DASARDASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum 
Pengembangan kurikulum bisa mendeskripsikan sebagai perencanaan sistematis berdasarkan apa yang akan diajarkan dan dipelajari di berbagai forum pendidikan atau training sebagaimana yang dicerminkan pada bahan pedagogi serta acara perguruan tinggi, dan forum badan pendidikan serta training yang sejenisnya. Kurikulum melembaga dalam dokumen secara khusus, bahwa kurikulum adalah "pemandu" buat para pendidik atau widyaiswara serta menjadi kewajiban dan tanggungjawab lembaga atau badan pendidikan serta pelatihan pada setiap wilayah, kabupaten / kota, provinsi, dan pusat.

Rumpun primer suatu kurikulum adalah apa yang diharapkan buat diajarkan serta diselesaikan oleh manajemen pengajaran sebagai suatu keputusan profesi, misalnya bagaimana ini wajib diimplementasikan selesainya selesai mengikuti pendidikan atau kediklatan baik diklat perjenjangan mau pun fungsional. Dalam praktek, bagaimana pun tidak terdapat pembedaan yg jelas antara metodologi dan isi kurikulum sebagaimana suatu topik tak jarang menentukan apa yang akan diajarkan serta dibutuhkan pada peserta didik serta latihan. Oleh karena itu, untuk alasan ini, seseorang widyaiswara wajib mencirikan lembaganya atau merencanakan acara studi kurikulum yg disetujui, bahwa kurikulum "pembelajaran" itu harus benar-benar bisa dipelajari dan diterapkan secara terencana serta perfective.

Banyak bisnis buat merubah pendidikan dan pelatihan dengan meninjau ulang kurikulum yg belum sukses. Inovasi misalnya itu acapkali diamanatkan, tetapi tidaklah selalu diterapkan secara ekstensif atau secara efektif pada dalam proses pembelajaran atau siswa. Sesungguhnya, sang karena kepercayaan tersebar luas pada berbagai modul sebagai buku teks asal daya dasar yang diajarkan tak jarang membuat nir konkret isi tentang kurikulum tadi, sebagai akibatnya peranan penerbit merupakan suatu peran yg kuat pada pengembangan kurikulum.

Sejarah tentang pengembangan kurikulum, sebagian akbar sebuah perdebatan saja antar berbagai ideologis buat mengendalikan proses pembelajaran baik menurut atas mau pun dari bawah. Sedikitnya, pada kurikulum itu, arah kurikulum acapkali berubah di setiap waktu adalah suatu cerminan atau refleksi yang mana menyangkut minat yang bersaing dari tendensi dalam bundar bidang pendidikan serta pembinaan, dan berdasarkan luar sebagai grup pembelaan terhadap; budaya, ekonomi, intelektual, ilmu bahasa, religius dan politis yang semestinya sudah mampu menangkap agenda-rencana bidang pendidikan dan training profesi aparatur tersebut.

Walaupun "kurikulum" sebagai kata nampak sudah jarang digunakan pada Negara-negara yang sudah maju, misalnya; Canada pada depan Perserikatan, Jesuit Perbandingan Studiorium ("planning studi"), yg dapat dibantah oleh bahan pedagogi yang paling sistematis pernah dipikirkan serta diperkenalkan pada Perancis Baru dalam 1630-an. Awal pendidikan French-Canadian, diharapkan untuk "memandang para peserta didik menjadi pembantu yang baik bagi Raja mau pun mengenai Tuhan." Kemudian dalam Nova Scotia dan Canada Bagian, Anglophone, pendidikan memiliki tujuan serupa, menyatakan, bahwa pada dalam pengajaran tentang “kesusilaan”. Sebagai hasilnya, kapan pendidikan serta pembinaan tergolong yurisdiksi provinsial setelah penyesuaian, kurikulum berdasar nilai sosial ortodok umum. Sedemikian, pendidikan yg diterima di berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan masih melayani suatu yg sangat mendesak budaya buat memelihara atau menaikkan bukti diri yg membedakan berdasarkan kelompok aparatur yang terpilih di dalam mosaik.

