HAKIKAT DAN MANFAAT ORIGAMI UNTUK ANAK SEKOLAH

Menurut pengertiannya, Origami yang dari berdasarkan bahasa Jepang  yaitu menurut istilah "ori" yang berarti "lipat", dan "kami" yg berarti "kertas" dalam bahasa Jepang merupakan sebuah seni lipat yang berasal menurut Jepang. Bahan yang dipakai merupakan kertas atau kain yang umumnya berbentuk persegi. Sebuah output origami merupakan suatu hasil kerja tangan yg sangat teliti serta halus pada pandangan (wikipedi.org).

Origami atau kirigami yang sudah dikenal banyak orang ternyata mempunyai manfaat yg akbar sekali buat perkembangan anak usia sekolah bahkan mahasiswa Perguruan Tinggi. Secara fundamental origami tidak hanya sekedar seni melipat kertas saja. Tetapi filosofi origami adalah mengajarkan ketelatenan dan kesabaran. Termasuk juga mengajarkan bagaimana ketelitian serta tanggung jawab yg tinggi.

Selain Selain fungsi tersebut, bagi anak-anak origami pula bisa dijadikan alat kreasi protesis sendiri yang juga bisa dimainkan. Kemudian bagi remaja, seni melipat pula ini juga mampu memiliki fungsi hiasan dekorasi. Dengan demikian jua bagi orang dewasa, khususnya mak tempat tinggal tangga, origami dapat dijadikan indera komunikasi dan bermain kreatif menggunakan anak-anaknya.


Origami itu karya seni yang matematis sifatnya, lantaran lipatannya nir asal-asalan. Dalam arsitektur pula berguna menginspirasi hiasan interior ataupun struktur. Selain menjadi kegiatan yang menyalurkan hobi sifatnya, nir menutup kemungkinan origami jua bisa dipakai sebagai media buat menambah pendapatan famili. Sebab hasil karya origami bisa dibentuk sebagai sebuah cenderamata yang bisa dijual.

Bahan dasar training origami itu merupakan menggunakan bahan kertas. Akan namun, pelaksanaan dari origami itu sanggup dilakukan pada media apa saja yg sudah terdapat. Misalnya berdasarkan seng, inspirasinya itu bukan berarti dilipat. Namun mengaplikasikan bahan ke dalam suatu bentuk yg indah dan menarik.

Comments