INI DAFTAR MAKANAN KHAS SEMARANG YANG WAJIB DICICIPI

Agenda wisata mungkin akan menjadi sebuah pengalam yang belum paripurna bila tak mengagendakan wisata masakan juga. Bila Anda berkunjung ke Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, berikut ini adalah daftar beberapa masakan khas yg wajib teman-teman cicipi.

Yang pertama merupakan "lumpia". Bila dipandang berdasarkan kadarnya, mungkin kadar hidangan ini sanggup mencapai angka 100 persen. Sebab, masakan ini sangat identik menggunakan Kota Semarang. Saking identiknya, hingga-hingga Kota Semarang mendapat julukan menjadi "Kota Lumpia". "Resep lumpia" terlahir menurut dua budaya, yakni budaya masyarakat Tionghoa serta masyarakat orisinil Kota Semarang.

Oleh karean itu, sajian ini kerap dikategorikan ke dalam pilihan menu kuliner "peranakan". Cita rasa pilihan menu masakan yang dimasak dengan cara digoreng ini benar-benar menarik hati selera. Gurih, renyah, garing serta anggun, cita rasa itu yang menonjol pada pilihan menu masakan tersebut.
Kesemuanya berpadu pas. Rasanya sayang apabila belum mencicipi hidangan khas Kota Semarang yang satu ini ketika tengah mengadakan wisata masakan di Semarang.

Setidaknya terdapat dua loka yg sebagai sentra penjualan hidangan khas berbahan bambu belia, udang serta telur tadi. Yaitu, di kawasan Jalan Pandanaran dan Jalan MT Haryono. Dulu, tempat jalan yg diklaim terakhir populer Jalan Mataram. Jadi, sahabat-teman jangan bingung apabila ada rakyat lokal yang menyebut Jalan MT Haryono menggunakan sebutan Jalan Mataram. Harga satu porsi lumpia yang dijual di 2 kawaran tersebut relatif terjangkau. Ada 2 jenis lumpia yang mampu sahabat-sahabat pilih, yaitu lumpia goreng dan "lumpia" basah.

Yang ke 2 adalah "Wingko Babat". Sama dengan menu spesial Kota Semarang yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan ini kadar identiknya menggunakan kota yg pula menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah pula mencapai 100 persen. Sebab, pilihan menu kudapan berbahan kelapa parut, beras ketan serta gula pasir ini hanya ada di "Kota Semarang". Harga satu biji "Wingko Babat" tergolong sangat murah. Dengan ukuran 1 atau hingga 3 kali lahap, harga jual camilan tersebut tak hingga seribu rupiah. Hidangan ini jua poly dijual pada tempat Jalan Pandanaran.

Makanan yg ada pada daftar angka urut 3 adalah kudapan manis bantalan rel. Mungkin nama keu itu terdengar lucu. Tapi, ada asalan tersendiri hingga menu kudapan itu diklaim demikian. Alasannya karena bentuk serta teksturnya dianggap menyerupai batal rel kereta api. Rasanya cantik serta akan sebagai lebih enak bila dicelupkan ke pada kopi atau teh. Tak sama dengan "lumpia" serta "wingko babat", kudapan manis bantal rel sekarang telah sulit dijumpai. Sebab, pedagang yg menjualnya sudah sangat sporadis. Bila beruntung sahabat-sahabat mampu mendapatkannya pada beberapa toko jajanan pada tempat Jalan Pandanaran.

Berikutnya atau yang keempat adalah "Soto" Semarang. Berbeda dengan masakan homogen yang biasa dimasak oleh masyarakat Betawi, Privinsi DKI Jakarta atau Makasar, Provinsi, Sulawesi Selatan yang mencampurkan santan atau susu dalam kuahnya. "Soto Semarang" berwarna bening. Jadi, berdasarkan pendapat aku eksklusif, kuahnya lebih terasa segar dibanding resep "soto" Betawi atau Makasar. Di Semarang terdapat warung "soto" yg cukup terkenal. Lokasi di Jalan MH Thamrin. Untuk mengetahui persisnya lokasi warung tadi, sahabat-sahabat mampu menanyakannya pada penduduk lokal di lebih kurang jalan tadi.

Sebenarnya, terdapat poly masakan khas Kota Semarang apabila wajib disebutkan semuanya. Tapi, menurut saya, keempat sajian tadi sudah relatif menjadi bekal bercerita tentang pengalaman sahabat-teman melakukan bepergian wisata masakan Kota Semarang. Sejumlah loka yg disebutkan buat mendapatkan keempat sajian tadi hanya sebatas surat keterangan. Teman-teman bisa menanyakannya pribadi pada penduduk lokal, di mana lokasi buat menerima keempat hidangan masakan khas Semarang tersebut dan dapat diadaptasi dengan anggaran wisata kiliner yg sudah sahabat-teman siapkan.
Bila belum punya kesempatan buat berkunjung ke Semarang, jangan risi lantaran Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Sebagai referensi, Anda mampu mencoba resep pecel sayur spesial Jawa, resep lontong memahami campur gimbal bumbu petis, cara membuat nasi ayam semarang ini rahasianya, serta resep tahu petis spesial Semarang enak.

Terima kasih sudah membaca artikel wisata masakan CARA FLEXI yg berjudul "Ini Daftar Makanan Khas Semarang yg Wajib Dicicipi".

Comments