Sebelum tahun 1840, pendidikan yang diterima di forum pendidikan merupakan suatu pengalaman pada masa ini serta informal, hal itu belum terpisahkan menurut pekerjaan. Pengalaman kontemporer dan formal itu mengambil tempat di dalam suatu keluarga atau orang tua serta social-controlled "sistem" pedagogi yg diarahkan dalam dasarnya adalah ajaran religius serta melek huruf, misalnya di Perancis, suatu kurikulum formal terdapat tersedia hanya suatu minoritas pilihan buat dididik atau dilatih; buat lapangan kerja diistimewakan secara religius. Selanjutnya, pendidikan yg diterima pada forum-forum pendidikan di Quebec adalah suatu agen utama mengenai survival budaya yg berlangsung sampai dalam 1964, buat melayani serta memelihara Bahasa Perancis serta agama.

Contoh lainnya, Di pada Anglophone Canada, kelangsungan pendidikan dihubungkan pada ketakutan terhadap Americanisasi, dan perhatian terangkat dengan kedatangan kondisi "kelaparan orang Irlandia" sepanjang tahun 1840-an dan kedatangan imigran lain. Penyelenggara pendidikan serta pembinaan pada lembaga-lembaga dan perguruan, misalnya Egerton Ryerson, bapak pendiri mengenai pengembangan kurikulum pada Canada, melihat pendidikan yg diterima pada state-controlled menjadi indera primer pada berasimilasi menggunakan unsur-unsur dampak luar "nilai-nilai asing".

Dalam setengah abad penyelenggara pendidikan yang akan datang ke loka lain di Canada mengikuti petunjuk Ryerson, dengan pendirian penetapan struktur administratif yg memungkinkan bagi peserta didik ke pada kelas dan nilai buat menciptakan suatu pendidikan dan training secara hirarkis yang diajar dengan terorganisir mengajar yang ketat buat memikirkan suatu kurikulum umum pada provinsi mereka. Kurikulum ini diterapkan melalui buku teks secara seragam dan dijaga polisi melalui pengujian serta inspeksi pada suatu sistem yg sangat ingin dicapai, bahwa seluruh peserta didik buat meningkatkan “agama diri, berpikir untuk bertindak dengan cara yg serupa menggunakan nilai-nilai sejarah serta religious yang diajarkan.”

Setelah beberapa dasa warsa sampai tahun 1900, sistem ini menghasilkan suatu kurikulum sejenis kepada anglophone Canada. Perubahan kurikulum yang terjadi selama masa pertumbuhan industrialisasi serta urbanisasi saat pendidikan tradisional disangsikan dalam seluruh negara pada Barat. Di Canada, adaptasi secara khas berhati-hati mengambil format berdasarkan "Pendidikan Baru" menggunakan inovasi seperti itu ketika mereka dididik dan dilatih secara manual, ilmu pengetahuan domestik (ilmu kesejahteraan keluarga) pada bidang pertanian dan "belajar denga cara alami," pendidikan kesehatan serta kesederhanaan (pendidikan jasmani), dan pendidikan komersial diperkenalkan dengan sukses. Meskipun demikian, pada aneka macam lembaga pendidikan dan pembinaan mengalami kemunduran karena dalam masa itu banyak masyarakat mengalami penurunan dalam berinovasi dan kreatifitasnya rendah. Mereka merupakan suatu agen asimilasi yang utama menyangkut nomor -angka yg sangat besar mengenai non-English-speaking "Canadians" yang berjejal ke kota akbar terutama dari timur Prairies. Nilai-nilai Anglo-Saxon menanamkan atau mencampur kurikulum; pendidikan 2 bahasa pada semua " bahasa kedua," termasuk Perancis, hampir dihapuskan.

Sepanjang tahun masa perang sebagian besar gagasan Amerika diadopsi, termasuk pengujian ilmiah, kesehatan mental, dan struktur administratif mendasarkan kepentingan contoh manajemen selagi budaya dari kurikulum Anglophone tinggal di Britania. Kemakmuran sehabis perang, permintaan publik belum pernah terjadi menuju atau mendorong suatu perluasan pendidikan yang diterima pada berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan, dalam saat yang sama kritik yg konservatif itu sangat kelebihan tentang pendidikan progresif yang menciptakan suatu pergeseran pada suatu kurikulum yang lebih subject-centred. 

