CIRICIRI KALIMAT SARAN DALAM TEKS PROSEDUR

Salah satu karakteristik bahasa dalam sebuah teks prosedur merupakan adanya kalimat perintah, kalimat saran, serta kalimat larangan. Ketiga kalimat ini sebenarnya ada pada satu kelompok jenis kalimat yaitu kalimat imperatif.

Ketiga kalimat di atas, sebenarnya merupakan kalimat. Tetapi, memiliki kadar disparitas antara kalimat perintah, kalimat embargo, dan kalimat saran. Kalimat perintah adalah kalimat yg 'menyuruh' untuk melakukan sesuatu; Kalimat larangan adalah kalimat yg melarang pembacanya buat berbuat sesuatu, berarti pada dasarnya jua memerintahkan suatu hal kebalikannya; ad interim itu kalimat saran merupakan kalimat yg memberikan penawara sesuatu yang dipercaya lebih baik.

Dalam artikel ini, akan lebih poly dijelaskan mengenai ciri-karakteristik kalimat saran. Salah satu jenis kalimat yang terdapat pada teks mekanisme. Dalam penjelasan artikel ini akan dijabarkan tentang karakteristik sintaksis kalimat saran, karakteristik isi kalimat saran, dan alasan mengapa dibutuhkan kalimat saran dalam sebuah teks prosedur.

Ciri kalimat prosedur dicermati dari segi bentuk serta penggunaannya adalah diawali menggunakan kata yg berupa saran.

Kata yang menunjukkan saran diantaranya adalah:

sebaiknya....
seharusnya....
lebih baik apabila...
pastikan....
perlu diingat...
usahakan....

dan seterusnya, istilah serta frasa yang mirip menggunakan bentuk saran pada atas.

Jika kata serta frasa di atas disusun menjadi kalimat saran yang biasa digunakan pada teks prosedur maka mampu diterapkan dalam model kalimat dalam teks mekanisme untuk membuat nasi goreng berikut ini:

sebaiknya haluskan bumbu hingga benar-benar halus.

seharusnya masakan telah matang pada 5 mnt pertama.

lebih baik bila yang dipakai merupakan garam beryodium.

pastikan bumbu telah tercampur rata dengan nasi.

perlu diingat bahwa nasi yang baik adalah nasi yang tidak terlalu lembut.

Usahakan gunakan sayur bebas pestisida sebagai hiasan dan lalapan pelengkapnya.


Nah, dari karakteristik bahasa dan contoh kalimat saran di atas, dapat diketahui ciri isi kalimat saran. Berdasarkan model-model kalimat tadi dapat diketahui bahwa kalimat saran memberikan cara lain yang lebih baik. Ini merupakan ciri isinya, sebuah kalimat saran pasti menawarkan alternatif.

Kita amati dari kalimat contoh yg pertama: sebaiknya haluskan bumbu sampai sahih-benar halus. Pada dasarnya ini adalah saran yg bisa diterapkan, sanggup jua tidak. Apabila hiluskan sampai sahih-benar halus maka cita rasa bumbu nasi goreng sanggup sahih-sahih merata. Seandainya nir mampu sahih-benar halus sebenarnya mampu jua digunakan menjadi bumbu nasi goreng.

Begitu jua dengan model-model yg kalimat yg lain di atas. Apabila dijelaskan pada bahasa yg gamblang model kalimat yang terakhir begini penjelasannya: usahakan pakai sayur bebas pestisida menjadi hiasan serta lalapan pelengkapnya. Nah, seandainya tidak bisa mengklaim sebuah sayuran ditanam secara organik bebas pestisida, maka sayur misalnya umumnya juga tidak mengurangi nilai rasa kelezatan sebuah masakan.

Penjelasan yang terakhir merupakan jawaban berdasarkan pertanyaan mengapa dalam teks mekanisme ada kalimat saran. Berikut ini penjelasannya:

Teks mekanisme adalah sebuah jenis teks yang berisi langkah-langkah atau pedoman yang sanggup dipakai oleh sesorang buat melakukan suatu hal. Baik membuat sesuatu, menggunakan sesuatau, atau melakukan suatu gerakan atau suatu tindakan.
Baca Juga:
- Mengidentifikasi Penggunaan Bahasa dalam Teks Prosedur
- Kalimat Perintah, Kalimat Saran, Kalimat Larangan Perbedaan dan Persamaannya

Nah, pada proses melakukan aktivitas tadi diperlukan tindakah yg efektif serta efisien buat membuat sesuatu yang maksimal . Misalnya yang dipakai contoh adalah membuat nasi goreng, maka dibutuhkan output yg didapat merupakan cara membuat nasi goreng yg sangat gampang, sekaligus membentuk produk kuliner nasi goreng yang sangat lezat . Untuk mendapatkan hasil yg aporisma tadi maka diharapkan saran-saran yang penting selain juga kalimat perintah pada termin atau langkah-langkah membuat nasi goreng.

Semoga penjelasan singkat dan sederhana mengenai karakteristik-ciri kalimat saran dalam sebuah teks prosedur ini sanggup memperdalam dan memperluas pengetahuan mengenai kalimat saran.

Comments