CARA MENGOLAH UMBI KAYU GENDRUWO BERACUNHCN


Kita mengenal terdapat beberapa umbi Kayu atau singkong yang biasa pada makan buat kebutuhan utama atau sekedar camilan yg dapat dibentuk banyak sekali jenis penganan serta kudapan manis yg lezat . Tetapi selain itu ada jenis ubi kayu yg beracun, namun jika mampu mengolahnya akan sangat baik untuk dibentuk tapai, yaitu jenis Mandioco Basirao. Jenis singkong ini lazim disebut "gendruwo", "hantu", SPP atau "Kastepe". Lantaran kadar asam birunya (nama kimi asam biru = asam cianida, HCN, sangat beracun) yg sangat tinggi, jenis singkong ini sanggup memabukan. Bahkan bisa mematikan bila dimakan tanpa diolah menggunakan sahih. Singkong jenis ini kebanyakan ditanam buat dibuat gaplek atau tepung tapioka dan bukan untuk dimakan langsung. Umbinya gembung dan hasilnya poly serta bertangkai pendek, namun rasa umbinya getir. 


Cara mengolahnya yaitu kulit dikupas sampai higienis, lalu direndam semalam, air rendamannya selama semalam itu diganti dua tau tiga kali. Lebih baik bila direndam semalaman menggunakan air yg senantiasa mengalir. Maksud perendaman ini merupakan buat melarutkan zat asam biru yg masih ada dalam singkong. Paginya dicuci lagi, menggunakan menggosok lendir yang terdapat dalam bagian luar samapai bersih benar . Baru kemudian dimasak buat dibentuk banyak sekali jenis kuliner atau penganan. Dengan cara demikian maka jenis Mandioco Basiro yg tadinya berbahaya tersebut akan sebagai kudapan manis serta aneka sajian yang lezat serta cantik.

Demikian cara memasak umbi kayu yang dikenal menggunakan Umbikayu gendruwo atau Mandioco Basiro, semoga bemanfaat. Terimakasih. 

Comments