Pergeseran terhadap perubahan ini telah diperkuat pada tahun 1960 waktu orang-orang (Canadians) mengikuti tetangga mereka Amerika dalam menuntut rigour bidang pendidikan lebih besar , terutama di dalam ilmu pengetahuan serta matematika, dalam rangka "menyetarakan menggunakan Rusia." Ini diperlukan buat dicapai menggunakan pengajaran "struktural" (konsep dasar dan format yg memberi alasan menurut tiap disiplin atas pertolongan inspeksi atau "inovasi" metoda, yang mana ironisnya kebanyakan meremehkan teori progresif. Gagasan ini memperoleh persetujuan berhati-hati dimana secara khas, suatu ketiadaan sumber daya memaksa pengembang kurikulum buat bersandar pada Britania dan inovasi Amerika (Westernisasi nilai-nilai).

Setelah 1965, suatu hal menaruh kebebasan baru pada pada kurikulum pada banyak sekali forum penyelenggara pendidikan dinyatakan sang suatu relaksasi berdasarkan “kendali dipusatkan”, suatu pengembangbiakan secara regional, mengembangkan suatu bahan pedagogi serta dihidupkan kembali, namun daya dorong dimodifikasi, centred-trainee pada dalam proses pendidikan dan pelatihan. Pengetahuan baru, cita-cita para siswa untuk pendidikan yg lebih praktis dan lebih relevan menggunakan yang diterima pada banyak sekali sector publik, suatu populasi yg lebih berbeda serta lebih besar , dan tegangan pada pada warga sebagai hasil suatu uraian mufakat publik serta menurut suatu tanya jawab tentang nilai-nilai tradisional, buat menuju atau mendorong menuntut penemuan para aparatur.

Dengan ketakutan terhadap nilai-nilai Westernisasi kurrikulum diperbaharui, menggunakan menaikkan makna menjadi jawaban atas permintaan negara-negara kelangsungan pemerintaha terutama bagi grup-kelompok masyaakat minoritas buat kebersamaan yang demokratis, pengembang kurikulum yg diperbaharui serta ditetapkan ke dalam 2 bahasa, multicultural dan program diklat yg sesuai dengan kebutuhan marketnya (public), selagi sedang mencari-cari pembaharuan melalui perawatan dan minoritas yang akurat serta seimbang sebagai dimaknai pada kitab teks.

Kurikulum khusus dirancang buat pendidikan spesifik (professional or functional). Daftar induk dari material manajemen kelas disetujui semakin tinggi materi wajib diperkaya dengan aneka macam judul. Kelompok pembela meliputi promotor yg liberal "menilai pendidikan serta pembinaan" hanyalah pembela terdakwa resmi ortodok "menilai lembaga diklat." yang belakangan menuntut pemasukan berdasarkan nilai-nilai kepercayaan traditional, pemeriksaan material kurikulum, dan disiplin lebih keras.

Sebuah perubahan atau pembaharuan, para lembaga pemerintah sentra, hak azasi insan, lingkungan dan organisasi konsumen, dasar, asosiasi profesional, widyaiswara, tenaga kerja dan gerombolan bisnis serta pihak yang lain dibutuhkan sebagai pemerhati primer yang sangat mendesak lembaga diklat terhadap perubahan kurikulum serta mengarahkan kelancaran arus materi pembelajaran dan kebutuhan pasar (public). Apa yang paling membentur mengenai upaya ini buat menghipnotis kurikulum yang mana berlanjut pada hadiah menjadi keyakinan yang baik dalam potensi revisi kurikulum serta buat mengganti secara mudah pragmatis di setiap tingkatan, pada gilirannya kuasa pendidikan serta pembinaan yg diterima pada aneka macam badan diklat buat mengganti kerugian sosial (social costs) serta secara hemat belum pernah atau nir berimbang.

Seandainya upaya pengembang kurikulum menjadi lebih maju di depan, kelihatannya para penentu kebijaksanaan seringkali dipaksa buat menjawab dalam suatu pertunjukan spesifik buat suatu maksud secara luas. Namun hal itu acapkali menerima perhatian yg cepat terkenal. Kadang-kadang tuntutan mendorong tindakan segera dimana ketidakhadiran para fasilitator, pendukungan yang relatif, material training, merupakan seringkali ill-prepared. Kementerian, pendidikan dan pembinaan merupakan berbalik pada pemusatan menuntut "tanggung-jawab" yang mendorong ke semua provinsi. Province-wide sebelumnya tak tahu kecenderungan ini menyampaikan suatu minat baru secara " ilmiah." Pengembangan kurikulum, memerlukan statemen sasaran serta hasil yg tepat tentang "penilaian prilaku peserta didik", yaitu konduite yang terukur sang capaian ketrampilan di dalam nilai yang tradisional (religious)." Penekanan pada "dasar" kepercayaan ini ketiadaan mufakat dan buat penekanan terhadap kemerosotan moral, attitudes and norms yang tidak boleh terjadi pada Negara ini.

