mencoba memeriksanya menggunakan menggunakan testpen, kabel positif dan negatifnya kedua-duanya menyala saat ditestpen, kenapa?
Padahal seharusnya saat kita mempelajari kabel listrik dirumah dengan menggunakan testpen, waktu kabel positif pada testpen maka testpen akan menyala, serta bila kabel netral (Negatif) ditest maka testpen tidak menyala.
Baca jua: Cara memakai Testpen yg benar dan Aman
Lalu, apa yg menyebabkan kabel fase (Positif) serta kabel netral (Negatif) instalasi listrik dirumah kedua-duanya menyala waktu ditespen?
Untuk menjawab kebingungan anda, maka kali ini kita akan coba berbagi tentang beberapa penyebab serta solusinya waktu kejadian tadi anda alami.

Penyebab ke 2 kabel listrik pada tempat tinggal menyala waktu di testpen, serta solusinya

Kabel Netral (Negatif) terputus
Jika anda menilik kabel fase (positif) dan kabel netral (Negatif) melalui keliru satu lubang stop kontak dengan menggunakan testpen, dan ke 2-duanya menyala, ini berarti bahwa kabel netral yang menuju stopkontak tersebut lepas atau terputus.
Baca jua: Tips menentukan Stop hubungan yg indah serta aman
Saat kabel netral terputus, maka listrik menurut kabel fase akan mengalir melalui peralatan listrik yg terpasang menuju kabel netral yang terputus, atau bisa jua listrik berdasarkan kabel fase mengalir melalui induksi menuju kabel netral.
  • Solusinya:
Jika hanya galat satu stop kontak yang mengalami hal ini, ini berarti kabel netral (Negatif) yg menuju stop hubungan tadi terputus, maka periksa sambungan dan kondisi kabel netral yang menuju stop kontak tadi, dan pastikan kabel netral tersambung menggunakan baik.
Jika semua stopkontak yang ada dirumah mengalami hal yg sama yaitu kabel ke 2-duanya menyala saat pada testpen, ini berarti kabel netral menurut asal listrik yang terputus, maka periksa syarat sambungan serta kabel netral berdasarkan sumber listrik, serta pastikan kabel netral menurut sumber tersambung menggunakan baik menuju instalasi listrik pada rumah.
Baca jua: Sudah Amankah Instalasi listrik pada rumah anda?
Kabel yg tersambung pada MCB, Kabel Netral
Seharusnya kabel yang tersambung pada MCB adalah kabel fasa (Positif)
Jika kabel yang tersambung merupakan kabel netral, maka saat MCB dimatikan, maka genre kabel netral ke instalasi listrik di rumah anda akan terputus, dan hal ini akan mengakibatkan kabel fase (Positif) mengalir ke kabel netral (Negatif) melalui banyak sekali peralatan listrik yang terpasang pada rumah anda.
Dan akibatnya waktu MCB anda matikan (Off), kemudian anda menyelidiki kabel menggunakan memakai testpen, maka baik kabel fase (Positif) serta kabel netral (negatif) di tempat tinggal anda akan menyala ketika ditestpen.
  • Solusinya:
Pastikan kabel yang terpasang dalam MCB merupakan Kabel Fase (Positif), hal ini jua bertujuan untuk keselamatan, ketika MCB dimatikan (Off) maka tidak ada lagi tegangan listrik menurut kabel fase (Positif) yang mengalir ke seluruh kabel instalasi listrik.
Baca jua: Bahan instalasi listrik yang aman serta cara memasangnya
Kabel yg tersambung ke saklar, kabel Netral
Seharusnya Kabel yg terpasang pada saklar merupakan Kabel Fasa (Positif).
Jika peristiwa ini terjadi pada saat anda memeriksa fiting lampu, dan ketika anda memeriksa kedua terminal yg ada pada fiting tadi dengan menggunakan testpen, dan testpen menyala dalam ke 2 terminal fiting lampu.
Kemungkinan kabel netral yang menuju fiting lampu nir tersambung (Terputus), atau sanggup pula karena kabel yg terpasang pada saklar tersebut merupakan kabel netral.
  • Solusinya:
Sebelum anda memeriksa fiting lampu menggunakan memakai testpen, posisikan saklar lampu tersebut pada posisi Off, kemudian periksa terminal dalam fiting lampu tadi.
Jika testpen menyala dalam kedua terminal fiting lampu tersebut, penyebabnya adalah kabel yg terpasang dalam Saklar merupakan kabel netral, perbaiki kabel yang terpasang pada saklar tadi serta pastikan bahwa kabel fase yang terpasang dalam saklar bukan kabel netral.
Jika pada posisi saklar off, serta anda periksa kedua terminal fiting serta testpen tidak menyala dalam keduanya, berarti kabel yang terpasang pada saklar telah sahih yaitu kabel fasa.
Kemudian coba nyalakan saklar lampu tersebut, lalu periksa lagi terminal fitingnya dengan memakai testpen, bila testpen menyala dalam ke 2-dua terminal fiting, ini berarti kabel netral yang menuju fiting tadi terputus, periksa sambungan serta kabel netral yang menuju fiting tadi dan pastikan tersambung dengan benar.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments