IPTEK YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT

Cara flexi---IPTEK yang Berkembang di Masyarakat

IPTEK yg berkembang pada warga sangat poly ragamnya, sesuai menggunakan perkembangan zaman. Berikut ini akan disampaikan model macam IPTEK yg berkembang pada rakyat tradisional, yaitu:

1. Kesehatan

Kesehatan merupakan keliru satu kebutuhan hayati manusia yg paling fundamental pada warga . Pengetahuan kesehatan pada warga tradisional terbatas dalam wahana dan prasarana kesehatan yang disediakan sang alam sekitarnya. Pengetahuan mereka tentang jenis-jenis penyakit serta sebatas dalam gejala-tanda-tanda yg dapat ditinjau atau bisa dirasakan. Seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit perut, sakit panas, dan sebagainya.


2. Astronomi

Astronomi adalah ilmu yg berkaitan menggunakan perhitungan waktu serta gejala-tanda-tanda alam semesta, khususnya kedudukan surya. Pada rakyat tradisional, perhitungan saat dan tanda-tanda-gejala alam semesta sudah diwariskan sang nenek moyang mereka melalui naskah-naskah mengenai astronomi. Di Bali contohnya, para petani tradisional mengikuti petunjuk astronomi yang tertulis dalam daun lontar. Naskah yang berjudul sundari dan wariga menyampaikan hal-hal yg berkaitan dengan pertanian.


3. Teknologi

Teknologi pada rakyat tradisional sifatnya masih sederhana. Alat-indera yg digunakan sebatas yang disediakan oleh alam. Bidang cakupannya pun terbatas. Koentjaraningrat membagi teknologi ini ke pada delapan bidang, yaitu;
a. Alat-indera produktif
b. Senjata
c. Wadah
d. Alat-alat menyalakan api
e. Makanan, minuman, bahan pembangkit gairah, dan jamu.
f. Pakaian serta perhiasan
g. Tempat berlindung dan perumahan
h. Alat-indera transportasi.


4. Perhubungan

Dalam hal perhubungan, masyarakat tradisional mengetahui sistem navigasi yang sangat diperlukan dalam sistem pelayaran.


Comments