Ironisnya, suatu studi eksternal mengenai pendidikan sang Organizational trainee-based buat bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia menggunakan pertumbuhan public yang luar biasa serta standard pendidikan tinggi yang diterima pada lembaga pendidikan atau pembinaan, tetapi yang sekarang mendapat aneka macam kritikan lantaran loka yang terbatas serta pengalokasian sumber daya sebagaimana yg diinginkan dalam kurikulum, seperti; "diiming-imingi" oleh kedudukan dan penghargaan lainnya. Hal ini dipertinggi minat akan tanggung-jawab ditemani sang suatu perhatian buat kurikulum "implementasi," pengembang dicari buat memastikan "kesetiaan atau ketepatan pada kurikulum" dan program yang diajar waktu ditentukan. Perhatian yg ditingkatkan dalam berita implementasi mengangkat kesadaran menyangkut kiprah widyaiswara pada mengimbangi perubahan yang terus terjadi menggunakan perubahan bidang pendidikan, para widyaiswara menjadi "penjaga pintu" dari apa yg berlangsung di pada kelas.

Sepanjang tahun 1980-an, para pndidik lebih menuntut dalam menciptakan kurikulum, menolak buat diperlakukan menjadi sebagai teknisi primer dilibatkan pada menerapkan kebijakan "top-down" bidang pendidikan, Para professional, mempunyai hak otonomi dan bertanggungjawab buat membentuk kurikulum sebagai lebih luas lagi.

Pada awal 1990-an, mereka para para siswa dipanggil buat dikumpulkan buat dipersiapkan buat menghadapi abad 21, beberapa forum pendidikan serta training di setiap provinsi menaikkan perubahan besar -besaran. Daya saing semakin ramai dilanjutkan menggunakan persaingan dunia pada ekonomi global, studi internasional yang membandingkan capaian para peserta didik berdasarkan Canada yang unfavourably ke negara-negara industrialisasi. Dan sang persepsi tentang peserta didik terlalu tak jarang tinggi menetes jatuh ke luar tingkat tarip, adalah suatu daya dorong primer buat bisnis perubahan.

Juga suatu hal krusial merupakan perhatian terkait buat menyediakan suatu kurikulum yang sinkron, patut, inclusive menggunakan menghadiri keseriusan pada ke aneka ragaman kemampuan siswa, minat, latar belakang serta orientasi mereka. Antar perubahan lain, ini dimaksudkan yang seringkali adalah semata-mata penyajian pertanda dan kelompok lain di pada buku teks buat mengasah balik instruksi serta kurikulum buat melibatkan grup ini. Di pada banyak para siswa di tingkat provinsi dibutuhkan buat berintegrasi ke dalam tendensi tadi.

Yang utama dalam pengembangan kurikulum ini merupakan pada dua hal: “pendirian atau penetapan satuan unsur-unsur krusial atau umum yg membentuk "dasar buat semua," dan memperlengkapi fleksibilitas dimaksud, sebagai akibatnya para peserta didik atau aparatur Negara mungkin mengejar ambisi serta minat individunya. Yang "inti baru" mengenai kurikulum adalah “mengurangi fokus dalam studi akademis, menekankan pengembangan, pendidikan dan pelatihan terkait dengan karier dan bidang tugas pokok yang diembannya”, terutama sekali pada dalam area teknologi, ilmu pengetahuan dan manajemen, pemecahan perkara, pemikiran kritis, melek nomor dan komunikasi. Nilai tugas yg diarahkan self-direction serta self-reliance sebagai peserta didik serta mengakomodasi peserta didik wajib mengintegrasikan serta menciptakan perasaan atau pengertian langsung tentang pembelajaran membarui asa mereka sebagaimana para widyaiswara akan "membawa" kurikulum itu. Kunci agenda pengembangan kurikulum mengutarakan akan membuat lembaga pendidikan dan pelatihan lebih patut buat seluruh populasi peserta didik yg berbeda, lebih sukses di masa depan sebagai penyelenggara negara yang menyiapkan Aparatur Negara dalam setiap lingkungan pekerjaan, dan lebih bisa dipertanggungjawabkan pada para perumus serta pengambil kebijakan Negara, serta publik.

Comments