KABEL LISTRIK DIRUMAH MENYALA SEMUA SAAT DI TESTPEN KENAPA

Kabel di rumah positif serta negatif pada cek pakai tespen nyala 2-dua-nya. Kenapa ya?
Apakah anda pernah mengalami, ketika terjadi kerusakan listrik dirumah lalu anda mencoba memeriksanya dengan menggunakan testpen, kabel positif dan negatifnya ke 2-duanya menyala waktu ditestpen, kenapa?
Padahal seharusnya ketika kita mengusut kabel listrik dirumah dengan memakai testpen, waktu kabel positif pada testpen maka testpen akan menyala, serta bila kabel netral (Negatif) ditest maka testpen nir menyala.
Baca jua: Cara menggunakan Testpen yang sahih serta Aman
Lalu, apa yang menyebabkan kabel fase (Positif) serta kabel netral (Negatif) instalasi listrik dirumah kedua-duanya menyala saat ditespen?
Untuk menjawab kebingungan anda, maka kali ini kita akan coba berbagi mengenai beberapa penyebab dan solusinya saat insiden tersebut anda alami.

Penyebab kedua kabel listrik pada tempat tinggal menyala saat pada testpen, dan solusinya

Kabel Netral (Negatif) terputus
Jika anda mengusut kabel fase (positif) serta kabel netral (Negatif) melalui salah satu lubang stop kontak menggunakan memakai testpen, serta ke 2-duanya menyala, ini berarti bahwa kabel netral yg menuju stopkontak tadi lepas atau terputus.
Baca jua: Tips memilih Stop hubungan yg cantik serta aman
Saat kabel netral terputus, maka listrik berdasarkan kabel fase akan mengalir melalui alat-alat listrik yg terpasang menuju kabel netral yang terputus, atau bisa pula listrik berdasarkan kabel fase mengalir melalui induksi menuju kabel netral.
  • Solusinya:
Jika hanya galat satu stop hubungan yg mengalami hal ini, ini berarti kabel netral (Negatif) yang menuju stop hubungan tadi terputus, maka periksa sambungan dan syarat kabel netral yg menuju stop kontak tersebut, dan pastikan kabel netral tersambung dengan baik.
Jika seluruh stopkontak yang ada dirumah mengalami hal yang sama yaitu kabel kedua-duanya menyala waktu pada testpen, ini berarti kabel netral menurut sumber listrik yg terputus, maka periksa kondisi sambungan serta kabel netral menurut asal listrik, serta pastikan kabel netral menurut asal tersambung dengan baik menuju instalasi listrik di rumah.
Baca jua: Sudah Amankah Instalasi listrik di rumah anda?
Kabel yang tersambung pada MCB, Kabel Netral
Seharusnya kabel yg tersambung dalam MCB merupakan kabel fasa (Positif)
Jika kabel yg tersambung merupakan kabel netral, maka saat MCB dimatikan, maka aliran kabel netral ke instalasi listrik pada rumah anda akan terputus, serta hal ini akan mengakibatkan kabel fase (Positif) mengalir ke kabel netral (Negatif) melalui berbagai peralatan listrik yg terpasang pada tempat tinggal anda.
Dan akibatnya waktu MCB anda matikan (Off), lalu anda mempelajari kabel dengan menggunakan testpen, maka baik kabel fase (Positif) serta kabel netral (negatif) di tempat tinggal anda akan menyala ketika ditestpen.
  • Solusinya:
Pastikan kabel yang terpasang dalam MCB adalah Kabel Fase (Positif), hal ini jua bertujuan buat keselamatan, saat MCB dimatikan (Off) maka nir ada lagi tegangan listrik dari kabel fase (Positif) yg mengalir ke semua kabel instalasi listrik.
Baca jua: Bahan instalasi listrik yg kondusif dan cara memasangnya
Kabel yang tersambung ke saklar, kabel Netral
Seharusnya Kabel yg terpasang dalam saklar merupakan Kabel Fasa (Positif).
Jika insiden ini terjadi pada saat anda menyelidiki fiting lampu, serta saat anda memeriksa kedua terminal yg ada dalam fiting tersebut menggunakan memakai testpen, dan testpen menyala pada ke 2 terminal fiting lampu.
Kemungkinan kabel netral yg menuju fiting lampu nir tersambung (Terputus), atau sanggup pula lantaran kabel yang terpasang pada saklar tersebut adalah kabel netral.
  • Solusinya:
Sebelum anda menyelidiki fiting lampu menggunakan menggunakan testpen, posisikan saklar lampu tersebut dalam posisi Off, kemudian periksa terminal pada fiting lampu tersebut.
Jika testpen menyala dalam ke 2 terminal fiting lampu tersebut, penyebabnya merupakan kabel yang terpasang pada Saklar merupakan kabel netral, perbaiki kabel yg terpasang dalam saklar tadi serta pastikan bahwa kabel fase yang terpasang dalam saklar bukan kabel netral.
Jika dalam posisi saklar off, dan anda periksa kedua terminal fiting dan testpen nir menyala dalam keduanya, berarti kabel yg terpasang pada saklar sudah benar yaitu kabel fasa.
Kemudian coba nyalakan saklar lampu tadi, kemudian periksa lagi terminal fitingnya dengan menggunakan testpen, apabila testpen menyala pada kedua-dua terminal fiting, ini berarti kabel netral yg menuju fiting tadi terputus, periksa sambungan serta kabel netral yg menuju fiting tersebut serta pastikan tersambung dengan benar.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments